Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

5 Element Membuat Konten Kreatif Perusahaan yang Menyentuh

6 min read

Era baru dunia bisnis sudah dimulai. Dunia sudah menyambut masa reformasi industri generasi ke 4 atau Industri 4.0. Bahkan Jepang dan Jerman sudah mulai menyiapkan diri untuk reformasi Industri generasi ke-5 saat banyak negara lain belum mampu masuk dalam persaingan industri 4.0.

Fenomena ini adalah fakta yang tidak bisa ditolak semakin kuatnya pengaruh teknologi digital dalam memainkan perannya di persaingan industri. Teknologi digital tidak lagi menjadi alat dalam persaingan indsutri masa kini, melainkan menjadi platform atau model bisnis dari industri itu sendiri. Sebuah persaingan industri baru yang bernama Industri Digital atau Bisnis Digital.

Sebut saja Google, Alibaba, Netflix dan Amazon. Mereka adalah pemain paling depan dalam Industri digital masa kini. Industri yang tumbuh dengan segenap instrumen bisnis yang semuanya serba digital. Mulai dari produk dan jasa yang ditawarkan, pola marketing, pola distribusi, hingga manajemen organisasi perusahaan, semuanya direformasi menjadi serba digital.

Pebisnis digital dituntut tidak sekadar mencari untung dari pelanggan. Melainkan membuat bisnis mereka mampu mengubah hidup pelanggan menjadi lebih baik dan efektif. Pebisnis digital tidak sekadar mencari kemenangan, di saat yang sama harus membuat pebisnis dan pelanggan sama-sama menang dalam hidupnya.

Poin utama dalam reformasi bisnis digital ini adalah strategi marketing. Digital Marketing melahirkan cara-cara berbisnis baru yang bukan sekadar menawarkan barang kepada calon pembeli. Melainkan menuntut membangun ekosistem bisnis yang saling membuat pebisnis dan pelanggan saling membutuhkan, saling membangun, serta saling berkembang.

Salah satu bagian penting dari marketing strategi adalah konten kreatif. Konten yang akan digunakan oleh anda dalam sistem pemasaran bisnis anda. Konten kreatif digital ini jelas berbeda dengan konten pemasaran dari bisnis non digital yang hanya berorientasi mencari pembeli. Konten kreatif dalam bisnis digital menuntut anda untuk mengembangkan bisnis bersama dengan mengembangkan pelanggan. Langkah berikutnya, membuat pelanggan percaya bahwa perusahaan anda adalah solusi terbaik untuk mengembangkan dirinya atau menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya.

Pemanfaatan konten kreatif hanya dapat maksimal bila anda serius menerapkan strategi digital marketing. Syarat pertamanya adalah anda mesti serius mengelola laman utama perusahaan anda. Dan syarat kedua adalah anda mesti memastikan penataan dan pendataan database calon pelanggan dengan baik.

Pemenuhan kedua syarat tersebut mutlak. Tanpa memiliki laman utama yang baik dan terhubung dengan semua instrumen marketing yang lain, konten sekreatif apapun tidak akan maksimal dipublikasikan. Tanpa memiliki pengaturan data calon pelanggan yang rapi dan akurat, pendistribusian konten akan menjadi lambat dan tidak bisa meningkatkan kinerja digital marketing yang anda lakukan.

5 Element Dalam Membuat Konten Kreatif

Di artikel ini kita akan bahas apa saja elemen penting yang harus ada dan menjadi karakteristik dari konten kreatif. Karakteristik konten kreatif yang mampu meningkatkan performa digital marketing anda. Mari kita pelajari bersama.

Konten Kreatif

Encourage : Buat Pelanggan Percaya

Sekali lagi penting sekali untuk anda ingat, kunci dari digital marketing bukanlah sekadar mencari keuntungan bisnis, melainkan membangun ekosistem bisnis yang membuat anda dan pelanggan bisa saling merasa diuntungkan. Pelanggan mencari produk atau jasa dalam bisnis digital untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam kehidupannya. Penting bagi anda untuk membangun sebuah platform yang nantinya akan membangun ekosistem untuk anda dan pelanggan anda sama-sama berkembang di dalamnya.

Selain memiliki platfrom digital yang anda bangun sebagai inti bisnis, anda juga memerlukan pengaturan penyajian konten kreatif dalam digital marketing. Sehingga platform yang anda jual mampu diserap dengan baik oleh pasar.

Elemen pertama konten kreatif yang perlu anda sajikan di landing page laman perusahaan anda adalah encourage. Konten anda mesti membuat calon pelanggan yang sedang mencari solusi mendapatkan jawabannya dengan membaca konten-konten anda.

Contoh, anda membuka bisnis digital baru jasa desain dan pembuatan pakaian. Konten kreatif yang perlu anda sajikan bukan sekadar promosi secara langsung dan terus menerus tentang produk anda. Anda perlu mempublikasikan konten-konten yang terlebih dahulu menjawab permasalahan calon pelanggan anda.

Mungkin anda bisa mempublikasikan konten tentang tips-tips memilih bahan pakaian yang sesuai dengan acara tertentu, atau jenis-jenis desain yang sedang populer kekinian. Apabila mereka menemukan solusi yang sesuai di laman anda, mereka dengan sendirinya akan mencari tahu produk yang anda tawarkan dan membuka peluang transaksi.

Cultural Perspective : Perhatikan Perspektif Kultural di Masyarakat

Segmentasi calon pelanggan adalah hal lain yang mesti anda pertimbangkan dalam membuat dan mempublikasikan konten kreatif. Anda perlu benar-benar tahu, siapa calon pelanggan yang anda target. Benar-benar mengetahui latar belakang budaya mereka saat ini, standar norma kehidupan mereka, dan perspektif pemikiran calon pelanggan anda.

Kita ambil contoh kasus yang sama, bisnis jasa desain dan produksi pakaian. Anda perlu menyesuaikan isi konten yang anda buat dengan keadaan tempat calon pelanggan anda berada. Misalnya jika menarget orang Indonesia, seperti apa desain kekinian yang orang Indonesia biasanya sukai, lalu pakaian seperti apa yang orang Indonesia anggap sopan dan baik digunakan.

Apakah elemen ini mengikat?

Tentu tidak, pilihannya ada di anda. Boleh saja anda memilih untuk mempublikasikan konten yang tidak sesuai dengan cultural perspective masyarakat. Hasilnya bisa jadi dua hal, anda mendapatkan pelanggan yang memang sepakat dengan idealisme anda, atau anda sendiri yang akan terpukul oleh pasar jika tidak mampu membuat platform anda mendobrak culture perspective masyarakat.

Bisnis yang mendobrak cultural perspective masyarakat bukan tanpa contoh. Sebut saja Apple, yang berhasil mendobrak budaya berkomunikasi masyarakat dunia dengan Iphone nya. Mereka berhasil membuat sebuah platform berkomunikasi telpon, SMS, layanan internet, email, penyimpanan data, dan mendengarkan musik di satu alat yang sama.

Dan dobrakan tersebut membuat dunia bisnis telepon, internet, dan musik sama sekali tak sama dengan sebelumnya. Anda perlu sekuat dan seradikal Apple untuk melakukan pendobrakkan cultural perspective masyarakat.

Out of The Box : Solusi kreatif yang Revolusioner

Bisnis digital sejak awal adalah bisnis revolusioner. Di dunia bisnis digital berkompetisi para inovator dengan segudang ide kreatif yang siap mengguncang pasar. Melantai di persaingan bisnis digital tidak cukup dengan modal besar. Sudah banyak perusahaan dengan modal besar kehabisan uang untuk dibakar dan berakhir ambyar.

Kreativitas adalah kunci utama suksesnya bisnis digital anda. Kreativitas dibutuhkan di semua lini bisnis digital. Mulai dari produk yang anda tawarkan, cara anda menganalisis pasar dan membuat bekerja bersama pelanggan, hingga metode strategi marketing yang anda mainkan. Termasuk pada konten-konten kreatif yang anda buat.

Konten-konten tersebut mesti mampu menggambarkan setidaknya tiga hal kepada calon pelanggan. Pertama, memberikan pemecahan masalah yang sedang dibutuhkan pelanggan. Kedua, menyajikan informasi kreatif yang memberikan inspirasi pada pelanggan. Ketiga, tetap memastikan solusi yang disajikan dapat digunakan dengan baik oleh calon pelanggan.

Mesti diingat, inti bisnis digital anda adalah platform atau produk yang anda sediakan. Konten kreatif adalah wadah untuk mempromosikan platform tersebut. Dalam ilmu pemasaran, produk yang bagus sekalipun akan sulit bersaing bila dipasarkan dengan tidak benar.

Begitupun dengan konten kreatif yang anda buat. Platform anda mungkin sudah out of the box. Berarti konten kreatif yang anda tulis dan sajikan di landing page dan di semua instrumen promosi lainnya juga harus out of the box. Sehingga calon pelanggan benar-benar yakin bahwa anda memang menawarkan gebrakkan yang berbeda dengan yang lain.

Always Fresh : Konten yang Selalu Segar

Konten kreatif tentulah harus selalu segar dibaca. Anda perlu membuat konten kreatif yang anda publikasikan penting sekaligus enak dibaca. Tentu saja konten kreatif yang segar, perlu dan enak dibaca, akan menghasilkan volume pembaca yang lebih banyak. Semakin tinggi volume pembaca, semakin terbuka pula peluang transaksi terbuka.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memabuat konten kreatif yang segar. Pertama, anda mesti memastikan konten anda memiliki keterbacaan yang baik. Caranya, gunakan bahasa dengan sistematika yang benar. Gunakan kalimat-kalimat yang sederhana, tanpa kesalahan pengetikan, mudah dibaca, dan mudah dipahami.

Kedua, sesuaikan penyajian konten anda dengan sistem optimalisasi mesin pencari atau Search Engine Optimizer (SEO). Sistem ini berisi algoritma internet yang akan dengan otomatis menilai semua konten yang masuk ke internet. Algoritma ini menentukan di posisi ke berapa konten anda akan tampil bila sebuah kata kunci atau keyword dimasukan ke search engine. Semakin sesuai konten anda dengan algoritma Search Engine, konten anda akan ditampilkan di halaman pertama, dan di daftar teratas.

Namun tentunya membuat konten dengan tingkat keterbacaan dan optimalitas SEO yang baik tidak mudah. Anda membutuhkan keterampilan dan pengalaman khusus. Namun jangan khawatir, karena sudah banyak jasa pembuat konten kreatif untuk kepentingan bisnis digital yang berkualitas dan tentunya berpengalaman. Salah satunya Jawara Konten.

No Limit : Lejitkan Potensi anda dan Pelanggan

Anda mesti memahami, alasan pertama pelanggan tidak membeli sebuah produk, karena produk itu sendiri. Pelanggan membeli “transformasi keadaan” atau “keuntungan” yang terjadi jika mereka membeli produk tersebut.

Biar kami ceritakan sebuah contoh. Andi ingin membeli sebuah ponsel baru. Tapi Andi tidak tahu merek ponsel apa yang bagus untuk dibeli. Andi hanya tahu kebutuhannya yang harus ada pada ponsel barunya. Ponsel itu mesti nyaman dipakai untuk bermain game online dan RAM nya besar.

Lalu pergilah Andi ke sebuah pusat perdagangan barang elektronik. Setelah berkeliling ke beberapa toko, Andi menimbang beberapa pilihan merek untuk ponsel barunya. Sebut saja mereknya merek X, Y, dan Z.

Saat itu yang terpenting bagi Andi bukanlah mereknya. Tapi apakah ponsel tersebut dirasa mampu memenuhi kebutuhannya. Hingga setelah beberapa saat menimbang Andi menjatuhkan pilihan pada ponsel merek X sebut saja tipe 1.

Kita lanjutkan ceritanya satu tahun setelah Andi membeli ponsel tersebut. Dia merasa puas setelah setahun membeli ponsel merek X tipe 1. Lalu dunia online gaming berubah, dan ponsel merek X tipe 1 yang dimilikinya sudah kurang nyaman digunakan untuk jenis-jenis game baru. Sehingga Andi memutuskan untuk membeli ponsel baru.

Merek ponsel pertama yang Andi akan cari pasti adalah merek X. Itu terjadi karena Andi puas dengan kinerjanya selama setahun kebelakang. Dan Andi penasaran dengan tipe baru dari ponsel merek X.

Jika ternyata ada tipe baru ponsel merek X dengan inovasinya membuat merek tersebut jauh lebih baik, Andi pasti akan beli. Jika ternyata merek X tidak banyak berinovasi atau bahkan tidak mengeluarkan tipe baru, bisa dipastikan Andi akan beralih ke merek lain.

Kesimpulan dari cerita tersebut adalah pelanggan pada awalnya membeli produk anda bukan sekadar karena merek produk, tapi lebih berdasarkan pertimbangan kebermanfaatan dari produk untuk menyelesaikan masalah di hidupnya.

Namun setelah seorang pelanggan merasa puas dengan kebermanfaatan dari produk anda, dia pasti akan mencari produk anda lagi untuk menyelesaikan masalah yang sama. Pelanggan akan mencari tahu, apakah kualitas produk anda tetap sama? Apakah anda melakukan inovasi atau perubahan pada produk anda? Dan jika berubah, apakah perubahan itu membuat produk anda lebih baik?

Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis anda adalah infinity games. Bahwa bisnis anda adalah bisnis yang tidak terbatas dan tidak sekadar mencari kemenangan di rentang waktu tetentu. Kuncinya, yakinkan pelanggan bahwa tidak ada batas bagi anda berinovasi, dan tidak ada batasan dari suatu masalah yang pelanggan tidak bisa selesai jika pelanggan mengandalkan produk anda.

Caranya tentu saja meyakinkan pelanggan dengan konten-konten kreatif yang anda sajikan. Anda minimalnya perlu melakukan tiga hal. Pertama, pastikan anda selalu menyajikan konten-konten yang menampilkan inovasi yang anda lakukan. Kedua, buatlah konten-konten yang meyakinkan pelanggan inovasi anda membuat produk anda lebih baik dan mampu menjawab tantangan yang juga semakin dinamis. Ketiga, buatlah konten yang membuat pelanggan mampu mengandalkan produk anda dalam menyelesaikan setiap masalah yang terus berkembang.

 

Demikian ulasan elemen-elemen penting yang perlu anda pastikan ada di koten kreatif anda. Lebih dari itu, anda perlu menjadikan elemen-elemen ini karakter dari tiap konten yang akan anda publikasikan. Tidak mudah memang membuatnya, dan perlu waktu untuk membuatnya konsisten. Tapi jangan ragu bila anda butuh bantuan kami untuk membuatkan konten kreatif yang mampu membuat produk anda mendapat tempat di persaingan bisnis digital.

Era digital adalah eranya organisasi satu dan lainnya saling berkolaborasi untuk mencapai sebuah tujuan. Percayalah, berkolaborasi akan membuat semuanya lebih mudah dari pada berjalan sendirian.

Membutuhkan partner untuk membuat konten kreatif? percayakan pada Jawarakonten.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress