Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas untuk Pemula

cara menjadi penulis artikel lepas untuk pemula

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas untuk Pemula

Cara menjadi penulis artikel lepas – Menjadi seorang penulis artikel memang susah-susah gampang. Selain memiliki sklil, kamu juga harus banyak membaca agar kamu mengetahui banyak tema dan kosa kata juga lebih banyak.

Disisi lain, penulis artikel freelance adalah kegiatan yang cukup menarik.

Hal ini karena kita bisa mengerjakan kerjaan lain sembari menambah pemasukan melalui tulisan. Seperti halnya kami yang juga menyediakan jasa membuat artikel di Bandung dan seluruh Indonesia.

Ingin menekuni bidang yang satu ini namun belum memiliki kemampuan?

Tenang, Jawarakonten akan menghadirkan beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai langkah awal cara menjadi penulis artikel lepas.

 

Tips dan Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Nah, berikut ini akan saya bahas sedikit mengenai tips-tips menjadi penulis artikel blog yang baik. Semoga tips ini membantu dan memberikan sedikit pencerahan. Apa saja sih tipsnya?

 

1. Buka wawasan

Penulis artikel saat ini bukanlah profesi ekslusif seperti dulu. Sudah banyak penulis-penulis baru yang bermunculan dan mengikuti persaingan di tempat-tempat proyek artikel lepas. Hal ini tentu dikarenakan menulis artikel adalah sebuah pekerjaan santai yang bisa dikerjakan dari rumah dan dijadikan usaha sambilan.

ika Anda ingin tak kalah saing dengan para penulis artikel di luar sana, tentu saja Anda harus menambah nilai jual pada kualitas tulisan Anda.

Salah satunya adalah dengan membuka wawasan. Banyak-banyak baca artikel yang sudah ada sebelumnya sebagai referensi bagaimana cara menulis yang menarik dan berkualitas.

Selain itu, Anda juga bisa mencari ilmu lebih tentang cara membuat konten menarik dan meletakkan artikel yang ditulis berada dalam halaman pertama google.

Jika semua itu sudah Anda kuasai, tentunya nilai jual artikel Anda semakin tinggi dan klien pun akan puas dengan layananmu. Sebagai bahan belajar, silahkan gunakan beberapa panduan yang di Jawarakonten.

Topik ini bisa kamu temukan pada kategori Teknik Nulis.

 

2. Latihan

Meski terkesan sepele, namun latihan menulis ini sangat penting lho untuk Anda yang ingin jadi penulis artikel blog profesional. Selain tujuannya membuat tulisan Anda semakin luwes dan berbobot, latihan menulis ini perlu agar otak Anda tidak kaku dan terus dirangsang aktif.

Anda bisa mencoba dengan menulis untuk blog sendiri atau di media sosial sebagai latihan.

Semakin sering Anda menulis, semakin luwes dan memuaskan artikel yang Anda hasilkan. Bukankah orang dengan jam terbang tinggi akan lebih mahir dibandingkan dengan yang jam terbangnya masih rendah?

 

3. Branding diri

Ketika Anda memutuskan menjadi seorang penulis artikel blog, maka Anda harus mulai mem-branding diri ke arah itu.

Caranya ya dengan rajin menulis di tempat-tempat yang bisa Anda jadikan ajang promosi atau branding diri seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Dengan branding diri, orang jadi tahu apa passion Anda dan bagaimana kualitas tulisan Anda. Kita takkan pernah tahu, siapa yang akan membaca tulisan Anda dan kemudian tertarik bekerjasama, bukan?

Lihat saja, berapa banyak penulis buku yang sukses berawal dari branding diri di media sosial baik penulis fiksi maupun non fiksi.

Jadi, jangan pelit berbagi tulisan untuk branding diri, ya. Karena itu adalah investasi jangka panjang yang kita tak akan pernah tahu kapan berbuah dan semanis apa hasilnya.

 

4. Manfaatkan Web UGC

website user generate content adalah sebuah website yang memperbolehkan anda untuk mengirimkan naskah yang akan diterbitkan oleh website tersebut. Selain menjadi wadah untuk belajar, cara ini juga bisa anda gunakan untuk membuat portofilio yang menarik.

Misalnya ketika kamu ingin mengikuti lowongan penulis artikel, maka kamu bisa menyebutkan beberapa artikel yang sudah terbit di web UGC tersebut. Biasanya ini cukup memikat, karena web seperti ini memiliki beberapa standart yang harus dipenuhi.

Jika kamu berhasil menerbitkan artikel disana, itu artinya artikel yang kamu buat cukup menarik.

 

5. Lebarkan sayap

Maksudnya melebarkan sayap di sini adalah Anda harus membuka pergaulan. Tak hanya menulis di media sosial, cobalah bergabung dengan komunitas-komunitas positif di bidang literasi misalnya komunitas blogger Indonesia, komunitas menulis khusus wanita, dan lain-lain.

Dengan berada di komunitas yang positif, energi menulismu akan tetap berkobar ditambah banyak ilmu yang bisa diserap dari komunitas tersebut.

Tak jarang juga komunitas menulis seperti itu akan memfasilitasi anggotanya untuk mengembangkan diri dan mencarikan job yang sesuai keahlian.

Wah, tentu menarik bukan? Cara menjadi penulis artikel lepas untuk pemula ini akan membawa kamu dari step paling tidak terlihat sampai pada posisi sangat diperhitungkan.

Demikian tadi 4 tips jitu menjadi seorang penulis lepas untuk pemula yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Menulis memang butuh passion dan rasa cinta, namun Anda harus tetap berusaha mengisi gelas kosong dengan ilmu agar kualitas tulisan yang dihasilkan memuaskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Jawarakonten Jasa Penulis Artikel Blog Murah

Sedang membutuhkan jasa penulis artikel seo untuk mengisi konten di blog anda? berkunjung ke webiste ini adalah langkah yang tepat karena kmi jawarakonten memiliki banyak penulis artikel seo yang berkompeten.

Untuk mendapatkan layanan ini anda bisa melakukan klik pada tombol WhatsApp disebelah kanan dan konsultasikan kebutuhan artikel anda dengan cs kami.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan