Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Apa itu Keyword Density? Arti & Tools Keyword Density Checker

1 min read

keyword density artinya

Ketika berbicara mengenai keberhasilan artikel untuk sampai pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka peran keyword atau kata kunci dan penerapan optimasinya dalam search engine menjadi sangat penting.

Menurut beberapa pakar SEO, Google menerapkan keyword density yang ideal yaitu antara 1,5% – 3%. Sedangkan Bing, Yahoo, dan search engine lainnya menerapkan 5% sebagai patokan idealnya.

Tapi seperti biasa, tidak ada yang pasti dalam ilmu SEO, semuanya serba abu-abu, dan kita gak akan tahu seberapa keyword denisty yang pas jika kita tidak mencoba terlebih dahulu. Lalu apa sebenarnya pengertian dari Keyword Density itu?

Apa itu Keyword Density?

Keyword Density adalah kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel atau berapa kali kata atau frase muncul dalam sebuah artikel (dinyatakan dalam persen) dengan membagi jumlah keyword dengan panjang kata lalu dikali 100%.

Sebagai contoh penerapan keyword density seperti ini. Jika dalam sebuah memiliki panjang 500 kata, dan terdapat 10 kali pengulangan kata kunci, maka jumlah keyword density adalah 2%.

Jika Anda ingin menaikkan jumlahnya menjadi 3%, maka Anda harus mengulangi kata kunci atau keyword dalam artikel Anda menjadi 15 kali pengulangan pada jumlah kata yang sama.

Jika anda ingin mengetahui rumus dari menghitung keyword density, silahkan cek dibawah ini:

(Jumlah Pengulangan : Jumlah Kata) x 100
Contoh untuk kasus diatas: (10 :500) x 100 = 2, Berarti keyword density yang ada pada artikel dengan panjang 500 kata, dengan pengulangan 10 kali, adalah 2%

Tools Keyword Density Checker

Selain mengitungnya secara manual, kita juga bisa memanfaatkan tools keyword density checker untuk mengetahui berapa persen kepadatan kata kunci yang kita gunakan dalam sebuah artikel.

Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan mempastekan artikel yang sudah kita tulis, kemudian tools yang akan kita gunakan akan menginformasikan beberapa keyword yang ada pada artikel kita lengkap dengan jumlah pengulangannya.

Berikut beberapa tools yang bisa anda manfaatkan untuk mengetahui keyword denisty pada sebuah artikel:

  • SEO Review Tools: website ini memiliki dua pilihan pengecekan, yakni melalui live link dan juga input text. Silahkan sesuaikan dengan pilihan anda, untuk alamatnya, anda bisa mengunjungi disini https://www.seoreviewtools.com/keyword-density-checker/
  • Small SEO Tools: sama seperti tools sebelumnya, smallseotools juga menghadirkan tools dengan pilihan yang sama, anda bisa mengunjunginya disini https://smallseotools.com/keyword-density-checker/
  • Copywritely: copywritely juga menghadirkan tools untuk mengecek kepadatan kata kunci, fitur yang dihadirkan juga tidak jauh berbeda dengan 2 tools sebelumnya, anda bisa mengunjungi disini https://copywritely.com/keyword-density-checker/

Contoh Keyword Density

Agar lebih mudah dalam memahami keyword density, kami juga akan memberikan contoh tampilan keyword denisty dalam sebuah artikel. Berikut contoh keyword density.

contoh keyword density

Dalam artikel diatas, pinjaman online adalah keyword dari artikel yang diminta, dan banyaknya keyword tersebut diulang adalah contoh dari keyword density.

Berikut ulasan kami tentang arti keyword density, lengkap dengan tools untuk mengecek keyword density, sampai dengan contoh kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel. Jika anda membutuhkan artikel dengan keywrod density yang ideal, anda bisa melihat layanan pembuatan artikel kami.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti cara menulis artikel SEO Friendly atau artikel lainnya di kategori Artikel SEO.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta Dilindungi oleh undang-undang © 2020 jawarakonten.com

Powered by WordPress