Pengertian Keyword Density Lengkap dengan Optimasinya

pengertian keyword denisty dan cara melakukan optimasinya

Pengertian Keyword Density Lengkap dengan Optimasinya

Ketika berbicara mengenai keberhasilan artikel untuk sampai pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka peran keyword/kata kunci dan penerapan optimasinya dalam search engine menjadi sangat penting. Menurut beberapa pakar SEO, Google sendiri menerapkan keyword density yang ideal yaitu antara 1,5% – 3%. Sedangkan Bing, Yahoo, dan search engine lainnya menerapkan 5% sebagai patokan idealnya.

Tapi seperti biasa, tidak ada yang pasti dalam ilmu SEO, semuanya serba abu-abu, dan kita gak akan tahu seberapa keyword denisty yang pas jika kita tidak mencoba terlebih dahulu.

 

Lalu apa sebenarnya pengertian dari Keyword Density itu?

Keyword Density adalah kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel atau berapa kali kata/ frase muncul dalam sebuah artikel yang dinyatakan dalam prosentase.

Sebagai contohnya, jika dalam sebuah artikel terdapat 500 kata terdapat 10 kali pengulangan kata kunci, maka jumlah keyword density adalah 2%, jika Anda ingin menaikkan jumlahnya menjadi 3%, maka Anda harus mengulangi kata kunci/keyword dalam artikel Anda menjadi 15 kali pengulangan pada jumlah artikel yang sama yaitu artikel 500 kata.

Untuk mengukur dan mengetahui berapa besar keyword density pada artikel Anda, Anda hanya perlu search di pencarian Google dengan menggunakan kata kunci: Keyword Density Checker. Jangan kuatir karena sudah banyak situs penyedia layanan ini secara online dan free, jadi Anda tidak perlu repot menghitung prosentasenya, cukup dengan ketik beberapa kata, sekali klik, dan selesai.

 

Apakah manfaat dari penerapan kepadatan kata kunci dan optimasinya pada website Anda?

Penggunaan keyword secara optimal memang bukan jaminan mengantarkan artikel Anda ke halaman utama pada pencarian Google, karena masih banyak indikator lainnya seperti relevansi, pembuatan konten berkualitas, pembuatan sub heading (H1, H2, H3), dan lain-lain.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin, jika Anda menerapkan penggunaannya dengan tepat sebelum Anda memposting sebuah artikel, bisa jadi artikel Anda berada di halaman utama pencarian Google dan keberuntungan akan memihak Anda, karena memiliki kesempatan lebih banyak mendapatkan klik dibanding halaman lainnya.

 

Apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan pesaing yang juga menggunakan keyword density dan menjadi pemenang dalam halaman utama pencarian Google?

Baca Juga : Tips Optimasi SEO untuk Webiste Baru

Pertanyaan semacam ini tentu sering muncul di benak para bloger khususnya bloger pemula, apalagi yang harus dilakukan agar keyword density bekerja secara optimal dan mengalahkan pesaing yang juga menggunakannya? Berikut ini ada beberapa riset yang perlu Anda lakukan:

 

Tips Optimasi Keyword Denisty

  1. Ukurlah kepadatan kata kunci artikel Anda sebelum Anda memposting ke website.
  2. Hitung juga berapa banyak kepadatan kata kunci pesaing kita dengan menggunakan toolzippy.co.uk
  3. Cek juga apakah keyword density pesaing kita memiliki pencarian tertinggi atau tidak? Anda bisa menggunakan keyword planner dari Google atau bisa langsung saja ketik dari halaman pencarian Google
  4. Dan yang terakhir, setelah Anda melakukan riset dari point ke-1 sampai dengan point ke-3, silakan tentukan keyword density yang akan Anda taburkan di seluruh artikel Anda. Hal yang perlu Anda ingat adalah, jangan sampai melebihi 4%, karena artikel dengan jumlah lebih dari 4% akan dianggap spam oleh search engine.

 

Jawarakonten sebagai salah satu jasa penulis artikel SEO memiliki patokan sendiri untuk menentukan seberapa ideal keyword denisty.

Tetapi mohon maaf, kami tidak bisa membeberakan secara gamblang disini karena ini adalah rahasia dapur produksi kami. Kami hanya memberikan jumlah rata-rata aja, dan silahkan sesuaikan dengan kecocokan Anda probadi.

Bagaimana, apakah artikel di atas sudah mewakili rasa penasaran Anda tentang keyword density dan penerapan optimasinya dalam search engine? Atau Anda memiliki pertanyaan lain seputar pembahasan di atas? Jangan sungkan, ketikkan pertanyaan Anda di kolom komentar dan kami siap menjawabnya.

Baca Juga : Format Penulisan Artikel Yang Baik Untuk Webiste

Kini Anda sudah tahu pengertian keyword density lengkap dengan cara optimasinya. Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah bagian satu ini cukup penting untuk kita perhatikan? Bagi kami ini sangat penting, khususnya untuk webiste baru yang masih kesulitan dalam mendapatkan pengunjung.

Tapi kenapa ada website yang tidak memperhatikan kata kunci namun memiliki posisi bagus di search enggine? Seperti yang sudah kami bilang bahwa ada banyak hal yang menjadi penentu sebuah artikel akan merajai serp, keyword density hanyalah salah satu bagiannya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat WhatsApp