Web Developer

Blogger VS WordPress Mana yang Lebih SEO Friendly


Saat akan membuat website untuk keperluan pribadi maupun bisnis, banyak orang yang kebingungan memilih kedua platform terkenal, yaitu Blogger dan WordPress.

Banyak pertimbangan yang diperlukan oleh seorang blogger dalam memilih platform yang tepat. Misalnya: SEO friendly, kemudahan dalam penggunaan, plugin dalam platform, hingga biaya yang dikeluarkan.

Nah, kira-kira mana ya yang lebih SEO friendly antara kedua platform popular ini? Apa saja sih kelebihan dan kekurangan keduanya? yuk simak selengkapnya di pembahasan berikut ini

Apasih Blogger dan WordPress Itu?
Sebelum ke pembahasan Blogger VS WordPress, kamu perlu kenal dulu pengertian dari kedua platform tersebut.

  1. Apa itu Blogger?
    Blogger merupakan salah satu layanan penerbitan konten atau blog bersifat gratis yang dimiliki Goggle. Blogger ini banyak digunakan oleh pemula untuk membuat website bisnis maupun pribadi.

    Pengguna yang membuat website menggunakan Blogger gratis akan memiliki domain blogspot.com. Nah, kalau kamu ingin punya domain sendiri, kamu bisa membeli domain di penyedia layanan yang tersedia.

  2. Apa itu WordPress?
    Berbeda dengan Blogger yang dimiliki Goggle, WordPress berawal dari proyek b2/cafelog oleh Michel Valdrighi dan dikembangin oleh Matt Mullenweg pada 2003.

    WordPress merupakan satu CMS (Content management system) yang paling banyak digunakan. Menurut data statistik, kurang lebih sebanyak 36,4% website menggunakan platfrom WordPress. Termasuk di antaranya perusahaan besar untuk keperluan branding produk.

Blogger VS WordPress, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Sama-sama terkenal, kedua platform ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, termasuk mana sih di antara keduanya yang lebih SEO friendly? Berikut ulasannya:

  1. Kelebihan dan kelemahan Blogger
    Beberapa kelebihan Blogger yang bisa kamu pertimbangkan antara lain:
    – Kemudahan dalam penggunaannya. Misalnya: pembuatan dan publikasi konten hingga edit template
    – Pengguna bisa melakukan personalisasi sendiri
    – Panduan di internet sudah cukup banyak


    Namun, Blogger juga punya kekurangan yaitu:
    – Pengaturan yang terbatas. Pengguna memang bisa melakukan seeting tampilan blog. Namun, pilihan tampilan dan fitur yang disediakan sangatlah terbatas
    – Publikasi konten terbilang standar
    – Kurang fleksibel

  2. Kelebihan dan kekurangan WordPress
    Berbeda dengan blogger, WordPress punya kelebihannya sendiri, antara lain:
    – Banyak plugin yang bisa meningkatkan kinerja website
    – Bisa menggunakan plugin khusus untuk SEO agar website lebih SEO friendly
    – Pilihan tampilan lebih banyak dan fungsi tema yang lebih fleksibel
    – Ramah bagi pemula yang ingin belajar lebih banyak

    Namun, WordPress juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan pengguna, di antaranya adalah:
    – Beberapa tema dan plugin berbayar, pengguna perlu menyediakan investasi yang lebih daripada menggunakan Blogger

Lalu, Mana yang Lebih SEO Friendly?

Seperti yang dijelaskan pada poin di atas, WordPress lebih SEO friendly daripada Blogger. Selain plugin yang dipasang di website, SEO juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan WordPress versi berbayar atau penggunakan CMS wordpress.

Hal itu bisa membuat kemampuan website meningkat di Google Search Console. Google Search Console ini merupakan tools SEO yang digunakan untuk melihat apakah konten yang terpublish sudah diindeks oleh Google atau belum dan seberapa lama konten tersebut terindeks. Semakin cepat diindeks, maka semakin SEO friendly website.

Tapi, apakah Blogger tidak bisa ditingkatkan kemampuannya? bisa saja. Namun, banyaknya plugin yang ada di WordPress membuat peningkatan menjadi lebih mudah. Sedangkan pada Blogger, pengguna perlu mengubah source code. Artinya, pengguna perlu paham basic bahasa pemrograman seperti css, html, hingga javascript.

Nah, sudah tahu kelebihan dan kekurangan WordPress dan Blogger kan? keduanya punya keunikan masing-masing. Jika kamu ingin membuat website, berikut ini tutorial dari jeluga. Sebagai catatan, apapun platform yang akan kamu gunakan, pastikan pelajari terlebih dahulu dan sesuaikan dengan tujuan pembuatan website kamu.

Web Developer
Pengertian dan Cara Membuat Website Company Profile WordPress
Web Developer
7 Halaman Wajib untuk Website Perusahaan
Web Developer
Situs Web Untuk Download Template Company Profile
There are currently no comments.