Jasa Penulis Artikel

Di dunia ini terdapat banyak hal yang memiliki peran positif untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah selulosa. Senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan ini memiliki banyak peran positif. Selain itu, manfaat selulosa tersebut pun senantiasa menopang kehidupan di muka bumi ini.

Dalam kesempatan kali ini jasa penulis artikel Jawarakonten akan membahas Selulosa. Hal pertama, kita harus mengetahui definisi selulosa terlebih dahulu.

Apa itu Selulosa?

Selulosa adalah senyawa organik yang menyusun tumbuhan dengan rumus (C6H10O5)n. Umumnya, selulosa berjumlah banyak, karena menjadi materi utama pembentuk struktur dinding sel pada tanaman. Selulosa dapat dijumpai hampir di seluruh bagian tumbuhan atau tanaman, Terutama pada tangkai, batang, dahan, serta semua bagian tubuh tumbuhan yang memiliki unsur kayu. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa dalam artikel pengertian Pulp, selulosa juga dibahas.

Selulosa memiliki bentuk menyerupai serabut, bertekstur liat, serta tidak dapat larut di air. Di dalam tumbuhan atau tanaman, selulosa tidak pernah ditemukan berdiri sendiri. Dalam arti, selalu ada senyawa lain yang mengikatnya. Sebagai contoh adalah senyawa lignin, hemiselulosa, xilan, maupun pectin.

Pada tumbuhan, manfaat selulosa adalah sebagai penghubung antara sel-sel untuk membentuk sebuah jaringan. Selulosa juga yang bertugas untuk memberi pertanda bagi tumbuhan untuk melakukan pembelahan. Karena selulosa merupakan zat pembentuk struktur dinding, maka sudah jelas selulosa juga yang berperan paling penting dalam pengendalian bentuk sel tanaman atau tumbuhan.

Tetapi, fungsi selulosa yang paling penting bagi tumbuhan adalah untuk menahan tekanan turgor. Tekanan turgor adalah tekanan air yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan. Selulosa berfungsi untuk mengeluarkan daya tarik pada dinding sel, sehingga mampu menahan tekanan air tersebut.

Contohnya seperti balon yang diisi dengan air. Balon akan mengembang karena adanya tekanan. Ketika balon tak sanggup menahan tekanan air, maka balon akan pecah. Sebab balon tidak memiliki selulosa yang menjaga tekanan tersebut tetap terkendali.

Karena manfaat selulosa lebih besar dibanding senyawa lain, maka perlu dilakukan proses khusus untuk memisahkan selulosa dengan senyawa lainnya. Proses pemisahan ini disebut juga dengan istilah degradasi selulosa.

Untuk memisahkan selulosa dari senyawa pengikat lain, biasanya digunakan metode mekanis, semikimia, dan kimia. Pemisahan senyawa tersebut perlu dilakukan supaya kita bisa menikmati manfaat senyawa selulosa untuk kebutuhan kehidupan kita.

Manfaat Selulosa Untuk Kehidupan

Seperti dijelaskan di awal, selulosa memiliki manfaat yang besar, terutama karena teksturnya yang seperti serat. Manusia dan hewan sangat membutuhkan serat. Itu sebabnya, ketika kita mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, kita dapat mencukupi kebutuhan serat.

Selulosa memang mengandung glukosa. Tetapi ia tidak bisa dicerna. Lalu, bagaimana bisa ia bermanfaat untuk manusia? Fungsi serat dalam sistem metabolisme memang bukan untuk dicerna. Tugasnya lebih kepada pelancar metabolisme. Ia akan mengalir di dalam sistem pencernaan, dan menyeret ampas makanan yang tidak tercerna sempurna. Pada akhirnya, serat tersebut akan keluar kembali lewat ekskresi.

Selain untuk kebutuhan di dalam tubuh, manfaat selulosa paling sering digunakan sebagai salah satu material terpenting untuk industri. Yang paling umum adalah untuk pembuatan pulp, atau material dasar pembuatan kertas. Kertas tersebut nantinya bisa dikembangkan lagi untuk menjadi kardus, kertas tisu, dan lain sebagainya.

Selulosa yang terkandung pada tanaman kapas, bisa diolah untuk dijadikan kain. Ada juga selulosa zantat, yang memiliki tekstur sangat halus, sehingga menjadi bahan pembuatan kain sutera. Bentuk fisik selulosa yang seperti serat panjang pun membuat selulosa sering dimanfaatkan untuk dijadikan tali pengikat dengan kekuatan yang sangat baik.

Lebih dari itu, selulosa juga memiliki kegunaan yang bisa berguna untuk kebutuhan pertahanan. Selulosa merupakan bahan dasar terpenting untuk pembuatan propelan. Propelan sendiri dikenal sebagai bahan peledak.

Tumbuhan Yang Mengandung Selulosa

Pada dasarnya, semua jenis tanaman dan tumbuhan mengandung selulosa. Hanya saja, kadarnya yang berbeda. Sehingga, manfaat selulosa lebih menyasar tumbuhan dengan unsur kayu yang lebih banyak.

Tanaman berkayu merupakan bahan utama yang sering dipakai untuk berbagai kebutuhan dan industri. Selain itu, alam pun memiliki banyak persediaan tumbuhan berkayu. Jenis tumbuhan berkayu pun dibagi menjadi dua berdasarkan ilmu tumbuhan, yaitu:

Softwood

Tanaman kayu dengan daun jarum. Ciri-cirinya adalah tumbuhan tidak memiliki daun yang sempurna. Sebab, tidak terdapat tangkai, helai daun, serta urat daun pada tumbuhan jenis ini. Umumnya, tumbuhan jenis ini memiliki daun yang runcing, sehingga menghasilkan selulosa dalam bentuk serat yang panjang. Contoh tanaman berdaun jarum yang memiliki banyak kandungan selulosa adalah pohon pinus, pohon cemara, dan lain-lain.

Hardwood

Tumbuhan hardwood memiliki daun sempurna. Dalam arti, penampang helai daun menempel pada tangkai, dan memiliki urat. Biasanya, tumbuhan dengan jenis ini memiliki daun yang lebar. Bentuk daun pun umumnya membulat atau lonjong. Tumbuhan yang tergolong dalam jenis ini memiliki serat yang pendek, seperti eucalyptus, akasia, dan masih banyak lagi.

Demikian tadi, seluk beluk tentang selulosa, mulai dari pengertian, fungsinya untuk tumbuhan itu sendiri, manfaat selulosa untuk manusia, hingga jenis tumbuhan yang mengandung selulosa. Kita patut bersyukur bahwa Tuhan menciptakan senyawa bernama selulosa ini, yang memiliki banyak nilai menguntungkan untuk kehidupan.

Artikel ini dipersembahkan oleh jawarakonten.com adalah jasa penulis artikel yang memberikan layanan pembuatan artikel dengan berbagai tema, termasuk pendidikan seperti ini.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti proses pembuatan pulp atau artikel lainnya di Materi Kimia

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post