Bagaimana Cara Menjual Artikel di Internet?

cara menjual artikel di internet

Bagaimana Cara Menjual Artikel di Internet?

Sejak berkembangnya internet, pekerjaan sebagai penulis konten kian bertambah. Selain mengirimkan artikel ke media konvensional seperti koran dan majalah, banyak penulis lepas yang menjualnya di internet.

Namun kurangnya informasi membuat beberapa penulis tidak tahu bagaimana cara menjual artikel di internet, padahal bagi beberapa orang hal ini cukup mudah.

Apakah kamu salah satu penulis yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan uang lewat menulis di internet?

Ingin tahu cara menjual artikel secara online? Artikel Jawarakonten kali ini akan memberikan penjelasannya untuk kamu.

 

Artikel yang Laku di Internet itu seperti apa?

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjual artikel lewat internet, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai artikel yang disukai oleh pelanggan.

Biasanya artikel yang dibutuhkan oleh pelanggan adalah untuk melakukan optimasi terkait website mereka. Tidak hanya website media, website bisnis seperti Jawarakonten ini juga membutuhkan artikel.

Lalu seperti apa artikel yang disukai oleh pelanggan di internet? Berikut jawabannya:

  • Memiliki Pembahasan Mendalam: Artikel yang disukai oleh pelanggan tentu saja adalah artikel yang berkualitas. Dalam hal ini biasanya memiliki pembahasan mendalam. Jadi jika kamu ingin menghasilkan uang lewat internet, kamu harus mau membuat artikel dengan pembahasan mendalam.Jadi jangan asal rewrite, artikel yang kamu buat haruslah memiliki informasi baru yang belum pernah dibahas website lainnya.
  • Tidak Terdeteksi Plagariasm: Plagiarsm adalah istilah yang sering digunakan untuk mereka yang mengakui karya atau ide orang lain sebagai karyanya. Namun istilah plagiarsm dalam dunia menulis online lebih luas cakupannya dari itu, yaitu artikel yang terdeteksi oleh tool plagiarsm cheker. Artikel copy paste seperti ini sangat buruk untuk kelangsungan SEO website.
  • Memiliki Gaya Bahasa Unik: selain itu, artikel haruslah memiliki gaya bahasa dan pembahasan unik. Jangan harap artikel kamu akan laku jika gaya bahasannya aja masih alakadarnya.
  • Terdapat keyword: dalam istilah SEO (Search Enggine Optimation) dikenal istilah keyword, yaitu pengulangan kata kunci dalam sebuah artikel. Hampir semua pelaku internet marketer menyukai artikel yang sudah dioptimasi dengan keyword.

Apakah kamu bisa membuat artikel seperti ini? jika bisa, mungkin saja kehlianmu itu bisa kamu manfaatkan untuk mendulang rupiah melalui internet.

 

Cara Menjual Artikel di Internet Secara Online untuk Pemula

Memiliki keahlian membuat artikel yang disukai pelaku internet marketer saja tidak cukup. Hal itu akan percuma jika kamu tidak tahu dimana tempat untuk menjual artikel.

Sudah siap untuk mengetahui bagaimana cara menjual artikel lewat internet? Silahkan simak beberapa cara yang kami sampaikan dibawah:

1. Melalui Forum

Kamu perlu tahu bahwa para pelaku internet marketer itu memiliki banyak forum, yang paling terkenal di indonesia adalah forum ads.id, namun sayangnya forum ini sekarang sudah tidak terlalu aktif, tidak seperti beberapa tahun yang lalu.

Nah, kamu bisa menjual karya artikel kamu melalui forum internet marketer seperti ini pada bagian lelang, tawarkan bahwa kamu memiliki beberapa artikel dengan tema tertentu, jika ada seorang pemilik website dengan tema yang sama, biasanya mereka akan tertarik.

Selain melalui ads.id, kamu juga bisa menemukan forum lainnya melalui grup-grup di facebook. Namun biasanya harga artikel disini tidak terlalu mahal seperti media konvensional koran dan majalah.

 

2. Melalui Platform Kerja Freelance

Selain melalui forum, cara menjual artikel di internet yang kedua adalah melaluji platform kerja freelance.

Apa itu platform kerja freelance? Yaitu sebuah website yang menemukan antara pelaku kreatif dengan pihak yang membutuhkan, salah satu contohnya adalah projects.co.id.

Disini kamu bisa menawarkan karya artikel kamu, jika ada orang yang tertarik, mereka akan menghubungi kamu. Namun pihak project sebagai perantara meminta beberapa % dari hasil jual beli itu.

 

3. Mengirimkan Kepada Media

Ini adalah cara yang paling banyak digunakan untuk jual artikel di internet, yaitu mengirimkan naskah melalui media.

Biasanya artikel yang banyak diterima oleh pemilik media adalah artikel opini, atau artikel unik yang jarang dibahas orang.

Lebih menariknya lagi, jika artikel kamu diterima oleh media, kamu akan mendapatkan bayaran yang lebih baik dibandingkan dengan menjual melalui dua opsi sebelumnya.

Beberapa website yang menerima artikel dari usernya seperti Jalantikus, mojok, dan masih banyak lagi lainnya. Selengkapnya kamu bisa baca artikel ini : 10 Situs Menulis Artikel Bahasa Indonesia Dibayar

 

4. Menemukan Pelanggan Sendiri

Apakah kamu bisa menulis artikel dengan berbagai tema dan pembahasan? Kamu bisa mencari pemilik website untuk melakukan kerjasama, dimana kamu bekerja sebagai penulis lepas mereka.

Dimana tempat untuk menemukan mereka?

Ada banyak sekali dimulai dari forum yang sudah kami sebutkan diatas, platform kerja freelance, sampai dengan melihatnya melalui lowongan kerja di Kaskus.

 

5. Bergabung dengan Jawarakonten

Jawarakonten sebagai penyedia jasa artikel seo juga memberikan kesempatan bagi penulis untuk bergabung menjadi bagian dari team kami. Namun kami memiliki stadart tertentu dan serangkaian proses yang harus dilalui penulis sebelum bergabung.

Untuk kamu yang memiliki kemampuan menulis dan berniat bergabung bersama Jawarakonten, silahkan simak lowongan penulis artikel kami.

 

KESIMPULAN

Itulah beberapa cara menjual artikel di internet yang terbukti ampuh untuk mendapatkan uang tanpa harus susah payah. Namun pastikan kamu memang memiliki kemampuan dalam menulis, dan ketika kamu sudah mendapatkan pelanggan, bersikaplah profesional.

Beberapa tempat jual artikel diatas merupakan wadah saja, tanpa keahlian dan sikap profesional, hal itu tidak akan memberikan benefit apapun.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)