Teknik SEO

Apa itu Guest Posting? Pengertian dan Panduan Membuat Guest Post


Di antara sekian banyak inovasi yang digencarkan oleh para pebisnis di era 4.0, guest post merupakan salah satu yang sedang naik daun pamornya. Guest post ini diklaim sebagai cara yang mumpuni untuk mendongkrak rekognisi yang dimiliki oleh sebuah situs. Karena itu banyak yang mengadopsinya untuk meningkatkan kegiatan promosi, penjualan, hingga keterhubungan dengan para konsumen.

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang masih awam terkait pengertian dan metode guest post, dan ingin mempelajari dengan lebih detail. Pembahasannya akan dibagi dalam beberapa sub, yaitu pengertian guest post, dan tahapan dalam pembuatannya.

Apakah Guest Post itu?

Jika dilihat dari namanya, guest post bisa diartikan sebagai postingan tamu. Ketika dimaknai dengan menyeluruh, guest post menjadi sebuah kegiatan kolaborasi, yang dilakukan dengan menuliskan konten di blog atau situs orang lain dimana penulis tamu bermaksud ingin melakukan promosi atau mencari backlink, dan pemilik situs akan mendapatkan konten secara gratis, sampai dengan bayaran atas media yang sudah di sediakan. Anda akan bertindak sebagai kontributor untuk situs web partner Anda, dan mendedikasikan tulisan atau konten lainnya di sana.

Guest post merupakan salah satu bentuk strategi digital marketing, ini sangat erat kaitannya dengan SEO dan promosi yang mulai ramai dilakukan semenjak aktivitas blogging hits di masyarakat Indonesia. Cara ini diklaim memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah terbentuknya simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak.

Seperti yang sudah kami jelaskan, pihak kedua akan mendapatkan konten segar yang menambah khazanah dan referensi di situsnya, sedangkan pihak Anda akan mendapatkan space yang strategis untuk meningkatkan promosi. Kedua hal ini akan membantu mendongkrak reputasi bisnis, baik dari segi kualitas konten maupun awareness dari konsumen.

Tahapan dan Tata Cara Pembuatan Guest Post

Karena guest post termasuk strategi marketing dan link building, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dalam membangun guest post yang sukses dan efektif;

1. Temukan situs yang sesuai kebutuhan

Di zaman yang serba digital saat ini, siapa sih yang tak memiliki situs web? Rasanya tiap bisnis memanfaatkan media yang satu ini untuk terhubung dengan konsumennya. Namun yang perlu Anda jadikan catatan adalah tidak semua situs web cocok untuk dijadikan sebagai target guest post.

Mengapa?

Sebab tak semua brand tersebut memiliki target dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Terdapa tiga hal utama yang bisa dijadikan tolak ukur untuk kecocokan situs yaitu memiliki target yang sama dengan kebutuhan bisnis Anda,  memiliki kuantitas pengunjung yang sesuai, dan mengantongi peringkat yang bagus di mesin pencari.

2. Tentukan keuntungan yang dibidik

Guest post memiliki banyak keuntungan, namun manakah yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda? Penentuan tujuan ini akan menentukan jenis situs apa yang Anda butuhkan, dan guest post seperti yang yang harus bisa Anda ciptakan. Terdapat tujuh daftar keuntungan yang mungkin Anda jadikan sebagai acuan, yaitu;

  1. Meningkatkan brand awareness mengenai bisnis dan produk.
  2. Mengenalkan layanan, kelebihan, dan keunikan yang dimiliki kepada audiens.
  3. Menunjukkan kepada audiens mengenai hal-hal yang bisa Anda sediakan dan lakukan untuk mereka.
  4. Meningkatkan engagement atau keterikatan dengan pengguna sosial media.
  5. Mendongkrak peforma SEO.
  6. Memunculkan expertise bisnis, dengan memunculkan keunggulan yang dimiliki.
  7. Menambah jangkauan traffic dan lead untuk mendapatkan audiens baru.

3. Cari tahu syarat dan ketentuan kontributor

Membangun sebuah guest post bukan sekedar menulis konten dan asal-asalan mengirimnya. Anda harus memastikan dengan sungguh-sungguh syarat dan ketentuan kontributor yang disediakan.

Tujuannya adalah untuk menyesuaikan kualitas konten yang dibutuhkan oleh situs terkait. Karena tanpa ini, simbiosis mutualisme tadi tak akan bisa terlaksana. Konten yang buruk akan berimbas pada ketertarikan audiens pada guest post tersebut. Selain itu, konten yang tidak berkualitas akan mengurangi tingkat performa SEO yang harusnya bisa anda dapatkan dengan maksimal.

Intinya, selalu ingat bahwa konten yang baik akan mendatangkan atensi baik. Begitu juga dengan konten yang tak menarik, akan gagal untuk mendapatkan perhatian dari publik.

