Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Kenapa Perusahaan Membutuhkan Web Company Profile? ini Jawabannya

2 min read

kenapa-perusahaan-butuh-company-profile_optimized

Company profile merupakan sebuah media atau alat yang digunakan untuk memberikan informasi atau gambaran terkait profil perusahaan. Sebuah perusahaan wajib untuk memiliki company profile agar dapat memperkenalkan perusahaannya kepada para pemangku kepentingan.

Sebuah company profile pada umumnya memuat identitas perusahaan mulai dari sejarah, visi dan misi, jenis usaha, profil petinggi perusahaan, sampai dengan produk unggulan yang dimiliki.

Pada umumnya company profile dibuat dalam bentuk brosur cetak, dan dibagikan ketika perusahaan mengadakan suatu acara tertentu. Tetapi seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, memungkinkan company profile untuk hadir dengan format digital.

Dengan demikian biaya produksi cetak brosur dapat dihilangkan, serta pembaruan terhadap informasi dalam company profile lebih mudah untuk dilakukan.

Alasan Kenapa Perusahaan Membutuhkan Company Profile

Salah satu bentuk company profile dalam format digital adalah website company profile. Bentuk company profile ini cukup populer di Indonesia karena menawarkan banyak keuntungan dan kelebihan. Mengapa perusahaan ingin membuat website company profile, berikut beberapa alasannya :

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Kehadiran website company profile perusahaan, secara tidak langsung akan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Website ini merupakan indikator bahwa perusahaan dijalankan secara profesional dengan komitmen yang tinggi. Selain itu, kehadiran website tersebut dapat membangun kepercayaan pelanggan.

Jika sebuah perusahaan tidak memiliki website resminya sendiri, pelanggan akan beralih kepada kompetitornya yang memiliki website resmi.

Selain meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan, kehadiran website perusahaan dapat membangun kredibilitas perusahaan di mata calon investor. Dalam dunia bisnis, kehadiran investor sangat penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Dengan website yang dikelola dengan baik, rapi, dan informatif akan semakin meningkatkan keyakinan calon investor untuk menanamkan modalnya kepada perusahaan. Sehingga modal tersebut dapat dialokasikan untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

2. Menghemat Biaya

Dibutuhkan biaya tertentu untuk dapat memiliki dan mengelola sebuah website resmi sendiri. Tetapi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk sebuah website resmi tidak lebih besar dari biaya promosi atau iklan yang seharusnya perusahaan keluarkan ketika tidak memiliki website sendiri.

Pasalnya website company profile dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang sangat efektif. Sehingga biaya promosi dan iklan pada media lain dapat dipangkas, dengan memaksimalkan kegiatan pemasaran pada website perusahaan sendiri.

3. Sebagai Pusat Informasi

Pada umumnya pelanggan yang akan mencari membeli produk atau layanan tertentu mencari informasi melalui media digital. Sehingga penting bagi perusahaan untuk masuk ke dalam dunia digital, memperkenalkan produk dan layanan yang dimilikinya.

Melalui website resmi perusahaan ini, pelanggan, calon pelanggan, investor, dan calon investor lebih mudah untuk menemukan informasi terkait perusahaan. Bahkan dalam website resmi perusahaan sangat memungkinkan untuk memberikan informasi terkait produk, layanan, kegiatan, atau promosi penjualan tertentu yang akan segera diluncurkan. Sehingga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dapat ditingkatkan.

4. Selalu Dapat Diakses

Company profile perusahaan yang hadir dalam format website, memungkinkan untuk selalu diakses oleh siapapun dan kapanpun ketika dibutuhkan. Hal ini berbeda dengan format brosur yang lebih mudah hilang atau rusak, sehingga informasi dalam brosur tersebut tidak dapat diakses ketika dibutuhkan.

Selain itu, ketika hadir dalam format digital, informasi dalam company profile lebih mudah dan cepat untuk diperbarui tanpa membutuhkan biaya yang besar.

5. Mengumpulkan Database

Melalui website resmi perusahaan anda dapat membuat database pelanggan anda sendiri. Dengan demikian anda mengetahui bagaimana cara menghubungi pelanggan anda jika perusahaan anda memiliki produk atau layanan baru, event terdekat, atau promosi penjualan lainnya.

Sehingga kegiatan promosi dapat lebih efektif karena difokuskan kepada pelanggan yang memiliki ketertarikan tertentu kepada perusahaan anda. Database ini juga bisa menjadi alat bantu anda menganalisa jenis pelanggan yang anda miliki, untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan perusahaan anda.

6. Menjangkau Pasar Lebih Besar

Hadir dalam dunia digital, website company profile memungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas karena sifat dunia digital yang tidak terbatas ruang dan waktu. Selain itu, jika website perusahaan digunakan untuk memperkenalkan produk atau dimanfaatkan sebagai toko online, maka produk atau layanan perusahaan memungkinkan untuk dikenal oleh pasar yang lebih luas.

Sehingga keuntungan perusahaan dapat ditingkatkan, tanpa mengeluarkan biaya promosi dan iklan yang lebih besar.

Itulah beberapa alasan mengapa perusahaan ingin membuat website company profile. Hal yang perlu diperhatikan ketika telah memiliki website perusahaan sendiri adalah memaksimalkan website tersebut agar mudah ditemukan pada mesin pencari digital, karena setiap pengguna internet memulai aktivitas dalam dunia digital mulai dari mesin pencari tersebut. Para pemilik website harus berlomba-lomba untuk membuat website-nya berada pada halaman pertama hasil pencarian.

Dalam pengelolaan website company profile, perusahaan membutuhkan sebuah tim yang bertugas untuk memantau permasalahan terkait hosting, bandwith, fitur, kapasitas, kemanan data dan jaringan, pengelolaan domain, dan support agar tidak terjadi masalah ketika website perusahaan diakses secara massal. Selain itu perusahaan juga harus memiliki sebuah tim digital marketing untuk membuat website perusahaan berada pada halaman pertama mesin pencarian.

Lihat layanan kami tentang jasa pembuatan company profile atau layanan kelola website perusahaan.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress