Jasa Penulis Artikel

Jonathan Haidt, seorang psikolog asal Amerika Serikat berpendepat bahwa, “pikiran manusia merupakan pengolah cerita, bukan pengolah logika”. Cerita memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman mengenai dunia.

Infromasi yang diberikan melalui cerita akan lebih diingat 22 kali lebih kuat dibandingkan informasi berdasarkan fakta. Selain itu podcast juga dinilai sebagai wadah bagi mereka yang suka berbagi cerita secara oral. Karena itulah, ide membuat podcast menjadi sesuatu yang menarik di abad 21 ini.

Alasan lain dibalik meroketnya topik podcast ialah less visual yang membuat orang bisa lebih kreatif dalam memainkan imajinasi dan membuat karakter  sendiri dalam otak. Tentu saja hal ini akan menyenangkan. Di samping itu, selain topik untuk podcast yang banyak, podcast juga dinilai sangat fleksibel, bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja.

Saat ini banyak platform yang memberikan wadah bagi orang yang ingin membuat podcast. Tapi, untuk membuatnya banyak didengar oleh orang tentu saja podcast tersebut harus menarik. Apa saja ide topik podcast yang menarik? Kami telah merangkumnya di bawah ini!!

11  Ide Membuat Podcast yang Menarik

Sebenernya podcast tidak jauh berbeda dengan artikel, maka memilih tema podcast sebenarnya juga sama mudahnya dengan tema untuk artikel. Berikut merupakan ide konten yang dapat kamu gunakan untuk memulai podcast. Tentu saja tidak semua rekomendasi ide konten podcast dibawah ini cocok dengan chanel-mu, saran kami pilihlah beberapa topik yang relevan saja.

1. Membicarakan Topik Favorit

Apakah kamu memiliki buku, tv show, atau film favorit? Jika ada, ide ini menjadi hal yang menarik untuk kamu mulai. Tentunya, kamu juga sudah memerhatikan detail yang mungkin tidak diperhatikan oleh para penggemar lain. Atau kamu juga bisa menyampaikan perspektif yang berbeda tentang apa yang terjadi di dalam cerita tersebut.

2. Subjek spotlight

Topik menarik untuk podcast ini tidak kalah menarik. Kamu bisa menarik minat pendengar dengan membahas salah satu subjek secara mendalam. Misalnya fokus pada buku, film, artis, atau destinasi tertentu kemudian bicarakan dengan detail. Kamu bisa membahas subjek berdasarkan faktual atau bisa juga mereview berdasarkan opini pribadi.

3. Q & A (Konsep tanya jawab)

Q & A menjadi salah satu ide yang menarik di tengah maraknya penggunaan media sosial. Kamu bisa minta para pendengarmu untuk mengirimkan pertanyaan di media sosial yang akan dipilih secara acak dan akan dijawab dalam podcast. Konten-konten ini sangat baik untuk meningkatkan engagement antara kamu dan pendengar.

4. Mengundang bintang tamu

Inilah salah satu konten yang kreatif dan sering dilakukan banyak orang, yakni dengan mengundang influencer, musisi, teman, keluarga, dan orang terkenal lainnya ke podcast kamu. Kamu bisa ngobrol dengen mereka, melakukan wawancara, meminta tamu memberikan ceramah, meminta mereka mengambil alih podcast, dan lain sebainya. Tentunya ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi podcast kamu.

5. Rekomendasikan hal favorit

Kalau kamu suka travelling ke suatu tempat atau sering melakukan hal favorit lainnya, kamu bisa membuatnya menjadi sebuah ide podcast. Rekomendasikan hal tersebut ke pendengar kamu. Kebanyakan orang suka mencari tempat mana yang akan dikunjungi, di sanalah kamu bisa menarik minat pendengar. Tapi, bahas dengan detail alasan kamu merekomendasikan, kelebihan, maupun kekurangannya. Buat menjadi top 10 list atau top 5 list.

6. Tips hari ini

Cara terbaik untuk bisa masuk ke dunia podcast ialah menargetkan pendengar. Misalnya, jika kamu tergolong millenial maka target kamu adalah millenial juga. Di sana kamu bisa membahas tips yang berguna untuk mereka. Bisa mulai hal menarik seperti lovelife sampai ke financial.

7. Fakta hari ini

Topik menarik mengenai fakta hari ini akan membuat pendengarmu tertarik karena mereka bisa mengetahui berita terupdate hari itu juga. Kamu bisa mencari berita terbaru di berbagai kanal media online dari luarnegri yang sekiranya bisa memberikan insight kepada pendengar. Selain memberikan informasi dari sumber, kamu juga bisa bahas dengan perspektif kamu sendiri

8. Undang podcasters lainnya

Mungkin ini terlihat konyol, tapi nyatanya berhasil dilakukan oleh podcaster ternama. Saat kamu mengundang dan mewawancarai podcaster lain, tanyakan pada mereka apa yang biasanya didiskusikan. Kamu sudah mengenalkan mereka ke pendengarmu. Banyak kalangan youtuber yang melakukan hal tersebut.

Nantinya, jika ada kesempatan kamu pun akan diundang ke podcast mereka dan mendapatkan publisitas yang sama. It’s a win-win soultion.

9. Bercerita mengenai cara kamu memasak

Hal ini bisa jadi mudah dan menyenangkan. Kamu bisa fokus pada jenis makanan tertentu misalnya masakan lokal, japanese food, western food, dan lain sebagainya. Cukup bahas mengenai bahan yang digunakan beserta cara yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menyelingi cerita yang mengingatkan masakan itu dengan momen spesial dalam hidupmu.

10. Deskripsikan apa yang kamu lihat

Hal ini dapat kamu lakukan ketia sedang berlibur atau mungkin sedang berjalan di  taman kota. Jelaskan berbagai macam landmark yang ada. Kemudian secara otomatis pendengar kamu akan membayangkan di mana tempat tersebut. Lalu, minta mereka untuk menebak keberadaan tempat itu. Menarik bukan?

11. Perjalanan waktu

Ide ini menarik bagi mereka yang sudah memiliki beberapa episode. Setelah membuat beberapa atau banyak episode podcast, lihat kembali episode podcast tertentu kemudian renungkan dan bahas apa saja yang telah berubah sejak saat itu.

12. Membahas Tema Horor

Jika kamu bertanya, ‘tema podcast apa yang disukai oleh masyarakat Indonesia?’ jawabannya tentu ada banyak, namun tema horor adalah salah satu tema yang bisa menjangkau banyak orang.

Orang Indonesia memang sangat erat kaitannya dengan hal-hal mistis, dan membicarakan sebuah misteri, menjadi salah satu topik yang sangat relate dengan kehidupan kebanyakan masyarakat. Tak heran jika tema ini disukai banyak orang.

13. Membahas Musik

Tema ini juga masuk kedalam salah satu topik favorit, bahkan jika dibandingkan dengan film, musik bahkan memiliki minat yang jauh lebih banyak. Kamu bisa membicarakan topik ini, misalkan membahas musik yang lagi trending, atau proses kreatif dibalik pencitpaan sebuah karya musik, dan lain sebagainya.

14. Obrolan yang Mengedukasi

Dalam psikologi, kebutuhan manusia itu kalau tidak salah ada dua, yakni kebutuhan mendapatkan pengakuan dan juga kebutuhan untuk mendapatkan hal baru. Dan dalam hal ini, topik seputar pengetahuan yang mengedukasi bisa menjadi salah satu topik yang kamu bahas.

Tidak hanya melakukan riset sendiri, kamu juga juga bisa mengundang seorang pakar untuk membahas suatu hal yang menjadi keahlian mereka. Dijamin, akan banyak orang yang suka dengan topik seperti ini.

15. Hubungan Asmara

Apa sih topik yang disukai anak muda dan bersifat timeless? jawabannya tentu saja pembahasan yang berhubungan dengan asmara. Tidak hanya konten yang berbau tips dan edukasi, kamu juga bisa mengundang pasangan lalu menceritakan kisah cinta mereka.

15 ide di atas dapat kamu terapkan untuk menarik minat pendengar. Bahkan hana dengan satu atau dua segmen kreatif, podcast kamu sudah bisa menarik. Tinggal bagaimana kamu bisa mengolahnya. Tertarik? Silakan mencoba!

Baca juga artikel menarik kami seperti peralatan dasar membuat podcast atau artikel lainnya di kategori Tips Podcaster

[FAQ]

Apa itu Podcast?

Podcast adalah sebuah episode dari suatu program yang tersedia di internet yang biasanya berupa rekaman, baik berupa vidio ataupun hanya suara saja.

Platform Apa yang Biasa Digunakan?

Ada banyak sekali, sejauh ini yang paling sering digunakan oleh para podcaster adalah sportify, anchor, podban, Google Podcast, dan masih banyak lagi lainnya.

Saya Tertarik, Ada Rekomendasi Chanel Seru untuk dijadikan Inspirasi?

Kebetulan beberapa waktu kami sudah menerbitkan artikel baru yang merekomendasikan beberapa podcast menarik. Selengkapnya simak disini https://jawarakonten.com/7-podcast-seru-terbaik-indonesia/

Seperti Apa Tema yang menarik?

Terkait hal ini, kami sudah memberikan 11 rekomendasi tema dan topik podcast menarik dalam artikel ini.

Editorial Team Jawarakonten. We're One of The Leading Content Writing Agency in Indonesia

View Comments

  • MiaMia

    Author Balas

    Artikelnya bermanfaat sekali, boleh nemu dari google, semoga bisa jadi bahan refensi, ditunggu artikel selanjutnya


Next Post