Jasa Penulis Artikel

Saat ini melek dengan teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap orang, agar dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat. Salah satu caranya ialah membaca artikel di berbagai media digital. Karya tulis ini tak hanya memenuhi laman pencarian berbasis online, tapi juga bisa dibaca di berbagai media cetak seperi majalah, koran, dan lainnya. 

Namun, tahukah kamu kalau ternyata artikel punya banyak jenis? Selayaknya sebuah karangan, isi artikel dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Apa sajakah jenis artikel menurut isinya tersebut? Apa sebenarnya tujuan penulisan artikel tersebut? Simak di pembahasan berikut ini, ya!

Pengertian Artikel

Sebelum membahas lebih lanjut jenis artikel menurut isinya, sebaiknya ketahui dulu apa itu artikel. Singkatnya, artikel merupakan tulisan berupa faktual yang di dalamnya berisi gagasan informatif, edukatif, meyakinkan, atau menghibur. Artikel ditulis dengan panjang tertentu kemudian dipublish pada media online maupun media cetak.

5 Jenis Artikel Menurut Isinya

Sering dianggap sama, nyatanya artikel ditulis dengan gaya tulisan serta tujuan yang berbeda. Itulah mengapa saat kamu membaca artikel, akan menemui kesan yang berbeda pada setiap tulisan. Simak jenis artikel menurut isinya berikut ini:

1. Artikel Narasi

Jenis artikel yang satu ini pasti sudah sering kamu jumpai di berbagai lini masa. Yakni karya tulis yang isinya naratif, atau bercerita mengenai serangkaian peristiwa atau kejadian secara sistematis dalam kurun waktu tertentu.

Orang yang membuat artikel jenis ini diberi nama narator. Umumnya, narator akan menambahkan  tokoh, permasalahan, dan cara penyelesaian masalah ke dalam cerita.

Baca Juga: Piramida Terbalik dalam Menulis Berita

Beberapa contoh jenis artikel narasi adalah autobiografi, biografi atau kisah pengalaman. Misalnya, seorang traveller yang berkisah mengenai perjalanan yang dilakukannya. Atau bisa juga seseorang yang bercerita mengenai kisah perjalanan hidupnya untuk memotivasi orang lain.

2. Artikel Eksposisi

Jenis artikel menurut isinya selanjutnya ialah eksposisi. Merupakan jenis artikel yang mengandung penjeasan atau informasi mengenai satu topik yang bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada pembaca.

Pada artikel eksposisi, biasanya akan dilengkapi dengan data pendukung berupa gambar, grafik, maupun data statistik. Tujuannya untuk membuat pembahasan lebih jelas dan lengkap.

Contoh dari artikel jenis eksposisi banyak ditemukan pada berbagai media online seperti Tirto.id, IDN Times, Kumparan, dan lainnya. Media berita tersebut memiliki artikel eksposisi yang cukup banyak untuk menjelaskan berbagai informasi seperti perkembangan partai politik, hingga penemuan sejarah yang dijelaskan melalui penyajian data pendukung.

3. Artikel Deskripsi

Sesuai namanya, artikel deskripsi merupakan jenis artikel berupa deskripsi atau karangan yang memberikan gambaran secara mendalam mengenai satu hal. Artikel deskripsi akan membuat pembacanya seolah-olah bisa merasakan, mendengar, dan melihat kejadian yang dideskripsikan.

Sederhananya, artikel deskriptif diartikan sebagai tulisan yang dideskripsikan sebagai gambaran akan suatu permasalahan dalam kehidupan.

Proses pembuatan artikel yang satu ini bisa dibilang sulit. Pasalnya, penulis perlu mengumpulkan data, membuat pendapat beserta penjelasan yang runtut. Penjelasan umumnya dimulai dari permasalahan, pembahasan, serta solusi.

4. Artikel Persuasi

Jenis selanjutnya adalah artikel persuasi yang bersifat persuatif atau mengajak. Itulah mengapa artikel ini juga disebut artikel ajakan. Karya tulis yang satu ini dibuat untuk memengaruhi pembaca agar mau melakukan apa yang dituliskan.

Artikel persuasif banyak digunakan untuk tujuan penjualan suatu poduk, tujuannya agar angka penjualan bisa naik karena tulisan yang dibuat. Selain itu, jenis artikel ajakan ini juga kerap dipakai untuk bebagai kampanye.

Contohnya adanya kampanye pemilihan peresiden. Maka, tulisan bisa dibuat mengajak untuk memilih satu calon presiden dengan memberikan data keunggulan yangg bisa digunakan untuk melemahkan lawan.

Contoh lainnya dengan memuat tulisan kampanye anti narkoba. Tujuannya untuk mengajak pembaca agar menjauhi narkoba dengan memberi fakta mengenai bahaya penggunaan narkoba.

5. Artikel Argumentasi

Jenis artikel menurut isinya yang satu ini sepertinya sudah banyak dilihat di berbagai media. Artikel argumentasi merupakan artikel yang ditulis dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran satu opini, atau mengkritisi sebuah hal dengan menyajikan fakta yang bisa dijadikan sebagai bukti.

Banyak yang menyebut argumentasi sebagai uji validitas. Karena di dalamnya penulis berargumen akan suatu kebenaran yang valid disetai data dan fakta pendukung opini.

Banyak artikel bersifat argumentatif yang beredar di media massa. Misalnya, artikel yang menjelaskan tentang hasil kemenangan PilPres Amerika Serikat tahun 2020. Joe Biden dilaporkan menang atas Donald Trump dan kemenangannya dinilai menguntungkan Indonesia. Nah, di sini penulis memberikan opini, tetapi juga ada data dan fakta yang mendukung opini tersebut.

Baca Juga: Mengetahui Struktur Penulisan Artikel Review

Jadi tidak sembarangan dibuat, isi artikel ditulis berdasarkan maksud dan tujuan tertentu. Baik untuk memberikan informasi, menjelaskan dengan lengkap, mengajak pembaca, atau untuk beropini dengan fakta. Bagaimana? Sudah pahamkah dengan berbagai jenis artikel menurut isinya di atas? Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya!

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post