Format Penulisan Artikel Ilmiah dan Blog Yang Baik dan Benar

format penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar

Format Penulisan Artikel Ilmiah dan Blog Yang Baik dan Benar

Hampir sebaian besar penulis artikel pemula masih bingung dengan format penulisan artikel yang baik dan benar baik untuk website ataupun karya ilmiah. Dalam kesempatan kali ini Jawarakonten ingin memberikan sedikit informasi mengenai cara membuat format penulisan artikel yang benar, baik untuk website atupun karya ilmiah.

Untuk Anda yang selama ini masih bingung menyusun format artikel, disini jawarakonten sebagai jasa penulis artikel ingin menjawab kebingungan kamu tersebut. Beberapa tips yang kami hadrikan dibawah ini mungkin akan memberikan ide untuk konten kreatif Anda.

 

Kenapa Harus Menggunakan Format?

Jika kamu menulis artikel dalam sebuah website atau blog pribadi, kamu bisa menulis dengan sesuka hati, tanpa harus memperhatikan format, dengan catatan pembaca kamu menyukainya dan semua materi yang kamu jelaskan dapat dipahami.

Namun tetap saja, dengan menggunakan format, kamu akan jaug lebih mudah dalam membuat dan menyampaikan isi artikel.

Jadi apakah kamu harus menggunakan format?

Kamu bisa menjawabnya sendiri dengan menggunakan beberapa hal diatas yaitu apakah itu bisa mempermudah kamu dalam menyusun artikel dan apakah pembaca kamu dapat memahaminya.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel Opini dan Contohnya

Itu untuk artikel website, lalu bagaimana dengan artikel ilmiah?

Untuk jenis artikel ilmiah, kamu harus menggunakan format artikel yang baik dan benar, karena tujuan dari artikel ilmiah sendiri ditujukan untuk umum, dengan menggunakan format penulisan baku, maka artikel ilmiah kamu akan jauh lebih mudah dipahami.

 

Format Penulisan Artikel Ilmiah

Untuk penulisan artikel ilmiah sendiri sudah ada sistematika atau format baku yang harus ada. Dan kamu sebagai penulis harus menggunakan hal tersebut. Berikut format umum yang harus ada dalam artikel ilmiah:

  • Judul: Penjelasan singkat yang padat dan jelas yang mampu menggambarkan artikel yang kamu buat.
  • Penulis:Setiap artikel ilmiah harus dibuat dengan sebenar-benarnya, artikel ini harus bisa dipertanggung jawabkan, maka dari itu, kamu harus menyantumkan identitas penulis setelah judul.
  • Abstrak: Abstrak adalah ringkasan singkat yang menggambarkan isi tulisan anda. Buat hal ini pada bagian identitas penulis dari artikel ilmiah anda.
  • Keyword: keyword merupakan kata kunci yang mungkin akan digunakan oleh orang untuk mencari artikel ilmiah kamu. Cantumkan hal ini pada artikel ilmiahmu.
  •  Pendahuluan: berisikan ringkasan singkat yang menjadi latar belakang dari artikel yang kamu buat.
  • Metode: kamu juga harus menyertakan metode atau teknik yang kamu gunakan dalam mengambil simpulan.
  • Hasil: uraikan dengan jelas hasil dari penelitian yang kamu lakukan dengan harapan orang lain bisa menggunakannya.
  • Pembahasan: Bahas semua hal yang kamu lakukan dalam penelitian tersebut.
  • Simpulan: dan ini adalah inti dari artikel ilmiah kamu, sampaikan simpulan dari penelitian yang kami lakukan.
  • Ucapan Terimakasih: artikel yang kamu buat mungkin saja didalamnya juga ada jasa dari pihak lain seperti teman dekat dan pembimbing. Sampaikan ucapan terimakasih pada mereka.
  • Daftar Pustaka: berisi mengenai semua sumber dari data yang kamu gunakan.

 

Format Penulisan Artikel yang Benar untuk Blog

Seperti yang sudah kami sampaiakan bahwa pada dasarnya artikel blog tidak ada standart baku, format hanya berfungsi sebagai alat untuk mempermudah anda membuat artikel dan memudahkan pembaca memahami isi dari artikel anda. Jika dua hal ini masih bisa didapatkan tanpa menggunakan format, kamu bisa mengabaikannya.

Kamu juga bisa menggunakan format agar artikel blog kamu lebih indah, namun pada dasarnya artikel blog dan website memiliki format sebagai berikut.

1. Judul

Ini adalah format yang sudah pasti tidak pernah terlewatkan. Jangan lupakan kaidah EYD dalam penulisan judul, Kamu harus menyertakannya seperti menggunakan huruf Capital dst.

2. Pembukaan

Masuk pada format penulisan artikel yang kedua yaitu pembukaan. Ini adalah bagian yang cukup penting, karena pembaca Anda bisa kabur dan meninggalkan webiste jika Anda tidak bisa membuka dengan baik.

Jika Anda bingung untuk membuat pembukaan, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kenapa topik yang Anda angkat ini penting, atau pertanyaan lain terkait pembasan Anda.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO Friendly by Jawarakonten

Tidak perlu panjang-panjang, cukup satu atau dua paragraph saja dengan pembukaan yan tidak bertele-tele namun menarik.

3. Fokus Pembahasan

Sampaikan ide yang ingin Anda bagikan pada bagian ini. tulis dengan jelas dan detail, namun dengan bahasa yang mudah dipahami.

Penutup

Dan terkahir, ringkas seluruh pembasan yang sudah Anda sampaikan pada fokus pembasan secara garis besar. Beberapa penulis seliring kesulitan untuk membuat penutupan yang baik, jika Anda adalah salah satu yang mengalaminya, Anda bisa mulai untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang ada di pembukaan, atau berupa simpulan.

Itulah contoh format artikel yang baik dan benar untuk blog dan webiste Anda. memang tidak ada aturan baku dalam penulisan artikel, namun akan jauh lebih baik jika Anda sudah memiliki kerangka yang baik dari setiap konten yang diproduksi.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan