Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

6 Rekomendasi Novel Bertema Islami Ini Bisa Memotivasi Anda

2 min read

Novel tema islami

Mempelajari sesuatu bisa dilakukan dari mana saja. Bahkan dengan membaca sebuah novel bertema islami terbaik pun Anda bisa lebih bersemangat dan termotivasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Bila ditilik berdasarkan pada latar belakang dan pengertiannya, novel adalah cerita fiksi. Lantas, apa pelajaran yang bisa dipetik dari sebuah cerita fiksi? Apa motivasi yang bisa didapatkan?

Sebuah novel tidak dibuat dalam satu hari. Sebuah novel membutuhkan pemikiran yang panjang dan matang dengan kerangka karangan yang ideal. Terlebih jika novel yang dibuat bertema islami dengan menambahkan unsur-unsur agama di dalamnya. Penulis tidak bisa asal menulis ayat Al-Quran atau mengutip hadis tanpa memahami arti sesungguhnya.

Rekomendasi Novel Motivasi Bertema Islami

Entah bertema islami atau bukan, setiap novel bertema islami dibuat dengan hikmah atau maksud tersendiri. Ada tujuan yang sengaja diselipkan oleh pengarang untuk memberikan pemahaman positif pada para pembacanya. Khusus untuk novel islami dengan semangat motivasi tinggi, silahkan Anda baca novel-novel berikut ini:

1. 99 Cahaya Di Langit Eropa

Karya tulis ini bukan hanya berhasil dinovelkan tapi juga diangkat ke layar kaca. Ditulis oleh Rangga Almahendra dan Hanum Salsabiela Rais. Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa membawa para pembacanya untuk mengikuti perjalanan Hanum yang merantau di Eropa salah satu benua dengan minoritas muslim di dunia.

Banyak sekali pelajaran yang bisa Anda petik dari novel ini, salah satunya semangat atau motivasi untuk belajar terus mengenai agama. Seperti Hanum yang juga mempelajari sejarah kejayaan Islam di Eropa.

2. Negeri 5 Menara

Ada banyak sekali komponen yang bisa diangkat dari novel islami salah satunya cerita tentang para santri yang coba disampaikan dari novel Negara 5 Menara ini. Novel motivasi karya Ahmad Fuadi ini menceritakan tentang 6 santri yang memiliki impian besar untuk menjadi orang sukses. Bukan hanya sukses di tanah air tapi menjangkau luar negeri.

Dari novel ini, kita bisa belajar tentang arti bermimpi. Meskipun mimpi hanyalah khayalan atau angan-angan semata namun dari mimpilah kesuksesan bisa terwujud. Anda akan termotivasi untuk mengejar mimpi. Jangan pesimistis karena Tuhan selalu mendengar.  

3. Langkah Kaki

Ingin membaca cerita dengan kesan asam manis kehidupan berumah tangga? Anda bisa menjadikan Langkah Kaki sebagai teman baca santai dalam beberapa jam ke depan. Novel buatan Shineeminka ini mengisahkan tentang polemic suami istri dalam mahligai pernikahan. Akan di bawa ke manakah langkah kaki mereka?

Novel ini memberikan Anda banyak pandangan baru tentang kehidupan pernikahan. Jika dalam pernikahan tidak semuanya terasa manis, tapi terkadang ada asam, pahit dan asinnya. Langkah Kaki akan memotivasi Anda untuk melakoni kehidupan pernikahan yang lebih baik tentunya berlataskan islami.

4. Ayat-Ayat Cinta

Sama seperti novel 99 Cahaya di Langit Eropa, novel karya Habiburrahman El Shirazy ini juga telah tembus ke layar kaca. Menceritakan tentang Fahri, pemuda Indonesia yang sedang study di Mesir. Banyak sekali masalah pelik yang dihadapi Fahri terutama tentang kisah cintanya yang terbalut pada cinta segiempat. Di mana Fahri dicintai oleh 3 wanita yang berbeda.

Konflik-konflik besar yang menghadang Fahri membuat novel ini sangat seru untuk diikuti. Satu pelajaran positif yang bisa Anda dapatkan dari Ayat-Ayat Cinta bahkan bisa membuat Anda termotivasi adalah ketabahan Fahri dalam menerima berbagai cobaan dan sifatnya yang haus akan ilmu.

5. Di Atas Sajadah Cinta

Selain berhasil menelurkan Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy turut menghadirkan novel terbaru yang sangat dinanti para penggemarnya. Novel yang satu ini tidak murni cerita fiksi, mengapa? Karena pengarang mengungkapkan 38 cerita berbeda yang diangkat atau terinspirasi dari true story.

Inspirasinya sendiri datang dari para sahabat penulis yang diharapkan dapat memberikan ajaran positif dari segi islami. Juga membawa ketenangan jiwa bagi siapa pun yang membacanya karena setiap kisah sengaja digoreskan dengan tinta fiksi yang berkiblat pada unsur As-Sunnah juga Al-Quran.

6. Kita Pernah Salah

Sebuah novel karya @fuadbakh dan @ariashinta ini merupakan novel perjalanan mencari cinta sang tokoh utama wanita. Dalam perjalanannya tersebut banyak hal yang terjadi, beberapa kesalahan dan kebodohan pun seringkali dilakukan. Tapi pada akhirnya, sang wanita bisa belajar dari segala kesalahannya dan kembali berserah pada Tuhan.

Pada dasarnya, novel ini merupakan curahan hati atau perasaan sang penulis selama masa pencarian cintanya hingga bertemu dengan orang yang tepat. Dari novel ini kita bisa belajar jika apa pun kesalahan yang kita lakukan, kita selalu bisa bertaubat. Dan selama apa pun pencarian Anda, pasti suatu hari nanti Tuhan akan mempertemukan Anda dengan orang yang tepat.

Dari keenam novel bertema islami yang telah disebutkan di atas. Apakah ada novel yang pernah Anda baca sebelumnya? Atau bahkan sudah menonton filmnya? Selain sebagai bacaan ringan, novel bisa menjadi bahan renungan yang akan memberikan Anda pelajaran baru dan berharga.

Di Indonesia, banyak sekali penulis-penulis islami berbakat yang telah menelurkan berbagai novel islami yang tidak hanya menonjolkan cerita romantis. Tapi juga memberikan nilai-nilai motivasi dan agama yang akan semakin memperkaya wawasan Anda sebagai pembaca.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti rekomendasi novel motivasi atau artikel lainnya dikategori kumpulan karya sastra

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress