11 Tips dan Cara Jitu Promosi Produk Mampu Tingkatkan Penjualan

cara promosi produk

11 Tips dan Cara Jitu Promosi Produk Mampu Tingkatkan Penjualan

Jika kamu tidak tahu bagaimana cara promosi produk yang efektif, mustahil bisnis tersebut akan meningkat atau bahkan sukses.

Maka dari itu, penting bagi seorang pengusaha mengetahui cara promosi produk, selain memaksimalkan kualitasnya.

Resellerclub mengatakan bahwa promosi adalah kunci atau prioritas utama yang sangat efektif untuk memperkenalkan manfaat produk Anda kepada calon pelanggan.

Bahkan mereka secara jelas juga menyebutkan kalau ini akan sangat baik untuk kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Strategi pemasaran yang baik akan memastikan keberhasilan dan kelangsungan usaha. Promosi yang efektif akan mendatang pelanggan lebih banyak sehingga keuntungan bisnis meningkat”

Memang aktivitas promosi adalah mutlak bagi sebuah usaha.

Jika diibartkan, promosi adalah pintu masuk bagi bisnis untuk meraih kesuksesan. Jika kita tidak bisa merancang bagaimana tips promosi yang efektif, maka jalan bisnis kita selanjutnya pasti menuju sebuah lubang bernama KEGAGALAN.

 

Cara Promosi Produk yang Efektif untuk Mendongkrak Penjualan

Sekarang timbul pertanyaan yang seperti judul diatas, bagaimana cara promosi produk yang efektif? Berikut beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan.

 

1. Beritawaran Menarik

Yang paling umum dan biasa dilakukan oleh banyak perusahaan adalah dengan memberikan penawaran menarik yang tidak bisa didapatkan pada hari umumnya.

Beberapa tawaran menarik yang saya maksud disini seperti memberikan diskon, bonus, gratis voucer belanja, gratis ongkos kirim, atau memberikan bingkisan.

Beberapa cara diatas terbukti ampuh untuk memaksimalkan penjualan, namun tidak bisa berlangsung lama.

Ketika penawaran itu habis, biasanya tingkat penjualan akan kembali normal seperti pada umumnya.

Cara cocok untuk dilakukan pada saat genting seperti mendapatkan target minimum penjualan atau menghabiskan stock digudang.

Buat penawaran menarik, dan informasikan hal tersebut kepada pelanggan. Ada banyak media yang bisa kamu gunakan dimulai dari brosur, media sosial, iklan di tv, baliho, dan lainnya.

 

2. Manfaatkan Sosial Media

tips promosi produk

Apakah selama ini kamu tidak menggunakan sosial media untuk meraih lebih banyak konsumen? Jika iya, mulailah untuk memanfaatkan sosial media sebagai sarana alternatif untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Selama ini Jawarakonten juga memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi.

Ketika penjualan di website terlihat menurun, kami akan memaksimalkan melalui sosial media yang kami miliki, baik itu facebook atau instagram. Namun lebih sering melalui Instagram, karena platform ini yang memiliki follower cukup banyak.

Dan hasilnya terbukiti efektif, ada beberapa pelanggan kami yang datang dari instagram.

Kamu bisa melakukan hal yang sama, dengan catatan akun sosial media kamu memiliki pengikut yang jumlahnya tidak terlalu sedikit.

Jika kamu menggunakan cara ini, kuncinya terletak bagaiamana kamu mengkonsep konten yang akan kamu bagikan kepada follower.

Buat konten yang menarik dan sesuai dengan taget konsumen, jika tidak bisa, kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan konten yang sekarang ini sudah mudah ditemukan.

Fyi, Jawarakonten juga menghadirkan jasa konten instagram lhoo.. hehehe

Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan follower, kamu bisa menggunakan beberapa strategi seperti melakukan perlombaan dengan syarat mengikuti sosial media, atau membagikan konten yang berpeluang untuk viral.

 

3. Manfaatkan Email Marketing

Apakah selama ini kamu memiliki daftar email dari para pelanggan?

Jika iya, cara promosi produk yang ketiga adalah dengan memanfaatkan email tersebut sebagai jalan untuk memaksimalkan penjualan.

Jika kita bandingkan dengan sosial media, sebenarnya email marketing memiliki performa yang lebih baik.

Kenapa bisa begitu?

Begini, kebanyakan orang menggunakan sosial media untuk melihat informasi dari beberapa pihak dimulai dari temen dekat, berita disekitarnya, dan juga informasi terkait hobi.

Ketika kita melakukan promosi disosial media, kebanyakan orang akan melihat sekilas saja.

Mereka akan melakukan pembelian jika pada saat itu membutuhkan produk yang kamu jual, jika tidak, konten hanya akan dibaca sekilas dan lanjut pada konten akun lainnya.

Hal ini karena tujuan utama mereka membuka sosial media adalah untuk mengetahui informasi dari akun yang mereka ikuti di sosial media.

Namun tidak dengan email marketing.

Ketika kamu mengirimkan sebuah email, dan berhasil memancing rasa penasaran dari yang kamu kirimi, maka mereka akan fokus pada konten yang dikirim melalui email tersebut.

Namun untuk melakukan strategi promo ini, kamu harus memiliki list mengenai email yang memiliki ketertarikan dengan produk yang kamu tawarkan.

Saran saya jangan terlalu berlebihan, karena hal tersebut bisa dianggap sebagai spam.

 

4. Gaet Influencer

Sudah bukan menjadi rahasia kalau strategi influencer marketing adalah salah satu cara ampuh untuk memaksimalkan penjualan sebuah produk atau jasa.

Tidak percaya?

Coba perhatikan hal ini.

Apakah kamu pernah melihat orang yang bertanya mengenai rekomendasi suatu produk di forum? Lalu, apakah disana ada orang yang menanggapi pertanyaan tersebut?

Nah, cara kerjanya kurang lebih seperti itu.

Jika produk yang kamu jual sudah lama dan disukai pelanggan, sudah pasti kamu memiliki beberapa orang yang merekomendasikannya kepada orang atau bahkan membicarakan mengenai kelebihan produk yang Anda miliki.

Tapi jika produk yang kamu jual masih baru, mungkinkah orang akan membicarakan atau bahkan merekomendaiskan?

Tentu saja tidak.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan influencer untuk membantu mempromosikan produk tersebut.

Sebelumnya, kamu bisa baca artikel kami beberapa waktu lalu terkait cara memilih influencer yang benar.

 

5. Minta Bantuan Blogger

Kamu pasti setuju, kalau hampir sebagian besar orang sebelum membeli produk akan bertanya kepada orang lain.

Diera yang serba digital seperti sekarang ini, selain bertanya kepada teman, biasanya juga akan mencari informasi melalui internet.

Dan cara promosi produk baru yang efektif adalah dengan meminta bantuan blogger untuk mengulas atau mereview produk Anda.

Seorang blogger biasanya akan membagikan pengalaman yang mereka miliki melalui media website.

Satu orang saja mereview produkmu pada blog mereka, produk kamu memiliki kesempatan untuk diketahui lebih banyak orang, bahkan tidak ada batasan ruang lingkup yang artinya seluruh orang didunia bisa mengetahui hal tersebut.

Jika kamu memiliki beberapa teman blogger, hubungi mereka untuk mereview produk yang sedang kamu jual, atau jika tidak kamu bisa menggunakan jasa review yang biasanya dihadirkan oleh beberapa blogger.

Jawarakonten sendiri juga menghadirkan jasa review bisnis dimana kami akan membantu kamu untuk memenangkan persaingan mesin pencari sampai halaman satu sesuai dengan kata kunci produkmu. Tanpa harus memiliki website, kamu bisa mempromosikannya di mesin pencari.

 

6. Siaran Langsung

Beberapa sosial media menghadirkan fitur yang memungkinkan bagi penggunanya untuk melakukan siaran langsung seperti Facebook dan Instagram.

Tiada ada salahnya jika kamu memanfaatkan hal ini untuk membantu memperkenalkan produk yang kamu miliki. Dan lagi-lagi, syaratnya kamu harus memiliki akun dengan follower yang cukup.

