Pengertian & Contoh Digital Marketing Paling Populler

Pengertian & Contoh Digital Marketing Paling Populler

Tentu anda sudah sering mendengar kata digital marketing, namun apakah anda sudah tahu contoh digital marketing yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan kehidupan kita?

Ya, digita marketing sebenarnya sudah erat kaitannya dengan kehidupan kita, setiap hari kita selalu melihat atau bahkan menggunakan hal ini, namun ternyata masih banyak orang yang belum paham bahwa apa yang mereka lakukan berkaitan dengan pemasaran digital.

Dan yang menjadi masalah adalah beberapa pemilik bisnis masih bingung.

Disisi lain mereka ingin menjalankan pemasaran digital yang katanya minim budged, namun mereka bingung dengan apa yang pertama kali harus dilakukan?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh pemasaran digital, saya ingin mengajak anda untuk mengetahui pengertian dari digital marketing. Apa itu digitak marketing.

Yuk kita cari tahu..

Apa itu Digital Marketing?

Secara sederhana, digital marketing adalah aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan perangkat digital. Digital marketing memang erat kaitannya dengan internet, namun sebenarnya cakupannya sendiri sangat luas.

Baca Juga: Strategi Sosial Media Marketing untuk Pemula

Sebelum internet berkembang seperti sekarang, kita biasa melakukan komunikasi dengan handphone, baik itu berupa telpon atau sms.

Dulu, pernahkah anda dkirimi sms oleh nomor tak dikenal dengan menawarkan suatu produk? Atau pernahkah anda mendengar iklan yang ada di sebuah radio?

Hal-hal semacam ini, yaitu berupa penawaran produk menggunakan media digital sebenarnya masuk kedalam contoh penerapan metode pemasaran digital.

Jadi, pemasaran digital sendiri sangat luas, tidak hanya sebatas pemanfaatan internet untuk promosi produk saja. Beberapa hal diluar internet juga bisa dikategorikan dalam pemasaran digital.

4 Contoh Digital Marketing Paling Populler

Dari pengertian diatas mungkin anda sudah sedikit memahami apa saja yang masuk kedalam pemasaran digital. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, saya akan memberikan beberapa metode digital marketing yang paling populler dan selama ini menjadi pilihan banyak orang.

Apa saja itu? Get to the list !!

1. SEO (Search Enggine Optimization)

Search Enggine Optimization (SEO) adalah upaya untuk memaksimalkan visibilitas atau pemuncuan website pada sebuah mesin pencari. SEO biasanya selalu dikaitkan dengan Google, namun sebenarnya SEO juga mencakup mesin pencari lainnya seperti Bing dan Yahoo.

Bagaimana cara kerjanya?

Simple, ketika anda membutuhkan informasi, apa yang akan anda lakukan?

Hampir semua orang mencari informasinya melalui Google atau mesin pencari lainnya melalui kata kunci sesuai dengan informasi yang ingin diketahui.

Begitu juga ketika orang ingin membeli suatu produk namun masih belum tahu kepada siapa membelinya, orang biasanya akan mencari melalui Google dengan kata kunci seperti “pengacara di Ponorogo” dan sebagainya.

SEO atau Search Enggine Optimization (optimasi mesin telusur) adalah cara yang kita lakukan pada website sehingga menempati urutan teratas di Google atau mesin pencari lainnya.

Jika website kita berada pada urutan teratas mesin pencari, apa yang akan terjadi?

Tentu akan ada banyak orang yang mengetahui website anda, dan akhirnya banyak orang yang membeli produk anda melalui informasi di website tersebut.

Salah satu kelebihan dari pemasaran digital dengan memanfaatkan SEO adalah minimnya biaya yang harus dikeluarkan. Kita tidak perlu lagi dibebani biaya iklan jika website kita sudah memiliki posisi ideal di mesin pencari.

Saya sudah sering banget bilang bahwa SEO bisa membuat kita mendapatkan pelanggan potensial tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran. Sebagai contohnya adalah layanan jasa penulisan artikel Jawarakonten ini.

Kami tidak sepersen pun mengeluarkan biaya iklan, namun kami sekarang ini sudah memiliki banyak pelangan potensial. Hampir 90% pelanggan kami datang dari mesin pencari, sisanya datang dari pemasaran digital lain seperti sosial media dan juga direkomendasikan oleh para pelangan kami.

Lalu apakah SEO tidak memilki kekurangan?

Tentu saja ada, salah satunya adalah masalah waktu. Optimasi SEO membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 bulan, atau bahkan 1 tahun sebelum pada akhirnya website berada di urutan teratas.

Ini yang kadang membuat beberapa digital marketing pemula salah kaprah, dan cepat-cepat menganggap bahwa apa yang mereka lakukan tidak berhasil.

Padahal, hasil dari optimasi baru bisa dilihat kemudian hari.

Dari pelangaman yang saya lewati, biasanya optimasi website baru bisa kita lihat setelah 3 bulan, setelah itu baru kita bisa menilai apakah optimasi kita gagal atau berhasil.

Jika ternyata setelah 3 bulan tidak ada hasil, kita bisa mengevaluasi untuk melihat bagian mana saja yang harus diperbaiki.

Ini juga berlaku ketika anda melakukan update artikel, untuk menetukan apakah artikel yang anda publish berkualitas atau tidak, minimal dibutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan.

2. ADS (Jaringan Periklanan)

Contoh pemasaran digital yang juga tidak kalah populler dari pada SEO adalah ads (iklan) seperti fb ads, instagram ads, adwords, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika anda kurang suka dengan SEO karena terlalu memakan waktu, anda bisa memilih opsi kedua ini, yaitu dengan create sebuah campaign yang paling relevan dengan produk anda, entah itu fbads, instagram ads, atau Google Adwords.

Bagi beberapa orang, SEO memang terlalu abu-abu, dalam artian sangat sulit untuk di kontrol.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang sangat sulit untuk memastikan website yang kita buat tembus halaman 1, kecuali untuk orang-orang yang sudah paham dengan cara kerja SEO.

Hal ini lagi-lagi bertolak belakang dengan SEO, ads adalah model pemasaran digital yang bisa kita control semuanya.

Yess, semua bisa kita kontrol mulai dari kapan waktu yang tepat, berapa jangkaunnya, siapa targetnya, sampai dengan hasil akhir seperti apa yang diminta, Gogle dan Facebook akan bilang dengan tegas “YA“.

Sebesar atau seluas apapun ekspektasi anda, Google dan Facebook akan tetap bisa memenuhinya, kasarnya, Googe dan Facebook akan bilang “Wani Piro?

Jika memang anggaran untuk iklan anda mumpuni, ini bisa anda tempuh.

Namun sebelum lebih jauh membuat iklan, ada baiknya anda menentukan akan seperti apa iklan yang ditampilkan, berapa banyak biaya yang harus dikeuarkan, dan seperti apa cara kerjanya.

Untuk model ikan sebaiknya anda tentukan dengan karakter demografi audiense anda, sedangkan untuk biaya iklan sebaiknya tidak lebih dari 10% dari target atau pendapatan anda bulan lalu, dan cara kerjanya bisa anda lihat dari platform yang anda pilih apakah itu Google Adwords, instagram Ads, atau Facebook Ads.

3. Memanfaatkan Sosial Media

Sosial media yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja adalah contoh chanel digital yang tidak boleh anda sia-siakan. Ini bisa menjadi jalan paling mudah dan murah untuk membuat chanel digital bisnis anda secara hemat dan tidak membutuhkan banyak angaran.

Sekarang ini siapa yang tidak memiliki sosial media?

Hampir semua orang mengunakannya. Yang membedakan hanya sosial media yang digunakan saja, beberapa orang lebih suka menggunakan Facebook, beberapa orang lebih suka instagram, dan beberapa lainnya adalah twitter.

Tugas anda hanya menentukan mana sosial media yang paling banyak digunakan oleh audience, dan mulai menyusun rencana terkait manajemen sosial media.

Tidak terlalu berbeda jauh dengan website, dalam sosial media juga dikenal dengan istiah “Content is King”.

Bahkan konten bisa menjadi jalan bagi anda untuk lebih mudah mendapatkan transaksi, terlepas seperti apa kualitas produk yang anda hadirkan.

Ya, jika tujuan anda hanya transaksi, gambar yang bagus dan caption yang menggoda itu sudah cukup. Namun jika tujuan anda adalah repeat order, maka kualitas konten harus dibarengi dengan kualitas produk.

Mulailah untuk mendesain sosial media bisnis anda, siapkan kontennya dengan baik, dan dapatkan lebih banyak follower melalui konten-konten yang anda buat.

4.Email Marketing

Pada tanggal 29 Juli 2019 kanal youtube kumpuran mempublish sebuah vidio dengan judul “Awas Sindikat Pencurian Data Pribadi” yang didalamnya menjelaskan bagaimana sutau pihak menjual data pribadi kepada sebuah perusahaan untuk tujuan pemasaran.

Lalu apa hubungannya penjualan data pribadi dengan email marketing?

Dari kasus diatas kita bisa melihat sejauh mana pentingnya data calon pelanggan terhadap efektivitas pemasaran produk.

Sudah kayak judul skirpsi ya? Tapi data pelanggan memang penting, buktinya banyak perusahaan besar yang rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk membeli data itu.

Hal ini juga berlaku untuk email marketing, jika Anda memiliki daftar mengenai email calon pelanggan, ini bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan produk.

Email marketing adalah sebuah aktivitas pemasaran yang didalamnya meliputi pengumpulan email, pembuatan campaign, sampai dengan mengirimkan pesan untuk tujuan komersil dengan memanfaatkan email.

Untuk menjalankan email marketing, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu melakukannya secara manual atau menggunakan bantuan tools yang kini sudah beredar luas, baik yang gratis maupun berbayar.

Jika Anda ingin melakukannya secara manual tentu saja cukup mudah, Anda hanya perlu list mengenai calon target dan kemudian membuat pesan yang persuasif kepada mereka.

Namun ini akan menjadi kurang efektif jika jumlahnya banyak, dan solusinya bisa menggunakan bantuan tools, salah satu tools email marketing gratis adalah MailChimp.

KESIMPULAN

Sebenarnya masih banyak contoh pemasaran digital lain yang bisa Anda manfaatkan mulai dari beriklan di radio, vidiotron, dan sampai beriklan di tv.

Namun tentu saja biayanya cukup menguras kantong dari pada empat contoh diatas.

Dari 4 contoh diatas, sebaiknya pemilik bisnis harus menggunakan metode yang mana?

Saya sendiri cukup sulit untuk menentukan metode digital marketing  yang paling bagus untuk sebuah bisnis, karena biasanya suatu segementasi pasar memiliki kecenderungan atau perilaku yang berbeda-beda.

Jika saat ini Anda sudah memiliki chanel yang potensial (website, akun sosial media, atau list email), misalkan Anda memiliki sosial media dengan follower yang cukup, sebaiknya mamsimalkan hal tersebut, dan jika chanel tersebut sudah berjalan dengan baik, Anda bisa menggunakan chanel lain untuk memperluas jangkauan.

Memilih untuk menggunakan semuanya bukanlah pilihan bagus, karena ini sangat menguras tenaga, fikiran, dan juga budged.

Namun jika Anda baru berniat untuk melakukan pemasaran digital, SEO adalah saran yang paling saya rekomendasikan, sembari memanfaatkan metode lain seperti ads dan sosial media.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing untuk Pemula

Jika Anda membutuhkan artikel yang tidak hanya SEO Friendly, namun juga enak dibaca, Anda bisa menghubungi Jawarakonten. Untuk quotation silahkan lihat di halaman awal atau menghubungi kami melalui saluran whatsApp.

Semoga artikel tentang contoh digital marketing ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan atau penawaran kerjasama silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Thanks…

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan