Jasa Penulis Artikel

Mengelola Instagram Bisnis tidak bisa disamakan dengan akun Instagram personal. Bila sebelumnya kamu terbiasa posting foto atau video keseharianmu maka di Instagram Bisnis kebiasaan tersebut harus dihilangkan, kamu harus melakukan perencanaan terhadap ide konten instagram yang akan kamu gunakan.

Sama seperti website bisnis, profil Instagram Bisnis juga diperuntungkan untuk promosi produk atau menawarkan jasa. Kamu tidak bisa mencampuradukan kegiatan personal dengan bisnis karena terkesan kurang profesional.

Jika kamu ingin yang lebih simple, kamu bisa menggunakan jasa bikin caption dari jawarakonten. Namun jika ingin yang free, kamu bisa menyimak beberapa ide berikut ini.

Macam-Macam Ide Konten Instagram Bisnis Terbaik

Tidak perlu kesal jika kamu stuck dan kehabisan ide. Banyak sekali contoh konten Instagram Bisnis yang bisa kamu contek. Pilih salah satu contoh konten terbaik berikut ini:

1. Tutorial

Membuat konten Instagram Bisnis pada dasarnya mudah jika kamu memahami dengan baik apa produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya kamu menawarkan produk kosmetik. Daripada posting gambar atau video produk yang dipromosikan, mengapa tidak membuat video tutorial?

Pendekatan ini jauh lebih unik dan mengesankan. Followers-mu juga bisa melihat kualitas produk secara langsung dan transparan. Hal yang sama juga berlaku pada produk makanan homemade. Kamu bisa membuat video tutorial memasak makanan jualanmu. Ide konten Instagram Bisnis ini sangat unik dan pantas dicoba bukan?

2. Instagram Kontes Atau Giveaways

Hari gini siapa sih yang menolak barang gratis? Dengan konten ini, kamu bisa mempromosikan produk sekaligus menggalang kontes dengan hadiah yang menarik bagi pelanggan setiamu. Agar konten ini berhasil dan memberikan efek yang dahsyat, rencanakan kontesnya sebaik mungkin.

Alih-alih memberikan hadiah uang atau barang, kamu bisa mempersiapkan voucher belanja. Cara ini tidak hanya menguntungkan pemenang kontes tapi juga menguntungkan bisnismu. Karena voucher belanja akan dibelanjakan kembali hari ini atau kemudian hari oleh pemenangnya.

Nyatanya, ide konten Instagram Bisnis ini sangat populer dan terbukti efektif. Kamu bisa merencanakannya seorang diri atau menggunakan bantuan agensi terlatih.

3. Konten Endorsements dari Influencer

Selain meminta selebriti atau influencer untuk posting dan mempromosikan produk jualanmu di akun Instagram mereka. Kamu juga bisa posting konten endorsments mereka di Instagram Bisnismu. Banyak sekali keuntungan yang kamu terima saat bekerja sama bersama influencer atau selebriti.

Selain meningkatkan brand awareness, cara ini juga mendongkrak citra positif bisnismu di mata target market. Terutama jika pihak yang kamu ajak kerja sama memiliki citra yang sama positifnya di mata masyarakat tidak memiliki skandal tertentu.

Kekurangan ide konten Instagram ini, kamu harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Apalagi jika artist yang kamu pilih sedang populer-populernya. Namun jangan khawatir, jika produk yang kamu jual benar-benar berkualitas. Modal yang kamu keluarkan akan kembali dengan cepat dalam waktu dekat.

4. Buat Memes

Pernahkah kamu melihat Instagram Bisnis yang berisi gambar-gambar meme? Selain menjadi hiburan, meme bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi produk atau jasa. Syaratnya hanya satu yakni kreativitas dalam mengkolaborasikan gambar dengan kata-kata.

Sehingga konten meme yang kamu publikaskan tidak terkesan memaksa, tapi unik dan menghibur. Di sisi lain, konten meme juga tidak kehilangan tujuan utamanya yakni mempromosikan brand atau produk baru.

Jika kamu kesulitan mengeksekusi ide konten Instagram Bisnis ini, silahkan lihat contohnya di dunia maya. Banyak sekali contoh meme bisnis yang bisa kamu jadikan pedoman.

5. Konten Artistik yang Kreatif

Saat membuat konten bisnis cobalah untuk mengeksplorasi kreativitasmu. Jika biasanya kamu posting gambar berikut quotes kali ini postinglah konten yang bersifat artistik seperti sketsa gambar, doodles atau gambar kaligrafi. Biarkan konten artistik yang berbicara secara langsung dengan pelangganmu.

Tapi tidak mustahil juga mengkombinasikan konten ini dengan kata-kata menyentuh. Langkah ini sangat cocok jika bisnis yang kamu tawarkan adalah jasa. Ketika followers tertarik dengan gambar sketsa yang kamu buat, tidak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

6. Throwback Atau Customers Story Telling

Apakah kamu termasuk orang yang romantis atau puitis? Jika jawabannya ya, ide konten throwback bisa menjadi pilihan terbaik. Ide konten ini paling cocok dipublikasikan menjelang ulang tahun perusahaan. Melalui throwback yang kamu publikasikan, pelanggan lama atau baru bisa ikut menyelami pengalaman bisnismu sejak awal.

Konten yang tidak kalah romantisnya adalah customers story telling. Beda dengan throwback yang berisi ceritamu, konten ini dibuat berdasarkan pada pengalaman pelangganmu usai menggunakan jasa atau produkmu.

Konten story telling yang kamu publikasikan bisa berupa gambar sederhana, video testimony dan sebagainya. Buat story yang menarik agar orang tertarik untuk melihat dan menyimaknya dalam waktu lama.

7. Tunjukan Jiwa Sosialmu

Jika kamu sadar, trend content marketing, khususnya sosial media akhir-akhir ini mengarah pada pembentukan persona dengan jiwa sosial yang tinggi. Tunjukan kepada followermu, bahwa kamu tidak hanya berjualan, tapi juga peduli dengan issue-issue yang ada. Coba lihat contoh konten instgram bisnis dibawah ini:

konten sosial

Content Creator brand Burger King Indonesia sangat piawai, alih-alih mempromosikan produknya sendiri, mereka mengajak followernya untuk membeli produk restoran lain agar tetap bisa beroprasi ditengah krisis seperti ini. Konten seperti ini membuat mereka berhasil mendapatkan banyak share mencapai 8,6 ribu.

Membuat konten Instagram Bisnis mengharuskan kamu keluar dari imajinasi pribadimu. Dari yang awalnya posting video pribadi untuk dibagikan pada teman-teman menjadi postingan video profesional untuk pelanggan. Agar konten yang kamu posting tidak terkesan boring, manfaatkan ide konten Instagram Bisnis yang telah disebutkan di atas.

Kamu bisa mencobanya satu per satu untuk variasi atau bertahan cukup lama pada satu ide konten saja. Apa pun ide konten yang kamu gunakan, buat kontennya sebaik mungkin. Gunakan kreativitas dan keterampilanmu sebagai seorang pebisnis handal.

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post