Jasa Penulis Artikel

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan Artikel. Sebuah karya tulis yang  kerap memenuhi media digital (platform, website, media sosial), maupun cetak (koran, majalah, dll). Artikel ini bisa ditulis oleh siapapun, tentunya setiap orang akan memiliki ciri khasnya sendiri. Itulah yang membuat artikel menjadi unik dengan banyak gaya.

Akan tetapi, banyaknya jenis karya tulis yang ada terkadang membuat sebagian orang bingung untuk mengkategorikan, manakah karya yang termasuk dalam artikel. Nah, tulisan ini akan mengupas seputar artikel, mulai dari apa itu artikel (pengertian), tujuan, struktur, sifat, hingga fungsinya. Yuk langsung simak uraiannya berikut ini

Apa itu Artikel?

Artikel adalah karangan faktual berupa esai yang isinya mengandung fakta objektif dan ide-ide yang bersifat edukatif, informatif, meyakinkan, dan menghibur. Menurut KBBI, karya tulis ini ditulis lengkap dan tercantum dalam surat kabar maupun majalah.

Artikel juga bisa diartikan sebagai karya yang ditulis berdasarkan fakta atau gagasan dengan panjang tertentu, yang kemudian dipublikasikan dalam media cetak atau online. Dengan demikian, karya tulis ini bisa dinikmati oleh para pembaca.

Dimensi Dalam Artikel

Pada umumnya, artikel mengandung empat dimensi. 4 dimensi itu adalah sebagai berikut:

  • Dimensi hasil pemikiran: Hasil buah pikir yang bersifat kritis analitis yang sudah dikaji dari penelitian maupun gagasan
  • Dimensi bahasa: Bahasa dalam bentuk tulisan sebagai alat untuk merepresentasikan hasil pikiran. Biasanya berisi makna eksplisit atau terang-terangan.
  • Dimensi sistematika: Dimensi ini menjadi unsur pembeda dari artikel dan karya tulis lainnya.
  • Dimensi kaidah penulisan: Kaidah penulisan yang bersifat umum dan perlu ditaati oleh penulisnya.

Untuk bisa dikatakan sebagai artikel, karya tulis juga perlu memilliki ciri-ciri tertentu. Diantaranya adalah, bersumber dari fakta, isinya padat dan jelas, hasil tulisan orisinal, fakta didapat dari narasumber (objek) atau data valid, isi berasal dari hasil riset atau penemuan yang berkaitan dengan tema artikel,  serta dipaparkan sesuai kebutuhan pembaca dengan lugas dan tuntas.

Tujuan Artikel

Artikel ditulis dengan tujuan tertentu. Beberapa di antaranya antara lain,

1. Media informasi

Berisi mengenai ide yang diambil berdasarkan fakta, artikel umumnya bertujuan untuk memberikan informasi faktual kepada pembaca. Jadi setelah membaca sebuah artikel, pembaca bisa menerima informasi dengan jelas tentang topik yang yang ditulis di dalamnya.

2.Media promosi

Artikel juga bisa bertujuan untuk membujuk atau mengajak pembaca. Biasanya, artikel dengan tujuan persuasif ini memang sengaja ditulis untuk kegiatan pemasaran. Contohnya, artikel mengenai kesehatan yang di dalamnya terselip materi promosi sebuah produk yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi selain informatif, artikel juga bertujuan untuk mengajak pembaca membeli produk atau menggunakan sebuah jasa.

3. Media hiburan

Tidak melulu kaku, artikel juga bisa bertujuan untuk menghibur. Materi yang ditulis biasanya menggunggah minat untuk membaca. Misalnya, artikel dengan tajuk , “Kumpulan Video Tiktok yang Lucu dan Seru

Nah, sudah bisa dibayangkan bukan? Materi yang ada di dalamnya tentu mengandung unsur hiburan yang bisa membuat pembaca penasaran dan terhibur.

4. Penyaluran ide atau gagasan

Tidak jarang artikel yang juga ditulis dengan idealis. Dalam hal ini, penulis memang sengaja menulis artikel untuk menyampaikan apa saja yang ada dalam pikirannya. Bisa berupa ide maupun gagasan yang dituangkan dalam bahasa tulisan essay ataupun artikel opini.  

5. Pemecahan masalah

Artikel juga ditulis dengan tujuan untuk membantu memecahkan masalah yang sedang dialami oleh pembaca. Jadi selain informatif, artikel bisa diaplikasikan untuk pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari.

Struktur Artikel

Umumnya, artikel memiliki struktur sebagai berikut:

1. Judul

Judul artikel mengambil peran krusial untuk menarik minat pembaca. sebab, judul merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. jika judul saja sudah menarik dan eyecatchy, maka pembaca akan tergiring untuk membuka dan membaca isi artikel tersebut.

Judul perlu mengandung keseluruhan dari isi artikel. Tidak jarang penulis yang justru membuat judul setelah artikel selesai agar tidak keluar dari konteks. Jadi, pembuatan judul perlu diperhatikan dengan baik. Karena bagian ini adalah umpan yang baik untuk memengaruhi keputusan orang.

2. Pembuka

Pembuka merupakan awalan yang perlu ada dalam artikel. Pembuka biasaya berupa prolog, intro, atau lead yang berisi sekumpulan kalimat yang penting ditulis sebagai pijakan dari pembahasan inti dari artikel.

Pembuka bisa disajikan dengan rangkaian peristiwa, pernyataan, maupun kutipan. Pembuka akan menjadi daya tarik tersendiri yang perlu dibuat semenarik mungkin.

3. Leher

Bagian leher ini merupakan penyambung dari pembuka dengan isi materi. Bagian jembatan dalam artikel ini biasanya berupa uraian dari permasalahan yang nanti akan dibahas dalam inti artikel.

4. Isi atau tubuh artikel

isi merupakan bagian inti dari artikel. Bagian ini memiliki prosentase yang paling banyak dibandingkan pembuka, leher, maupun penutup. Isi akan memberikan uraiaan dari materi atau topik yang akan disampaikan.

5. Penutup

Penutup dari artikel ini biasanya juga disebut dengan ending atau kaki artikel. Bagian ini berisi kesimpulan atau rangkuman yang singkat dan jelas. Penutup yang baik mengandung kalimat yang mengaitkan prolog hingga isi materi dengan runtut.

Sifat Artikel

Artikel memiliki sifat khusus yang membedakannya dengan karya tulis lain. Di antaranya adalah

1. Faktual

Sifat utama dari artikel ialah faktual. Artinya, tulisan yang dituangkan harus benar-benar nyata. Tidak hasil dari imajinasi atau mitos. Berbeda dengan karya fiksi yang bersifat  imajinatif.

2. Infomatif

Karya non fiksi seperti artikel bersifat informatif. Artinya, setelah membaca artikel, pembaca akan mendapatkan wawasan dan informasi. Meski demikian, ada juga sebagian artikel yang bersifat menghibur.

3.Lugas

Bahasa yang digunakan dalam artikel bersifat lugas. Dengan demikian, para pembaca bisa mudah untuk mengerti dan memahami makna dari artikel.

Fungsi Artikel

Artikel memiliki fungsi tertentu, baik bagi penulis maupun pembaca. berikut uraiannya

1. Sarana penyampaian gagasan

Artikel berfungsi sebagai sarana untuk bisa menyampaikann gagasan. Melalui gagasan, penulis bisa berkomunikasi kepada pembaca. dalam hal ini, penyampaian gagasan atau pemikiran juga dinilai mampu menstabilkan emosi dari penulis. Mengapa demikian?

Menuangkan pikiran dalam bentuk apapun termasuk tulisan nyatanya mampu untuk mengurangi beban. Itulah mengapa, artikel menjadi sarana yang tepat untuk penyampaian gagasan atau ide.

2. Untuk menyampaikan informasi

Selain untuk penulis, artikel juga memiliki fungsi bagi pembaca. para pembaca bisa mendapatkan informasi melalui artikel. Informasi ini umumnya diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, bisa juga untuk menambah wawasan para pembaca.

3. Sarana publikasi

Adanya publikasi dalam media cetak maupun online akan membuat tulisan bisa lebih banyak dibaca oleh orang. Artinya, informasi, gagasan, atau tulisan yang ada di dalamnya bisa menjangkau pembaca dengan lebih luas. Terlebih di zaman teknologi ini, akses untuk  publikasi dan membaca artikel bisa ditemukan dengan mudah.

Jadi, artikel merupakan karya tulis yang bersifat faktual dan memiliki tujuan tertentu. Dalam pembuatannya pun ada struktur yang perlu diperhatikan, sebagaimana yang sudah diuraikan dalam pembahasan di atas. Semoga ini bisa menambah wawasan kamu mengenai artikel ya!

Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

View Comments

There are currently no comments.
Next Post