Meski banyak sosial media baru yang bermunculan, nama Instagram masih cukup mendominasi media marketing Indonesia. Banyak pebisnis baru atau profesional yang memanfaatkan platform tersebut untuk mempromosikan barang atau mengenalkan brand.  Masyarakat pun ramai memperdebatkan kelebihan dan kekurangan Instagram Bisnis.

Melihat besarnya antusiasme pengguna Instagram untuk marketing produk. Pengelola Instagram memutuskan untuk menawarkan Instagram Bisnis yakni akun premium yang memang sengaja dipersiapkan untuk usaha online pada 2016 silam. Fitur-fitur yang tersedia di Instagram Bisnis tentu berbeda dengan Instagram pada umumnya.

Kelebihan Instagram Bisnis

Bicara tentang profile Instagram Bisnis, tentu kamu penasaran apa sih kelebihan instagram Bisnis. Apa yang membedakannya dengan Instagram biasa? simak penjelasan mengenai kelebihannya berikut ini.

1. Memudahkan Promosi Atau Pasang Iklan

Sama seperti Faceboob, beriklan di Instagram juga menjadi salah satu hal wajib bagi pebisnis online nusantara.  Melalui akun bisnis, kamu memiliki kesempatan atau kemampuan lebih besar untuk beriklan via Instagram.

Baca Juga: 7 Ide Konten untuk Instagram Bisnis Kamu

Orang yang telah mengikuti akun Instagram kamu sejak lama juga langsung menyadari perubahan dari Instagram biasamu ke bisnis. Semakin kamu mudah mempromosikan barang atau jasa artinya semakin besar pula kemungkinan untuk meningkatkan profit usaha.

2. Akses Instagram Insights Perkembangan Bisnis

Kelebihan Instagram bisnis sangat kontras dengan instagram biasa. Namun kamu tidak bisa mendapatkan fitur deep Instagram Insights jika tidak menggunakan akun bisnis. Fitur ini memungkinkanmu untuk melihat jumlah viewers, jumlah tayangan, total kiriman dan informasi penting lainnya.

Menariknya lagi melalui Instagram Insight, kamu juga bisa melihat siapa saja yang melihat atau browsing di akun Instagram Bisnis atau sekedar melihat caption instagram kamu. Tidak hanya itu, fitur lainnya termasuk melihat gender, geografis atau usianya. Dengan informasi lengkap seperti ini, kamu bisa menetapkan jalur promosi ke arah yang lebih tepat. Sehingga produkmu terekspos dan memperoleh atensi dari target marketing sesungguhnya.

3. Tambahan Informasi Bisnis

Kelebihan Instagram Bisnis masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna Instagram. Tapi faktanya, akun bisnis menawarkan tambahan label bisnis pada profil Instagram kamu. Kamu dapat menambahkan alamat kantor operasional atau nomor telepon bisnis di profil Instagram.

Dengan demikian, konsumen atau pengikutmu bisa menghubungi kamu kapan saja ketika mereka tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa. Cara ini juga meningkatkan elemen profesionalisme pada bisnis yang kamu kembangkan.

4. Anlisis Waktu Terbaik Posting Konten

Instagram Bisnis membantumu menentukan kapan tepatnya memposting konten promosi yang baru dengan bantuan Instagram Insight. Sehingga kamu bisa terhindar dari kesalahan sepele yang masih sering dilakukan oleh pebisnis amatir yang menggunakan Instagram biasa. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelola konten secara matang sebelum dipublikasikan di hari H.

Kekurangan Instagram Bisnis

Ada kelebihan tentu ada kelemahannya pula. Sama seperti iklan konvensional yang punya banyak keterbatasan, berbisnis via Instagram Bisnis juga mendatangkan berbagai kerugian seperti berikut ini:

1. Akun Terlabeli Sebagai Instagram Bisnis

Kekurangan Instagram Bisnis yang pertama yakni tidak terlepas dari labeling yang dimilikinya.  Saat kamu mengubah profil Instagram menjadi bisnis mau tidak mau kamu harus merelakan akun Instagram pribadimu. Terkecuali jika kamu membuat akun Instagram yang baru yang benar-benar di masa depan akan dialihfungsikan sebagai Instagram Bisnis.

Resikonya, kamu  tidak bisa chatting santai dengan teman-temanmu seperti biasanya. Terlebih jika pesan yang masuk setiap harinya sangat membludak.

2. Tidak ada Pembatasan Direct Messages

Bila kamu mampu membatasi pengirim direct messages pada Instagram Creator maka hal yang sama tidak berlaku jika kamu mengaktifkan Instagram Bisnis. Kamu tidak memiliki kewenangan untuk membatasai pesan masuk yang dikirimkan oleh pengikutmu.

Hal ini bisa menimbulkan kerugian jika kamu melewatkan satu saja Direct Massages penting yang dikirimkan oleh kolega atau konsumenmu. Penting untuk mempekerjakan admin sosial media Instagram Bisnis jika kamu tidak mampu menghandle akunnya seorang diri.

3. Butuh 10 Ribu Pengikut

Instagram Bisnis memang diperuntungkan untuk berbisnis otomatis jumlah pengikut yang terdapat di Instagram pun menjadi modal utama. Sayangnya, persyaratan ini menciptakan jurang keterbatasan yang sangat besar. Mengapa? Karena mereka yang memiliki pengikut kurang dari 10.000 orang tidak dapat beralih ke akun bisnis.

Sehingga kamu harus mengumpulkan followers terlebih dahulu atau paling ekstrem membeli akun Instagram milik orang lain. Kondisi ini tentunya tidak menguntungkan apalagi jika yang kamu kejar adalah fitur bisnis gratis yang ditawarkan oleh Instagram Bisnis.

Bicara mengenai kelebihan dan kekurangan Instagram Bisnis, mana yang menurutmu paling dominan? Apa itu kelebihannya apa justru kelemahannya? Sebagai pebisnis yang baik dan bijaksana, kamu harus mengambil keputusan dengan kepala dingin.

Silahkan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum beralih ke Instagram Bisnis. Supaya bisnis yang kamu jalankan berlangsung dengan lancar, kamu juga menerima lebih banyak hal positif dari pada negatifnya.

Baca Juga: Tips dan Cara Optimasi Akun Instagram Bisnis

Demikianlah informasi menarik seputar kelebihan dan kekurangan Instagram Bisnis. Kamu yang masih bingung untuk memakai akun tersebut atau tidak, semoga bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan. Sehingga bisnis yang kamu jalankan menghasilkan profit yang lebih besar dari sebelumnya. Jika kamu saat ini sedang membutuhkan tools instagram dan ingin melakukan pembayaran, silahkan manfaatkan jasa pembayaran paypal online kami.