Jasa Penulis Artikel

Apakah Anda menyukai hal-hal berbau teknik? Apakah berada di dalam Fakultas Teknik sebuah universitas beken menjadi impian Anda? Jenis teknik apa yang menjadi kesukaan Anda?

Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukkan bahwa teknik adalah sebuah alam yang sangat luas cakupannya. Parahnya, stigma kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap bahwa teknik adalah suatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan berat. Padahal tidak demikian adanya.

Lalu apa sebenarnya definisi teknik itu sendiri? Simak ulasan lengkap kami mengenai pengertian teknik, jenis teknik lengkap dengan contoh-contohnya.

Apa itu Teknik?

Teknik adalah pengalikasian ilmu, teknologi, dan pengetahuan untuk menyelesaikan dan membantu pekerjaan manusia. Istilah teknik ini sebenarnya hampir mirip dengan pengertian alat, namun ini adalah dasar yang digunakan sebelum menemukan alat atau tools.

Berbagai sumber seperti wikipedia menjelaskan bahwa teknik yang biasa dilakukan oleh manusia ini sebenarnya adalah bakat alami, atau memang sudah tertanam pada manusia sejak mereka lahir. Uangkapan diatas dapat kita lihat dari kemampuan manusia purba untuk membuat berbagai alat untuk memudahkan pekerjaanya.

Sederhanya, teknik berasal dari pengalaman manusia membuat sesuatu, menjalani trial dan eror, yang pada akhirnya memberikan banyak pengetahuan dan teknik seperti yang kita kenal saat ini. Termasuk berbagai teknik yang dimiliki oleh seorang jasa penulis artikel online.

Jenis Teknik dan Contohnya

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada dasarnya, teknik memiliki makna menyelesaikan masalah dengan memanfaatkan teknologi dan keilmuan. Dilihat dari arti secara harafiah, berarti segala hal yang memiliki basis ilmu dan teknologi merupakan teknik.

Guna menambah wawasan Anda seputar dunia teknik, berikut akan diuraikan beberapa ragam teknik yang juga memiliki prospek masa depan yang cukup menjanjikan:

1. Teknik Fisika

Mendengar namanya, mungkin membuat Anda malas melanjutkan membaca. Padahal tidak demikian. Teknik fisika adalah turunan terakhir dari ilmu fisika. Tiga lainnya adalah teori, eksperimental, dan terapan. Sehingga, teknik fisika lebih condong pada penerapan teori dan hasil eksperimen keilmuan.

Di dunia perkuliahan, anak-anak teknik fisika biasanya lebih diarahkan untuk membangun sesuatu dari keilmuan yang mereka dapatkan. Mereka berusaha mencari metode yang paling efektif, hemat, namun memiliki kualitas terbaik.

Teknik fisika juga mempelajari banyak dasar-dasar keilmuan, seperti matematika, manajemen, material, dan tentu saja dasar-dasar fisika. Itu sebabnya, lulusan teknik fisika pada umumnya memiliki prospek kerja yang cukup luas. Bisa mengisi posisi teknisi di bidang material, kendali system, hingga otomotif.

2. Teknik Mesin

Contoh teknik yang satu ini mungkin yang paling umum. Sebab, sekolah vokasi di Indonesia sudah memasukan teknik mesin sebagai salah satu programnya. Tak heran, karena teknik mesin merupakan jenis teknik dengan prospek kerja yang sangat besar.

Teknik mesin merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang aplikasi prinsip ilmu fisika. Aplikasi tersebut terutama untuk kebutuhan analisis masalah, pemeliharaan, desain, hingga manufaktur mesin. Di dalam teknik mesin, dipelajari juga cabang ilmu turunannya seperti aerodinamika, material, energi, hingga termodinamika.

Dasar-dasar fisika sangat penting pada teknik mesin. Sebab, ilmu ini mempelajari tentang pergerakan, aliran, hingga elemen. Jebolan teknik mesin pun memiliki prospek kerja yang luas, apalagi Indonesia masih dalam proses untuk memiliki mobil nasional. Bapak Iptek Indonesia, B.J. Habibie, juga diketahui merupakan lulusan teknik mesin dari ITB Bandung, yang kemudian melanjutkan studinya tentang pesawat terbang di Jerman. Mau jadi penerus Eyang Habibie? Yuk masuk teknik mesin.

3. Teknik Kimia

Pada dasarnya, teknik yang satu ini adalah tentang menggunakan kimia untuk menciptakan produk atau bahan baku komersial dengan biaya produksi rendah. Sehingga, isinya bukan melulu tentang reaksi pencampuran senyawa x dengan y. Teknik kimia memiliki fokus utama tentang bagaimana mengolah bahan baku di dalam sebuah pabrik.

Teknik kimia memiliki jasa yang sangat besar dalam kehidupan kita. Contoh teknik kimia yang sangat penting adalah pakaian, pupuk, bahkan bahan makanan yang kita butuhkan setiap hari. Mengapa demikian? Karena teknik kimia juga mempelajari tentang bio-proses, yang termasuk di dalamnya adalah teknik pangan.

4. Teknik Geodesi

Mendengar namanya, jenis teknik yang satu ini terdengar begitu keren. Benarkah demikian? Arti umum teknik geodesi adalah sebuah disiplin ilmu yang memiliki kaitan sangat erat dengan kondisi lingkungan bumi secara fisik. Bahasa sederhananya adalah pemetaan.

Geodet – sebutan bagi mereka yang bergelut di dunia geodesi – mempelajari berbagai cara pengukuran, pengelolaah, analisis, peinyimpanan, hingga penyajian data tentang lokasi di muka bumi. Para ahli geodesi memiliki bekal tinggi hampir di segala aspek tentang persiapan, terutama observasi.

Indonesia sebagai negara berkembang dengan banyak pembangunan di sana sini, tentunya membutuhkan banyak tenaga geodesi yang handal. Pasalnya, semua proyek pekerjaan pasti membutuhkan observasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi suatu wilayah, apakah layak dan aman untuk dijadikan lokasi pembangunan. Dan para geodet-lah yang menentukan itu semua.

5. Teknik Sipil

Inilah jenis teknik yang paling banyak diketahui di Indonesia. Apalagi kalau bukan karena Si Doel Anak Sekolahan? Ya, lulusan teknik sipil disebut juga insinyur, atau tukang insinyur oleh Sabeni, tokoh ayah si Doel yang diperankan apik oleh Benyamin Sueb.

Sekarang kita bahas soal seriusnya. Teknik sipil adalah cabang ilmu yang menelaah tentang bagaimana merancang, merencanakan, memproduksi, mengatur, hingga memelihara fasilitas dan sistem. Sistem tersebut ditujukan untuk mendukung kemajuan suatu daerah, desa, hingga kota.

Contoh teknik yang dimanfaatkan untuk khalayak luas seperti Gedung, jembatan, jalan, bandar udara, Pelabuhan, dan lain sebagainya. Semua itu kebanyakan ditukangi oleh anak-anak teknik sipil.

Melihat dari ragam dan jenis teknik, hampir semua merupakan ilmu yang menerapkan atau mengaplikasikan teori untuk kemaslahatan banyak orang. Memang demikian, karena tujuan dari ilmu teknik adalah untuk menemukan solusi atas berbagai masalah yang ada di sekitar kita.

Para insinyur teknik itulah yang berjasa atas segala kemudahan yang kita rasakan saat ini. Semoga Indonesia semakin banyak menelurkan insan teknik membanggakan.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti pengertian artikel atau konten lainnya dikategori Arti Kata.

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post