STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM

Strategi Digital Marketing untuk UKM Paling Powerfull

Berbagai industri bisnis penjualan kini sudah banyak yang melirik dunia digital marketing sebagai bagian dari mengembangkan usahanya. Keberadaannya dianggap memiliki peran penting di tengah perkembangannya yang melejit beberapa tahun belakangan ini.

Hal tersebut pun menimbulkan ide strategi digital marketing untuk UKM yang tak boleh kalah dengan pebisnis skala besar dan pengusaha ternama. Karena, kualitas yang dihasilkan produk UKM tak kalah bagus dan unik dibanding brand ternama itu.

Untuk mendukung hal ini, Jawarakonten juga menghadirkan layanan jasa pengelolaan web yang tersedia untuk UKM dan perusahaan. Kamu tak perlu lagi bingung bagaimana cara memaksimalkan website, kami yang akan bmengerjakannya.

 

Manfaat Digital Marketing untuk UKM

Kemunculan digital marketing membawa keuntungan tersendiri pada setiap pengusaha, tak terkecuali UKM, yang ingin mengembangkan usahanya. Namun, tahukah kamu, apa saja manfaat digital marketing yang akan dirasakan? Berikut informasinya.

1. Menghemat Biaya Pengeluaran

Bagi pengusaha UKM, anggaran keuangan adalah hal yang paling diperhitungkan, apalagi bagi mereka yang baru mulai merintis. Tentu tidak mudah untuk mengatur keuangan sebaik mungkin agar tak lebih besar pasak daripada tiang.

Baca Juga: Strategi Word of Mouth Marketing

Penjualan dengan teknik digital marketing mampu menekan biaya pengeluaran tanpa mengurangi tingkat produksi dan promosi. Hal ini akan menjadi pertimbangan yang tak perlu diragukan lagi.

2. Kemudahan Menarik Calon Konsumen

Teknik pemasaran dengan digital marketing dinilai mampu untuk menarik calon konsumen dengan lebih mudah. Calon konsumen tersebut akan terhubung dengan media sosial atau website yang mengarahkan pada produk UKM Anda.

Apalagi jika website anda berada di 10 top Google, anda akan bisa menemukan pelanggan potensial yang pergi kemesin pencari untuk menemukan usaha anda. Mereka adalah orang-orang yang membutuhkan produk kalian.

3. Jangkauan Wilayah yang Lebih Luas

Dengan memanfaatkan teknik digital marketing sebagai bagian dari pemasaran, pengusaha UKM dapat mencakup jangkauan wilayah yang lebih luas. Jadi, tak hanya berpusat di wilayah asal produksi dan kota sekitar saja.

Jika memang bisnis anda hanya mencakup beberapa wilayah saja, hal tersebut juga sangat efektif. Caranya dengan menerapkan strategi SEO lokal.

4. Meningkatkan Penjualan

Jika dibandingkan dengan teknik pemasaran secara konvensional, digital marketing mampu meningkatkan penjualan yang signifikan.

Media atau sarana online yang digunakan dapat menjangkau calon konsumen setiap detiknya tanpa harus menunggu konsumen lewat dan menyebarkan brosur seperti cara lama.

5. Melayani Secara Cepat

Konsumen adalah yang paling cerewet dalam urusan pelayanan. Apalagi jika ada complain barang rusak atau terlambat. Masalah ini akan memicu menurunnya konsumen Anda.

Persiapkan tim khusus lengkap dengan form saran di website untuk menangani layanan pembelian dan complain agar tak mengecewakan konsumen UKM Anda. Selain itu, complain ini juga dapat menjadi saran, masukan, serta pelajaran yang bermanfaat bagi UKM yang dijalani.

 

Apa Saja Strategi Digital Marketing untuk UKM?

Untuk menerapkan digital marketing sebagai teknik pemasaran, Anda perlu mengetahui strategi apa yang paling cocok digunakan. Membangun strategi digital marketing untuk UKM sangat penting guna mengetahui arah pemasaran serta tidak keluar dari jalur dan tujuan.

Simak ulasannya berikut ini.

1. Manfaatkan Sosial Media

Siapa yang tak kenal dengan media sosial? Pamornya semakin terkenal dan banyak digunakan oleh berbagai usia. Sebut saja Facebook, Instagram, dan Twitter. Ketiganya adalah yang paling umum dan sering digunakan saat ini kapanpun dan dimanapun berada.

Anda cukup memposting foto dan video yang mengandung konten tentang produk UKM terssebut di laman akun sosial media. Postinglah konten tersebut secara teratur dan konsisten. Anda dapat mempelajari kapan waktu yang pas untuk mempostingnya.

2. Gunakan Teknik Email Marketing

Teknik email marketing ini terkadang suka diabaikan orang banyak. Bahkan tak jarang yang menganggapnya, ini hanyalah spam tak berguna, begitu kata mereka.

Namun hal tersebut tidaklah benar, email marketing akan menjadi efektif jika anda bisa mengelolanya dengan baik.

Menggunakan email lebih ke secara peronal atau pribadi. Format penulisan yang digunakan pun menyesuaikan dengan ciri khas UKM tersebut. Meski terkesan kuno, cara ini cukup efektif untuk membantu agar target penjualan Anda tercapai.

3. Maksimalkan Penggunaan Website

Ingin menampilkan keseluruhan produk dan profil UKM Anda? Pergunakan website atau blog sebagai pilihan yang tepat. Keduanya merupakan suatu sarana untuk menjembatani hubungan konsumen dengan UKM yang Anda bangun.

Dalam wesite atau blog, Anda bebas menentukan format penyusunan menu yang sesuai. Profil, jenis produk, dan alamat serta nomor kontak adalah hal yang paling utama dicantumkan. Hal ini dapat mempermudah calon konsumen untuk mengenali produk UKM dan menghubungi Anda.

Jangan lupa untuk menyertakan teknik SEO untuk meningkatkan visibilitas website, anda bisa mempelajarinya di kategori TEKNIK SEO kami. Disana ada banyak materi yang bisa anda pelajari.

4. Menerapkan Teknik Content Marketing

Content Marketing sangat berperan penting dalam kelangsungan promosi dan penjualan produk UKM.

Teknik content marketing menerapkan sebuah konsep tentang pemasaran dengan pembuatan konten yang sederhana, padat, unik, relevan, serta mudah ditangkap dan diterima oleh setiap masyarakat. Selain itu, content yang dibuat memiliki tujuan terkait akan kesuksesan UKM itu sendiri.

Penerapan content marketing ini dapat dijalankan pada media sosial serta website atau blog sebagai media penjualan. Konsep seperti ini akan lebih mudah menarik konsumen jadi lebih penasaran dengan produk UKM Anda. Jika anda kesulitan dalam membuat content marketing, anda bisa menggunakan layanan jawarakonten.

5. Optimalisasi SEO

Artikel yang menggunakan penerapan SEO dapat mendukung keberadaan website atau blog Anda muncul di halaman-halaman depan pada mesin pencarian google. Konsep SEO juga akan meningkatkan traffic website atau blog.

SEO dapat digunakan dengan menggunakan kata kunci pada artikel website atau blog UKM Anda. Kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari pada mesin pencarian.

Anda juga dapat menggunakan teknik SEO off page untuk menaikkan traffic. Dengan menulis artikel dan memanfaatkan backlink dari situs lain, dapat mengarahkan pengunjung ke laman website atau blog UKM yang Anda bangun.

Bisa juga menyisipkan link-link tersebut di akun media sosial. Jika ingin hasil yang lebih simple, anda juga bisa menghubungi jawarakonten untuk menggunakan jasa SEO yang kami hadirkan.

6. Pergunakan Ads (Iklan)

Fungsi jasa ads pada digital tak kalah bersaing dengan iklan pada media cetak. Secara tidak langsung konsumen baru yang tertarik dengan promosi Anda akan diarahkan untuk menuju akun sosial media maupun website atau blog UKM.

Iklan atau ads ini dapat menjangkau segala lini dan perkembangannya juga cukup pesat. Iklan dapat dipasang pada platform sosial media, website, atau blog.

7. Memakai Jasa Influencer

Keberadaan influencer cukup mempengaruhi konsumen untuk membeli produk UKM Anda. Apalagi banyak orang yang kini lebih senang melihat konten video atau membaca caption foto di media sosial karena lebih mudah dicerna dan efisien.

Seorang influencer akan mempromosikan produk tersebut di akun pribadi sosial media mereka. Promosi seperti ini dibilang cukup menjanjikan apalagi dengan adanya jumlah pengikut yang mencapai puluhan hingga jutaan ribu.

Harga yang diberikan untuk promosi dengan influencer ini tidak murah dan beragam. Pilihlah influencer yang terpercaya dan sudah menjamin mampu membuat konten guna menarik calon konsumen. Ketahui bagaimana cara memilih influencer.

KESIMPULAN

Itulah beberapa strategi digital marketing untuk UKM yang mampu membantu menaikkan potensi keberhasilan usaha Anda. Pemahaman dan penggunaan yang tepat sasaran dapat meningkatkan produktivitas UKM sehingga manfaat digital marketing tersebut pun akan terasa efeknya bagi usaha Anda.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Perusahaan

Selain itu, konsistensi juga diperlukan untuk mempertahankan image dan branding agar strategi digital marketing yang dibangun tidak akan terbuang percuma. Tak lupa untuk selalu menjaga kualitas pelayanan dan produk agar konsumen serta para langganan tidak akan kecewa dengan UKM yang Anda hasilkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *