Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

5 Cara Mencari Uang dengan Menulis Artikel [Novel, Puisi, Etc]

2 min read

cara mendapatkan uang dengan menulis

Menulis adalah kegiatan yang umum dilakukan oleh kita semua. Salah satu keahlian yang diajarkan di tingkat pendidikan yang paling dasar adalah menulis. Apakah kita semua masih ingat, bagaimana dahulu Pak Guru dan Bu Guru mengajari kita menulis?

Mulai dari huruf per huruf, mengeja, metode tegak bersambung, dan seterusnya, sampai kita dapat menulis dan membaca dengan baik seperti hari ini. Apalagi di era internet ini, menulis tidak hanya bermodal kertas dan pensil. Komputer, laptop dan gawai bisa menjadi asisten kita dalam kegiatan menulis.

Namun, sebagaimana aktivitas yang lain, tidak semua orang menyukai kegiatan menulis. Sebagian hanya menggunakan kegiatan ini sebagai pengantar aktivitas sehari-hari semata. Akan tetapi, ada juga yang menganggap bahwa kegiatan menulis adalah hal yang sangat menyenangkan.

Mereka akan melakukannya dengan senang hati kapanpun dan dimanapun, walau tidak dibayar sepeserpun. Nah, kalau sudah begini, bukannya lebih asyik kalau hobi menulis bisa menghasilkan uang? Yuk kita cari tahu gimana cara mendapatkan uang dengan menulis, baik dengan menulis cerita, menulis puisi, artikel, novel, cerpen, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Mencari Uang dengan Menulis

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari kegiatan menulis, loh. Khususnya buat kamu yang suka menulis, simak sampai habis, ya!

1. Mengikuti Lomba Karya Tulis

Lomba cerpen, lomba puisi, lomba esai, atau lomba karya tulis ilmiah adalah jenis-jenis lomba yang dapat jadi pilihanmu. Sesuaikan dengan bakat dan kemampuanmu, karena terkadang ada orang yang lebih suka menulis bait-bait puisi yang notabene kalimatnya tertuju ke poin tertentu, mengena, dan ringkas.

Atau mau yang ilmiah seperti karya tulis ilmiah? Silahkan diikuti. Kalau menang, hadiahnya bisa berupa uang tunai yang jumlahnya lumayan loh. Jika berminat, kamu bisa membaca artikel kami ini: cara menang lomba menulis

2. Menulis Karya Pribadi

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka berkompetisi dan hanya ingin membuat sebuah karya yang benar-benar ‘kamu banget’, kamu bisa menulis dan menerbitkan karyamu sendiri. Entah itu novel, kumpulan cerpen, atau antologi puisi, langsung saja cari penerbit yang professional dan bersedia menerbitkan karyamu.

Biasanya sudah sepaket dengan ISBN yang memungkinkan karya tulismu bisa dijual,. Lihat saja contoh penulis terpercaya yang menjadikan aktivitas menulis sebagai pundi – pundi rupiah, seperti Tere Liye, Asma Nadia, Dee Lestari, Habiburrahman el-Shirazy, dan masih banyak lagi.

3. Menulis Skenario Film

Nah, ini cocok buat kamu yang suka menulis plus terlibat di dunia perfilman. Skenario drama yang bagus akan menjadi nilai jual tersendiri jika benar-benar digarap secara professional.

Tidak harus muluk-muluk menjadi penulis naskah FTV atau film layar lebar, menjadi penulis film pendek pun bisa dijadikan pilihan, apalagi durasi film pendek juga tidak terlalu panjang.

Film pendek juga sekarang sedang hits, loh. Lihat saja film Tilik yang meledak di media sosial, dibalik film itu, tentu ada penulis skenarionya. Jadi makin semangat membentuk tim produksi film sendiri, menulis skenario dan menghasilkan uang, ya.

4. Menjadi Penulis Lepas

Pernah dengar istilah freelancer, kan? Yup, kamu bisa menjadi kontributor untuk media-media informasi yang membutuhkan jenis tulisan tertentu. Berbeda dengan wartawan yang mempunyai target khusus, penulis lepas biasanya bebas menentukan seberapa banyak tugas yang akan mereka ambil.

Sehingga banyak yang menjadikan profesi ini sebagai aktivitas tambahan di luar jam kuliah atau kerja tetap, sebagai tambahan penghasilan bulanan. Tapi harus tetap bertanggung jawab, ya. Karena biasanya dari pihak perusahaan juga menginginkan hasil yang berkualitas tentunya.

5. Mengirimkan kepada Media

Jika kamu selama ini biasanya menulis artikel, biasanya kamu terbitkan dimana? kompasiana? medium, atau website ugc lainnya? kenapa tidak kamu coba untuk mengirimkan kepada media yang bersedia membayar setiap artikel yang terbit?

Ada beberapa website yang memang menerima artikel dari pembacanya, dan kabar baiknya mereka juga memberikan honor untuk setiap artikel yang lolos editorial. Salah satunya seperti mojok.co. Untuk website lainnya, silahkan simak artikel ini: situs menulis artikel dibayar rupiah

Gimana, sudah ada gambaran tentang cara untuk menjadikan hobi dan bakat menulismu menjadi lebih bermanfaat secara finansial? Tentunya bakat ini harus terus menerus diasah, ya. Jangan segan untuk mengikuti kelas menulis atau terlibat aktif di forum kepenulisan, supaya hasil tulisan kita semakin berkualitas dan mempunyai daya jual tentunya.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti cara menjual artikel secara online atau artikel lainnya di kategori Writing for Life

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress