Mengenal jenis Content Marketing

10 Jenis Content Marketing Terbaik untuk Konten Website

Mempromosikan produk suatu bisnis saat ini semakin mudah. Di era digital yang berkembang pesat, berbagai jenis content marketing pun menjadi pilihan pemasaran yang ideal.

Content marketing merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan sebuah konten yang diciptakan untuk menarik audiens menjadi pelanggan Anda. Content marketing tak hanya dapat berupa kalimat sederhana dan tepat sasaran, namun juga dapat berupa gambar atau video yang meyakinkan pelanggan.

Untuk mengembangkan strategi tersebut, alangkah baiknya Anda mengenal berbagai macam content marketing yang layak untuk memasarkan usaha Anda.

 

Jenis Content Marketing Terbaik bagi Bisnis Anda

Ada banyak cara untuk memasarkan produk Anda, khususnya untuk pemasaran secara online. Pemasaran seperti ini akan membutuhkan teknik content marketing yang sangat berguna untuk Anda pelajari dan gunakan demi kepentingan bisnis Anda.

Berikut adalah 10 pilihan content marketing terbaik yang dapat digunakan untuk strategi digital marketing Anda.

 

1. Blog

Content marketing yang paling populer serta paling efektif digunakan saat ini adalah blog. Blog digunakan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dan mengarahkan para pengguna mesin pencari ke blog Anda dengan kata kunci yang berkaitan dengan produk Anda.

Pengoptimalisasian artikel konten pada blogging Anda sangat bermanfaat untuk menjembatani dengan para pengguna. Hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan jumlah pengunjung blog Anda.

Ketahui kriteria konten berkualitas 2019.

 

2. Video

Engagement sangat diperlukan dalam content marketing sebuah perusahaan. Untuk menjalin engagement dengan audience tersebut, video dapat menjadi senjata andalan berikutnya selain blog, meskipun konten juga bisa dengan tujuan seperti ini.

Sebagian besar masyarakat kini lebih menyenangi tontonan video. Hal ini dikarenakan dapat menghemat waktu dan lebih mudah untuk diserap.

Semakin banyak orang yang melihat video content marketing Anda, peluang untuk mendapatkan peningkatan penjualan pun akan semakin besar.

Itu artinya, perusahaan Anda akan mengalami kemajuan yang baik dan signifikan berkat content marketing yang kreatif dan mencirikan identitas perusahaan tersebut.

Apa yang akan didapatkan ketika anda anda memiliki konten dengan enggagement tinggi? Jika anda juga menggunakan website, maka rangkin mesin pencari akan meningkat, hal ini sesuai dengan fakta terkait Optimasi Algoritma Google RankBrain yang kami bahas beberapa waktu lalu.

 

3. Infografis

Dalam jenis content marketing, infografis merupakan cara berikutnya setelah blog dan video. Penggunaan infografis tak jauh berbeda dengan blog dan video, namun ia lebih mampu menarik pembaca dengan sajian informasi yang lebih mudah dipahami.

Anda dapat memilih format yang pas dan menarik jika infografis adalah pilihan strategi marketing Anda. Bantuan visual dalam infografis akan mempermudah pelanggan dalam menilai produk bisnis Anda.

Namun sayangnya konten seperti ini kurang baik untuk website, khususnya SEO, karena Google sendiri paling suka dengan konten berupa teks.

Jika anda akan menghadirkan konten infografis untuk website, sebaiknya juga hadirkan versi teks biar konten tersebut juga bermanfaat untuk mesin pencari.

 

4. Studi Kasus

Biasanya sebuah brand perusahaan akan melakukan studi kasus untuk mengetahui apa dan bagaimana keinginan pelanggan secara garis besar. Dari hasil studi tersebut, akan membantu dalam menentukan isi content marketing.

Anda tidak harus mengungkapkan hasil studi kasus intern anda, namun gunakan hasil dari studi kasus tersebut untuk sebagian ide dari konten anda, misalkan konten seperti apa yang disukai pelanggan anda, apa yang mereka butuhkan, dan sebagainya.

Studi kasus ini dapat mengarahkan pelanggan untuk lebih memahami bagaimana dan apakah usaha Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Pertimbangkan pula pelanggan mana yang dapat Anda diminta sebagai sampel dalam studi kasus Anda.

 

5. E-book

Pemasaran dalam bentuk e-book juga terbilang efektif karena dapat memaparkan seluruh produk dan segala aspek perusahaan secara detil dan jelas. Nilai bagi prospek pelanggan yang akan mempengaruhi bagaimana Anda menjalin hubungan antara perusahaan dengan target konsumen Anda.

Penggunaan e-book mungkin akan memakan biaya yang lebih. Anda juga harus menuangkan pemikiran yang dapat membuat pelanggan Anda percaya akan produk dan perusahaan Anda.

Tapi ini akan sangat baik untuk kredibilitas anda dimasa yang akan datang.

 

6. Whitepaper

Tak ubahnya dengan e-book, content marketing ini juga ampuh dalam pemasaran Anda. White paper adalah bentuk konten panjang selain e-book. Jenis pemasaran ini baik digunakan untuk b2b (business to business) maupun bisnis kecil lainnya.

Informasi yang diberikan dengan whitepaper lebih padat dan berpusat pada detil informasi yang didukung oleh data.

Dengan whitepaper, usaha Anda tak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga menyediakan cara Anda menjaga hubungan dengan pelanggan setelah mereka mengunduh konten yang Anda bagikan.

 

7. Daftar Pemeriksaan (Check list)

Daftar ini merupakan lembar kerja yang berisikan tahapan hal-hal yang harus dilakukan demi mencapai hasil yang diinginkan. Buatlah daftar yang mudah dibaca dan diikuti oleh pelanggan sehingga mereka dapat membuat keputusan yang cerdas yang berkaitan dengan produk.

Anda perlu tahu bahwa semua orang mempedulikan kepentingan mereka sendiri, mereka akan selalu peduli dengan apa yang mereka butuhkan, dengan menghadirkan konten daftar pemeriksaan seperti ini, konten anda akan mendapatkan atensi dari mereka.

Namun hindari konten daftar pemeriksaan yang menipu hanya untuk dikaitkan dengan produk, hal ini sangat tidak baik untuk kelangsungan usaha anda.

 

8. Wawancara

Wawancara dengan seorang pakar yang berhubungan dengan konten Anda sangat penting dilakukan guna membangun kepercayaan target konsumen Anda. Cermat dalam menentukan pembicara yang berhubungan dengan konten Anda sangat menjadi penentu kepercayaan target konsumen Anda.

Wawancara dapat dilakukan melalui dua cara. Pertama Anda dapat memanfaatkan live streaming di akun media sosial. Cara lainnya adalah dengan merekam dan membagikannya di blog dan media lain yang Anda pakai.

Konten wawancara yang relevan akan membantu audiens dalam memahami kebutuhan mereka. Nilai dalam wawancara ini sangatlah penting terhadap subjek wawancara yang informatif dan edukatif serta memenuhi kebutuhan pelanggan.

 

9. Posting di Media Sosial

Kekuatan media sosial dapat sangat bermanfaat bagi yang baru merintis usahanya. Apalagi hampir segala aspek usia memiliki platform media sosial, seperti facebook, twitter, dan instagram, yang dapat dibuka dimana saja melalui gadget Anda.

Strategi postingan konten yang menarik dibuat berdasarkan tujuan masing-masing perusahaan. Postingan yang Anda bagikan juga berperan sebagai pengingat bagi pelanggan dalam promosi dan penjualan.

Konten yang dibagikan pun harus bersifat informatif dan kreatif sehingga para pengguna tertarik untuk mengikuti akun Anda. Pelajari bagaimana strategi social media marketing.

 

10. GIF dan Meme

GIF dan meme merupakan dua hal yang dapat membuat bisnis Anda menjadi unik dan menarik. GIF dan meme yang diciptakan berdasarkan karakter khas usaha Anda, nantinya dapat Anda aplikasikan pada blog dan media promosi digital lainnya.

Anda dapat pula membaginya pada postingan media sosial. Apalagi banyak masyarakat sekarang yang suka dengan GIF dan meme yang lucu. Semakin banyak audiens yang menyukai GIF dan meme Anda, besar kemungkinan mereka akan membagikan ulang kepada teman-teman di media sosial mereka.

Disini proses marketing akan menjadi lebih mudah karena konten yang anda buat berhasil viral.

Berbagai jenis content marketing diatas dapat Anda jadikan sebagai referensi sebagai sarana pemasaran digital anda. Sebelumnya silahkan pilih beberapa jenis yang efektif dan sesuai dengan tujuan perusahaan Anda.

Tidak ada salahnya untuk lebih menggali informasi demi membangun engagement dengan target konsumen Anda. Jika anda salah satu pemilik usaha yang menggunakan website, anda bisa bekerjasama dengan Jawarakonten untuk menghadirkan konten terbaik.

Ada banyak layanan yang kami hadirkan dimulai dari copywiriting SEO, Jasa artikel, sampai dengan jasa kelola website. Silahkan memilih yang paling sesuai dengan usaha anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *