5 Tips Backpacker ke Jogja dari Surabaya Murah dan Lancar

backpacker ke Jogja dari Surabaya

5 Tips Backpacker ke Jogja dari Surabaya Murah dan Lancar

Jawarakonten.com || Surabaya-Jogjakarta memang tak seberapa jauh dimana perjalannya kita bisa menggunakan bus, pesawat, atau kereta api, tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana tips backpacker ke Jogja dari Surabaya, tetap saja akan menghabiskan biaya dan waktu.

Bila Anda punya kesempatan berkunjung ke Surabaya, kenapa tak langsung sekalian mengunjungi Jogja?

Jarak yang dekat ini akan semakin murah jika Anda tahu tips-tips menghemat anggaran dalam hal transportasi,penginapan, dan sebagainya. Jogja dan Surabaya memang sama-sama kota besar di Jawa yang memiliki daya tarik wisata memukau.

Tetapi, apa yang ada di Jogja tidak sepenuhnya sama dengan Surabaya. Jogja tetap memiliki pesona kesan tersendiri.

Baca JugaRekomendasi Pilihan Transportasi Ketika Liburan di Jogja

Apalagi kota ini memiliki banyak pusat-pusat wisata yang menjadi situs budaya dunia seperti Borobudur, Prambanan dan sebagainya.

 

5 Tips Backpacker ke Jogja dari Surabaya

Punya rencana backpacker dari Surabaya ke Jogja? Simak beberapa tips berikut ini. Khusus buat Anda yang ingin menekan anggaran jalan-jalan ala backpacker:

 

1. Pilihan Transportasi

Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah kendaraan atau transportasi apa dari Surabaya menuju Jogja yang paling murah?

Tranportasi bus terbilang cukup murah. Untuk kelas eksekutif tarifnya masih di bawah 100ribu rupiah dengan waktu perjalanan tercepat 6 jam.

Tetapi jika kondisi macet, perjalanan bisa memakan waktu 9 hingga 10 jam. Kurang cocok untuk Anda yang sedang kejar target cepat sampai di Jogja.

Pilihan yang paling mungkin adalah kereta api. Jenis kereta ekonomis harga tiketnya 100 ribuan saja dengan waktu perjalanan 5 jam lebih.

Sementara untuk kereta eksekutif biasanya tiketnya berkisar 200 ribuan dengan waktu perjalanan 4 jam lebih.

Tips backpacker ke Jogja dari Surabaya tentu saja tidak merekomendasikan pesawat karena harga tiket pesawat saat ini sangat mahal.

Sesampainya disana, jika Amda ingin lebih leluasa bisa memanfaatkan layanan sewa motor Jogja buka 24 jam yang tersebar luas. Namun jika Anda pergi dengan rombongan, sewa mobil Jogja bisa menjadi pilihan terbaik.

 

2. Penginapan yang Tepat

Bila ingin hemat ketika sampai di Jogja, pilihlah jenis penginapan seperti guesthouse, homestay atau kelas hotel melati. Disekitaran malioboro ada penginapan yang biayanya hanya 40 ribu, cukup murah bukan?

Beberapa hotel bintang satu pun ada yang menawarkan tariff murah di Jogja. Meskipun banyak yang mengatakan penginapan di Jogja mahal, ternyata masih banyak penginapan murah yang dibanderol dengan harga di bawah 100 ribu rupiah saja per malam.

Belum punya referensi penginapan yang murah ala backpacker di Jogja?

Beberapa penginapa berikut bisa Anda pilih, di antaranya Deep Purple Homestay, Pondok 71, Penginapan Pugeran, Edu Hostel Bintang 1, Hotel Parangtritis Bintang 1 dan sebagainya.

Informasi tentang alamat hotel bisa Anda temukan di internet, tarifnya per malam masih di bawah 100 ribu rupiah. Tips backpacker ke Jogja dari Surabaya ini akan sangat membantu Anda berhemat anggaran selama di Jogja.

 

3. Makan Hemat di Jogja

Kalau soal makanan tak perlu khawatir karena Jogja pusatnya makanan murah. Bahkan banyak wisatawan yang kalap menemukan banyak kuliner murah di Jogja. Namun tetap saja, kalau di dekat area wisata harganya tetap mahal.

Makan Hemat di Jogja

Jika Anda asli Surabaya tentunya akan sangat senang menikmati makanan-makanan tradisional Jogja yang murah.

Di antara pilihan kuliner murah di Jogja adalah bakso, mie godong, gudeg, bacem, pecel, aneka bakmi dan sebagainya.

Jika lidah Anda lidah pecinta selera manis, Jogja menjadi syurga kuliner tak terlupakan untuk Anda. Tips yang juga penting Anda perhatikan dalam menemukan kuliner murah di Jogja adalah lokasi jualnya.

Makanan murah banyak ditemukan di tempat-tempat kuliner sederhana, pasar tradisional maupun pusat-pusat kuliner rakyat. Jika Anda datang ke kafe, atau restoran, harganya juga lumayan mahal.

Tips backpacker ke Jogja dari Surabaya soal kuliner ini cukup penting Anda perhatikan karena kebutuhan makan tentu saja menjadi hal utama selama berwisata.

 

4. Tempat Wisata Gratis

Mau jalan-jalan hemat di Jogja, pilihlah tempat-tempat wisata gratis atau yang menawarkan tiket murah 5ribu hingga 10ribu rupiah?

Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata. Wisata gratis pun sangat hits dan menjadi destinasi yang instagramable yang dikunjungi banyak orang.

Objek wisata alam seperti pantai pada umumnya gratis, atau wisata-wisata alam yang masih baru biasanya tarifnya cukup murah dan terjangkau.

Jogja memang serba murah, lebih murah dibandingkan Surabaya dalam beberapa hal. Tetapi jika Anda tak tahu bagaimana tips menghemat anggaran di Kota Jogja, tetap saja biaya perjalanan Anda akan bengkak.

Baca Juga : Tips Jalan-Jalan ke Jogja ala Backpacker

Pilihlah transportasi di Jogja yang murah, seperti trans Jogja, rental motor atau taksi online dengan tariff yang terjangkau.

Selamat menikmati liburan di Jogja. Jangan lupa tips backpacker ke Jogja dari Surabaya untuk perjalanan yang lebih hemat dan menguntungkan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan