Tips Jalan-Jalan ke Jogja ala Backpacker

Tips Jalan-Jalan ke Jogja ala Backpacker

Tips Jalan-Jalan ke Jogja ala Backpacker

 

Jawarakonten.com || Di saat ekonomi sulit, backpacker selalu punya tips pintar untuk mengatasi hasrat jalan-jalan yang sudah tidak bisa dibendung, termasuk ketika ingin ke kota wisata Jogja yang eksotik dan bikin kangen, tips jalan-jalan ke Jogja ala backpacker akan sangat membantu Anda bisa berwisata meski dengan anggaran yang minim.

Dua kata yang paling sering dibayangkan orang tentang Jogja adalah murah dan eksotik. Makanan dan pakaian di Jogja memang terbilang murah dibandingkan kota-kota lainnya.

Sementara pesona wisata alam dan budayanya juga sangat mempesona. Kreativitas menjadi hal paling dominan yang kita temukan di Jogja. Hal-hal sederhana bisa disulap menjadi luar biasa oleh orang-orang kreativ Jogja.

Jogja pun selalu dikenal sebagai kota pelajar. Datang ke Jogja akan menyuguhkan kesan literasi yang berbeda.

Diskusi-diskusi ilmiah dan perbukuan begitu hidup di kota tersebut, budaya membaca pun sangat kuat hingga di kalangan sopir Angkot dan tukang becak.

Baca JugaPilihan Transportasi Ketika Liburan di Jogja

Kangen ke Jogja tapi anggaran terbatas? Tips berwisata ala backpacker ini akan sangat membantu Anda bisa berkunjung ke Jogja kapan saja.

 

5 Tips Jalan-Jalan ke Jogja Ala Backpacker

Bila ingin berhemat memang harus belajar dari gaya para backpacker saat jalan-jalan. Berikut ini panduan jalan-jalan murah yang bisa Anda pilih saat berada di Jogja:

1. Transportasi

rekomendasi transportasi liburan di jogja

Transportasi paling murah yang bisa Anda tumpangi untuk sampai ke Kota Jogja adalah kereta api.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, pilihan kendaraan kereta api merupakan pilihan paling tepat.

Tiket pesawat dari Jakarta ke Jogja bisa dua kali lipat dari harga tiket kereta. Kenyamanan kereta juga sudah lebih baik saat ini.

Untuk transportasi di dalam kota, Anda juga bisa belajar dari para backpacker. Jenis kendaraan yang bisa Anda pilih untuk keliling Jogja adalah bus trans Jogja.

Tips jalan-jalan ke Jogja ala backpacker selanjutnya yang bisa Anda coba adalah rental motor Jogja.

Rental motor harian tarifnya hanya puluhan ribu. Dengan kendaraan ini Anda bisa menjelajah ke berbagai tempat wisata yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat.

2. Penginapan

Penginapan di Jogja memang terbilang mahal, apalagi jika hotel berbintang. Nah, jika Anda ingin berhemat, Anda bisa mencari penginapan murah dengan tariff per malam 100 hingga 200 ribu rupiah.

Salah satu penginapan murah terletak di area jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Di sini terdapat banyak home stay, guesthouse hingga hotel.

Untuk mendapatkan penginapan murah di Jogja, tips paling mudah bisa Anda lakukan dengan berjalan kaki atau keliling menggunakan rental motor yang lebih murah.

Panduan jalan-jalan ke Jogja ala backpacker soal penginapan ini memang sangat penting untuk diperhatikan.

3. Makan Murah

Makanan murah sangat mudah ditemui di Jogjakarta, tetapi pilihannya pada umumnya adalah makanan-makanan tradisional khas Jogja.

Kalau Anda cocok dengan rasa manis Jogja, masalah akan lebih mudah. Ada banyak sekali kuliner murah di Jogja yang umumnya menawarkan rasa manis.

Ada yang mengatakan, kalau tidak suka rasa manis, kuliner murah dan enak yang bisa Anda nikmati di Jogja adalah bakso.

Di Jogja, rasa bakso terasa lebih spesial karena memiliki banyak bahan-bahan tambahan yang berbeda.

Selain itu, di Jogja pun Anda masih bisa menemukan nasi padang dengan harga yang terjangkau.

Jadi untuk wisatawan luar Pulau Jawa tak perlu khawatir, masih banyak kuliner murah di Jogja yang sesuai dengan lidah dan selera Anda.

3. Tempat Wisata

Kadang-kadang harga tiket masuk ke tempat wisata juga bikin anggaran bengkak. Tips jalan-jalan ke Jogja ala backpacker merekomendasikan Anda untuk memilih jenis wisata yang instagramable dengan tiket murah.

Tempat wisata ini umumnya masih baru, memiliki spot unggulan untuk berfoto. Tiket masuknya cukup murah, bahkan banyak yang gratis.

Di antara tempat wisata yang disarankan untuk Anda adalah Wisata Kalibiru, Pantai Gunung Kidul, Taman Sari, Bukit Gomok, Hutan Pinus, Air Terjun Sidoharjo, Bukit Bintang dan sebagainya. Kalau kamu takut kesasar, kamu bisa menghubungi pihak rental mobil di Jogja untuk mengantarkannya.

4. Wisata Belanja Murah

Pict by Agto Nugroho-unsplas

Wisata belanja murah di Jogja cukup banyak, mulai dari Pasar Beringin Harjo hingga Malioboro.

Tetapi, saat berbelanja juga ada tipsnya. Akan lebih baik membawa warga tempatan, datang lebih pagi dan menggunakan bahasa Jawa.

Baca Juga : Bimbingan Belajar Privat Sebagai Solusi Anak Rangking di Kelas

Jika kamu ingin ke Malioboro, sebaiknya datanglah pada sore hari, disana ada banyak pilihan hal menarik yang bisa kamu lakukan pada saat sore menjelang malam.

Supported by :

bimbel di Jogja

Bila Anda memilih tips jalan-jalan ke Jogja ala backpacker di atas, dijamin anggaran wisata bisa ditekan. Mau lebih lama di Jogja pun tak masalah. Apalagi jika Anda memiliki kerabat atau kenalan di Jogja yang mau menyediakan tempat tinggal gratis. Selamat liburan di Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat Live chat via WhatsApp