Jasa Penulis Artikel

Bisnis selalu berhubungan erat dengan konsumen. Tanpa kehadiran konsumen, bisnis tidak bisa berkembang karena tidak terjadi perputaran uang di dalamnya. Dari berbicara tentang konsumen, leads adalah adalah satu hal yang sangat berkaitan tentang hal ini, khususnya dalam ranah digital markting.

Istilah leads generation mungkin masih asing di telinga masyarakat awam. Padahal istilah ini sangat populer dan umum di kalangan pebisnis. Lalu apa itu leads generation? dan bagaimana cara optimasinya? simak pembahasan kita.

Apa itu Leads Generation?

Lead generation adalah sebuah proses marketing yang bertujuan untuk mendapatkan dan menstimulus minat pasar terhadap produk dan layanan untuk tujuan meningkatkan penjualan. Lead generation juga dapat diartikan sebagai sebuah proses akuisisi calon pelanggan sampai dengan menunjukan tanda ketertarikan dengan produk.

Dalam proses ini, perusahaan memerlukan seluruh praktik terbaik dalam marketing untuk dapat memicu terjadinya ketertarikan, dan strategi content marketing merupakan salah satu cara yang sering digunakan dalam digital marketing.

8 Strategi  dan Cara Mendapatkan Lead Generation

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa leads generation adalah salah satu hal yang sangat penting untuk sebuah usaha, apalagi jika dalam tahap merintis. Lalu bagaimana cara mendapatkan leads generation? Ikuti beberapa strategi dan cara memperoleh leads berikut ini:

1. Sharing Sample Produk

Pemberian sample produk di Indonesia masih sangat jarang. Padahal cara ini cukup efektif untuk melihat potensi pasar dan mengklasifikasikan mana saja konsumen potensial.

Contohnya jika Anda menjual parfum atau produk kosmetik. Melalui free sample, konsumen potensial akan mempelajari mutu dan kualitas produk Anda. Jika mereka menyukai sampel gratis yang Anda berikan, kemungkinan untuk membeli produk seutuhnya tidak lagi mustahil.

Strategi bisnis ini telah dikembangkan sangat lama di bisnis internasional. Banyak website bisnis yang tidak ragu untuk membagikan produk sampel mereka secara online. Untuk memikat konsumen, beberapa website company profile bahkan menyediakan fitur gratis ongkir. Sehingga konsumen hanya perlu menunggu dan menerima sampel gratis di rumah.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Cara mendapatkan leads sebenarnya tidak sulit, cukup Anda tingkatkan kesadaran merek di sosial media. Tunggu beberapa saat, hingga Anda berhasil menarik pelanggan baru potensial.

Agar strategi ini berjalan dengan baik, pilih sosial media yang benar-benar populer di tanah air. Contohnya Instagram, Twitter, TikTok, YouTube dan Facebook. Seluruh platform tersebut memiliki jaringan fans yang sangat tinggi.

Anda bisa mempromosikan brand sekaligus produk baik dalam bentuk gambar, teks tulisan maupun video. Kelola media sosialnya dengan baik supaya tidak terbengkalai dan ditinggalkan oleh leads.

3. Menyajikan Tombol Subscribe

Beda dengan YouTube yang fitur subscribe-nya bisa diakses dengan mudah. Di website bisnis terkadang Anda harus mengatur sendiri keberadaan tombol subscribe. Jika sengaja tidak dimunculkan otomatis konsumen tidak bisa menemukan dan melihatnya.

Ada banyak sekali kelebihan dari tombol subscribe salah satunya memungkinkan pelanggan untuk berlangganan terus dengan website Anda. Seluruh postingan baru yang Anda buat akan terkirim notifikasinya pada pelanggan. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan trafik penjualan.

Baiknya saat Anda mencoba cara mendapatkan leads ini gunakan konten tulisan yang menarik dan persuasive. Sehingga leads tidak ragu lagi untuk klik notifikasi yang terhubung langsung dengan website bisnis Anda.

4. Berinteraksi Langsung

Karena berkonotasi dengan konsumen, sudah sewajarnya jika Anda berhubungan erat bersama mereka. Selain menambahkan gadget subscribe di website bisnis, jangan lupa untuk turut menghadirkan live chat.

Dengan fitur ini, pelanggan baru atau lama bisa berinteraksi langsung dengan CS. Fitur live chat memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi 2x lipat lebih cepat. Tentunya, Anda tidak ingin kehilangan leads karena aksesbilitas yang tidak mumpuni bukan?

Fitur ini juga kami terapkan pada layanan jasa penulis artikel seo murah kami di https://jawarakonten.com, dan hasilnya memang cukup memuaskan.

5. Rutin Mengadakan Campaign Menarik

Cara mendapatkan leads selanjutnya adalah melakukan campaign rutin. Contohnya seperti sejumlah marketplace unicorn (shopee mengalahkan bukalapak) tanah air berhasil menyingkirkan pesaing mereka setelah menawarkan fitur ini. Mereka memanfaatkan keingintahuan konsumen dengan memasang campaign baru dan unik setiap harinya.

Mengadakan campaign secara tidak langsung mengiklankan brand dan produk Anda. Ketika campaign yang ditawarkan menarik dan menguntungkan bagi konsumen. Leads akan berbondong-bondong datang ke website Anda untuk mengikuti campaign-nya.

6. Tidak Kapok Menawarkan Diskon/Cashback

Selain menyediakan campaign unik dan berbeda setiap harinya, biasakan pula untuk menawarkan diskon atau cashback. Cara mendapatkan leads generation ini cukup berpengaruh mengingat mayoritas orang Indonesia menyukai harga diskon atau mengumpulkan cashback.

Agar penawaran yang Anda berikan ini memberikan dampak positif juga menguntungkan perusahaan. Atur jumlah diskon dan cashback-nya dengan perhitungan yang tepat.

7. Menjadi Peserta Forum Diskusi

Selain melakukan beberapa strategi dan cara mendapatkan leads dengan pendekatan langsung ke pelanggan. Mengapa Anda tidak mendalami berbagai informasi seputar kebutuhan leads dari forum diskusi.

Saat menjadi peserta forum diskusi, Anda bisa berbicara dengan konsumen dan mencari tahu minat mereka. Silahkan tempatkan diri Anda sebagai konsumen bukannya seller. Kunjungilah beberapa forum diskusi online. Semakin banyak forum yang Anda ikuti semakin banyak pula informasi baru dan unik yang diperoleh.

8. Buat Webinar Menarik

Dan cara terakhir yang bisa dicoba untuk memperoleh leads dengan membuat webinar menarik. Belakangan ini webinar amat sangat populer di kalangan pebisnis. Tidak sedikit juga pelanggan jasa penulis artikel seo murah kami juga menerapkan hal ini.

Buatlah webinar yang kreatif, unik dan berbeda dari website bisnis lainnya. Jika memungkinkan, pilih  pembahasan dan narasumber yang disukai oleh leads.

Itulah beberapa strategi dan cara mendapatkan leads yang bisa Anda coba saat menjalankan bisnis online baru. Untuk hasil optimal, ingatlah selalu untuk menempatkan diri Anda sebagai konsumen, bukan pemilik.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti cara memilih influencer atau artikel lainnya di kategori Digital Marketing

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post