Sebagai jasa kepenulisan artikel kami tahu bahwa menjalankan bisnis dengan budget yang terbatas memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus pintar memutar otak dalam meramu strategi pemasaran produk yang cocok dengan pasar dan kondisi keuangan usaha.

Kami sangat mengerti, menjalankan bisnis membuat Anda membutuhkan waktu lebih dari 24 jam dalam sehari, untuk menyelesaikan tugas dan deadline. Karena itu, di sini kami akan memberikan Anda sebuah shortcut yang berisi kumpulan strategi marketing terbaik yang paling cocok dengan budget mepet!

Ada tiga kategori strategi yang akan dibahas, yaitu: strategi pemasaran yang gratis dan mudah, strategi marketing gratis dan butuh usaha ekstra, serta strategi marketing yang manjur dan butuh dana ekstra.

Sebelum beranjak jauh ke dalam artikel, kami ingin mengucapkan selamat dulu untuk Anda. Sebab dengan membaca artikel ini, secara tidak langsung Anda sudah mengetahui berbagai contoh strategi pemasaran produk dengan budget minimum namun dengan performa terbaik! Nah, sudah siap?

Strategi Pemasaran yang Gratis dan Mudah

Apa saja strategi pemasaran yang cocok untuk usaha makanan dan produk lainnya? Berikut adalah beberapa strategi yang gratis dan sangat mudah untuk dilakukan:

1. Manfaatkan lapak bisnis di Google

Sebagai platform mesin pencari terbesar, Google memiliki salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mendongkrak peforma bisnis, yaitu Bisnisku. Berita baiknya adalah akun ini dapat dibuat dengan gratis, dan bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan marketing.

Beberapa fitur mewah yang bisa didapatkan dari penggunaan akun Bisnisku di Google adalah mendapatkan akses ke Google Maps untuk memasukkan lokasi bisnis Anda, memudahkan pencarian di kolom Google Search. Hingga bisa memiliki akses untuk mengisi panel khusus, yang bisa menunjukkan tentang profil lengkap bisnis Anda kepada para pengguna Google.

Untuk mendapatkan semua fitur ini Anda cukup membuka akun bisnis di Google, dan memaksimalkan profil di dalamnya. Tanpa uang, tanpa ribet.

2. Maksimalkan fitur sosial media

Sosial media merupakan ujung tombak dalam sebuah strategi marketing. Di sini Anda bisa mendapatkan perhatian pasar, menumbuhkan citra baik brand, hingga mencuri simpati dan loyalitas dari para konsumen. Seluruhnya bisa dimiliki bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Yang harus Anda lakukan dengan tertib dan kreatif adalah memanfaatkan setiap fitur yang disediakan, mulai dari mengunggah konten hingga membentuk engagement dengan para pengguna.

Baca Juga: Strategi Sosial Media Marketing yang Baik dan Bagus

Terjun dan manfaatkanlah seluruh platform sosial media yang tersedia, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, hingga Youtube. Sebab tiap platform ini mampu memberikan Anda kesempatan untuk menyiarkan promosi kepada jutaan pengguna cukup bermodalkan akun saja. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak kinerja sosial media adalah:

  • Rajin membangun obrolan dengan pengikut di sosial media, bisa dengan fitur live, komentar di setiap post, hingga kolom pertanyaan di story.Tujuannya adalah untuk mendekatkan brand Anda dengan konsumen, sekaligus mendapatkan feedback rutin. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan bisnis Anda.
  • Buat konten informasi menarik, yang dapat menarik perhatian pengikut Anda. Ini adalah langkah awal agar konten Anda di post ulang ataupun dibagikan dengan suka rela oleh para pengguna lain.

Kunci dari engagement yang tinggi dari sosial media adalah aktifitas yang konsisten dan regular. Anda harus meluangkan waktu untuk menengok akun-akun bisnis tersebut, dan membangun koneksi dengan para pengikut. Berapa kali dalam sehari? Sesering mungkin, sekonsisten mungkin!

3. Inovasi fitur ‘tandai’ di sosial media

FItur menarik lainnya dari sosial media adalah adanya menu tandai atau tag, yang mengizinkan tiap pengguna untuk menandai lokasi ataupun pengguna lainnya di tiap konten instagram yang diunggah. Nah, inilah kesempatan emas Anda untuk meningkatkan pemasaran.

Anda bisa memanfaatkan rekan bisnis Anda untuk mendapatkan atensi lebih. Caranya adalah dengan menandai mereka, sehingga postingan Anda juga akan muncul di berandanya. Tentu saja ini akan jadi kesempatan bagus untuk mendapatkan perhatian dari pengguna yang sebelumnya tak mengetahui tentang brand Anda.

Anda juga bisa meminta pengguna setia untuk mencantumkan akun Anda di postingan mereka. Selain membangun hubungan yang lebih mendalam, cara ini juga manjur sebagai strategi promosi. Akun Anda akan dikenal oleh tiap pengikut yang dimiliki oleh konsumen Anda!

4. Jangan lupa pakai hastag

Bergabung dengan hastag yang menjadi trending di sosial media Akan memudahkan Anda untuk mendapatkan atensi pasar. Ini juga berguna agar konten tentang bisnis Anda lebih tertsruktur dan mudah ditemukan.

Karena itu buatlah hastag yang menarik dan khusus. Nantinya para konsumen lama maupun baru bisa menemukan detail produk Anda dengan lebih mudah, cukup dengan mengklik hastag tersebut. Strategi pemasaran produk yang terintegrasi dalam satu hastag, siapa yang bisa menolak?

5. Aktivasi LinkedIn

LinkedIn merupakan platform yang cocok untuk dijadikan media membangun reputasi bisnis. Maksimalkanlah kontribusi Anda di LinkedIn dengan cara membuat profil akun yang lengkap dan menarik.

Juga selalu konsisten untuk membagikan konten yang bermanfaat, bergabung dalam forum dan komunitas, hingga membagikan informasi-informasi yang kredibel dan berguna. Hal ini akan membantu Anda dalam memunculkan brand image yang kuat, sehingga mendapatkan kepercayaan dari pasar.

Nah, jangan lupa untuk menyarankan para pegawai Anda untuk melakukan hal yang sama ya. Mendongkrak kualitas LinkedIn pegawai akan membantu meningkatkan kepercayaan pada perusahaan juga lho.

Strategi Pemasaran Gratis dan Butuh Usaha Ekstra

Beberapa strategi ini dapat dilakukan dengan gratis, namun butuh sedikit usaha ekstra. Kabar baiknya adalah semakin ekstra usaha yang dilakukan, akan makin tinggi juga dongkrakan pemasaran yang dihasilkan. Berikut beberapa strategi pemasaran yang bisa anda lakukan.

6. Menggunakan SEO

Dalam digital marketing kita mengenal SEO yang memungkinkan tiap bisnis untuk bersaing dengan sehat. Algoritme Google tidak bisa didongkrak dengan cara top up ke akun Google, melainkan harus dicapai dengan konten dan serangkaian optimasi yang konsisten dan sesuai dengan kata kunci yang dijalankan.

Baca Juga: Strategi Optimasi SEO Lokal untuk Bisnis Anda

Karena itulah tak perduli sebanyak atau sesedikit apapun budget bisnis Anda, tak akan mempengaruhi posisi brand Anda di pencarian Google. Satu-satunya yang bisa mempengaruhinya adalah kualitas konten yang anda dimiliki, apakah diterima oleh algoritme Google atau tidak. PR Anda adalalah meluangkan waktu ekstra untuk menyusun kata kunci dan konten yang tepat.

7. Pemasaran via email

Email marketing bukanlah sesuatu yang baru, namun cara ini masih manjur digunakan untuk menjaga hubungan bisnis dengan konsumen Anda. Hingga Anda tak akan kehilangan koneksi dengan para konsumen, dan masih bisa melakukan pemasaran secara personal.

Beberapa catatan penting untuk menjalankan strategi ini adalah:

  • Merumuskan konten menarik, yang membuat konsumen penasaran untuk membaca lebih lanjut.
  • Memberikan kesempatan bagi konsumen untuk melakukan subscribe ke situs Anda, dengan pemberian bonus berupa voucher menarik.
  • Jangan melakukan spam! Lakukan strategi dengan perlahan, agar konsumen tidak terganggu.

8. Gunakan daya tarik infografis

Konten tidak hanya dalam bentuk artikel, Sampai saat ini infografis juga masih menduduki posisi paling tinggi dalam skema penyaluran informasi. Ringkas, jelas, menarik, dan mudah untuk dicerna. Bayangkan jika konten ini Anda jadikan sebagai senjata pemasaran. Hasilnya akan membawa Anda pada citra brand yang baik, dan simpati dari konsumen.

Infografis yang menarik tak membutuhkan budget besar, sebab saat ini sudah tersedia banyak aplikasi desain gratis yang bisa dimanfaatkan. Kemudian untuk masalah data, jika Anda tak memiliki kapasitas atau wkatu yang cukup untuk mengumpulkannya, bisa menggunakan kutipan dari data yang orisinil, mislanya berasal dari WHO, UNICEF ataupun lembaga kredibel lainnya.

9. Mulai menggunakan blog

Blog merupakan media yang cocok digunakan bagi pebisnis dengan modal terbatas. Dengan akses gratis, penggunaan Blog bisa membantu Anda dalam beberapa hal; mendongkrak peforma SEO, melakukan promosi ke landing page, meningkatkan traffic pengunjung, menghadirkan konten berkualitas, hingga mengundang atensi dan koneksi.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Repeat Order Bisnis Anda

Syaratnya adalah Anda harus pintar-pintar meramu konten. Tak harus yang wow dan bertele-tele, cukup yang konsisten dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Oh ya, btw blog tidak sepnuhnya gratis sih, untuk menjalankan strategi pemasaran produk satu ini, minimal anda membutuhkan domain dan hosting.

10. Buat video kreatif

Viralnya berbagai konten TikTok rasanya bisa menjadi petunjuk bagi Anda, bahwa saat ini konten video kreatif sedang berada di atas angin. Ini bisa Anda jadikan kesempatan yang baik untuk mengembangkan strategi pemasaran bisnis anda.

Buatlah konten video menarik, yang sesuai dengan isu terkini. Ini akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi, sebab para pengguna sosial media akan lebih mudah untuk menerima konten-konten tersebut.

Terdapat beberapa jenis video yang bisa Anda buat seperti;

  • tutorial
  • demo produk
  • review
  • wawancara dengan tokoh terkenal
  • hingga slideshow foto dan fakta-fakta unik.

Strategi Pemasaran yang manjur dan butuh dana ekstra

Dibandingkan 2 strategi sebelumnya, startegi pemasraan produk untuk bisnis kali ini memang membutuhkan budget yang lebih banyak. Namun hasilnya akan sepadan kok.

11. Event dengan konsep menarik

Strategi pemasaran ini memang agak mahal, jika dibandigkan dengan beberapa strategi sebelumnya. Namun percayalah, pengadaan event yang tepat sasaran akan mendatangkan koneksi bisnis yang membeludak!

Syaratnya adalah; buat event dengan tema paling hits atau trendy, atau undang pembicara dengan jumlah pengikut yang banyak, atau buat event dengan kerjasama bersama brand yang tengah viral. Tiga rumus ini akan membawa nama brand Anda ke dalam pasar target yang lebih besar.

12. Menghadiri event bisnis

Menghadiri event bisnis merupakan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan, dalam rangka mengembangkan brand. Dari sini, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Pertama, Anda bisa meningkatkan skill dan pengalaman bisnis, dengan ilmu yang didapatkan. Kedua, Anda memungkinkan membangun koneksi dengan rekan bisnis lainnya. Dua hal ini sulit dilakukan jika bukan di dalam forum-forum bisnis tertentu.

13. Adakan giveaway dan bazar hadiah

Siapa yang tak suka hadiah gratisan? Percayalah, masyarakat kita saat ini masih sangat terpesona dengan event giveaway. Jadikan ini sebagai kesempatan Anda untuk menarik minat dan kepercayaan mereka. Buatlah persyaratan khusus untuk dapat mengikuti bazar ini, layaknya mengikuti sosial media Anda, subscribe ke channel Anda, hingga menandai teman lainnya untuk bergabung dalam event.

Walaupun ini membutuhkan budget lebih, namun hasilnya akan mendatangkan pasar yang organik. Dan ini akan membawa efek baik bagi pengembangan bisnis.

14. Buat program khusus bagi konsumen

Tahu kah Anda bahwa memberikan perlakukan spesial dapat meningkatkan antusiasme konsumen terhadap sebuah brand?

Karenanya Anda wajib mencoba strategi pemasaran ini, yaitu menghadirkan program khusus bagi konsumen setia. Ada beragam cara yang bisa dilakukan, mulai dari hadiah bulanan, pemberian poin member, penghadiahan voucher dan diskon, hingga pemberian reward untuk aktifitas belanja tertentu.

Konsumen yang puas dengan perlakukan spesial ini akan menguntit brand Anda, tanpa ada niatan berpaling ke brand lain. Konsumen inilah yang nantinya akan melanjutkan strategi marketing Anda, dengan menyarankan produk serupa pada teman dekat dan kerabatnya.

Baca Juga: Strategi Pemasaran dari Mulut ke Mulut

Fakta menarik lainnya, lebih dari70% konsumen akan tertarik pada produk yang direkomendasikan oleh kerabat dekatnya, daripada sekedar melihatnya di iklan! Karena itu, walaupun membutuhkan budget yang tinggi, namun hasil loyalitas yang muncul bukanlah kaleng-kalengan.

Itulah 3 jenis strategi pemasaran yang bisa Anda jajal untuk produk dan brand anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan karakteristik bisnis Anda. Dan sebisa mungkin jalankan semuanya tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam!