Tips UMKM

Apa itu Customer Centric? Pengertian dan Cara Menerapkannya


Dalam rangka mengembangkan perusahaan, sangat penting untuk berpedoman kepada visi dan misi yang telah dibuat di awal. Sehingga nantinya, kebijakan yang diambil akan memiliki arah yang tidak bertolak belakang. Apalagi di masa pandemi ini, anda harus pintar-pintar bersikap supaya perusahaan dapat bertahan.

Salah satu pedoman yang bagus dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa adalah prinsip customer centric. Sudahkah anda pernah mendengar istilah ini? apa itu customer centric? Pelajari selengkapnya dan putuskan apakah prinsip ini akan menjadi inspirasi untuk pengembangan usaha anda!

Pengertian Customer Centric

Customer centric adalah suatu pedoman yang menjadikan konsumen sebagai patokan utama dalam menjalankan operasional perusahaan atau menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil oleh sebuah perusahaan. Sehingga semua kebijakan yang diambil tidak jauh-jauh dari menggaet perhatian konsumen, memberikan produk dan service terbaik, memberikan pengalaman terbaik dan menjadikan mereka sebagai pelanggan yang loyal, dan lain sebagainya.

Secara sederhana, customer centric adalah istilah yang merujuk pada ‘konsumen adalah raja” yang mungkin lebih familiar di kalangan masyarakat umum. Atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah Client Centric.

customer centric adalah

Customer centric juga diyakini merupakan salah satu karakteristik produk yang paling efektif untuk meningkatkan kepercayaan publik di dunia maya. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Econsultacy untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat konsumen memiliki trust terhadap suatu produk. Hasilnya, sebanyak 58% menjatuhkan pilihan pada customer centric. 48% menganggap bahwa analisis data adalah faktor terkuat, Inovasi dan kolaborasi masing-masing mengantongi 28% suara. Sementara sisanya memilih kualitas dari produk itulah yang menjadi faktor terbesarnya.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Deloitte and Touche dalam PDF juga menyebutkan bahwa perusahaan yang mengutamakan customer centric memiliki kemampuan menarik minat konsumen hingga 60% lebih baik daripada perusahaan yang tidak menerapkannya.

Apalagi jika kebijakan memperhatikan kebutuhan konsumen ini juga dikolaborasikan dengan data dari Customer Relationship Management. Maka anda akan mampu mempunyai gambaran nyata mengenai selera pasar, menentukan strategi marketing yang paling jitu, serta meningkatkan daya beli dari produk anda.

Cara Menerapkan Customer Centric di Perusahaan Anda

Tidak sulit untuk mulai menerapkan customer centric di perusahaan anda. Jika anda penasaran dengan strategi dan cara menerapkan customer centric, Setidaknya terdapat 4 langkah yang bisa anda lakukan.

1. Menanamkan Semboyan Menghargai Konsumen

Lingkungan kerja yang mengutamakan kepuasan konsumen takkan bisa terbentuk jika ide tersebut hanya tersimpan di benak anda. Sehingga anda perlu memberikan pemahaman serupa kepada seluruh karyawan anda. Anda bisa memasukanya kedalam visi misi, dan media lain yang cocok untuk menerangkan tujuan adanya organisasi tersebut.

Berikan pengertian kepada karyawan bahwa kepuasan konsumen terhadap produk dari perusahaan akan berpengaruh besar terhadap perusahaan anda dan seluruh karyawan anda di masa yang akan datang. Komunikasi yang efektive akan membuat karyawan lebih sadar dan pada akhirnya keinginan untuk menggunakan customer centric bisa terwujud.

2. Semua Konsumen Adalah Sama Pentingnya

Walaupun bisa dianalisis dengan pengolahan data kuantitatif, tapi sebenarnya tiap konsumen itu unik. Pengalaman mereka terhadap produk anda secara spesifik sangatlah penting untuk memancing munculnya konsumen berikutnya. Meskipun kita bekerja bekerja berdasarkan data, ada banyak hal terjadi diluar hal tersebut, dan kadang project besar justru datang dari hal yang tidak pernah bisa kita baca melalui data.

Maka dari itu, bangunlah relasi terbaik anda kepada semua konsumen, tanpa pandang bulu. Baik konsumen VIP atau grade dibawahnya.

3. Melakukan Survey Kepuasan Konsumen Secara Berkala

Platform media sosial kini menjadi media yang sangat mudah untuk mengumpulkan informasi, baik dari konsumen maupun dari calon konsumen yang berpotensi tertarik dengan produk anda. Cantumkan kolom penilaian tertentu atau berikan kolom dialog interaktif yang membuat anda tetap keep in touch dengan konsumen anda.

Akan sangat sulit jika kita ingin menerapkan customer centrik tapi kita memiliki informasi yang cukup tentang dimana posisi produk kita dimata konsumen dan seperti apa harapan mereka.

4. Apresiasi Kinerja Karyawan Anda

Jangan sampai anda melupakan karyawan anda! Karena jika mereka dalam kondisi terbaik, mereka juga akan memberikan service yang terbaik pula. Cantumkan prestasi terbaik anda bulan ini dan ucapkan selamat kepada karyawan anda. hal ini juga akan menyebarkan semangat karir yang positif di perusahaan anda.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian customer centric dan cara menerapkannya di perusahaan anda. Memang ini bukan strategi baru, namun keefektivitasnya akan selalu relevant dengan perkembangan zaman. Selamat mencoba! Dan jika anda membutuhkan agency jasa artikel SEO, anda bisa menghubungi Jawarakonten.com

Tips UMKM
11 Tips dan Cara Jitu Promosi Produk Mampu Tingkatkan Penjualan
Tips UMKM
Alasan dan 7 Manfaat Website untuk Bisnis di Era Digital
Tips UMKM
Apa itu Brand Awareness? Pengertian & 7 Cara Meningkatkan Brand Awareness
There are currently no comments.