Tanpa hal ini, siaran langsung yang kamu lakukan akan sia-sia.

Ingin mengetahui seberapa ampuh tips promosi satu ini?

Newsroom.fb.com mengatakan bahwa rata-rata sebagian besar pengguna Facebook lebih banyak melihat siaran langsung dari pada vidio yang dibagikan diberanda, bahkan prosentasenya sebanyak 3 kali lipat.

Hal ini sebenarnya wajar, karena live vidio seperti difacebook akan ditampilkan pada urutan paling atas dibandingkan dengan status di beranda ataupun story.

Jika selama ini kamu tidak pernah mencobanya, mulailah untuk memikirkan melakukan siaran langsung melalui akun sosial media yang kamu miliki.

Ambil smartphone dengan kamera terbaik yang kamu miliki, mulai atur baground dari siaran langsung akan kamu lakukan, dan mulailah bercerita mengenai produk yang kamu miliki.

 

7. Promosikan Melalui Forum atau Grup

Tentu kamu pernah menjumpai seseorang mempromosikan produk yang mereka miliki melalui grup, entah itu grup yang ada di Facebook ataupun WhatsApp.

Dari yang kalian amati, apakah tips promosi produk yang seperti ini cukup efektif?

Jawabannya mungkin beragam, ada yang efektif ada juga yang tidak. Bahkan ada yang membuat beberapa anggotanya terpaksa meninggalkan grup tersebut.

Berarti tidak efektif dong?

Eits, belum tentu, cara pemasaran seperti ini sebenarnya sangat efektif asal sesuai dengan beberapa hal berikut ini:

  • Angota grup memiliki minat yang lebih terhadap produk tersebut.
  • Memiliki jadwal posting yang ideal (tidak spam).
  • Produk berkualitas.

Promosi dengan cara menyebarkan melalui grup atau forum akan efektif jika memenuhi tiga syarat tersebut.

Jika tidak, tentu hasilnya tidak efektif, bahkan ada yang merasa terganggu.

Contoh Kasus :

Yang akan saya jadikan contoh adalah Jawarakonten yang merupakan jasa penulisan artikel, jadi saya bisa mempromosikan layanan ini ke grup yang memiliki ketertarikan dengan produk jasa konten.

Beberapa grup yang saya maksud seperti grup blogger indonesia, grup digital marketing, ataupun forum seperti ads.id yang notabene tempat berkumpulnya para internet marketing.

 

8. Melalui Website

Akan saya sampaikan sebuah fakta bahwa Jawarakonten berhasil mendapatkan banyak pelanggan potensial dari website.

Ya, website yang saat ini sedang Anda kunjungi ini adalah rahasia dibalik Jawarakonten mendapatkan ratusan pelanggan yang membuat kami masih bertahan sampai saat ini.

Coba kamu buka mesin pencari Google disini dan ketikan keyword “jasa artikel seo”

Dari sepuluh website yang ada di halaman satu, kamu pasti melihat domain ini. Tidak hanya itu saja, ada beberapa keyword lain yang berhasil kami dapatkan melalui website ini.

Kamu bisa mengunakan cara yang sama, jika selama ini produk atau jasa kamu belum memiliki website, mulailah untuk membuatnya.

Namun kami ingatkan terlebih dahulu bahwa proses promosi melaui website tidak singkat, tahapan yang harus kamu lalui tidak berhenti ketika website sudah jadi, namun ada beberapa hal yang harus kamu terapkan yang biasa disebut sebagai SEO.

SEO (Search Enggine Optimization) adalah serangkaian proses untuk memunculkan website di halaman teratas mesin pencari.

Kami tidak akan membahas hal ini lebih jauh, jika kamu tertarik untuk mempelajari hal ini, setelah baca artikel ini lanjukan membaca artikel kami tentang “Belajar digital Marketing untuk Pemula”.

 

9. Melalui Iklan

Dari tadi saya memang sengaja menghadirkan tips dan cara promosi produk yang murah, tidak mengeluarkan biaya, atau bahkan gratis.

Namun kamu perlu tahu bahwa, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan anggoran untuk melakukan promosi berbayar. Selain melalui influencer marketing, kamu bisa memanfaatkan pemasangan iklan yang kahir-akhir ini sedang menjadi trend.

Beberapa iklan yang bisa kamu pilih seperti Google Adwords, Facebook ads, Instagram ads, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk Google Adword akan jauh lebih baik jika kamu memiliki website, sedangkan dua opsi lainnya bisa menggunakan akun bisnis kamu, baik itu Facebook maupun Instagram.

Tidak sepereti website dimana kita harus melakukan optimasi SEO yang membutuhkan waktu sekitar 6 bulan atau bahkan lebih, cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam waktu yang singkat.

 

10. Sampaikan Testimoni

Tidak mudah untuk menghadirkan kepercayaan terhadap calon konsumen, bagaimanapun setiap orang menginginkan setiap rupiah yang mereka keluarkan akan menghasilkan manfaat sesuai dengan kebutuhan, dan itulah yang menjadi alasan mereka tidak akan mudah percaya.

Setelah menemukan calon konsumen, banyak pemilik usaha yang gagal untuk meyakinkan mereka agar mau membeli produk tersebut.

Akhirnya mereka lebih memilih pihak lain yang lebih mampu meyakinkan mereka, meskipun soal kualitas belum tentu anda kalah.

Apakah kamu salah satu orang yang masih bingung untuk menghadirkan kepercayaan?

Jika ini juga menjadi masalah yang kamu alami, kamu bisa menyampaikan beberapa ulasan positif dari mereka yang pernah menggunakan produk kamu.

Namun akhir-akhir sudah banyak orang yang tidak percaya dengan testimoni karena dapat dibuat sendiri oleh si pemilik bisnis.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mendesain konten ulasan yang memang benar-benar meyakinkan seperti screnshot percakapan, ulasan di facebook, google bisnisku, atau hal lainnya yang mampu membuat calon pelanggan bahwa testimoni tersebut bukan palsu.

 

11. Menjadi Sponsor

Dan cara promosi produk yang efektif terkahir adalah menjadi sponsor sebuah event yang sesuai dengan kategori produk Anda.

Ini adalah cara lama yang sampai saat ini masih dilakukan oleh banyak orang, bahkan dengan menjadi sponsor akan membuat bisnis kamu terlihat lebih eksklusif.

Kenapa bisa demikian?

Karena bisnis kamu mau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak langsung berpengaruh terhadap penjualan, sehingga orang yang mengikuti event tersebut akan memberikan nilai lebih kepada produk.

Selain menjadi sponsor, kamu juga bisa membuka stand ditempat event tersebut, karena bagaimanapun ini adalah waktu terbaik untuk memperkenalkan produkmu kepada pelanggan yang kemungkinan besar berminat.

Biasanya tidak sulit untuk menjadi sponsor sebuah event, mereka justru yang akan datang dan menawarkan kepada kamu untuk menjadi sponsor di event yang mereka lakukan.

Jadi, sesekali kamu juga boleh kok untuk mengeluarkan sedikit anggaran untuk menjadi sponsor sebuah event. Namun, pastikan acara tersebut sesuai dengan bisnis yang sedang kamu kembangkan.

 

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya jelaskan pada awal artikel, promosi adalah pintu utama yang akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis kamu.

Jika kamu berhasil melalui pintu ini, peluang sukses itu masih terbuka lebar. Namun jika kamu tidak berhasil melaluinya, sudah pasti kedepan jalan yang kamu lalui akan bermuara pada kegagalan.

Tips dan cara promosi produk diatas mungkin beberapa ada yang sesuai dan tidak dengan produk kamu, saran saya silahkan pilih yang paling sesuai dengan bisnis yang ingin kamu kembangkan.

Oh ya, jika kamu membutuhkan artikel website yang SEO friendly, kamu bisa memesannya melalui Jawarakonten. Informasi lebih lengkap bisa kamu baca pada halaman awal website ini.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)