Contoh & Cara membuat Company Profile yang Useful

Contoh & Cara membuat Company Profile yang Useful

Bicara tentang cara membuat company profile sebenarnya mudah-mudah susah. Akan menjadi mudah jika Anda tahu apa itu company profil dan mengetahui bagian apa saja yang wajib ada dalam halaman profil perusahaan.

Sebelum Anda membuat profil perusahan, entah dalam bentuk poster atau halaman website, akan lebih mudah jika Anda mengetahui beberapa hal wajib dan krusial dalam sebuah profil perusahaan.

Jika Anda ingin membuat company profil berupa halaman website, Anda bisa mengajak kerjasama Jawarakonten. Layanan tersebut bisa Anda temui pada jasa copywriting.

 

Apa Company Profile itu?

Company profile adalah wajah, citra atau image perusahaan yang diringkas menjadi sebuah halaman yang didalamnya juga berisi tentang fokus kerja, visi, misi, serta pencapain yang selama ini sudah diraih oleh perusahan.

Tidak ada standart khusus mengenai seberapa banyak halaman atau sepanjang apa profil perusahaan. Begitu juga tentang bentuknya.

Namun kami beranggapan,  makin simple dan padat makin baik, karena orang sekarang tak punya waktu lagi untuk membaca penjelasan yang rumit, bertele-tele dan membosankan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Feedback dari Custumer

Seluruh entitas dan kualitas perusahaan Anda harus ada di dalamnya, sejak dari cover depan sampai cover belakang, melalui kalimat, gambar, desain grafis, table-tabel, diagram dan seterusnya.

Semuanya diramu secara menarik untuk menunjukkan kualitas, jati diri dan fokus kerja perusahaan.

Karena company profile perusahaan dibuat untuk berbagai tujuan dan sasaran, maka di setiap perusahaan bisa terdapat bermacam-macam, tergantung tujuan dan sasarannya.

Menawarkan produk kepada calon pembeli, mencari investor untuk memperkuat modal dasar dan kerjasama dengan mitra strategis adalah 3 (hal) berbeda dan profil perusahaanya juga akan berbeda.

Jika untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli, maka dalam profil perusahaan yang Anda buat harus berisi informasi yang jelas tentang produk dan jasa tersebut. Sedangkan data keuangan tidak perlu dimasukan.

Sebaliknya jika ditujukan untuk mencari tambahan modal kepada calon investor potensial dan mitra kerja sama strategis maka informasi dan data keuangan menjadi wajib ada dalam profil tersebut.

 

Cara Membuat Company Profile

Ada beberapa hal yang wajib ada dalam setiap profil corporate. Termasuk company profile sederhana pun bahkan tak boleh mengabaikannya, yakni:

1. Tentang Perusahaan

Informasikan beberapa hal penting terkait perusahaan yang akan membuat pembaca lebih mudah dalam memahami perusahan Anda. Beberapa informasi tentang perusahaan yang kami maksud seperti dibawah ini.

  • Nama legal bisnis yang diperkuat oleh lembaga hukum berotoritas dan entitas perusahaan (CV, PT, perseorangan, atau lainnya).
  • Tanggal, bulan, tahun berdirinya perusahaan.
  • Alamat kantor pusat perusahaan dan cabang-cabang, kalau ada.
  • Nomor telepon kantor pusat.
  • Alamat URL.(website).
  • Alamat email.
  • Akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram (optional, boleh ada boleh tidak).

2. Profil Perusahaan

Profil perusahaan harus mampu menunjukkan bahwa perusahaan Anda sangat berbeda dengan yang lain, alias unik atau bukan seperti perusahaan biasa (business as usual), melainkan sebuah perusahaan yang memiliki nilai lebih dan kekuatan bersaing (competitive advantage).

Di sini Anda harus cantumkan:

  • Sampaiakn mimpi dari perusaahan Anda, dalam hal ini visi misi menjadi bagian terpenting yang harus Anda cantumkan.
  • Deskripsi produk, jasa atau layanan yang dihasilkan dan ditawarkan perusahaan, termasuk prediksi bisnis ke depan, figure penjualan, target pasar, spesifikasi usaha, keuangan sederhana dan karyawan.
  • Jelaskan sejarah atau history dari perusahaan Anda.
  • Kebijakan dan komitmen perusahaan terhadap kesehatan, keamanan dan kelestarian lingkungan.
  • Susunan direksi (board of director), atau struktur para penentu kebijakan dan pengambil keputusan di perusahaan.
  • Keunikan bisnis Anda (optional, boleh dicantumkan boleh tidak, tergantung kebutuhan).

3. Prestasi Perusahaan

Tak semuanya harus diinformasikan. Pilih yang benar-benar bagus dan penting saja, agaplah bagian ini seperti etalase di mana orang bisa melihat dan menilainya secara seksama.

Jika terlalu banyak informasi, calon pembeli, investor dan mitra strategis bisa bosan untuk membacanya. Yang akan Anda sampaiakan pada bagian ini kurang lebih seperti ini.

  • Penghargaan yang pernah diterima dari lembaga berkompeten. Misalnya Kementerian Tenaga Kerja, Perindustrian, Perdagangan atau Lingkungan Hidup.
  • Sertifikasi yang telah didapatkan. ISO ini, ISO itu dan semacamnya.
  • Testimoni dari klien atau mitra strategis, sebaiknya yang lebih bonafide (punya nama). Misalnya testimoni dari Nicky Lauda akan lebih baik dibandingkan testimoni dari Tinton Suprapto, ketika bicara mesin, ban, rem dan segala sesuatu tentang mobil. Testimoni dari somebody juga akan lebih berdampak dibanding testimoni dari
  • Liputan media massa mainstream. Kalau cuma media abal-abal tak usah dicantumkan karena justru akan merusak citra.
  • Angka penjualan dan kondisi keuangan (boleh ada boleh tidak, tergantung siapa sasaran company profil perusahaan tersebut).

4. Item Tambahan

Ini adalah item lain yang mungkin bisa Anda tambahkan pada profil perusahaan Anda, namun ini sifatnya tidak wajib, jika beberapa informasi ini menurut Anda penting untuk diketahui mitra Anda, Anda bisa mencantumkannya.

  • Penjualan tahunan
  • Jumlah karyawan
  • Foto dari perusahaan Anda.

 

Contoh dan Template Profil Perusahan Besar

Jika Anda masih bingung dalam membuat profil perusahaan, beberapa contoh yang kami hadirkan dibawah ini bisa Anda jadikan sebagai template dalam pembuatan.

Usakan untuk menjelaskan perusahaan Anda dengan bahasa yang ringas, padat, dan dapat menjelaskan perusahaan Anda secara keseluruhan.

  • Event Organizer

contoh company profile perusahaan

Contoh dan template company profile ovent organizer milinya hanindo ini bisa Anda jadikan sebagai acuan.

Disana mereka menjelaskan siapa hanindo itu, sejarah, dan kelebihan dari produk layanan yang mereka hadirkan. untuk lebih jelasnya bisa lihat disini

  • Makanan dan Minuman

contoh company profile makanan

Untuk contoh dan template company profile makanan Anda bisa melihat dari websitenya coffeland, sebuah website yang menghadirkan layanan pembelian kopi dan peralatan pendukungnya untuk kebutuhan usaha kedai kopi.

Cukup simple dan powerfull, disana hanya menjelasakan siapa itu coffeland dan apa visinya. Untuk selengkapnya bisa Anda lihat disini

 

Apa yang Harus Anda Blow-up dalam Profil Perusahaan ini?

Tampilan company profile sederhana sekalipun harus dibuat berdasarkan siapa sasarannya.

Profil perusahaan yang ditawarkan kepada calon pembeli harus memuat informasi detail dan menarik tentang produk, jasa dan pelayanan yang dibuat dan diberikan perusahaan Anda. Itu berarti juga harus mencantumkan product value (nilai lebih atau nilai tambah) produk dan layanan yang dihasilkan perusahaan.

Benar, inilah yang harus Anda blow up dalam sebuah profil perusahaan: produk, jasa atau pelayanan yang dibuat atau diberikan oleh perusahaan Anda. Karena itu, bagian ini harus dibuat seserius mungkin sehingga eye catching (tertangkap mata) bagi yang melihatnya, terutama pembeli sasaran.

Semua yang ada di situ harus menarik lengkap dengan gambar, foto, diagram, infografis, tabel dan warna-warninya.

Jadi begitulah. Profil perusahaan anda harus singkat dan padat, tapi jelas menggambarkan image perusahaan secara keseluruhan.

Sekarang berkembang pula profil perusahan dalam berbentuk poster. Seluruh informasi tentang perusahaan bisa didapat dari selembar poster. Hanya selembar atau sehalaman saja, tapi sudah lengkap dan runut menggambarkan jati diri perusahaan.

Bahkan ada yang memilih membuat dalam bentuk film singkat, sehingga yang didapat calon pembeli, kandidat investor dan mitra strategis, adalah sesuatu yang menyenangkan.

Baca Juga: Cara Menghadapi Persaingan dalam Usaha

Cara membuat company profile seperti ini dipengaruhi oleh perkembangan cara berbisnis di era digital. Kata-kata dikurangi atau disubtitusikan menjadi film, gambar diagram, grafis, tabel, warna dan simbol-simbol. Makin sedikit kata yang harus dibaca makin baik.

Silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar, dan jika anda membutuhkan artikel SEO, anda bisa menemukan layanan jawarakonten disini https://jawarakonten.com/

Share this post

Comments (4)

  • jasa mesin kopi Reply

    Pretty! This has been an extremely wonderful article.
    Thank you for providing this info.

    Agustus 2, 2019 at 4:12 am
    • Jawarakonten Reply

      you’re welcome

      Agustus 4, 2019 at 1:39 am
  • best web developer indonesia Reply

    Hey there, You’ve done an incredible job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends.

    I’m confident they’ll be benefited from this site.

    September 4, 2019 at 10:16 am
    • Jawarakonten Reply

      thank you in advance…

      September 14, 2019 at 8:27 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)