cara mendapatkan backlink dari Google

6 Cara Mendapatkan Backlink Dari Google

Untuk mendatangkan lebih banyak traffic, blog atau website Anda harus muncul di hasil pencarian teratas Google. Ini adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan website.

Selain melalui content, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Jika sudah membicarakan soal SEO, ada dua hal penting yang tidak boleh dilewatkan yaitu SEO On page dan Offpage.

Untuk on page beberapa waktu lalu sudah kami bahas, anda bisa membacanya melalui internal link diatas, dan kini giliran SEO Off page, salah satunya backlink.

 

Apa Itu Backlink & Kenapa Backlink Penting?

Bila Anda berakhir menemukan dan membaca artikel ini sekarang, kemungkinan besar Anda sudah tahu bahwa backlink adalah salah satu faktor SEO yang akan membantu menaikkan ranking sebuah blog/website. Oleh sebab itu Anda mencari tahu tentang bagaimana cara mendapatkan backlink.

Benar tidak?

Secara singkat, backlink adalah link menuju blog/website yang dipasang di blog/website lain. Backlink sangatlah penting karena di mata Google, banyaknya backlink berkualitas yang merujuk ke blog/website Anda akan dilihat sebagai indikator kepopuleran dan kredibilitasnya – di mana hanya halaman-halaman dari blog/website populer dan kredibel lah yang akan direkomendasikan Google kepada para penggunanya.

Cara Mendapatkan Backlink

Pertanyaannya, bagaimanakah cara mendapatkan backlink tersebut? Ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah dengan:

  • Membuat konten yang berkualitas, konten yang berkualitas akan menjadi rujukan webmaster lainnya.
  • Rajin mempromosikan konten blog/website Anda via media sosial dan berbagai platform lainnya;
  • Menjalin hubungan dengan linker, yaitu blogger atau pemilik website lain yang bersedia mencantumkan link menuju blog/website Anda di konten mereka.
  • Lakukan guest post dan manfaatkan content sharing platform untuk menyebar link blog/website;
  • Manfaatkan jasa backlink untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
  • Manfaatkanlah platform/produk-produk Google.

Artikel ini khususnya hanya akan membahas lebih dalam tentang cara terakhir, yaitu cara mendapatkan backlink dari Google.

Cara Mendapatkan Backlink dari Google

Perlu diingat bahwa backlink yang Anda butuhkan adalah backlink yang berkualitas, yaitu backlink yang relevan dan datang dari sumber terpercaya, bukan backlink dari blog/website sembarangan yang malah akan membuat kredibilitas Anda dipertanyakan.

Salah satu sumber backlink yang sudah pasti berkualitas adalah Google sendiri. Simaklah cara-cara mendapatkan backlink dari Google sebagai berikut!

1. Via Google Plus (sudah gak ada)

Salah satu sumber backlink yang baik adalah dari media sosial, di mana Google Plus adalah salah satunya yang sudah terindeks dalam Webmaster Tools dan mendapatkan pengakuan dari Google. Bagaimanapun juga karena Google Plus adalah media sosial buatan Google, pengaruhnya sudah pasti lebih baik dibandingkan media sosial lain bukan?

Cara mendapatkannya sangat mudah. Anda tinggal mengaktifkan akun Google Plus dengan login menggunakan alamat email Gmail Anda, lalu buatlah status yang mencantumkan link menuju blog/website Anda di sana.

Jangan lupa pastikan status yang Anda buat bersifat publik sehingga bisa dilihat dan dibagikan oleh pengguna Google Plus lainnya. Karena ketika status yang berisi link menuju blog/website Anda dibagikan oleh pengguna lain, dari sinilah Anda akan kembali mendapatkan backlink.

2. Via Google Sites

Cara lain yang dapat Anda tempuh untuk mendapatkan backlink dari Google adalah dengan mencantumkan link menuju blog/website Anda di Google Sites.

Bila Anda belum tahu, Google Sites adalah aplikasi buatan Google yang dapat mempermudah Anda dalam membuat website sendiri (tentunya dengan menggunakan subdomain Google).

Untuk mendapatkan backlink dari Google Sites, Anda harus terlebih dahulu login menggunakan alamat email Gmail. Kemudian kunjungi https://sites.google.com/new lalu aturlah tampilan sederhana untuk halaman blog/website Anda.

Bila sudah, buatlah post dengan mencantumkan link menuju blog/website Anda yang sesungguhnya. Sedikit lebih rumit dari cara mendapatkan backlink dari Google Plus, namun tidak sulit.

Bila Anda rajin menulis post di Google Site dengan menyisipkan banyak link menuju blog/website, Anda bisa mendapatkan banyak backlink. Tapi ingat, jangan berlebihan. Tulislah post yang natural sehingga Google tidak akan mengkategorikannya sebagai spam.

3. Via Google Docs/Drive

Anda juga bisa mendapatkan backlink dengan menanam link menuju blog/website Anda di dokumen yang Anda tulis di Google Docs atau unggah di Google Drive.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Google Docs adalah layanan pengolahan dokumen teks online yang terhubung dengan Google Drive, layanan penyimpanan online milik Google. Lagi-lagi, kuncinya adalah menyertakan link menuju blog/website Anda di dalam setiap post yang Anda buat.

4. Google My Bussines

Googe my business adalah produk yang dihadirkan oleh Google untuk mereka yang ingin mempromosikan usaha atau tempat. Akhir-akhir ini banyak orang yang menggunakan Google my bussines, bahkan beberapa web master juga mewajibakannya karena menjadi salah satu strategi membangun SEO Lokal.

Jika anda ingin mendapatkan backlink dari Google, selain tiga cara diatas juga bisa menggunakan metode ini. Tidak hanya backlink saja, bisnis atau situs kamu juga akan lebih mudah untuk ditemukan karena my business akan muncul juga di hasil pencarian.

5. Yutube

Youtube juga bisa menjadi ajang untuk mendapatkan backlink secara gratis, caranya cukup buat vidio yang belum pernah di publish di youtube dan pada bagian deskripsi isi sebuah link menuju situs kamu.

Agar lebih maksimal, buat judul yang mudah ditemukan orang dan memiliki volume pencarian tingg. Dengan begitu trafik yang kamu dapatkan akan jauh lebih banyal.

6. Shortner URL by Google

Sama seperti situs lain, Google juga menghadirkan produk yang berfungsi untuk memendekan url atau link. Biasanya hal ini digunakan untuk merapikan konten sosial media agar lebih pendek dan enak dipandang.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengunjungi situs https://goo.gl/ dan ikuti step by step yang ada disana. Lagi-lagi, gunakan dengan bijak dan jangan berlebihan.

Kesimpulan

Sampai pada akhir pembahasan tentang cara cara mendapatkan backlink dari Google dalam rangka menaikkan peringkat blog/website Anda. Perlu diingat bahwa tidak semua cara diatas bisa terindex di web master tools, dari yang kami lakukan, Google plus adalah cara yang hasilnya masuk ke index web master tools.

Selain itu, menggunakan Google sebagai media untuk mencari backlink menurut kamu bukan ide bagus. Karena bagaimanapun itu adalah produk Google, dan jika kita mau bermain curang, akan semakin mudah bagi Google untuk mendeteksinya.

Butuh artikel berkualitas dan SEO Friendly? ke jawarakonten saja

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *