7 Halaman Wajib untuk Website Perusahaan

Halaman yang Harus ada dalam Website Perusahaan

7 Halaman Wajib untuk Website Perusahaan

Di era digital saat ini, keberadaan website dianggap penting, sebagai sarana mendeskripsikan sebuah perusahaan. Website perusahaan umumnya berisikan informasi terkait perusahaan tersebut, mulai dari profil perusahaan hingga pencapaian perusahaan saat ini.

Masing – masing website perusahaan yang dibuat tentunya memiliki tujuan yang berbeda, misalnya untuk membangun kredibilitas perusahaan di dunia maya. Namun ada juga perusahaan yang memilki tujuan untuk menampilkan prestasi yang dicapai oleh perusahaan selama ini.

 

Fungsi Halaman Website Perusahaan

Fungsi dari halaman pada sebuah website adalah untuk memudahkan pengunjung mengetahui mengenai website yang mereka kunjungi, termasuk website perusahaan.

Beberapa website perusahaan saat ini menyajikan fitur yang dapat menyaring informasi. Jika diperhatikan secara saksama, fitur bantuan pelanggan tidak akan ditemukan bagi produk yang dijual secara lokal.

Hal ini berarti perusahaan tersebut hanya menyajikan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan dan transaksi dilakukan secara offline atau tatap muka.

Website yang ideal berisi halaman-halaman yang memang diperlukan bagi kepentingan perusahaan. Oleh karena itu dalam awal pembuatan web akan cukup sulit, karena pemilihan halaman yang tepat guna merupakan tantangan tersendiri.

 

Jenis Website Perusahaan

Ada beberapa jenis website perusahaan, yang umumnya dibagi berdasarkan siapa konsumen dari perusahaan tersebut.

Dan sebaiknya Anda mengetahui mengenai website apa yang akan Anda buat. Hal ini dikarenakan setiap website kebutuhan halaman yang berbeda-beda. Yang pada intinya, halaman yang dihadirkan harus bisa memudahkan pelanggan untuk memahami layanan Anda.

Contohnya:

  • Situs bisnis lokal

Website bisnis lokal biasanya wajib mencantumkan halaman kontak perusahaan agar mudah dihubungi. Kemudian cantumkan pula berbagai informasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan. Serta hal yang terpenting adalah halaman tentang kami (about us), yang menjelaskan visi dan misi perusahaan.

Baca Juga : Cara dan Contoh Membuat Company Profile

 

  •  Website Agensi

Pada jenis website ini beberapa halaman yang harus ada ialah halaman harga, informasi terkait anggota tim agensi Anda, halaman kontak atau alamat yang bisa dihubungi, kemudian portofolio yang digunakan sebagai bahan pertimbangan client untuk menggunakan jasa agensi Anda.

 

  • Website layanan online

Pada setiap situs bisnis pelayanan secara online, halaman yang harus ada seperti halaman harga, bantuan bagi pelanggan, serta contoh produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan. Anda bisa melihat website kami yang fokus pada jasa penulisan artikel, kami menghadirkan beberapa halaman pada halaman awal.

Kemudian jangan lupa juga untuk memasang halaman syarat dan ketentuan pengguna serta halaman kontak agar mudah dihubungi calon pelanggan.

Setiap bisnis tentu memilki ciri khas atau keunikan tersendiri, demikian juga dengan website bisnis yang harus dibangun dengan ciri khas. Sebelum membuat website bisnis, Anda wajib mengetahui dan mengenal secara menyeluruh bisnis yang akan dijalankan.

Pada akhirnya website yang Anda buat memilki tujuan yang jelas serta struktur yang tepat. Sedikitnya ada tujuh halaman yang harus ada dalam website bisnis.

 

7 Halaman Website Perusahaan yang Wajib Ada

Pada bagian ini, akan dibahas mengenai halaman-halaman apa saja yang memang harus ada dalam sebuh website bisnis. Penjelasan berikut ini akan menyajikan contoh serta penjelasan yang harus ada, kemudian kapan masing-masing halaman tersebut bisa dipergunakan.

Halaman tersebut bisa Anda kombinasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

 

1. Contact Us (Hubungi Kami)

Halaman ini tidak begitu sulit untuk dibuat, karena hanya membutuhkan data kontak perusahaan Anda saja. Biasanya halaman ini memuat fitur bawaan seperti formulir kontak yang dapat memudahkan pengunjung website agar bisa menhubungi perusahaan.

Formulir kontak ini merupakan fitur optional saja, Anda bisa memasangnya atau tidak hal tersebut tergantung pada selera dan kebutuhan. Akan tetapi, agar website Anda terlihat semakin profesional dan kredibel ada komponen yang harus dimasukkan.

Misalnya di dalam Contact Us harus ada nomor telepon serta alamat email yang dapat dihubungi.

Contact Us merupakan halaman yang dikhususkan menaruh fitur maps jika Anda memilki toko fisik, walaupun tujuan pembuatan website ini mengarah pada toko online. Maps yang ditambahkan pada contact us akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai lokasi toko Anda.

Gunakan layanan Google Maps untuk embed maps pada website Anda dengan menentukan lokasi toko.

Fungsi utama dari halaman contact us, membuat pengunjung untuk menghubungi Anda. Tetapi hal ini juga bergantung pada bagaimana produk dan layanan yang Anda tawarkan. Jika mereka tertarik maka mereka akan langsung menuju halaman ini, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

2. About Us (Tentang Kami)

Setiap pembeli pasti membutuhkan informasi yang jelas, begitu juga pengunjung situs Anda. Halaman About Us merupakan halaman khusus yang berisi latar belakang perusahaan Anda beserta visi dan misi yang akan dicapai.

Halaman ini sendiri bertujuan agar pengunjung dan perusahaan Anda bisa saling mengenal, sehingga mereka memilki kepercayaan terhadap apa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Halaman ini juga sebaiknya berisikan anggota dan staff yang terlibat dalam pembuatan bisnis ini. Bisnis Anda juga akan berpeluang untuk semakin dikenal karena informasi yang tersedia di sini. Foto yang Anda tampilkan dalam halaman ini, bisa meningkatkan konversi website bisnis Anda.

Dengan adanya foto yang tercantum di halaman About Us, maka tingkat kepercayaan akan semakin meningkat. Dengan kata lain website Anda dianggap otentik serta peluang pengunjung menjadi konsumen akan semakin besar.

 

3. Frequently Asked Questions (FAQ)

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memasang halaman FAQ sangat banyak. Misalnya jika perusahaan bisnis bergerak pada bidang hosting maka pertanyaan yang akan muncul tentunya seputar masalah-masalah teknis saja.

Jika skala binis Anda kecil, maka halaman FAQ sudah cukup membantu pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Contoh penerapan FAQ ketika Anda menjual jasa desain grafis untuk sosial media, maka pertanyaan yang akan muncul tentang tools yang digunakan, lama pembuatan desain, serta penjelasan mengenai desain yang mereka inginkan.

Ini akan membuat custumer service anda lebih ringan dalam bekerja.

Contohnya seperti:

  • Berapa lama desain untuk Instagram yang menjual tas bisa dibuat?
  • Berapa jumlah yang bisa di desain dalam satu hari?
  • Apakah bisa revisi desain agar sesuai keinginan client?

Masih ada banyak jenis pertanyaan tersebut, namun Anda tidak harus menjawab semuanya baik melalui email atau pun kontak. Pertanyaan atau kritik dan saran dari pengunjung harus dijadikan bahan untuk pengembangan produk.

Bisa jadi Anda bisa mendapatkan nilai tambah baru dari berbagai pertanyaan-pertanyaan yang muncul tersebut.

Ketika menjawab pertanyaan FAQ, Anda tidak perlu terburu-buru. Pastikan jawaban yang Anda berikan berisi informasi yang ringkas dan mudah dimengerti. Tidak perlu bertele-tele sambil menjelaskan secara panjang lebar, cukup berikan mereka informasi yang dibutuhkan saja.

 

4. Pricing (Harga)

Pada dasarnya bisnis barang maupun jasa, hal yang paling sering ditanyakan adalah harga. Beberapa produk dengan fixed prices atau harga yang tidak dapat ditawar biasanya lebih mudah dalam memasang harga di halaman ini.

Selain itu ada pula tambahan informasi mengenai promosi atau penawaran harga yang menarik tapi tidak merubah struktur website yang telah dibuat sejak awal.

Menggunakan daftar harga merupakan cara untuk menyesuaikan harga tetap dengan promo yang ingin Anda berikan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari daftar harga:

  • Pengunjung bisa membandingkan produk satu dengan yang lainnya.
  • Anda bisa menulis keunggulan setiap produk secara ringkas
  • Anda bisa menyarankan pilihan terbaik kepada pengunjung.

 

5. Support (Bantuan)

Kita tidak dapat memungkiri bahwa setiap produk yang kita jual pasti memiliki permasalahan tertentu setelah sampai di tangan konsumen. Oleh sebab itu, demi pelayanan yang maksimal website Anda harus memiliki halaman bantuan.

Pasanglah alamat email atau nomor telepon untuk pusat bantuan yang fast respon, sehingga permasalahan konsumen bisa diselesaikan dengan cepat.

Bantuan bagi konsumen bisa dalam bentuk formulir kontak, pesang langsung, atau lewat forum komunitas di mana Anda dengan konsumen bisa berdiskusi secara langsung. Berikut ini adalah keunggulan dari masing-masing fitur tersebut:

  • Formulir Kontak

Keuntungan dari fitur ini adalah pertanyaan yang disampaikan melalui email tidak harus semuanya Anda jawab atau menjawab dalam waktu yang cepat. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa membalas email setelah memikirkan jawaban yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.

  • Live Chat

Anda harus siap dengan tuntutan pelanggan yang ingin keluhannya dijawab dengan cepat. Tim juga harus siap sepanjang hari untuk memenuhi permintaan atau menjawab keluhan tersebut.

  • Forum Komunitas

Keunggulan dari fitur ini adalah diskusi Anda dengan pelanggan bisa dilihat oleh pengunjung lain. Pertanyaan dari klien dan jawaban yang Anda berikan bisa juga menjadi pertimbangan penilaian mereka terhadap produk yang dijual. Oleh sebab itu, sikap ramah dan sopan menjadi kunci ketika berdiskusi melalui forum komunitas ini.

 

6. Kebijakan Privasi

Jika website bisnis yang Anda buat memerlukan klien untuk memasukkan berbagai data informasi pribadi yang cukup sensitif, maka kebijakan privas wajib ada di halaman website. Misalnya, cookies dalam website biasanya mengumpulkan data dari user juga.

Begitupun dengan fitur sign up dimana mereka harus mengisi beberapa data agar terdaftar menjadi member Anda.

Dengan adanya kebijakan privasi, Anda dan klien bisa mengetahui jenis data apa saja yang akan disimpan serta mengapa Anda meminta mereka untuk memberi data tersebut. Halaman ini menjadi bukti tanggung jawab Anda terhadap keamanan serta privasi pelanggan.

Membuat halaman kebijakan privasi bisa dengan menggunakan tools yang tersedia di website. Jadi tidak perlu untuk menyewa jasa konsultan hukum. Hanya saja ketika membuat halaman ini Anda harus mengacu pada persyaratan yang tersedia di dalam GDPR.

Pastikan juga isi dalam halaman kebijakan privasi ini sesuai dengan ketetapan hukum yang berlaku, serta kepentingan hukum yang terkait dengan bisnis Anda.

 

7. Term Of Service (Ketentuan Pengguna)

Karena sebuah website bisni berhubungan dengan pelanggan (proses pembelian, pengiriman, dan pendaftaran member) maka anda harus memberi informasi yang lengkap mengenai ketentuan pengguna.

Hal ini dilakukan agar calon pengguna bisa mengetahui informasi secara jelas. Anda bisa memasang halaman Term of Service.  Halaman ini akan berisi informasi mengenai:

  • Siapa saja yang bisa menggunakan layanan website Anda?
  • Pada kondisi bagaiaman layanan Anda tidak bisa ditawarkan?
  • Persyaratan hukum yang terkait dengan bisnis Anda.
  • Apa yang akan diterima pengguna jika membeli atau menggunakan produk Anda?

Oleh karena itu Term of Service merupakan deskripsi tentang website Anda dari segi hukum. Disarankan saat membuat halaman ini Anda menyewa jasa konsultan hukum seperti pengacara. Pastikan bahwa Anda memasukkan informasi yang benar dan tidak ada kesalahan sedikitpun. Karena jika ada informasi yang tidak tepat, Anda yang akan dimintai pertanggungjawaban secara hukum.

 

Kesimpulan

Pembuatan website bisnis memang terlihat cukup rumit, tetapi dengan adanya tujuh halaman website perusahaan tersebut pelayanan Anda kepada pelanggan akan lebih maksimal. Hal ini bisa terlihat dari pelayanan yang diberikan seputar pertanyaan maupun keluhan terhadap produk.

Baca Juga: Cara Membuat Proposal Pengajuan Kerjasama

Perusahaan Anda pun akan terlihat lebih kredibel dan otentik karena memilki struktur yang jelas serta tersedia bantuan hukum lewat term of service. Jika anda memiliki website perusahan dan kesulitan untuk mengelolanya, anda bisa menggunakan layanan jasa kelola website dari Jawarakonten

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan