Cara Efektif Pemasaran Online Untuk UKM

Cara Efektif Pemasaran Online Untuk UKM

Cara Efektif Pemasaran Online Untuk UKM

Jawarakonten.com || UKM adalah singakatan dari Usaha Kecil Menengah, wirausaha yang membangun bisnisnya secara mandiri dimulai dari produksi sampai dengan pemasaan. Ngomong-ngomong soal pemasaran, zaman sekarang biasanya UKM melakukan pemasaran online. Banyak jenis UKM dalam berbagai bidang (fashion, kuliner, otomotif, dan lain-lain) yang berkembang dari segi pemasarannya.

UKM memiliki ruang gerak yang lebih leluasa dalam berkreasi serta menuangkan konsep usaha yang ditekuninya. Jaman sekarang pelaku UKM sangat banyak sehingga banyak persaingan yang menuntut orang memiliki UKM untuk lebih kreatif lagi dalam menghasilkan barang produk/ jasa serta cara mempromosikannya. Walaupun pelaku UKM sangat banyak, tapi baru sedikit yang memanfaatkan pemasaran online.

Cara Efektif Pemasaran Online Untuk UKM

Di era perdagangan bebas sekarang ini pemilik UKM berlomba-lomba untuk memasarkan produknya secara internasional. Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku UKM untuk memasarkan usahanya dengan memanfaatkan marketplace. Beberapa contoh marketplace antara lain seperti Buka Lapak, Tokopedia, OLX, dan lain-lain.

Pemasaran online tentu akan membutuhkan kerja sama dengan ekspedisi yang memiliki kompetensi tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Pelayanan terbaik dari sebuah ekspedisi akan mendukung pendistribusian produk agar sampai ditangan pelanggan dengan keadaan baik, utuh, dan tepat waktu. Ini akan membantu pelaku UKM agar usahanya bisa meningkat dan berkembang lebih baik.

Dengan pemasaran online, seluruh orang dipenjuru dunia bisa melihat dan menemukan produk/jasa yang kita tawarkan hanya dengan mengakses internet. Pemasaran secara online ini juga akan memudahkan konsumen untuk berbelanja baik dalam memilih barang sampai pada kemudahan dalam pembayaran.

Beberapa cara efektif yang dapat dilakukan pelaku UKM jika tidak ingin mengakses marketplace, yaitu:

  1. Membuat Website Sendiri

Era teknologi sekarang ini tentu kebutuhan membuat website menjadi tidak terelakkan lagi bagi pelaku UKM. Dengan adanya website, akan membuat UKM semakin luas ditambah lagi dengan tampilan dan konten yang dimiliki website Anda akan menambah nilai jual dari produk/ jasa yang dihasilkan.

Baca Juga : Tips Menghadirkan Konten Bagus untuk Website

Pemasaran secara online melalui website akan mempengaruhi tingkat kepercayaan calon konsumen serta memperbesar peluang agar terjadi transaksi jual beli.

  1. Menggunakan Media Sosial Untuk Jendela Branding Dan Iklan

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial akan memudahkan pelaku UKM dalam melakukan branding agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Media sosial juga bisa menjadi tempat agar pelaku UKM bisa beriklan secara gratis.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Konten Media Sosial Facebok Instagram

Media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran online, antara lain adalah Instagram, Facebook, Line, dan lain-lain.

  1. Tampilan Yang Menarik Untuk Iklan

Tampilan yang menarik dikaitkan dengan penampilan yang “layak” dijual. Pengemasan yang menarik agar kesegaran produk Anda jika UKM Anda bergerak dibidang makanan atau kosmetik.

jasa penulis artikel

Seiring berkembanganya teknologi, UKM juga dituntut agar bisa sejalan dengan kemudahan dan efektivitas yang dibutuhkan masyarakat. Selain produk yang berkualitas, pemasaran online juga dibutuhkan untuk memperkenalkannya pada masyarakat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat WhatsApp