4. Susun ide konten yang tepat

Ketika Anda mulai membangun guest post, ingatlah bahwa Anda bukan hanya mewakili bisnis Anda, melainkan menjadi perwakilan bagi bisnis orang lain juga. Karena Itu Anda harus belajar untuk memahami kebutuhan, preferensi, selera, dan hal-hal yang diminati oleh target situs tersebut. Ini merupakan dasar awal untuk membangun konten yang sesuai.

Selain mengetahui selera audiensnya, Anda juga harus bisa memunculkan bahasan yang tidak basi atau sebelumnya pernah dituliskan. Karena itu, temukanlah celah dan hal-hal unik yang bisa membuat konten Anda menarik di antara sekian postingan lainnya.

Tanpa kemampuan ini, guest post Anda akan sulit mendapatkan atensi dari audiens, melainkan hanya dianggap sebagai konten umum dan seperti biasanya saja.

Terakhir, jangan lupa menyesuaikan jenis konten dengan tujuan bisnis yang Anda miliki. Jangan sampai konten yang ditulis malah tidak merepresentasikan apapun dari produk atau keunggulan yang ada.

5. Menentukan strategi membangun relasi

Membangun relasi penting, karena faktanya tidak semua pemilik website mau melakukan kerjasama guest post. Membangun relasi di dunia virtual perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah;

  1. Siapkan data serta matriks bisnis yang dibutuhkan, guna menjelaskan profil perusahaan kepada calon partner.
  2. Gunakan email yang memiliki sentuhan personal, misalnya seperti sapaan khusus, penjelasan singkat di badan email, hingga kata penutup yang menyesuaikan dengan perusahaan sasaran.
  3. Gunakan pengantar berisi penjelasan tentang kelebihan dan keuntungan kerjasama yang akan didapatkan.
  4. Tautkan bukti konten yang sebelumnya pernah Anda tulis. Pillihlah yang terbaik dan sekiranya sesuai dengan syarat kontributor yang diminta oleh situs terkait.

6. Melakukan follow up

Setelah tulisan Anda diterima sebagai guest post, tugas Anda tak hanya berhenti di sana saja, melainkan harus aktif melakukan follow up. Hal ini berguna untuk membantu situs partner tersebut untuk mendapatkan traffic dan leads.

Jangan khawatir, usaha follow up Anda pada akhirnya akan membuahkan rekognisi yang melimpah pula untuk bisnis Anda. Beberapa cara yang bisa Anda adopsi untuk melakukan follow up adalah;

  1. Membagikan postingan ke sosial media dan platform lainnya.
  2. Gesit dalam menanggapi komentar, pertanyaan, dan kontribusi lainnya yang diberikan oleh audiens di tiap konten.
  3. Tautkan ke situs bisnis Anda, dengan cara menuliskan review, memberikan komentar, dan hal lainnya yang memungkinkan konten tersebut untuk muncul secara natural.

7. Evaluasi hasil guest post

Langkah terakhir ini merupakan ujung tombak dari efektivitas sebuah guest post. Tanpa melakukan evaluasi, Anda tak akan bisa mengetahui apakah guest post tersebut mendatangkan hasil yang sesuai dengan target atau tidak. Beberapa poin yang bisa Anda jalankan dalam tahapan evaluasi adalah;

  1. Mengecek traffic situs yang dihasilkan dari referral guest post.
  2. Menghitung jumlah audiens baru yang mampir di situs Anda.
  3. Menghitung jumlah tautan yang ada di tiap konten.
  4. Menghitung jumlah komentar dan reaksi yang ada di tiap konten.
  5. Mencatat perubahan posisi situs di peringkat mesin pencari.
  6. Mengalkulasikan jumlah mention dan tautan yang terkait dengan brand.

Dengan memperhitungkan hal-hal di atas, Anda bisa memperkirakan tingkat efektifitas guest post yang ada di tiap situs. Dari sini, Anda bisa mengetahui apakah situs tersebut cocok untuk dijadikan sebagai lapak bisnis atau tidak. Anda juga bisa mengetahui kualitas dari konten yang Anda buat, apakah cukup menarik audiesn atau tidak.

Itulah pembahasan mengenai gambaran umum guest post dan langkah-langkah pelaksanaannya. Kesuksesan membangun guest post memang melibatkan banyak hal, mulai dari kemampuan menulis, pemerhatian tren, peka terhadap pasar dan kompetitor, hingga keterlibatan di sosial media secara aktif. Kami menyediakan layanan guest post premium yang bisa anda akses pada link ini jawarakonten.com/content-placement

Teknik SEO
Apa itu SEM? Manfaat Search Engine Marketing untuk Bisnis + Contoh
Teknik SEO
15 Cara Memunculkan Website di Halaman #1 Google
Editor's Choice
5 Teknik SEO Modern yang Efektif dan PowerFULL
There are currently no comments.