Jasa Penulis Artikel

Karya ilmiah adalah laporan dalam bentuk tulisan yang disusun menggunakan landasan teori dan metode penelitian ilmiah untuk memecahkan suatu permasalahan. Karakteristik yang dimiliki karya ilmiah antara lain logis, data sesuai fakta, objektif, sistematis, memakai bahasa baku, dibahas tuntas dan menyeluruh, serta dapat diuji kebenarannya.

Ada banyak jenis karya ilmiah, contohnya makalah, paper, skripsi, tesis dan disertasi. Dalam karya ilmiah ini terdapat judul, bab, dan sub bab. Pertanyaanya adalah bagaimana cara penulisan hal tersebut?

Cara Penulisan Judul, Bab dan Sub-Bab yang Benar

Agar sebuah karya ilmiah dapat dipahami dengan baik oleh penguji maupun pembaca, maka penulis wajib menulisnya secara runtut dan sistematis. Oleh karena itu, dalam penulisan karya ilmiah ditetapkan aturan cara penulisan yang benar. Termasuk didalamnya cara penulisan judul yang benar, dan cara penulisan bab dan sub-bab yang benar.

Baca Juga: Cara Membuat Press Realease yang Baik dan Benar

Nah, selanjutnya di bawah ini kami akan memberikan contoh penulisan judul, bab, dan sub-bab yang benar agar Anda dapat lebih mudah memahaminya. Simak yuk!

Contoh Penulisan Judul

Judul merupakan nama/ tajuk/ kepala karangan yang bisa menggambarkan secara singkat maksud atau isi dari karangan tersebut. Syarat judul yang baik adalah relevan, provokatif, singkat dan dalam bentuk frase. Fungsi judul antara lain  sebagai identitas karangan, ringkasan isi dan  menarik minat pembaca.

Cara penulisan judul karya ilmiah yang benar adalah :

  • Ditulis menggunakan huruf besar (kapital)
  • Ditulis menggunakan style bold (cetak tebal)
  • Ditulis di posisi tengah halaman
  • Tidak ditulis dengan menggunakan style underlined (garis bawah)

Contoh penulisan judul yang benar untuk karya ilmiah :

  • ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA BAKU DI MEDIA SOSIAL
  • PENGARUH GENERASI MILENIAL TERHADAP TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
  • FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MASYARAKAT AKAN EPIDEMI VIRUS COVID-19

Contoh Penulisan Bab dan Sub-Bab

Bab merupakan bagian dari judul yang berisi gagasan/ide lebih khusus dari tema umum. Sedangkan sub-bab merupakan penjelasan lebih rinci tentang hal yang dibahas di bab.

Struktur karya ilmiah pada umumnya terdiri dari 3 bab yaitu :

  • Pendahuluan

Bab pendahuluan terdiri dari beberapa sub-bab yang  menjelaskan latar belakang masalah yang diangkat, landasan teori dan metode penelitian ilmiah yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

  • Isi dan Pembahasan

Bab isi dan pembahasan terdiri dari sub-bab menjelaskan tentang seluruh hasil penelitian yang diperoleh dan analisanya. Semakin rumit masalah yang diangkat maka biasanya sub-bab penjelasan semakin banyak.

  • Kesimpulan

Penjelasan singkat dari hasil analisa dalam bentuk poin-poin. Tidak terdiri dari sub-bab.

Cara penulisan bab dan sub-bab yang benar adalah :

  • Judul bab ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan style bold (cetak tebal)
  • Setiap kata pada judul sub bab yang ditulis, diawali huruf besar, kecuali kata sambung ( kata di, yang, dari & dan). Serta ditulis menggunakan style bold (cetak tebal).
  • Metode penomoran yang benar yaitu :

BAB : I, II, III, dst

Sub-bab : A, B, C, dst

Anak Sub-bab : 1., 2., 3., dst

Anak Sub-bab pertama : a., b., c., dst

Anak Sub-bab kedua : 1),  2), 3), dst

Anak Sub-bab ketiga : a), b), c), dst

Contoh penulisan Bab dan Sub-bab

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Di era digital saat ini, media sosial banyak dimanfaatkan sebagai media marketing..

Baca Juga: Tips Sukses Kerjasama Jasa Penulis Artikel

Sekian penjelasan kami tentang bagaimana cara penulisan judul yang benar, dan cara penulisan bab dan sub-bab yang benar, beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan panduan menulis karya ilmiah.

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post