Sejak Instagram Bisnis diperkenalkan oleh developer, sejumlah pengguna memutuskan beralih dari akun personal menjadi bisnis. Terutama mereka yang memanfaatkan sosial media tersebut sebagai platform bisnis entah untuk mempromosikan produk atau jasa.

Daripada akun personal, fitur Instagram Bisnis memang lebih berbobot dan lengkap. Mempermudah pebisnis pemula atau pro untuk beriklan di Instagram. Menariknya lagi, profil bisnis bisa digunakan secara gratis.

Oh ya, sebelum membahas lebih jauh soal fitur instagram bisnis dan juga fungsinya, kami ingin sedikit memberitahu kalian bahwa jawarakonten juga menyediakan jasa bikin caption, yang bisa kamu lihat disini https://jawarakonten.com/jasa-caption/

Fitur Instagram Bisnis dan Fungsinya

Menggunakan Instagram Bisnis tanpa memahami fiturnya bukanlah tindakan bijaksana. Bagaimana kamu bisa meningkatkan profit bisnis jika kamu tidak memahami apa itu Insight atau Instagram Shopping? Simak penjelasan lengkap fitur-fiturnya di bawah ini:

1. Tombol Kontak

Fitur utama yang diperkenalkan pada Instagram Bisnis adalah tombol kontak. Sama seperti informasi ‘tentang kami’ pada official website yang berisi alamat kantor operasional berikut nomor telepon. Tombol Kontak ini memungkinkan kamu menambahkan nomor telepon bisnis, direksi bahkan email perusahaan pada akun Instagram.

Baca Juga: Ide Konten Instagram Bisnis yang Bagus

Otomatis, mereka yang mengunjungi akun Instagram Bisnis milikmu dapat melihat informasi tersebut dan memanfaatkannya saat butuh. Kamu tidak perlu lagi membalas komentar pelanggan yang menanyakan nomor telepon atau alamat email bisnis. Atau posting konten dengan menambahkan info kontak di bawahnya.

Fitur Instagram Bisnis ini sangat bermanfaat bukan? setelah beralih pada profil bisnis segera aktifkan tombol kontaknya. Keberadaan informasi kontak juga menjadi pembeda utama antara Instagram personal dengan bisnis. Followers akan langsung menyadari jika akun Instagram kamu sudah beralih menjadi akun bisnis.

2. Akses Insight

Dari sekian banyak followers Instagram milikmu, setidaknya terdapat target marketing potensial bukan? Masalahnya, kamu tidak memiliki data-data mereka. Repot juga jika harus membuka satu per satu Instagram pengikutmu untuk melakukan riset target marketing.

Baca Juga: Inilah Tools Instagram Terbaik dan Terpopuler

Melalui Insight kamu bisa menganalisis bahkan menerima pemetaan data actual perihal karakteristik dan sifat pengikut. Tidak sebatas itu saja, fitur Instagram Bisnis ini juga membantumu untuk mengkonsep konten Instagram yang disukai dan dibutuhkan oleh konsumen potensial.

Artinya, kamu tidak perlu khawatir mendapatkan feedback negatif dari followers. Konsep menarik lainnya yang ditawarkan Insight adalah jadwal posting konten Instagram. Kamu bisa menjadwalkan untuk posting konten A atau B di hari terbaik berdasarkan analisis Insight.

Lebih lanjut lagi fitur ini juga memungkinkan kamu untuk melihat jumlah kunjungan profile, frekuensi ketukan email, bahkan jumlah klik tautan official website yang sengaja kamu publish pada profile Instagram. Kehadiran Insight benar-benar memudahkan pebisnis untuk mengkalkulasikan atau merencanakan strategi marketing.

Dengan keberadaan Insight, kamu tidak perlu lagi mempekerjakan ahli marketing karena semua data yang kamu butuhkan sudah dikelola oleh komputer. Data yang diberikan juga lengkap dan yang paling penting gratis.

3. Instagram Shopping

Fitur Instagram Bisnis yang belakangan ini sedang hangat diperbincangkan adalah Instagram Shopping. Fitur yang memungkinkan pengguna untuk belanja produk secara instan via Instagram. Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah, Kamu hanya perlu buka menu pengaturan di akun Instagram Bisnis dan pilih belanja.

Dengan adanya Instagram Shopping, kamu bisa mengelola tanda produk dengan lebih baik berikut memberikan stiker produk di story Instagram. Pelangganmu juga bisa menemukan produk atau brandmu dengan lebih cepat. Jika sebelumnya kamu belum mengaktifkan fitur ini segera aktifkan sekarang juga. Kemudian kelola Instagram Shopping sedemikian rupa agar terlihat atraktif di mata konsumen.

4. Kemampuan Membuat Promosi  Berbayar

Alasan utamamu beralih dari profil personal ke bisnis tidak lain untuk promosi produk atau jasa. Manfaatkan fitur Instagram Bisnis ini sebaik mungkin kemudian perhatikan dengan baik perubahannya. Bagaimana cara promosi by Instagram?

Kamu cukup pilih konten yang menarik lantas pilih target marketing pontensialnya kemudian promosikan konten tersebut. Cara ini tentu jauh lebih efisien daripada menampilkan konten promosi di setiap postingan Instagram bukan? Setidaknya, konten Instagram yang kamu bagikan tidak salah alamat melainkan benar-benar tertuju pada calon pembeli.

Tidak cukup sampai di situ saja. Fitur promosi yang ditawarkan Instagram Bisnis juga memungkinkan kamu untuk terhubung dengan akun Facebook Ads. Alhasil, konten promosi yang kamu sebarkan di Facebook akan tampil secara otomatis di akun Instagram Bisnis.  

5. Sinkronisasi Fanpage Facebook

Selain teroptimasi dengan Facebook Ads, Instagram Bisnis juga memungkinkan kamu untuk tersinkron dengan mudah dan efisien dengan Fanpage Facebook. Fitur ini jadi modal yang baik jika sejak awal kamu tidak hanya beriklan di Instagram saja tapi turut memanfaatkan Facebook.

Baca Juga: Panduan dan Cara Optimasi Instagram

Karena telah terhubung, otomatis kamu bisa mengelola dua akun secara bersamaan. Tidak perlu lagi posting iklan di Fanpage Facebook lantas posting sekali lagi di Instagram Bisnis. Fitur Instagram Bisnis ini akan melakukannya untukmu.

Itulah beberapa fitur menarik yang bisa kamu temukan jika beralih akun dari personal menjadi bisnis. Jika tujuanmu menggunakan Instagram memang untuk berbisnis mengapa harus ragu. Segera aktifkan Instagram Bisnis berikut fitur-fitur menarik yang tersedia di sana.

Dapatkan pengalaman bisnis yang lebih baik, terarah dan profesional melalui akun bisnis. Kapan lagi menggunakan profil bisnis secara gratis di sosial media populer?

There are currently no comments.