Teknik SEO

15 Cara Memunculkan Website di Halaman #1 Google


Dengan semakin berkembangnya teknologi, teknik pemasaran produk pun mulai beralih dari gaya kovensional menuju sistem online yang terintegrasi dan lebih mudah diakses oleh banyak orang. Berbicara tentang marketing online, salah satu yang paling disukai banyak orang adalah Search Enggine Optimization (SEO) atau melakukan optimasi agar halaman website kita muncul di halaman 1 Google.

Cara Memunculkan Website di Halaman 1 Google

Bingung bagaimana cara memunculkan website sampai no 1 Google? Dilansir dari situs Wordstream Online Adversity, setidaknya ada 15 cara yang bisa membuat website anda muncul di nomor satu Google. Simak pembahasan menariknya berikut ini!

1. Menargetkan Kata Kunci yang Pas

Pilihlah kata kunci yang relevan dengan tema website anda dan memiliki volume pencarian yang tinggi, setidaknya dalam kurun waktu sebulan terakhir. Anda bisa menggunakan fitur Ubersuggest untuk riset kata kunci yang paling ideal dan sesuai.

Perlu diingat bahwa sistem pencarian di Google tidak bisa langsung mengenali kualitas sebuah website. Sehingga untuk membuat website yang anda kelola dapat di notice oleh Google, anda harus sebisa mungkin membuat halaman website anda serelevan mungkin dengan algoritma mesin pencari. Sehingga semakin tinggi dan relevan kata kunci yang anda gunakan dalam konten, semakin besar pula kemungkinan website anda akan muncul di halaman teratas.

2. Aturlah Website Agar Fast Indexing

Dengan atau tanpa anda sadari, Google senantiasa memperbaiki hasil yang akan muncul dalam mesin pencarian secara berkala. Anda harus membuat website anda mudah untuk dijelajahi jika ingin website anda terpampang di halaman 1 Google, dan untuk melakukan hal ini, memperbaiki indexing website adalah pilihan terbaik.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dimulai dari meningkatkan budged crawling, internal linking, menambahkan alt tag untuk gambar, menambahkan meta deskripsi, dan sebagainya.

3. Pasang Fitur Baca Materi Selanjutnya

Ini adalah salah satu teknik yang sangat ampuh untuk memaksimalkan traffic website, yakni dengan memberikan call to action untuk membaca materi selanjutnya dibagian bawah artikel. Mengapa fitur ini berpengaruh? Tentu saja karena semakin banyak halaman pada website yang dikunjungi, semakin mudah pula website anda akan dikenali oleh Google. Biasanya hal ini akan meningkatkan crawlling budged website anda.

Akan tetapi jangan terlalu buru-buru untuk menggunakan fitur ini di awal, apalagi jika website anda masih terlalu dini dimana konten anda masih sedikit. Karena hal ini rawan menyebabkan kebosanan pada pengunjung website anda. Buatlah konten yang menarik minat para pengunjung. Jika kepercayaan dari mereka sudah anda dapatkan, maka anda tidak akan kesulitan menarik minat mereka untuk mengeklik fitur ‘halaman selanjutnya’.

4. Lakukan Guest Post

Jika ingin mendapatkan perhatian dari seseorang, tentunya anda akan menempuh berbagai cara, bukan? Tentunya dengan tindakan yang menjurus secara spesifik. Jika dilakukan dengan benar, maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian tersebut. Hal serupa juga berlaku jika anda ingin memunculkan website anda di halaman teratas Google. Sebelum memunculkan website di halaman 1 Google, google juga akan melihat apakah website anda direkomendasikan oleh web master lain? Jika iya, website kamu akan lebih mudah untuk sampai di halaman 1 Google.

Ada banyak cara untuk mendapatkan rekomendasi dari website lain, salah satunya melakukan strategi guest post. Ini adalah salah satu trategi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan optimasi agar web kamu ada di halaman 1 Google.

5. Verifikasi Google Bisnisku

Website yang sudah diverifikasi secara resmi akan lebih mudah untuk dikenali secara algoritma oleh Google. Anda bisa mengurusnya melalui situs Google My Bussines, dan tambahkan lokasi bisnis anda pada Google Maps. Cara ini masih berhubungan dengan online directories yang telah kita bahas sebelumnya.

Untuk mendapatkan verifikasi Google melalui Google Maps, pertama-tama anda harus mendaftarkan bisnis dan anda pada Google My Bussines. Selanjutnya anda akan diarahkan ke laman Google Maps untuk penunjukan lokasi secara spesifik. Gunakan email resmi selama proses ini, karena proses verifikasi selanjutnya akan dikirim via e-Mail.

6. Gunakan Judul yang Sesuai Keyword & Menarik

Sama halnya dengan iklan, judul pada konten yang kita buat untuk website sebaiknya dibuat semenarik mungkin. Selain menarik minat dan menambah kunjungan ke website anda, ini akan membuat konten anda teridentifikasi oleh Google. Tapi ingatlah bahwa selain teridentifikasi, anda harus membuat konten website anda dengan judul yang mengandung keyword dan tampak outstanding supaya lebih mudah terindex di nomor halaman pencarian Google yang paling kecil.

Tapi ingat, outstanding di sini bukan makna yang berlebihan atau overclaim. Karena anda harus tetap memegang prinsip bahwa Google lebih menginginkan sebuah konten yang relevan dalam mesin pencari mereka. Sehingga daripada membuat judul yang memberikan janji bahwa produk kecantikan yang anda jual dapat memberikan hasil dalam waktu singkat, akan lebih baik anda membuat konten tentang cara menggunakan produk kecantikan dengan cara yang benar.

7. Menjalin Kerjasama atau Endorsement

Sudah tidak asing dengan endorsement, bukan? Ya, mengajak seorang public figure untuk berkolaborasi dan mempromosikan bisnis atau website anda adalah cara yang sangat jitu. Sebab seorang public figure biasanya sudah memiliki massa tersendiri. Tambahkan tautan website anda, dan pengunjung yang tertarik akan menelusuri bisnis anda lebih jauh.

Semakin banyak pemirsa yang melihat endors yang ditawarkan oleh public figure, semakin banyak potensi bisnis anda akan dikenal dan dicari melalui link yang tersedia. Semakin banyak dicari, maka semakin tinggi peluang website anda relevan dan muncul di halaman pertama pencarian Google.

8. Membuat Konten yang Berkualitas

Setiap orang tentu memiliki preferensi untuk mencari tahu dan menelusuri hal-hal yang dianggap penting dan berkualitas. Anda sendiri juga begitu, bukan? Konten website yang berkualitas lambat laun akan memiliki segmentasi pasarnya sendiri. Kami sudah membuktikan sendiri, 1 konten berkualitas jauh lebih baik dari pada banyak konten yang kualitasnya alakadarnya.

NOTE

Jawarakonten adalah jasa penulisan artikel yang berkomitemen untuk selalu membuatkan artikel dengan kualitas terbaik yang relevan dengan algoritma Google

Jika anda rajin memposting konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk banyak orang lengkap dengan aturan SEO yang diterapkan dengan benar, niscaya kunjungan website anda akan meningkat. Sehingga Google akan menangkap sinyal bahwa website anda layak di halaman 1 Google.

9. Gunakan Gambar Pendukung yang Sesuai

Dalam halaman jasa pembuatan caption ini kami menjelaskan bahwa “picture can speak a thousand words“. Yaps, efek visual dari gambar yang mendukung akan memberikan memberikan penjelasan yang lebih baik untuk para pengunjung website anda. Pastikan untuk menggunakan gambar yang original dan bukan mencomot dari situs lain, karena kini mengambil gambar sembarangan bisa gampang dengan mudah ditelusuri dengan fitur Google Images.

Fitur Google Images ini juga akan membuat gambar dari website anda bisa muncul di halaman pencarian Google, loh. Tambahkan keterangan, dan alt text untuk membuat gambar lebih relevan. Gambar yang menarik akan membuat orang-orang penasaran dan tertarik untuk menelusurinya, otomatis nantinya mereka akan mendarat di halaman website anda.

10. Pertimbangkan untuk Memakai Google Ads

Google memang telah menyediakan layanan marketing khusus yang disebut dengan Google Ads. Fitur berbayar ini akan sangat memudahkan website anda untuk tampil di halaman teratas mesin pencari dengan cara yang cepat jika optimasi SEO belum memungkinkan untuk hal tersebut. Kamu bisa menggunakan hal ini sebagai alternatif sembari melakukan beberapa optimasi untuk mendapatkan halaman 1 Google seperti yang sudah kami sebutkan.

11. Berikan Pengalaman Terbaik untuk Pengunjung Website Anda

Penasaran dengan tingkat kepuasan pengunjung website anda? Tambahkan fitur rating, kolom komentar, contact person, atau hal lain yang dapat memancing feedback dari para pengunjung website. Berikan tanggapan atas semua masukan untuk memperbaiki kualitas terbaik website anda dengan cara yang bijak. Dan sesuaikan tampilan website anda sedikit demi sedikit.

User experience memang sangat penting, selain untuk mengetahui respon dari pengunjung website, rating ini akan menunjukkan relevansi konten website anda. Semakin baik ratingnya, semakin besar kemungkinan Google akan merekomendasikan website anda di halaman pencarian teratas.

12. Manfaatkan Media Sosial untuk Mempromosikan Website Anda

Banyak orang yang kini menghabiskan waktunya di dunia maya dan sosial media, apalagi di masa pandemi seperti ini. sehingga media sosial adalah media yang pas untuk menarik pengunjung website anda. Selain berguna untuk menambah traffic, sosial media ini juga akan sangat berguna untuk mendapatkan nomor 1 di Google, hal ini karena algoritma mesin pencari juga menyertakan sosial signal sebagai salah satu patokan website worth it untuk di halaman 1 Google.

Tidak melulu monoton mengarah di promosi bisnis, buatlah konten yang sekiranya bersifat hiburan. Saling berbalas komentar dengan para pengunjung website juga merupakan ide yang bagus. Penggunaan hashtag populer juga merupakan bentuk kampanye produk yang inovatif.

13. Konten yang ShareAble

Berikan berbagai sudut pandang untuk konten website anda. Pembahasan yang segar dan kata-kata yang mudah dimengerti oleh semua kalangan akan membuat konten anda terasa ramah dan shareable, atau sangat cocok untuk dibagikan untuk banyak kalangan. Ini juga akan menjadi semacam promosi berantai yang sangat efektif yang akhirnya Google akan mengetahui bahwa website anda sangat helpful sehingga pantas mendapatkan halaman 1 Google.

14. Maksimalkan Penggunaan Media Lokal

Media lokal yang umum digunakan oleh orang di sekitar anda akan berpotensi lebih untuk meningkatkan relevansi website anda, karena hal ini termasuk salah satu strategi SEO lokal. Anda juga dapat melakukan kerja sama yang saling menguntungkan ataupun dengan konsep iklan berbayar. Media lokal biasanya akan menerapkan tarif yang lebih masuk akal dan cocok untuk anda.

15. Jangan Melewatkan Kesempatan Sekecil Apapun untuk Promosi!

Buat website anda menjadi sesuatu yang sangat familiar untuk banyak orang. Tinggalkan jejak berupa alamat email, invoice, atau apapun untuk memastikan website anda dapat ditelusuri sewaktu-waktu. Semakin rajin anda melakukan promosi, semakin besar kemungkinan website anda semakin mudah untuk dikenali.

Inilah beberapa cara yang bisa anda coba untuk membuat website anda tampil di nomor 1 Google. Jika anda merasa repot untuk mengurusnya sendiri, banyak jasa professional yang menyediakan layanan pengelolaan website atau konten SEO seperti jawarakonten.com yang akan sangat bagus untuk perkembangan website anda. selamat mencoba!

jasa artikel jawarakonten
Teknik SEO
15 Strategi Link Building Terbaik dari SEO Expert
Editor's Choice
Tips SEO: 10 Faktor Penentu Rangking di Google
Teknik SEO
6 Cara Mendapatkan Backlink Dari Google
There are currently no comments.