Cara Kerja dan Contoh Digital Marketing Plan untuk Bisnis

cara kerja dan contoh digital marketing plan

Cara Kerja dan Contoh Digital Marketing Plan untuk Bisnis

Sampai kapanpun, kesuksesan dalam sebuah usaha akan sangat ditentukan oleh stretagi marketing yang digunakan. Dan yang sedang menjadi trend sekarang ini adalah digital marketing. Mulailah banyak orang bertanya tentang cara kerja dan contoh digital marketing plan untuk sebuah bisnis.

Tujuan dari pemasaran digital sebenarnya tidak berbeda. Secara garis besar proses yang kita lalui juga sama saja seperti bagaimana menentukan strategi yang akan kita gunakan, media apa yang akan digunakan, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang membedakan pemasaran digital dan traditional adalah pendekatan-pendekatan yang digunakan.

Kenapa begitu banyak orang yang tertarik untuk menyusun rencana atau plan digital marketing?

Tentu saja karena ada banyak kelebihan yang dimiliki metode ini dimulai dari minimnya anggaran yang diperlukan sampai dengan kemudahan dalam mengatur bisnis.

Sebuah data yang diterbitkan oleh digitalmarketingphilippines mengatakan bahwa survey menunjukan  40% responden  mengaku dapat menghemat banyak biaya melalui pemasaran digital.

Tidak hanya itu, masih dari sumber yang sama, sebanyak 28% akan mengubah alokasi biaya pemasaran dari konvensional ke digital.

Tertarik untuk melakukan strategi digital marketing?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh digital marketing plan, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara kerja dari pemasaran digital.

Bagaimana Cara Kerja Digital Marketing?

Pemasaran digital adalah serangkaian proses yang dilakukan dengan tujuan memperkenalkan produk atau jasa menggunakan media digital dimulai dari website, sosial media, sebuah akun di marketplace, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari sekian banyak media yang ada, paling banyak orang menggunakan website untuk melakukan pemasaran digitalnya.

Meskipun demikian, rata-rata mereka juga menggunakan media lain seperti yang sudah disebutkan, namun prioritas ada pada website.

Jika ditanya apa perbedana mendasar antara pemasaran traditional dan pemasaran digital? Kami sendiri akan menjawab dengan biaya pemasaran yang dibutuhkan.

Setelah Anda memiliki media, bahkan Anda bisa mendapatkankan pelanggan tanpa ada biaya iklan, atau dalam hal ini lebih sering disebut sebagai trafik organik (tidak berbayar) yang biasanya memanfaatkan mesin pencari.

Berikut garis besar dari cara kerja digital marketing.

  • Membangun Poros Pemasaran (website, sosial media, atau akun di marketplace)
  • Mendesain konten penjualan, jika dalam sebuah website biasanya ini identik dengan landing page. Jika Anda masih bingung, baca artikel kami tentang contoh landing page bisnis yang bagus.
  • Melakukan pemasaran produk atau jasa menggunakan metode content marketing atau iklan. Ada banyak iklan yang bisa dimanfaatkan mulai dari facebook ads, adword, sampai dengan instagram ads.
  • Mendapatkan pelanggan dari metode pemasaran yang dipilih.

Kedengarannya cara kerja digital marketing cukup simple bukan?

Nyatanya tidak demikian. Banyak orang yang gagal menerapkan metode ini karena mereka hanya melihat dari garis besar.

Padahal ada banyak yang harus diperhatikan dimulai dari memilih platform, mendesain website, membuat konten iklan yang bagus, dan masih banyak lagi lainnya.

Masih belum terlalu paham dengan cara kerja pemasaran digital? Jangan kuatir karena kami juga akan memberikan contoh digital marketing plan untuk bisnis Anda.

Contoh Digital Marketing Plan untuk Bisnis

Cara kerja yang sebelumnya sudah kami sampaikan akan lebih diperjelas dengan contoh digital marketing plan dibawah ini.

1. Membangun Website

Seperti yang sudah kami jelaskan, Anda membutuhkan media yang akan digunakan sebagai poros pemasaran, dan kami lebih menyarankan untuk menggunakan website karena jauh lebih banyak manfaatnya dibandingkan media lain.

Layaknya sebuah toko, website akan menggantikan sebuah ruangan untuk memajang setiap produk Anda. keindahan dari website Anda juga menjadi perhatian agar proses yang dilalui menjadi lebih mudah.

Mulailah untuk membeli domain, hosting, dan juga mendesain tampilan dari website Anda. Domain bisa menggunakan nama produk Anda atau kata kunci yang ingin dibidik. Untuk hosting sesuaikan dengan banyaknya target pelanggan yang akan Anda capai.

Semakin banyak jumlah target market Anda, semakin besar hosting yang diperluka.

Untuk desain, selain menitikberatkan pada keindahan Anda juga harus memastikan website Anda dapat ditemukan oleh mesin telusur layaknya Google. Jika akan Anda minim pengetahuan soal website yang bagus untuk bisnis, silahkan baca Contoh Website Perusahaan SEO Friendly Terbaik.

2. Ketahui Audience Anda

Ketika website Anda sudah jadi, contoh digital marketing plan yang selanjutnya adalah dengan mengetahui siapa target yang akan Anda inginkan atau paling membutuhkan produk Anda.

Ini penting agar kedepan apa yang Anda buat seperti iklan atau content marketing bisa berjalan dengan efektif dan sesuai dengan target market anda.

Mulailah mencari tahu mengenai audience Anda dimuali dari jenis kelamin, usia, penghasilan, pekerjaan, gaya hidup, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Content Marketing

Jika Anda sudah tahu mengenai audience anda, mulailah untuk merencanakan dan membuat konten untuk pemasaran Anda. Buat konten yang paling sesuai dengan usaha Anda atau yang paling dibutuhkan oleh mereka.

Konten ini nantinya akan diterbitkan pada webiste Anda sendiri atau pada pada website orang lain yang Anda ajak kerjasama.

Ada banyak fungsi dari setiap konten yang Anda buat dimulai dari meningkatkan brand awareness sampai dengan meningkatkan optimasi SEO website Anda.

Hindari menerbitkan konten yang asal-asalan karena ini termasuk kedalam strategi jangka panjang dimana manfaatnya akan Anda rasakan dalam waktu yang lama. Lebih baik posting 2 konten setiap minggu namun berkualitas.

Jika anda ingin tahu seperti apa artikel berkualitas, silahkan baca Kriteria Konten Website Berkualitas di Tahun 2019

Jika Anda bingung dalam membuat content marketing, Anda bisa bekerjasama dengan Jawarakonten yang selam ini memang dikenal sebgai spesialis artikel SEO website. Silahkan lihat layanan kami tentang jasa penulis artikel.

4. Sosial Media Marketing

Jika konten sudah Anda buat, lanjut pada rencana selanjutnya yaitu memaksimalkan sosial media yang Anda buat.

Mulailah mendesain feed dari sosial media bisnis Anda, mencari follower sebanyak-banyaknya, meningkatkan engagement, serta hal penting lainnya.

Disini anda harus punya strategi, bagaimana caranya mendapatkan follower, bagaimana caranya melakukan interaksi dengan pelanggan, dan masih banyak lagi lainnya.

Sosial media adalah bagian terpenting juga, apalagi jika Anda memfokuskan pada SEO, hal ini karena ditahun 2019 sosial media Anda akan sangat menentukan kualitas dari SEO webisite Anda.

5. Optimasi SEO

Contoh digital marketing plan yang kelima adalah dengan melakukan Optimasi SEO terhadap website Anda.

Secara sederhana ini adalah rangkaian proses yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterlihatan di mesin pencari atau mendapatkan rangking 1 di Google.

Terkait SEO, ada dua optimasi yang bisa dilakukan yaitu optimasi On-page dan Off-page, yaitu optimasi dari dalam website bisnis Anda dan dari luar atau website lain.

Untuk optimasi On-page, beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti melihat pagespeed, halaman yang responsive, internal link, dan beberapa hal penting lainnya.

Sedangkan untuk optimasi Off-page seperti mempromosikan website diluar website itu sendiri sembari mencari backlink.

6. Penerbitan Iklan

Sambil menunggu optimasi SEO Anda bekerja, Anda bisa lanjut pada contoh digital marketing plan terakhir untuk memaksimalkan pemasukan yaitu menerbitkan iklan yang sangat efektif untuk peningkatan trafik jangka pendek.

Anda bisa memilih iklan yang paling sesuai dengan bisnis Anda, apakah itu google adword atau instagram ads.

Yang paling penting dalam penerbitan iklan ini adalah konten yang menarik dan tampilan yang maksimal.

Kesimpulan

Pemasaran digital memang bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengenalkan produk atau usaha Anda, namun proses strategi digital marketing tidak singkat, dibutuhkan waktu hingga satu tahun untuk dapat melihat hasil dari strategi yang telah kita terapkan.

Jika anda ingin mengejar sesuatu dimasa yang akan datang, strategi ini sangat bagus untuk memaksimalkan peluang anda.

Cara kerja dan contoh digital marketing plan yang ada disini hanya bersifat gambaran besar, Anda bisa membaca materi ini lebih lengkap melalui link dibawah ini.

Artikel ini dibuat oleh:

Divedigital.ID merupakan situs dengan layanan end to end digital marketing service untuk UKM di Indonesia

 

belajar digital marketing untuk pemula

TANYA + JAWAB [DIGITAL MARKETING]

Bagaimana Cara Melakukan Digital Marketing?

Pertama dengan menentukan chanel yang paling tepat dengan audience, lalu dilanjutkan dengan membuat strategi atau plan yang akan dilakukan.

Apa Semua Bisnis bisa dipasarkan dengan Digital Marketing?

Menurut kami bisa, namun tidak semua chanel cocok untuk semua usaha. Misalkan youtube yang memiliki kriteria sendiri, begitupun dengan website.

Kalau SEM dalam Digital Marketing itu apa?

Ini adalah salah satu strategi, yaitu mendapatkan trafik menuju website dengan cara melakukan periklanan seperti google adwords.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)