Cara Menulis Ulang Artikel dengan Teknik Rewrite

Cara Menulis Ulang Artikel

Cara Menulis Ulang Artikel dengan Teknik Rewrite

Cara Menulis Ulang Artikel dengan Teknik Rewrite ||Keseharian seorang blogger tentu tidak bisa lepas dari penulisan artikel. Apalagi jika blog Anda bukan blog gratisan alias blog berbayar, tentunya penulisan artikel sudah sangat melekat dengan image Anda.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mungkin saja di tengah perjalanan sukses Anda akan mengalami kebingungan atau buntu dalam menulis artikel atau yang sering dikenal dengan istilah writer’s block. Jika sudah demikian, Anda perlu menemukan sebuah solusi untuk mengatasinya, salah satunya dengan cara menulis ulang artikel (Rewrite).

Apakah pengertian Rewrite?

Rewrite berasal dari Bahasa Inggris yang berarti menulis ulang. Lebih tepatnya, artikel rewrite adalah cara menulis ulang artikel orang lain dengan gaya bahasa Anda sendiri (parafrase).

Namun bukan berarti rewrite adalah plagiat, karena Anda bukan meng-copy-paste seluruh isi dari artikel orang lain, melainkan memparafrasekan kembali apa yang Anda baca, mengambil ilmunya, untuk kemudian ditulis dengan bahasa yang unik dan menarik, bahkan lebih unik dari artikel aslinya.

Nah, untuk bisa menghasilkan artikel dengan cara menulis ulang artikel dengan teknik rewrite yang unik dan lebih bagus dari artikel aslinya, Anda perlu mempelajari beberapa tipsnya di bawah ini:

 

Tips Menulis Artikel Rewrite

 

  1. Menggunakan 3 Sumber

Kenapa harus minimal 3?

Karena jika hanya 1 atau 2 artikel saja yang Anda jadikan sebagai referensi, akan terkesan monoton dan sama saja dengan artikel sumber. Tentunya, hal ini tidak akan membuat artikel Anda menjadi unik apalagi menarik, bukan?

Dengan memiliki 3 artikel sumber atau lebih yang kredible dan bisa dipertanggungjawabkan, tulisan Anda akan bisa meng-cover keseluruhan isi artikel sumber, sehingga artikel Anda akan lebih informatif dari artikel aslinya.

 

  1. Buat Kerangka

Langkah selanjutnya cara menulis ulang artikel dengan teknik rewrite adalah dengan membuat bagan atau kerangka. Mirip dengan kerangka karangan. Coba perhatikan kerangka artikel di bawah ini.

Artikel sumber 1 = Artikel tempat wisata: Lokasi, apa yang bisa ditemukan?, bagaimana akses menuju ke tempat tujuan?

Artikel sumber 2 = artikel tempat wisata: opening (sapaan), alamat lokasi, jam operasional, harga tiket masuk

Artikel sumber 3 = artikel tempat wisata: hal yang unik dari tempat wisata, penghargaan yang pernah diraih, rute perjalanan

Artikel yang Anda buat dengan cara menulis ulang artikel adalah = artikel tempat wisata: opening (sapaan kepada para pembaca), lokasi dan keunikan objek wisata dari tempat lain, penghargaan yang pernah diraih, apa saja yang bisa ditemukan di tempat wisata (flora dan dauna, vegetasi, jalur wisata dan rintangannya, apa saja yang perlu disiapkan sepanjang perjalanan, tiket masuk dan jam operasional), rute perjalanan (dengan angkutan umum, dengan kereta, dan pesawat), kesimpulan.

 

  1. Gunakan 5 W dan 1 H

5 W (What, When, Why, Who, Where) dan 1 H (How)

Penggunaan metode di atas sebenarnya sudah sangat lazim di dunia Penulisan Jurnalistik. Namun, tak jarang juga para blogger telah menggunakannya.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel Lomba Yang Baik dan Benar

Jika artikel Anda tidak memungkinkan untuk menulis semua metode 5 W dan 1 H, gunakan saja secukupnya sehingga tidak terkesan dipaksakan karena dengan demikian malah akan membuat artikel Anda menjadi aneh.

 

  1. Gunakan Sub Judul

Usahakan setiap artikel Anda memiliki sub judul/ sub heading (H1, H2, dan H3), baik itu artikel asli buatan Anda sendiri maupun artikel dengan cara menulis ulang artikel dengan teknik rewrite.

Terlihat sepele, padahal ini penting untuk memaksimalkan hasil pencarian Google pada website Anda. Gunakan sub judul yang unik dan menarik perhatian, deskripsikan setiap kalimat dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan membuat keyword pada sub judul, memang hal ini tidak sepenuhnya salah, akan tetapi malah bisa menyebabkan artikel Anda dianggap spam karena terlalu berlebihan dalam meletakkan keyword. Tidak mau bukan?

Baca Juga : Tips Kreatif Menulis Artikel Jurnalistik

Sebaiknya cara menulis ulang artikel juga menggunakan keyword dalam 100 kata pertama pada paragraf pertama. Ini juga bisa bisa mengoptimalkan hasil pencarian Google pada website Anda.

 

  1. Berikan Judul Yang Menarik dan Mengandung Keyword

Gunakan judul artikel yang berbeda dengan artikel sumber.

Misalkan saat Anda harus menulis ulang artikel dengan teknik rewrite: Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu

Anda bisa menganti judulnya dengan cara menulis ulang artikel Anda menjadi: Air Terjun Tumpak Sewu, Surganya Para Pecinta Alam.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO Versi YOAST

Keywordnya tetap sama yaitu : Air Terjun Gemuk Sewu, namun dengan menyisipkan keyword tambahan sebagai pembeda, bisa menunjang artikel Anda dan dianggap unik oleh Google.

 

Itulah 5 tips cara menulis ulang artikel dengan teknik rewrite, Anda bisa mulai mempraktekkannya sekarang, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat WhatsApp