Bimbingan Belajar Privat Sebagai Solusi Anak Rangking di Kelas

Bimbingan Belajar Privat Sebagai Solusi Anak

Bimbingan Belajar Privat Sebagai Solusi Anak Rangking di Kelas

Bimbingan Belajar Privat Sebagai Solusi Anak Rangking di Kelas

 

 

Jawarakonten.com || Bimbingan belajar atau lebih sering disebut bimbel telah berdiri di berbagai kota di Indonesia, terutama Jogja. Ada banyak sekali bimbel di Jogja, mengingat Yogyakarta adalah Kota Pelajar.

Hampir di setiap jalan raya yang kita lewati ada gedung atau bangunan jasa bimbingan belajar di pinggir jalan. Apalagi di sekitar SMA dan SMP, tak hanya ada satu atau dua bimbel saja.

Lalu mengapa bisa ada banyak bimbel di Jogja? Apakah pebisnis tersebut tidak takut merasa tersaingi?

Rupanya tidak ada kata saing-menyaingi dalam usaha bimbel, hampir semua bimbel di Jogja ramai siswa. Setiap bimbingan belajar mempunyai cara tersendiri dalam berpromosi.

Ada bimbingan belajar yang mengedepankan promosi dengan memberi diskon terus-menerus, ada yang mengutamakan pelayanan, bahkan ada juga yang terkesan biasa saja dalam berpromosi karena sudah memiliki ‘nama’ yang populer di masyarakat.

Adanya bimbingan belajar ini jelas sangat membantu orang tua dan siswa. Orang tua mengeluarkan sedikit biaya agar putranya berprestasi, siswa mendapatkan tambahan belajar yang sifatnya lebih efisien nan efektif.

 

Les Privat sama Kelas Bagusan Mana??

Secara garis besar, ada dua jenis Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diterapkan dalam bimbingan belajar. Ada sistem kelas dan sistem privat.

Kedua sistem tersebut yaitu sisitem kelas dan privat memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Setiap anak pun juga berbeda cara belajarnya, ada yang lebih cocok belajar sistem kelas, namun ada juga yang lebih bisa belajar kalau privat. Semua tergantung individu.

bimbel di jogja

Bagi beberapa siswa atau bahkan mayoritas  siswa kalau ditanya lebih memilih les privat daripada les sistem kelas. Jawabannya sangat logis, dengan satu tentor atau guru, siswa bisa bebas bertanya apa pun tanpa merasa malu dan percaya diri.

Berbeda dengan les sistem kelas yang diisi lima bahkan sampai lima belas siswa, telah dibuktikan bawasannya pasti ada satu sampai tiga anak didalamnya merasa malu untuk bertanya. Tidak percaya diri kalau dirinya belum bisa sendiri padahal teman – temannya sudah bisa.

Inilah yang menjadi penghambat kemajuan siswa. Sudah dibiayai oleh orang tua agar nilai meningkat, tetapi alhasil siswa kurang cocok dengan sistem les kelas. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengerti kebutuhan siswa. Tidak ada salahnya orang tua menanyakan kepada siswa terlebih dahulu, apakah berminat dengan les sistem kelas atau les privat.

 

Jadi Mana Rekomendasinya?

Kembali kita bahas bimbel di Jogja sistem privat. Tak bisa dipungkiri, les privat dinilai lebih unggul daripada les kelas. Meski pun ada siswa yang menilai bakal lebih berkompetisi dengan teman – temannya kalau les kelas, beberapa siswa tidak bisa meng-iya-kan opini tersebut.

Siswa yang membutuhkan les privat cenderung kurang percaya diri dan menginginkan posisi senyaman mungkin saat belajar. Jelas saja, les privat memberikan waktu dan tempat yang sangat fleksibel.

Siswa bisa menentukan sesuka hati mau belajar kapan dan dimana. Mulai dari pulang sekolah, malam hari, atau belajar saat weekend, semua bisa dipilih oleh siswa. Soal tempat, siswa juga bisa dengan bebas menentukan mau belajar dimana.

Les privat tidak cenderung belajar di rumah saja, siswa bisa memilih berbagai tempat yang disukainya, seperti kafe, rumah makan, sampai perpustakaan kota. Oleh karena itu tak jarang saat kita pergi ke Perpustakaan Kota atau Perpustakaan Grahatama bertemu dengan siswa – siswi yang sedang belajar dengan seorang tentor.

Seperti yang telah dijelaskan, masing – masing bimbel di Jogja memiliki cara sendiri dalam memberikan pelayanan. Ada yang mempunyai manajemen bagus, bahkan ada yang manajemennya kurang bagus atau buruk. Usia berdirinya sebuah bimbingan belajar tidak menentukan baik buruknya manajemen yang ada.

Perlu bagi orang tua memilihkan bimbel di Jogja terbaik untuk siswa sebagai bentuk kepedulian. Tidak harus yang telah berdiri lama, malahan bimbingan belajar yang buka biasanya lebih niat dan lebih telaten dalam manajemen.

Demikianlah sedikit seluk – beluk mengenai bimbingan belajar. Selain terdiri dari sistem kelas dan sistem privat, orang tua perlu memahami betul apa yang dibutuhkan siswa. Setelah itu baru lah mencarikan bimbingan belajar yang berprestasi dan menghadirkan tentor yang kompeten untuk siswa.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan