Jasa Penulis Artikel

Kamu pasti tahu, setiap informasi yang ada di internet itu jelas-jelas bukan google sendiri yang menulisnya. Google, facebook, twitter, instagram, youtube, dan platform internet lainnya hanya mengumpulkan dan mengatur algoritma dalam mempublikasikan informasi yang anda cari di sana. Orang-orang yang bertanggungjawab membuat semua informasi itu adalah content creator.

Kalau begitu, banyak banget dong jumlah content creator? Sampai-sampai informasi apapun ada di internet. Terus gaji content creator berapa sih? Pendapatan mereka dari mana aja sih? Kok pada mau ya jadi content creator?

Pastikan kamu baca sampai selesai artikel ini, karena kita akan ulas pertanyaan itu khusus untuk anda.

Disclaimer : Content creator bukan pekerjaan orang lemah!

“Jadi content creator enak ya, kerjanya bisa part time dan bisa kerja dari rumah, kita bisa kerja suka-suka kita terus dapat duit”. Kalau hal ini menjadi motivasi kamu untuk mulai menjadi content creator, tolong ya dibuang ke tempat sampah segera. Karena jelas, content creator bukan kerjaan seremeh itu. Penghasilan content creator besar tidak didapat dengan semudah itu.

Begini lho, internet itu sepenuhnya bisnis, nama lengkapnya bisnis digital. Bisnis ini dimainkan oleh banyak pemain yang bernama platform. Mereka memiliki dan memainkan kebijakan algoritma dan Cookies nya masing-masing untuk mengatur konten yang pantas dan tak pantas ditampilkan kepada pengguna.

Menjadi content creator yang bergaji puluhan bahkan ratusan juta dari tiap konten yang diproduksi itu sama sekali tidak gampang karena kita harus membuat content yang kreatif dan laku dipasar.

Untuk membuat konten kita “laku di pasaran” tentu tidak mudah dan butuh banyak pengorbanan. Terutama skill, waktu, kuota internet dan kreativitas yang bermanfaat. Demi menyesuaikan dengan algortima, content creator harus terus kreatif, rajin dan konsisten produksi, serta unggah konten setiap hari.

Berapa sih memang bayarannya gaji content creator dengan beban deadline algoritma yang sebenarnya berat itu? Kita lanjut bahas.

Besaran dan Sumber Gaji Content Creator

Kita perlu pertegas satu hal, gaji content creator itu relatif. Semuanya bergantung dari banyak hal, apa sajakah itu? Kita bahas lebih dalam.

Pertama, gaji content creator yang bersumber dari algoritma. Platform seperti google, facebook, youtube, dan instagram memiliki algoritma khusus yang bekerja untuk menampilkan konten yang dianggap pantas dan laku.

Semakin laku sebuah konten yang dilihat oleh pengguna platform tersebut, semakin besar penghasilan iklan yang didapat sang content creator. Berapa besaran pastinya, setiap platform punya hitungan yang berbeda. Namun yang pasti pendapatan content creator itu dollaran kok. Mulai dari 1 USD hingga puluhan USD per iklan, per pemirsa. Silahkan kalikan sendiri dengan kalau ada jutaan orang yang menyaksikan iklan di konten tersebut.

Kedua, gaji content creator bila “bekerja” dengan perusahaan atau agensi di internet. Bisnis digital membuat sangat banyak perusahaan ikut “masuk ke air” dan memainkan usahanya di internet. Di sana juga ada peluang bagi content creator untuk berkarya dan mencari rezeki.

Mulai dari mengelola website, kontributor konten media sosial, penulis artikel SEO, dan lainnya. Biasanya pendapatan dari metode kedua ini tak lebih besar, namun lebih pasti dibanding berlayar menjadi content creator yang berkarya dengan platform iklan. Besarannya bergantung dari jenis konten yang dibuat, bahasa apa yang digunakan dll.

Normalnya, satu artikel berjumlah 500 kata dengan standar SEO dibayar 2.000 – 5.000 Rupiah per 100 kata yang dibuat. Konten desain biasanya dibayar lebih mahal, mulai dari 50.000 sampai jutaan rupiah per desain Silahkan kalikan dengan berapa artikel atau desain yang bisa dibuat setiap harinya.

Ketiga, gaji conten creator yang bersumber dari endorse atau penjualan produk tertentu. Conten creator dengan subscriber yang tinggi memiliki dampak yang besar di platformnya. Mereka memiliki semakin banyak orang yang setia menyaksikan konten mereka. Biasanya mereka sekalian memasarkan produk mereka sendiri, seperti buku, kaos, jaket, dll untuk bisa dibeli penggemarnya.

Bisa juga dengan mengiklankan atau endorse produk tertentu dari pihak lain. Biasanya content creator akan pakai atau ulas produk tersebut di kontennya, tentunya berbayar. Dan harganyapun variatif. Bergantung dari jumlah subscriber dan kebijakan pribadi dari content creator tersebut. Bisa dari Ratusan Ribu Rupiah – Puluhan Juta Rupiah per sekali endorse lho.

Nah, bagaimana makin tertarik menjadi content creator? Menjanjikan bukan penghasilan content creator. Tapi ingat selalu, tak ada pekerjaan yang mudah, termasuk menjadi content creator. Selamat bekerja dan selamat berpetualang dalam dunia bisnis digital. Jika kamu mau berniat mendapatkan penghasilan dari website, jawarakonten juga menyediakan jasa pembuatan konten. Lihat layanan kami di https://jawarakonten.com/

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti Gaji Social Media Spesialist atau konten lainnya di kategori JOBSeeker

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post