Tips SEO: 10 Faktor Penentu Rangking di Google

Faktor Penentu Rangking di Google

Tips SEO: 10 Faktor Penentu Rangking di Google

Faktor yang mempengaruhi ranking google adalah salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan jika anda ingin website anda mendapatkan rangking yang baik pada mesin pencari Google.

Tentu saja rangking yang baik pada hasil pencarian google akan membuat bisnis anda dikenal lebih banyak orang yang pada akhirnya akan meningkatkan sales atau omset bisnins anda.

Namun sebelum melangkah lebih jauh kita harus pahami dulu apa itu faktor yang mempengaruhi ranking google.

 

Bagaimana Google Menentukan Urutan Rangkingnya?

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan pemeringkatan website, Google menggunakan banyak sekali faktor penilai. Dan berdasakan hasil penilaian inilah nanti Google akan menentukan website anda akan berada pada peringkat berapa dan pada halaman berapa.

Disebutkan dalam reliablesoft.net bahwa terdapat lebih dari 200 faktor yang menjadi penentu peringkat pada Google. Faktor ini senantiasa berubah, kadang Google melakukan konfirmasi, dan kadang tidak. Perubahan ini biasanya terkait algoritma yang mereka lakukan.

Namun sebenarnya anda tidak harus selalu mengikut perubahan yang dilakukan oleh Google, karena ada beberapa faktor yang merupakan dasar atau faktor utama penilaian peringkat website dan tidak akan berubah sampai beberapa tahun kedepan.

Disamping itu meskipun ada banyak faktor yang berubah, tiap-tiap faktor tidak mempunyai pengaruh yang sama.

Baca Juga: 5 Contoh Website Perusahaan yang Bagus

Meskipun anda tidak harus selalu mengikuti perubahan yang Google lakukan, namun anda perlu tahu beberapa faktor yang menjadi penentu Google dalam merangking sebuah website. Berikut ini adalah beberapa faktor penentu rangking di Google

 

10 Faktor Penentu Rangking di Google

Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa faktor utama penentu peringkat website Google yang harus diperhatikan agar dapat memperbaiki peringkat website anda pada hasil pencarian Google.

 

1. Keoptimalan Website dalam hal SEO Teknis

ini adalah hal yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh sebuah website. Hal ini penting karena hal pertama yang akan dilakukan oleh mesin pencari adalah mencari semua website-website public (tahap discovery), kemudian mengekstrak informasi dari website tersebut (Crawling dan indexing), dan tahap yang terakhir adalah melakukan pemeringkatan berdasarkan informasi yang didapat (ranking).

Mesin pencari mustahil dapat melakukan pemeringkatan jika akses ke website terhambat, atau menemui kesulitan dalam mengekstrak informasi penting dari website tersebut. SEO teknis akan membuat website anda lebih mudah untuk diakses robot google.

Jadi anda harus memastikan bahwa mesin pencari tidak menemukan kendala dalam mengakses website anda dan andapun dapat membantu mesin pencari dalam mengekstrak informasi yang diperlukan untuk pemeringkatan.

Anda dapat menggunakan beberapa trik, diantaranya adalah mengoptimalkan robots.txt.

Robots.txt adalah sebuah file yang akan menginstruksikan mesin pencari mengenai halaman mana dari website yang harus diakses atau tidak pada saat proses crawling dan indexing.

Anda juga dapat membuat sitemap dalam website dan mengirimkan melalui search console, Sitemap sendiri adala daftar halaman yang terdapat dalam website anda dan akan membantu mesin pencari dalam melakukan tugasnya.

Cara ketiga adalah dengan menemukan dan memperbaiki kesalahan pada proses crawling google. Buka search console anda, dan lihat ada kesalahan dalam proses crawling atau tidak. Jika ada segera perbaiki.

Proses ini pada dasarnya adalah pendataan website maupun website yang telah dipudate isinya.

 

2. Keamanan Website

Faktor yang mempengaruhi ranking google lainnya adalah faktor keamanan website. Akan lebih baik jika website anda menggunakan koneksi Secure Sockets Layer (SSL) dan tautan HTTPS, terlebih jika website Anda termasuk toko online yang didalamnya terdapat data penting dari pelanggan.

Beberapa pihak juga mengatakan bahwa SSL dapat meningkatkan SEO, website dengan SSL akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dibandingkan dengan website sejenis tanpa fitur keamanan ini. Meskipun, dibeberapa kondisi, website tanpa SSL juga memiliki posisi yang bagus di mesin pencari.

Sebenarnya, SSL berpengaruh terhadap SEO ini dapat kita jelaskan dengan baik. Logikanya seperti ini, jika website kita tidak memiliki SLL, maka pada bagian url akan terdapat informasi yang menyebutkan “sambungan tidak aman”.

Seringnya penipuan atau penyadapan yang ada di internet membuat beberapa orang (khususnya bagi mereka yang tidak melek internet dan website) takut dengan website tersebut yang pada akhirnya memilih untuk meninggalkan website tersebut.

Jika sudah seperti ini website Anda akan memiliki bounce rate yang tinggi. Bonce rate adalah prosentase banyaknya orang yang meninggalkan website Anda pada saat pertama kali mengunjunginya.

Jadi, jika website anda sekarang belum mempunyai fitur ini, maka tugas pertama anda adalah menambahkan fitur tersebut. Atau jika tidak menambahkan SSL, setidaknya Anda harus menginformasikan bahwa website Anda aman untuk diakses.

 

3. Domain Authority

Secara umum domain authority dapat diartikan sebagai  sebuah penilaian mengenai seberapa baik kinerja sebuah website dengan parameter 1 sampai 100.

Semakin tinggi nilai sebuah website maka dapat diprediksikan bahwa peringkat website tersebut dalam hasil pencarian mesin pencari juga tinggi.

Menurut Google sendiri Domain Authorioty merupakan reputasi website anda sebagai though leader atau pencetus ide dalam suatu bidang. Google menggunakan ini untuk memastikan bahwa website menyajikan konten terbaik sesuai dengan bidangnya.

Ada  beberapa hal yang mempengaruhi domain authority

Umur domain.

Tidak dipungkiri bahwa semain tua sebuah domain maka akan mendapatkan skor domain authority yang lebih tinggi. Website baru juga bisa mendapatkan skor domain authority yang baik meskipun memerlukan waktu yang lebih lama

Status domain.Status disini berarti adalah sebuah domain yang bebas dari penalti google. Anda boleh merasa aman jika anda adalah memiliki domain sejak awal yang artinya sebelumnya belum ada yang menggunakan, karena anda mengerti akan sejarah domain tersebut, namun sebaliknya jika anda membeli domain yang sudah jadi dan pernah digunakan sebelumnya anda harus mengecek terlebih dahulu apakah ada penalti google di domain tersebut.

Reputasi Domain.

Reputasi domain dapat dilihat dari banyaknya link yang menuju website anda di website atau blog lain (backlink), reputasi domain juga dapat berarti pendapat atau persepsi orang terhadap website Anda.

Satuan ukuran yang digunakan oleh google dalam menilai Domain authority disebut pageRank. Semakin tinggi nilai PageRank maka akan semakin tinggi pula peringkatnya dalam hasil pencarian google.

Sayangnya google tidak lagi mempublikasikan PageRank ini dan sebagai gantinya beberapa perusahaan (moz.com, semrush.com, ahrefs.com) mencoba untuk mereplikasi algoritma penilaian Domain Authority walaupun dengan faktor penilai yang lebih sedikit.

 

4. Mobile Friendly

Tren yang ada sekarang ini menunjukkan bahwa lebih dari separuh jumlah pencarian dilakukan menggunakan perangkat mobile. Hal ini membuat “fitur” ramah terhadap perangkat mobil adalah sebuah keharusan.

Jika sebuah website tidak dapat dibuka menggunakan perangkat mobile, maka website tersebut tidak akan muncul pada hasil pencarian yang menggunakan perangkat mobile dan ini berakibat pada rendahnya jumlah traffic pada website tersebut.

Google sendiri juga merekomendasikan untuk menggunakan mode amp, namun ini bukanlah keharusan, karena faktanya, banyak website yang tidak memiliki fitur amp namun mendapatkan peringkat yang baik. Jika anda ingin tahu hal ini lebih dalam, baca artikel kami tentang Teknik SEO Modern.

Baca Juga : Teknik SEO Modern yang Powerfull

 

5. Kecepatan Halaman Web

Google sangat terobsesi terhadap kecepatan akses website dan akan memberikan peringkat yang baik untuk website-website yang mempunyai kecepatan tinggi baik secara desktop maupun mobile.

Selain itu, website dengan kecepatan lamban akan membuat pengujung kesal yang akhirnya bounce rate kembali tinggi.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kecepatan halaman web yang tinggi, diantaranya adalah:

  • Meng-upgrade perangkat lunak website anda ke versi terbaru.
  • Gunakan caching plugin.
  • Jika menggunakan wordpress, upgrade ke PHP terbaru.
  • Gunakan hostin VPS bukan hosting yang
  • Gunakan layanan CDN (Content Delivery Network).
  • Compress atau padatkan dan optimalkan gambar di website.
  • Compress atau padatkan dan optimalkan HTMLS, CSS and JavaScript.

 

6. Kualitas Konten

Sejauh ini, kualitas konten merupakan faktor terpenting dalam menentukan peringkat website. Ada dua alat pengukur yang digunakan untuk mengukur kualitas konten yaitu keunikan konten dan juga expertise authority trustworthiness.

Keunikan Konten

Konten yang dipublikasikan di website anda haruslah unik dan bukan merupakan hasil Salinan dari website lain.

Misalnya anda menyalin artikel dari Forbes, karena menurut anda artikel itu menarik, maka google akan mengetahui bahwa artikel tersebut terlebih dahulu diterbitkan di Forbes dan tidak akan melihat artikel tersebut sebagai penentu kualitas konten di website anda.

Website anda tidak akan mendapatkan penalty dari Google tapi juga tidak akan mendapatkan poin untuk kualitas konten.

EAT (Expertise-Authority-Trustworthiness).

Alat pengukur lainnya adalah dengan EAT, yang artinya sebuah website haruslah mempunyai tingkat keahlian (expertise) yang tinggi sehingga cukup mampu untuk menjadi bersifat otoritatif dan dapat dipercaya dalam rangka menyampaikan topik-topik di dalam wesbsite mereka.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan E-A-T diantaranya adalah:

  • Pastikan tiap halaman di website anda mempunyai author atau penulis. Anda dapat menempatkan bio dari penulis anda pada setiap akhir halaman dengan mencantumkan tautan ke data atau biodata lengkap si penulis.
  • Pastikan ada halaman “About” atau “Tentang Kami” yang menjelaskan siapa anda dan mengapa anda ataupun penulis-penulis anda adalah ahli di bidang atau topik website tersebut.
  • Menampilkan penghargaan-penghargaan yang didapat oleh website anda atau dapat juga ulasan dari website-website terkemuka untuk menunjjukan tingkat otoritas website anda.
  • Lakukan investasi untuk mempromosikan merk atau produk anda serta reputasi dari penulis-penulis anda.
  • Pastikan website anda aman.
  • Coba untuk mendapatkan review yang baik dan diterbitkan di website-website terkenal, seperti misalnya Yelp, Google MY Business, Trustpilot dan lain sebagainya.
  • Jika memungkinkan buatlah halaman Wikipedia baik untuk website maupun untuk author.
  • Jika anda menjual barang, pastikan website anda memiliki kebijakan privasi (Privacy Policy) dan kebijakan pengembalian uang (Refund Policy).
  • Usahakan agar website anda dapat dimuat di website-website autoritatif seperti website-website berita utama maupun di forum-forum besar.

Tidak dipungkiri jika konten akan tetap menjadi bagian paling menentukan dari sebuah website. Bahkan beberapa internet marketer mengatakan, Anda boleh melupakan SEO jika memiliki konten yang unik.

Jika Anda kesulitan untuk membuat artikel, jawarakonten siap untuk menjadi langganan jasa penulis artikel untuk website Anda.

 

7. Faktor SEO-on Page.

Dalam membuat website kita juga harus memberikan sinyal ke mesin pencari melalui struktur halaman website dengan maksud agar mesin pencari dapat memahami apa isi dari halaman website tersebut.

Secara umum ini berarti mengirimkan sinyal yang benar ke mesin pencari mengenai isi dari halaman website anda. Untuk melakukan hal ini, anda bisa menanyakan beberapa hal berikut ini.

Apakah judul halaman website anda sesuai dengan apa yang dicari oleh para pengguna internet?

Judul halaman anda akan muncul pada hasil mesin pencari dan judul ini juga yang akan membantu mesin pencari untuk mengasosiasikan isi halaman anda dengan permintaan pencarian yang ditulis pada mesin pencari.

Untuk dapat mengoptimalkan judul halaman, baik untuk pengguna maupun untuk mesin pencari maka gunakanlah kata kunci pada judul halaman anda. Kata kunci (keyword) adalah kata-kata yang ditulis oleh pengguna internet pada mesin pencari.

Jika kata-kata yang ditulis oleh pengguna internet sama persis dengan judul halaman Anda, maka besar kemungkinan bahwa website anda yang akan dituju oleh pengguna internet.

Adanya heading dan subheading.

Struktur halaman yang baik haruslah mempunyai heading atau judul utama, (H1) dan diikuti oleh sub-sub heading atau sub judul lainnya (H2, H3 dan seterusnya).

Dalam judul maupun subjudul harus terdapat kata-kata atau frase yang dapat dikenali oleh pengguna, sederhanaya Anda harus meletakan kata kunci di bagian2 tersebut, cukup didua tempat saja seperti h1 dan h2.

Struktur internal link

Dalam membuat postingan atau halaman website, haruslah terdapat paling tidak satu link atau tautan ke halaman atau artikel lain yang relevan dan diletakkan pada badan tulisan. Hal ini berguna untuk:

  • Membantu baik pengguna maupun mesin pencari untuk menemukan atau menjelajahi halaman-halaman lain di website anda.
  • Membantu membuat relevansi topik.
  • Memberikan pengguna lebih banyak informasi mengenai topik yang dibahas.

Optimalisasi gambar dan multimedia.

Hal ini berarti mengoptimalkan penggunaan gambar dan file multimedia lain seperti pedcast atau video ke dalam halaman website anda.

Memang untuk konten non teks seperti ini akan sedikit lebih sulit untuk dipahami oleh mesin pencari pada saat proses crawling and indexing, namun dengan menambahkan video schema dan podcast schema atau dengan mengoptimalkan nama file untuk gambar-gambar yang ada  maka hal ini akan meningkatkan rangking website anda di mesin pencari Google.

Memasukkan kata kunci ke konten

Selain memasukkan kata kunci ke dalam kalimat judul maupun sub judul, memasukkan kata kunci ke dalam konten tulisan juga sangat penting.

Gunakanlah kata-kata kunci ke dalam isi konten yang sesuai  dan terkait karena kata-kata ini nanti akan “tertanam” sebagai dasar pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet.

Teknik ini sering disebut sebagai keyword density, namun jangan terlalu berlebihan ya, keyword yang berlebihan (stuffing) akan mendapatkan pinalty dari Google.

 

8. Pengalaman Pengguna (User Experience)

Google menggunakan algoritma yang dinamakan RankBrain yang digunakan untuk menentukan peringkat website.

Jadi selain menggunakan semua factor-faktor yang dijelaskan dalam artikel ini, Google kiga menggunakan output dari RankBrain untuk menentukan peringkat website dalam hasil pencarian.

Beberapa hal yang dianalisis oleh RankBrain adalah

  • CTR atau clickthrough rate. Jika ada hasil dari mesin pencari di rangking bawah yang lebih sering di klik oleh pengguna internet dari pada hasil yang memiliki rangking lebih baik, maka sistem akan menaikkan peringkat tersebut menjadi lebih tinggi.
  • Pogosticking adalah ketika pengguna internet mengklik website anda dari hasil pencarian kemudian dengan segera meng-klik tombol kembali, tentu saja ini menunjukkan pengguna tidak puas dengan website anda dan ini berarti pula bahwa peringkat website anda akan turun.
  • Bounce rate dan dwell time. Pada dasarnya hal ini miri dengan pogosticking yaitu ketika google menilai jika ada user yang dengan segera kembali ke hasil pencarian setelah mengunjungi website anda.

 

9. Reputasi Produk atau Merk

Reputasi dalam hal ini bukan berarti banyaknya link yang terdapat pada website lain mengenai website anda, namun ini berarti bahwa banyak orang membicarakan produk atau merk anda di berbagai platform secara online, baik itu dalam forum, media sosial dan lain sebagainya.

Jadi anda harus melakukan promosi baik melalui media sosial maupun forum-forum karena semakin banyak orang menyebutkan merk anda, maka ini akan mengirimkan sinyal yang kuat ke mesin pencari dan itu akan menaikkan peringkat website anda.

 

10. Tautan dari website-website Terkemuka

Pada masa lalu peringkat website di Google hanya di nilai dari seberapa banyak tautan yang berada dari website lain menuju ke website anda.

Semakin banyak tautan, maka akan semakin tinggi peringkatnya. Akibatnya kualitas pencarian Google menurun dan hal ini memaksa Google untuk mengubah algoritma pemeringkatan berdasarkan tautan ini.

Jika sebelumnya berdasarkan kepada banyaknya jumlah tautan, kini menjadi dari manakah tautan itu berasal.

Jika berasal dari laman-laman yang terkemuka maka akan meningkatkan peringkat website anda. Tautan yang berasal dari website-website berikut ini akan meningkatkan peringkat website anda.

  • Google trusted website atau website yang dipercaya oleh Google
  • Website yang memenuhi kriteria EAT (Expertise, Authority, Trustworthiness).
  • Dari website-website yang berhubungan dengan website Anda.
  • Tautan yang tidak mempunya atribut “nofollow”.
  • Link yang terdapat dari badan atau isi halaman web.
  • Link yang secara alami ditempatkan oleh webmaster dan bukan hasil dari pertukaran atau pembelian link.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa mesin pencari seperti Google akan senantiasa melakukan perubahan dalam menganalisis website dan menempatkannya dalam urutan-urutan tertentu.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Ubersuggest

Namun meskipun perubahan terus berlangsung, ada beberapa hal mendasar yang bersifat tetap, diantaranya adalah:

  • Muatlah konten-konten menarik yang semata-mata bertujuan untuk memuaskan pengguna.
  • Buat website anda mudah diakses oleh mesin pencari.
  • Bangun website yang fast loading dan aman.
  • Dapatkan link dari website-wenbsite terkemuka lain untuk membuktikan EAT (Expertise, Authority, Trustworthiness) di website Anda.

Jika anda mampu mengikuti beberapa faktor yang mempengaruhi ranking google ini, maka website anda akan mendapatkan peringkat yang baik di Google, namun jika anda mencoba untuk mencurangi penilaian mesin pencari, mungkin awalnya anda akan sukses, namun pada akhirnya trik anda akan ketahuan dan anda akan mendapatkan penalty dari Google.

Google adalah perusahaan raksasa, dan jangan pernah berfikir bahwa Anda bisa mengelabui Google tanpa pengetahuan. Cara terbaik untuk membangun SEO yang efektif adalah dengan mematuhi apa yang dilarang oleh Google. Seperti tips SEO yang kami hadirkan ini, Simple bukan?

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Gratis Konsultasi Konten :)