Cara Mudah Mendapatkan Feedback dari Customer

cara mendapatkan feedback dari customer

Cara Mudah Mendapatkan Feedback dari Customer

Cara mendapatkan feedback dari customer bisa dilakukan bagi kita yang sering merasa kurang optimal dalam melakukan jual beli. Feedback yang kami maksud disini adalah tentang umpan balik atau penilaian konsumen terhadap produk kita.

Testimoni dari customer, entah itu positif maupun negatif, tentu saja membuat kita lebih paham mengenai produk kita dari mata seorang konsumen, yang pada akhirnya membuat kita bisa melakukan beberapa pilihan, apakah memperbaiki kualitas atau mempertahankan keunggulan yang kita miliki.

Harus diakui bahwa beberapa segementasi masyarakat kita termasuk type masyarakat yang tidak begitu peduli dengan hal-hal semacam ini, hal ini karena mereka tidak aware dan sering kali meninggalkan kolom review dan bintang setelah produk diterima.

Maka dari itu, jika anda menginginkan sebuah umpan balik, ada baiknya anda memiliki beberapa strategi terkait cara mendapatkannya.

 

Pentingnya Feedback dari Pelanggan

Ada banyak hal penting jika konsumen anda mau memberikan umpan balik, berikut beberapa hal yang akan anda dapatkan jika konsumen mau memberikan feedback:

  • Sebagai bahan pengembangan produk: jika ternyata umpan balik dari konsumen kurang baik, kita bisa menggunakan hal tersebut sebagai saran untuk memperbaiki kualitas. Dengan begitu, produk kita dimasa yang akan datang akan lebih disukai konsumen.
  • Sebagai Gambaran Terdapat Calon Konsumen: calon konsumen tentu tidak tahu dengan persis seperti apa produk yang anda tawarkan. Dan umpanbalik biasa digunakan untuk melihat seperti apa kualitas produk dari yang sudah menggunakannya. Akan jauh lebih bagus jika itu adalah testimoni positif.
  • Akan Senantiasa Tahu Perkembangan: beberapa pemilik usaha sering ketinggalan mengenai informasi terbaru karena terlalu fokus kepada produknya sendiri. Melalui kolom feedback kita bisa tahu informasi yang sedang menjadi trend terkait produk kita.

 

Cara Mendapatkan Feedback dari Customer

Agar dapat mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar customer bisa memberikan feedback kepada produk kita.

 

1. Melakukan Survei

Buatlah daftar pertanyaan potensial yang dapat memicu customer untuk memberikan feedback. Cara ini cukup sering dilakukan dan memberi hasil yang memuaskan. Karena kita tidak bisa sembarangan memberi pertanyaan pada customer.

Baca Juga : Cara Menghadapi Persaingan Dalam Usaha

Kita harus bisa membuat serangkaian pertanyaan yang dapat menggiring customer agar mau memberi penilaian. Lakukan survei ini secara rutin dan sesuaikan dengan produk yang dijual.

 

2. Tanyakan Secara Langsung

Walaupun sudah ada yang membeli produk kita, namun belum tentu mereka sudah puas dengan apa yang kita jual. Oleh sebab itu jangan ragu untuk bertanya kepada mereka bagaimana kualitas produk tersebut.

Jawarakonten sebagai jasa content writer juga sering melakukan ini, saat kita melakukan review kinerja, kami akan menanyakan beberapa hal penting kepada konsumen, seperti dibawah ini contohnya:

Cobalah tanpa memaksa untuk mengarahkan mereka agar memberikan penilaian pada kolom yang disediakan.

Gunakan daftar pertanyaan yang dibuat berdasarkan survei yang dilakukan. Jika mereka membutuhkan penjelasan yang detail serta panjang, jangan ragu untuk melakukannya. Karena biasanya pelanggan seperti ini ingin membeli tetapi masih memilki keraguan.

 

3. Beri Mereka Penghargaan

Cara mendapatkan feedback dari customer berikutnya adalah dengan memberikan reward. Memberi mereka penghargaan atas kesediaan waktu mereka mengisis feedback merupakan bentuk kepedulian kita juga kepada customer, sehingga mereka akan senang hati dan rajin mengisi kolom review.

Reward yang bisa diberikan misalnya pemotongan harga ongkos kirim atau pemberian diskon pada beberapa produk tertentu. Namun kita bisa juga memberi reward dalam bentuk sampel produk. Tentu dengan memberi sampel kita juga bisa tahu bagaimana produk yang akan kita kembangkan tersebut.

 

4. Menjaga Hubungan Baik

Terkadang tidak jarang kita menemui calon customer yang menyebalkan. Namun sebagai penjual pelanggan adalah raja, jadi perlakukan mereka sebaik mungkin ketika berkomunikasi dengan kita.

Jangan ragu juga untuk menanyakan apa yang sebenarnya mereka inginkan, keluhan yang mereka hadapi, serta kritik dan saran yang ingin mereka sampaikan.

Walau menyebalkan, jika kita bisa meresponnya dengan baik mereka akan tetap memberi feedback yang baik juga terhadap produk kita.

 

5. Buat Angket

Sesuatu yang anda minta pasti akan jauh lebih diperhatikan dari pada tidak, begitu juga dengan umpan balik. Jika selama ini anda tidak biasa meminta review, cobalah untuk membuat angket dan bagikan kepada konsumen.

Berikan beberapa pertanyaan kepada konsumen, dan mintalah mereka untuk mengisi angket tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan pendapat mengenai produk yang paling mereka sukai, dan tidak mereka sukai.

 

6. Buat Google Bisnisku

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan beberapa layanan gratis sebagai tempat pelanggan memberikan umpan balik terhadap produk anda, salah satunya dengan menggunakan layanan miliknya Google, yaitu Google bisnisku.

Perlu anda ketahui, Google sering merekomendasikan beberapa tempat kepada partner mereka untuk membantu memberikan penilaian terhadap sebuah tempat yang baru saja dikunjungi atau lewat didepan toko.

Selain digunakan untuk memberikan umpan balik, Google bisnisku juga sangat ampuh untuk mendapatkan pelanggan, karena bisnis kita juga akan muncul di hasil penelususran.

 

7. Manfaatkan Media Sosial

Memberitahu customer mengenai media sosial jual beli online kita adalah cara mendapatkan feedback dari customer yang cukup sering dilakukan. Media sosial seperti Facebook dan Instagram memiliki pengguna yang banyak, sehingga cocok sebagai media komunikasi kita dengan pelanggan.

Arahkan mereka untuk memfollow media sosial serta tanyakan bagaimana pendapat mereka mengenai produk yang dijual. Dari sini kita bisa mendapat informasi yang lebih mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk kita.

 

8. Buat Grup Khusus Pelanggan

Ada banyak manfaat dengan membuat grup yang dikhususkan kepada pelanggan, selain bisa digunakan untuk memberitahu mengenai produk terbaru, anda juga bisa menggunakan grup ini sebagai cara untuk mendapatkan review.

Biasanya, orang yang masuk kedalam grup produk adalah pelanggan yang royal dan potensial, maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan hal ini.

 

9. Saluran Khusus

dan cara yang terkahir adalah dengan menghadirkan saluran khusus yang tugas atau keberadaanya untuk menampung saran dan testimoni dari pelanggan, salah satunya adalah email untuk kritik dan saran.

Tidak hanya email, anda juga bisa membuat saluran khusus berupa custumer care yang bisa memanfaatkan sosial media. Ketika ada pelanggan yang merasa bingung mengenai produk anda, mereka akan menghubungi saluran tersebut.

Baca Juga: Cara Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Demikianlah 9 cara mendapatkan feedback dari customer yang bisa kita lakukan. Feedback memang sangat penting agar produk yang kita jual bisa memilki nilai yang baik di mata calon pembeli. Selain itu feedback ini bisa kita gunakan sebagai inovasi untuk produk agar memiliki kualitas yang lebih baik lagi.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan