6 Cara Menghadapi Pesaing dalam Usaha yang Efektif

cara menghadapi persaingan dalam usaha

6 Cara Menghadapi Pesaing dalam Usaha yang Efektif

Dalam menjalankan usaha di bidang seperti fashion, kuliner, property bahkan bisnis online, pastilah memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi. Tantangan tersebut bisa datang dari modal, tempat, pemasaran, bahkan pengusaha lain.

Mempertahankan bisnis adalah tantangan yang berat bagi sebagian pengusaha. Oleh sebab itu, para pengusaha harus mencari stretagi atau cara menghadapi pesaing dalam usaha agar semua proses penjualan bisa berjalan lancar.

 

Cara Menghadapi Pesaing dalam Usaha

Banyak pengusaha gagal dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Berikut beberapa kiat sukses agar mampu bersaing dan menghadapi pesaing pasar, bahkan Anda bisa mengembangkannya.

 

1.   Penentuan target pasar

Tidak sedikit dari para pebisnis sulit berkembang, bahkan gulung tikar karena salah dalam menentukan target pasar yang tidak sesuai dengan usaha mereka.

Mereka bahkan cenderung memilih cakupan pasar yang sedikit atau sempit. Sebagai contoh sebuah salon rambut hanya diperuntukkan untuk perempuan di suatu daerah terpencil.

Baca Juga : 7 Manfaat Website untuk Bisnis di Era Digital

Padahal beberapa laki-laki juga ingin memotong rambut mereka dikarenakan salon potong rambut laki-laki berada jauh dari tempat tinggal mereka.

Maka, disarankan untuk menentukan cakupan pasar yang luas karena akan mempengaruhi kestabilan dan perkembangan bisnis itu sendiri. Cara menentukan target pasar yaitu bisa dengan melihat banyaknya peminat dan permintaan pasar dalam jangka panjang.

 

2. Amati Kompetitor

Ketika Anda sudah memiliki produk, sesekali Anda boleh untuk melihat seperti apa produk yang ditawarkan oleh kompetitor. For your information, hampir semua perusahaan melakukan ini.

Tujuannya tidak untuk hanya sekedar menirunya saja, namun dengan begitu kita bisa melihat sejauh mana produk yang kita jual, apakah sudah memiliki kelebihan atau belum.

 

3.   Fokus dalam mengembangkan usaha sendiri

Sebagian pebisnis kadang sibuk memikirkan apa yang pesaing mereka lakukan dari pada mengembangkan bisnis mereka. Terlalu sibuk mencari tahu kegiatan pesaing hanyalah akan membuang-buang waktu dan melelahkan.

Yang perlu diketahui dari para pesaing adalah keunggulan dari bisnis yang mereka jalani sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk fokus mengembangkan usaha.

 

4.   Mengutamakan dan Meningkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk dari sebuah usaha adalah hal yang kadang dilupakan oleh pengusaha. Sebagai contoh, beberapa bisnis memiliki kualitas produk yang bagus ketika awal bisnis tersebut dipasarkan.

Namun, seiring bertambahnya jumlah peminat, produk yang dijual akan memiliki sedikit penurunan dari segi kualitas karena beberapa alasan seperti naiknya bahan baku, perekonomian Negara, dan faktor lainnya.

Padahal, menjaga dan meningkatkan kualitas produk adalah salah satu cara yang paling utama dalam menghadapi pesaing dibandingkan dengan mencari banyak keuntungan dalam sebuah usaha.

Hal ini karena keuntungan akan meningkat jika kualitas dari produk tersebut juga meningkat.

 

5.   Melakukan inovasi dan kreativitas

Kebanyakan para pebisnis yang sudah memilik usaha yang maju akan lupa untuk melakukan inovasi dari produk mereka dan memilih untuk berada di zona nyaman.

Padahal, jika sebuah bisnis tidak dikembangkan, maka para pesaing akan meniru bisnis tersebut bahkan membuat sebuah bisnis yang lebih baik dari bisnis Anda.

Apalagi dalam era pasar bebas dan globalisasi yang memungkinkan banyak pengusaha mengembangkan usaha dari pengusaha lainnya.

Setelah mempelajari beberapa hal mengenai beberapa bisnis yang sama, alangkah bagusnya jika Anda dapat membuat perbedaan yang lebih baik untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

Perbedaan yang dimaksud bisa dari produk, pelayanan, pemasaran atau penambahan cabang bahkan pembaharuan sistem.

 

6.   Evaluasi

Evaluasi digunakan untuk melihat kekurangan maupun kelebihan dari sebuah usaha setelah melakukan beberapa inovasi dan mengetahui aspek mana saja yang harus diperbaiki. Dengan demikian akan menarik pelanggan untuk memilih dan berlangganan produk yang ditawarkan.

Baca Juga : Cara Jitu Tingkatkan Penjualan Produk

Demikianlah beberapa cara menghadapi pesaing dalam usaha yang biasa dilakukan oleh pengusaha sukses. Cara-cara tersebut bisa diterapkan untuk pebisnis baru maupun yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis.

Jika anda melakukan strategi digital marketing, layanan Jawarakonten khusus untuk konten berkualitas bisa membantu anda. Ada banyak layanan yang kami hadirkan, salah satunya jasa artikel SEO untuk bentu tingkatkan rangking di Google.

Semoga bermanfaat, pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak, jangan lupa berkomentar.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan