Format Penulisan Artikel Yang Baik Untuk Website dan Blog

format penulisan artikel web dan blog

Format Penulisan Artikel Yang Baik Untuk Website dan Blog

Hampir sebaian besar penulis artikel pemula masih bingung dengan format penulisan artikel yang baik dan benar untuk sebuah webiste dan blog. Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai format penulisan artikel untuk blog dan website, namun tetap saja konten akan jauh lebih baik jika memang kita menggunakan format dari awal.

Untuk Anda yang selama ini masih bingung menyusun format artikel untuk blog, disini jawarakonten sebagai jasa penulis artikel online ingin menjawab kebingungan Anda tersebut. Beberapa tips yang kami hadrikan dibawah ini mungkin akan memberikan ide untuk konten kreatif Anda.

Bagian Umum Dalam Sebuah Artikel

Sebenarnya pada dasarnya format penulisan artikel untuk blog dan jurnal itu tidak jauh berbeda, kita diminta untuk menerangkan dengan jelas sehingga pembaca dapat memahaminya. Berikut garis besar konten pada sebuah webiste dan blog.

  • Judul
  • Pembuka
  • Isi
  • Penutup

Yang Tidak Perlu dilakukan

  • Menghadirkan alenia

Ada beberapa webiste yang menggunakan format alenia pada awal paragraph, namun hampir sebgian tidak menerapkan ini. tapi tidak ada salahnya juga jika Anda ingin menggunakan format ini pada konten blog dan webiste Anda.

 

Yang Harus Diperhatikan

Untuk bagian yang ini sama saja seperti masalah teknis penulisan, Anda harus memperhatikan kapan saatnya menggunakan huruf capital, kapan menggunakan italic, atau bold. Beberapa penulis artikel ada yang tidak memperhatikan ini, padahal masalah teknis seperti ini cukup penting.

Baca Juga : Seperti inilah Artikel Yang Bagus Untuk Sebuah Website

Apalagi jika Anda adalah penyedia jasa penulis artikel, jika dalam sebuah sample Anda tidak memperhatikan hal ini, client pasti akan langsung tahu bahwa Anda bukan pihak profesional yang sedang dicari.

 

Tips Membuat Format Penulisan Artikel Yang Baik Untuk Website

Untuk Anda yang masih bingung dengan cara membuat konten menarik untuk webiste, berikut kami hadirkan contoh format artikel yang benar.

  • Judul

Ini adalah format yang sudah pasti tidak pernah terlewatkan. Jangan lupakan kaidah EYD dalam penulisan artikel, Anda harus menyertakannya seperti menggunakan huruf Capital dst.

  • Pembukaan

Masuk pada format penulisan artikel yang kedua yaitu pembukaan. Ini adalah bagian yang cukup penting, karena pembaca Anda bisa kabur dan meninggalkan webiste jika Anda tidak bisa membuka dengan baik.

Jika Anda bingung untuk membuat pembukaan, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kenapa topik yang Anda angkat ini penting, atau pertanyaan lain terkait pembasan Anda.

Baca Juga : Tips Menulis Artikel SEO Friendly by Jawarakonten

Tidak perlu panjang-panjang, cukup satu atau dua paragraph saja dengan pembukaan yan tidak bertele-tele namun menarik.

  • Fokus Pembahasan

Sampaikan ide yang ingin Anda bagikan pada bagian ini. tulis dengan jelas dan detail, namun dengan bahasa yang mudah dipahami.

  • Penutup

Dan terkahir, ringkas seluruh pembasan yang sudah Anda sampaikan pada fokus pembasan secara garis besar. Beberapa penulis seliring kesulitan untuk membuat penutupan yang baik, jika Anda adalah salah satu yang mengalaminya, Anda bisa mulai untuk memberikan jawaban dari pertanyaan yang ada di pembukaan

Itulah contoh format artikel yang baik dan benar untuk blog dan webiste Anda. memang tidak ada aturan baku dalam penulisan artikel, namun akan jauh lebih baik jika Anda sudah memiliki kerangka yang baik dari setiap konten yang diproduksi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat WhatsApp