Editorial Team Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

Pengertian dan Cara Membuat Website Company Profile WordPress

4 min read

website company profile

Perubahan teknologi dan zaman tidak bisa membohongi kenyataanya jika gaya hidup manusia telah berubah ke era digitalisasi. Sebelum ditemukan website company profile, masyarakat berbondong-bondong mempromosikan produk atau jasa mereka dari media cetak, radio atau iklan televisi. Tapi kini, orang lebih suka membuka PC atau smartphone mereka lantas membangun website company profile.

Memanfaatkan situs online dinilai jauh lebih efektif daripada menghabiskan budget dengan mempromosikan produk secara konvensional. Cara ini juga bisa menjangkau banyak orang yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Apa Itu Website Company Profile?

Pengertian dari website company profile adalah situs official dari sebuah perusahaan dimana konten yang ada di dalamnya membahas lebih dalam tentang suatu perusahaan, mulai dari latar belakang, visi dan misi, layanan yang diberikan, produk apa yang diproduksi hingga informasi pendukung lainnya.

Uniknya, hadirnya website company profile tidak hanya diperuntungkan untuk konsumen saja. Website resmi ini juga dimanfaatkan perusahaan bersangkutan untuk menarik perhatian perusahaan lainnya, mengukuhkan diri di kancah persaingan, atau sebagai bahan pertimbangan investor dan pemegang saham.

Baca Juga: Inspirasi Landing Page Terbaik untuk Bisnis

Dengan berbagai alasan dan pertimbangan, tidak heran jika website company profile dibuat seistimewa dan seprofesional mungkin. Perusahaan bekerja dengan sangat keras untuk menciptakan website company profile yang mampu dipahami dengan baik oleh seluruh kalangan. Tidak perlu terlalu elegan dan mewah. Terkadang website company profile dibuat sangat sederhana dan user friendly.

Cara Membuat Website Company Profile WordPress

Tidak sulit membuat website company profile yang bagus dan fungsional karena ada banyak contoh yang bisa Anda manfaatkan dan sudah dimudahkan dengan berbagai CMS, salah satunya wordpress. Dibawah ini kami akan memandu anda untuk membuat website perusahaan dengan wordpress.

Beli Domain dan Hosting

Untuk membuat website yang profesional, pertama yang kita butuhkan adalah domain dan hosting. Jika di analogikan sebagai sebuah rumah, domain adalah alamat rumah yang nantinya memudahkan tetangga untuk mengunjungi rumah anda.

Sedangkan untuk hosting adalah tanahnya, sebuah tempat untuk meletakan seluruh file dan komponen rumah agar bisa ditempati. Untuk domain, ada banyak pilihan, namun untuk perusahaan biasanya menggunakan ekstensi co.id atau com. Sedangkan untuk hosting pilihlah yang harganya berkisar 1 juta keatas untuk pertahunnya.

Instal WordPress

Untuk cara membuat website company profile yang kedua adalah dengan menginstal wordpres terlebih dahulu. Silahkan masuk ke panel hosting yang sudah anda beli dan ikuti panduan yang ada didalamnya untuk menginstal wordpress.

Disini anda diminta untuk memasukan nama website, deskripsi, dan juga domain yang akan digunakan. Jika Domain dan hosting yang anda beli ditempat yang berbeda, jangan lupa untuk mensetting dns name agar antara domain dan hosting bisa connetc. Jangan lupa untuk mencatat username dan passwordnya ya.

Masuk Ke Dashboard

Setelah berhasil mendaftar lanjutkan dengan login dengan memasukan username dan password website yang anda buat tadi. Ketika berada di dalam akun, masuklah ke menu Dashboard karena dari halaman inilah Anda bisa mengelola konten website company profile yang Anda inginkan. Termasuk mempublikasikan konten, mengubah tema dan aktivitas lainnya.

Dalam halaman Dashboard WordPress ada banyak menu yang harus Anda pelajari seperti navigasi, activity, toolbar, quick draft dan lainnya. Khusus bagi pemula, pelajari terlebih dahulu semua menu tersebut termasuk fungsinya agar Anda mudah mengelola website company profile di masa depan.

Sesuaikan Tema dengan Kebutuhan Perusahaan

Website company profile yang dibuat sederhana bukan berarti tidak menggunakan tema. Tema tetap wajib diaplikasikan untuk mempercantik halaman website. Di WordPress ada banyak sekali tema yang bisa Anda gunakan secara gratis, ada juga tema bisnis yang dikhususkan untuk kegiatan berbisnis.

Apabila perusahaan yang Anda miliki bergerak di bidang jasa traveling, gunakanlah tema yang memiliki hubungan erat dengan traveling. Jangan justru menggunakan tema kesehatan yang tidak berhubungan sama sekali. WordPress turut menyediakan tema premium, khusus tema ini Anda harus mengeluarkan kocek setiap membeli itemnya.

Kami lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan tema premium yang bisa anda beli melalui marketplace seperti themeforest dan sebagainya.

Lengkapi Profil Perusahaan

Cara membuat website company profile berikutnya melengkapi profil perusahaan Anda. Tahapan ini jauh lebih sulit dan kompleks daripada tahapan lainnya. Mengapa demikian? karena Anda harus mendesain tagline dan logo perusahaan. Baiknya, sebelum masuk kembali ke akun WordPress Anda mempersiapkan data-datanya dengan lengkap termasuk menyiapkan nama perusahaan.

Bagaimana cara melengkapi profile perusahaan? silahkan masuk ke akun WordPress dan buka menu Appearance pilih customize dan dilanjutkan dengan memilih Site Identity.

Publikasikan 3 Halaman Secara Bersamaan

Sebuah situs bisnis bisa disebut sebagai website company profile jika situs tersebut memiliki halaman khusus yang menonjolkan identitas perusahaan. Sepeti informasi kontak, produk dan layanan, dan informasi tentang perusahaan. Tiga halaman ini baiknya dipublikasikan secara bersamaan sehingga visitor website yang masuk bisa segera memahami informasi yang coba Anda sampaikan.

Dan sebagaimana namanya, halaman kontak ditujukkan khusus untuk menyampaikan kontak informasi mengenai perusahaan mulai dari nomor telepon atau alamat email. Sementara, halaman tentang perusahaan atau about us biasanya memperkenalkan perusahaan dari berbagai sudut pandang. Mulai dari visi dan misi, sejarah perusahaan, latar belakang bahkan terkadang menyelipkan informasi tentang pejabat perusahaan.

Dan halaman terakhir adalah produk serta layanan. Halaman ini disetting semaksimal mungkin untuk mempublikasikan produk serta layanan yang Anda berikan. Tergantung dari bisnis apa yang Anda tawarkan. Rician produk dan layanan bisa dijelaskan secara detail dalam satu halaman atau dibuatkan link tambahan.

Aturlah Homepage Dengan Seksama

Tahapan akhir dari cara membuat website company profile adalah mengatur halaman utama, ini relatif lebih sulit sebenarnya. Berbeda dengan halaman produk atau tentang perusahaan, menu homepage berada di garda depan. Jika dianalogikan, homepage sama besar pengaruhnya dengan meja resepsionis.

Tanpa homepage yang menarik dan user friendly, visitor akan malas untuk menjelajahi website Anda. Apalagi jika menu yang ada dibuat sangat menumpuk atau tertutupi oleh banyak iklan. Homepage yang bagus akan menggiring seseorang untuk menjelajahi sebuah website bukannya memilih mundur lantas menutup website company profile Anda. Tentunya, Anda tidak berharap hal itu terjadi bukan?

Meninggalkan pesan dan kesan terhadap konsumen, pemegang saham, investor dan pihak lainnya bisa dilakukan dengan sebuah strategi cerdas melalui website company profile.

Dan di atas telah dijelaskan bagaimana cara membuat website company profile melalui WordPress. Dengan memahami semua poin di atas, Anda bisa membuat situs profile perusahaan dengan mudah dan cepat dan tentu saja disukai banyak orang.

Baca Juga: Cara Membuat Company Profile Konvensional

Perlu dingat bahwa panduan yang kami berikan diatas adalah gambaran secara garis besar saja, jadi ketika anda aplikasikan secara langsung, akan ada banyak hal yang harus anda lakukan.

Jawarakonten juga menyediakan layanan jasa pembuatan company profile yang profesional dan terjangkau. Hanya dengan biaya Rp. 2,5 jutaan anda sudah mendapatkan website company profile yang profesional dengan fitur menarik seperti gratis theme premium, gratis hosting, domain, konsultasi digital marketing, dan sebagainya.

Tanya Jawab

Apa yang Harus diperhatikan dalam Membuat Web Company Profile?

Menurut kami hal yang paling penting adalah hosting dan theme yang akan digunakan. Pastikan untuk menggunakan theme premium yang memiliki banyak fitur menarik.

Plugin Apa saja yang Harus di Instal?

Sebenarnya semakin sedikit plugin yang digunakan, menurut kami akan jauh lebih bagus agar performa website tetap bagus. Namun beberapa plugin standart yang wajib dintal seperti Yoast SEO, dan form kontak.

Dimana Tempat untuk Membeli Template?

Untuk template anda bisa membelinya di market place seperti theme forest. Cari template yang harganya ada dikisaran 30-60 $ yang biasanya sudah memiliki fitur menarik.

Editorial Team Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

One Reply to “Pengertian dan Cara Membuat Website Company Profile WordPress”

  1. Artikel yang menarik, ketemu dari google, semoga bisa jadi referensi, ditunggu postingan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress