Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Alasan Bahayanya Plagiat dan Rekomendasi Alat Cek Plagiarsme di Internet

3 min read

alat pengecekan plagiat

Harus kita akui bahwa dibeberapa tahun terakhir, beberapa pekerjaan terasa lebih mudah karena tersedia beberapa tools atau alat bantu, salah satunya adalah tools plagiarsm cheker atau alat pendeteksi plagiat. Tidak hanya untuk blogger dan internet marketer, banyak profesi lain yang juga dimudahkan oleh alat satu ini, misalkan dosen yang memeriksa makalah milik mahasiswa, dosen menguji prosentase plagiarsm pada skipsi dan tesis, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain memudahkan, disisi lain alat ini juga menyusahkan beberapa pihak, terbukti dengan adanya tools pendeteksi plagiat, banyak orang yang dituduh melakukan plagiarsm. Beberapa diantaranya ada yang memang terbukti melakukan plagiarsm dan beberapa diantaranya memang tidak sengaja.

Ya, plagiarsm memang bisa terjadi kerena tidak disengaja. Logika adalah suatu yang sifatnya universal, dan jika logika anda mengatakan suatu hal yang sebelumnya anda yakin belum pernah ada orang yang mengatakannya, dibalahan dunia sana mungkin juga ada orang yang memiliki pemikiran sama dengan logika anda. Inilah yang kami maksud bahwa ada beberapa bagian dimana plagiarsm bisa dilakukan secara tidak sengaja.

Berangkat dari hal ini, penting untuk memastikan bahwa setiap karya atau apapun yang akan kita terbitkan di internet tidak terindikasi plagiarsm, caranya yakni dengan mengeceknya di tools plagiars terlebih dahulu.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Tools Plagiarsm Cheker?

Untuk seorang blogger kami yakin sudah sangat setuju kenapa kita harus menggunakan alat pendeteksi plagiat seperti ini. Namun bagaimana dengan profesi lain yang masih awam soal dunia website? Kami akan memberikan alasan kenapa melakukan pendeteksi plagiat penting untuk dilakukan.

1. Dapat Memindai Data dari Banyak Sumber

Hal diatas mungkin sama saja dengan mesin pencari layaknya Google, dan memang selama ini masih banyak orang yang memanfaat Google untuk mencari konten yang mirip dengan yang mereka buat. Pertama harus kita pahami bahwa mesin pencari dibuat bukan untuk itu, dan untuk hal ini di internet sudah ada tools plagiarsm cheker.

Memang mesin pencari bisa melakukan hal ini, namun membutuhkan waktu dan tenaga yang lumayan banyak, sedangkan tools ini tidak, hanya dalam sekali klik kita sudah tau ada pihak lain yang juga memiliki konten sama atau tidak.

2. Ditunjukan Bagian yang Salah

Karena memang tools plagiarsm didesain untuk menemukan kalimat plagiat, maka ketika kita menggunakan tools seperti ini, kita akan langsung ditunjukan bagian mana yang terindikasi plagiarsm. Hal semacam ini tidak akan terjadi pada mesin pencari, misalnya pun ada dua judul yang sama, mesin pencari tidak akan memberitahu kita bahwa itu konten duplicate.

3. Ada Prosentase Plagiat

Blogger dan internet marketer akan membuat artikel yang 100 % unik, namun untuk bidang lain mungkin memiliki kebijakan yang berbeda. Misalnya seorang mahasiswa yang membuat jurnal, biasanya universitas memberikan aturan terkait batasan prosentase plagiarsm. Tools seperti ini sangat membantu karena kita akan diberitahu berapa persen naskah kita terkena plagiarsm.

4. Parafrase Tidak Sepnuhnya Berhasil

Mungkin beberapa bidang pekerjaan sudah ada yang paham dengan cara kerja tools dan alat pendeteksi plagiat, dan biasanya mereka mengatasi hal ini dengan melakukan parafrashe. Namun harus kita ingat bahwa parafrase bukan suatu hal yang mudah, meskipun kita sudah melakukannya, faktanya kadang masih ada bagian yang terindikasi plagiarsm. Alat ini untuk memastikan bahwa parafrashe yang kita lakukan bernar-benar berhasil.

5. Bisa Sebagai Bukti yang Otentik

Sebagai seorang writer atau copywriter tentu sudah tidak asing dengan hal ini dimana kadang kita diminta untuk memberikan bukti bahwa konten yang kita buat terbebas dari indikasi plagiarsm, salah satu caranya adalah dengan menyertakan SS (screen shoot) pada saat kita melakukan plagiarsm. Nah untuk hal yang satu ini memang sangat memudahkan pekerjaan seorang writer karena kita bisa membuat bukti yang otentik terkait konten yang kita buat.

Alat Plagiarisme Online Gratis Terbaik

Kita semua sudah tau bahwa pengecekan plagiat seperti ini memang sangat penting, pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja tools atau alat pengecekan plagiat yang terbukti memiliki kualitas unggulan? Berikut beberapa rekomendasi tools online yang bisa anda temukan di internet.

Quetext

Tools plagiarsm yang pertama adalah quetext dimana tools ini bisa kita akses baik secara gratis ataupun berbayar. Cara penggunaanya juga cukup mudah, yakni bisa dengan menempelkan konten kita pada form yang sudah disediakan atau langsung upload file yang akan kita cek. Sayangnya untuk versi gratis hanya bisa melakukan minimal 500 kata pengecekan saja.

Search Engine Reports

Kedua ada Search Engine Reports, sebuah tools yang memberikan lebih banyak hal menarik dari pada quetext. Jika quetext mengharuskan kita untuk berlangganan jika ingin mengecek konten dengan jumlah kata yang banyak, tools ini bisa kita lakukan secara Cuma-Cuma, Tidak hanya 1000 kata, maksimal yang bisa anda cek melalui tools ini mencapai 2000 kata.

Cara kerjanya hampir sama dengan quetext, namun ada fitur lain yang cukup menarik seperti pengecualian terhadap link memang masih dalam satu industri. Kamu bisa mengunjunginya disini searchenginereports.net/

PlagTracker

Ini juga termasuk alat yang sungguh sangat membantu dimana kita dapat melakukan pengecekan plagiat dengan sangat mudah dan gratis. Jika terdapat plagiat, kita akan diberitahu tentang bagian yang terkena plagiarsm beserta prosentasenya. Disitus ini terdapat 6 pilihan bahasa yang memungkinkan kita untuk menggunakan bahasa yang paling kita sukai.

Kesimpulan

Pada akhirnya kita harus memahami bahwa plagiat termasuk pelanggaran yang dapat membuat kita berurusan dengan hal yang rumit, bahkan bisa membuat reputasi dan karier kita hancur. Tidak ada kata terlambat untuk menyadari pentingnya pemeriksa plagiarisme. Gunakan rekomendasi alat yang kami sampaikan diatas.

Mau naskah artikel yang unik dan bebas dari plagiat? lihat layanan kami di link ini https://jawarakonten.com/

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress