Cara Menjadi Penulis Artikel dari NOL sampai Mahir

penulis artikel frelance

Cara Menjadi Penulis Artikel dari NOL sampai Mahir

Jawarakonten.com || Di era digital seperti saat ini, profesi sebagai penulis cukup menggiurkan bagi banyak orang. Hanya bermodalkan gadget atau laptop, kamu bisa menghasilkan rupiah demi rupiah dengan mudah.

Salah satu pekerjaan menulis yang cukup mudah dilakukan dan sedang banyak dicari belakangan ini adalah penulis artikel.

Namun tentu saja, kamu tetap memerlukan persiapan sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia kepenulisan artikel dan siap bersaing dengan para penulis artikel yang sudah ada.

 

Cara Menjadi Penulis Artikel

Banyaknya situs online yang muncul dan kebutuhan akan konten tulisan yang berkualitas membuat jalan menjadi penulis artikel terbuka lebar bagi siapa saja. Berikut beberapa tips yang wajib kamu baca sebelum memutuskan menjadi seorang penulis artikel.

Baca Juga : Rahasia Artikel SEO friendly by JAWARAKONTEN

Tips ini bisa kamu gunakan sebagai cara menjadi penulis artikel profesional.

1. Banyak membaca

Menariknya, menjadi seorang penulis artikel saat ini tak memerlukan pendidikan yang tinggi. Bahkan, jika kamu tidak memiliki latar belakang sebagai mahasiswa di Fakultas kesehatan, kamu tetap berpeluang menjadi penulis konten artikel kesehatan.

Tentu saja, tugas kamu di sini adalah banyak membaca dan melakukan riset sebelum menulis.

Dengan banyak membaca dan riset, tulisan artikel kamu menjadi semakin berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan. Sederhana banget sih, namun sebenarnya inilah yang menjadi modal seorang penulis yaitu rajin membaca.

 

2. Latihan menulis

Cara menjadi penulis artikel kedua yang wajib kamu lakukan adalah rutin melatih diri untuk menulis.

Jangan menunggu ada pelanggan yang menggunakan jasa menulis artikel kamu hanya untuk belajar, mempersiapkan diri sebelum terjun kedalam dunia tulis menulis tentu akan jauh lebih baik.

Beberapa orang malas ketika belajar, inginnya belajar sambil bekerja saja, apakah kamu juga tipe orang yang seperti ini?

Sekarang, ijinkan Jawarakonten bertanya, apakah ada orang yang rela mentransferkan uangnya secara cuma-cuma? Jika hasil tulisan kamu tidak bagus, apakah mereka mau menggunakan jasa kamu?

Tentu saja tidak, right??

Nah, maka dari itu, mulailah berlatih.

Semakin sering kamu berlatih menulis, tulisan kamu akan semakin luwes dan enak dibaca. Pengalaman pasti akan memberikan pelajaran berharganya sendiri.

 

3. Personal branding

Setelah kamu sudah terbiasa dan bisa menulis artikel, mulailah untuk mengenalkan kemampuanmu kepada mereka yang membutuhkan.

Cara mudah sebelum menjadi penulis yang ketiga adalah mulai mem-branding diri, medianya bisa menggunakan blog yang kini bisa kamu gunakan secara gratis.

Jika kamu mau mencari informamsi, banyak platform bloging gratis yang bisa kamu manfaatkan. Jika kamu belum tahu, baca artikel Jawarakonten tentang platform gratis untuk blogging.

Dengan cara ini, selain secara tidak langsung berlatih menulis, kamu juga mulai mengukuhkan diri sebagai penulis di media sosial.

Buat konten-konten yang menarik di blog kamu sendiri. Itung-itung sambil belajar menulis artikel lagi.

Cara ini bisa membuka jalan kamu untuk menerima job-job kepenulisan dari orang yang membaca tulisan kamu lewat blog tadi.

 

4. Bergabung dengan situs pencari kerja online

Nah, cara menjadi penulis artikel yang terakhir adalah dengan bergabung ke situs pencari kerja online semacam proz, upwork, dan lainnya.

Di sana kamu akan melihat banyak tawaran proyek menulis artikel dari  berbagai owner.

Kamu bisa mulai menjajal kemampuan di sana sambil terus mengasah kemampuan dan memperbaiki kualitas tulisan.

 

Aplikasi Wajib untuk Penulis Artikel

Selain cara mudah di atas, ada beberapa aplikasi yang wajib Anda miliki ketika memutuskan menjadi seorang penulis artikel, di antaranya,

  • Microsoft word

Tentu, aplikasi ini sangat penting bagi semua penulis, tak hanya penulis artikel. Namun, jika Anda mengerjakan artikel via gadget, bisa download aplikasi WPS untuk kemudahan  menulis.

  • Plagarism checker

Artikel yang baik adalah artikel yang 100 unique alias tidak plagiat. Meski artikel yang Anda tulis merupakan re-write dari artikel-artikel yang sudah ada, namun Anda tetap wajib menjaga keaslian tulisan.

Cara mudahnya adalah dengan mengecek artikel yang telah dibuat di situs online plagiarism checker seperti copyscape premium atau sebaiknya Anda mengunggah aplikasi khusus.

  • Google docs

Aplikasi ini akan semakin memudahkan ketika Anda sebagai penulis artikel saat menulis di mana saja. Draft yang Anda tulis di mana pun akan tersimpan dengan rapi di aplikasi ini tanpa harus menekan tombol save. Dengan begini, pekerjaan menulis Anda akan lebih mudah dan teratur.

Baca JugaGoogle RankBrain & Masa Depan SEO Modern

Demikian tadi beberapa cara mudah yang wajib kamu lakukan sebelum memutuskan menjadi penulis artikel.

Selalu asah kemampuan dalam menulis, dan jadikan panduan cara menjadi penulis artikel ini sebagai langkah awal untuk terjun dalam dunia tulis menulis.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan