Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Apa itu Konten? Arti, Jenis, dan Cara Membuat

2 min read

apa itu konten? konten adalah

Di era digitalisasi, kita sering menemukan berbagai jenis konten bertebaran di media seperti Instagram, Facebook, ataupun pada berbagai website atau blog. Konten memegang peranan penting dan dijadikan media komunikasi oleh para pemilik website atau akun media sosial dengan para pembaca atau target pasar.

Bagus atau tidaknya konten dapat mempengaruhi rating sebuah website atau engagement dari suatu akun media sosial. Selain itu konten juga dapat diperjualbelikan antar pelaku media dan menjadi salah satu ladang uang yang cukup prospektif. Sebenarnya apa itu konten serta apa saja jenisnya?

Pengertian Konten

Konten adalah sebuahkata yang berasal dari bahasa Inggris “content” yang berarti isi. Konten pada media artinya adalah sebuah isi yang digunakan sebagai media berkomunikasi antar pengguna media.

Konten dibuat dan diperuntukkan bagi pengguna media sosial. Ketika Anda melihat televisi dan melihat presenter menyampaikan berita, disitulah Anda sedang melihat sebuah konten disampaikan.

Pada akun media sosial resmi dari sebuah perusahaan sering ditampilkan deskripsi produk terbaru yang baru saja mereka launching, ini bisa disebut konten.

Jenis-jenis Konten

Jenis-jenis konten ada cukup banyak dan biasanya menjadi sarana eksplorasi para content creator. Berbagai jenis konten adalah :

1.   Jenis konten naskah atau tulisan

Jenis konten yang berupa tulisan biasanya dipergunakan untuk mengisi laman website perusahaan atau blog pribadi, atau caption postingan di media sosial. Biasanya jenis konten yang satu ini disesuaikan dengan keinginan pemilik laman, dan banyak sekali tipe konten yang berupa tulisan.

Jenis konten berupa tulisan contohnya adalah cerita pendek (cerpen), puisi, teks promosi, teks berita, teks narasi, dan lain sebagainya.

2.   Jenis konten gambar

Selain berupa tulisan, jenis lain konten adalah berupa gambar. Biasanya para content creator menggunakan gambar seperti flyer, spanduk, dan meme untuk menyampaikan informasi dengan lebih mengena. Konten yang berupa gambar biasanya disampaikan dengan visualisasi semenarik mungkin.

3.   Jenis konten audio visual

Jenis konten yang satu ini merupakan salah satunya yang cukup kompleks, dengan melibatkan audio dan video sekaligus dalam sebuah karya. Biasanya jenis konten ini ditayangkan pada platform streaming atau media sosial, dan juga bisa diposting di media massa dan bahkan media sosial.

Pada jenis konten ini, audiens bisa menangkap informasi yang diberikan dengan lebih terstruktur dan melibatkan banyak indera sekaligus. Contoh konten ini adalah iklan, video message, dan masih banyak lainnya.

Bagaimana Membuat Konten Yang Berkualitas?

Bagi seorang pebisnis, adanya konten sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha mereka. Terutama jenis konten yang diperuntukkan sebagai sarana promosi, diperlukan kualitas konten yang konsisten. Inilah alasan mengapa penting sekali bagi para pembuat konten untuk menciptakan karya yang berkualitas dan bermanfaat.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa membuat konten unggulan :

1.   Buat judul yang menarik namun tidak terlalu clickbait

Judul dari sebuah konten harus dibuat semenarik mungkin dengan mengandung unsur kata kunci yang sedang dibahas. Membuat judul yang menarik tentu saja tidak mudah, usahakan keseluruhan konten yang dibahas masuk pada bagian ini.

Tambahkan sedikit pemanis untuk menarik minat audiens, namun hindari kata-kata yang terlalu clickbait dan menipu karena bisa menurunkan kualitas konten itu sendiri.

2.   Buat pembuka konten yang atraktif

Pembuka dari sebuah konten adalah salah satu elemen yang paling penting diperhatikan karena menentukan durabilitas atensi yang diberikan audiens. Ada penelitian yang menyatakan bahwa hanya 20% orang akan membaca seluruh isi konten, menyisakan 80% yang hanya melihat bagian headline atau pembuka.

Sangat penting membuat paragraf pembuka yang mencakup keseluruhan isi konten yang akan dibahas sehingga audiens mampu menggambarkan garis besar karya.

3.   Buat karya yang merupakan sebuah solusi

Fungsi dari sebuah konten adalah memberikan informasi kepada para pengunjung media. Namun akan lebih baik lagi jika konten yang dibuat merupakan solusi dari sebuah problematika yang ada di lingkungan sehari-hari.

Dengan menyajikan konten yang solutif dan informatif, audiens tidak akan merasa sia-sia telah mengunjungi media milik Anda.

4.   Sajikan informasi yang akurat

Di dunia maya, ada banyak sekali media yang menyajikan ragam informasi tidak akurat dan seringkali menyesatkan. Itulah mengapa di tengah persaingan konten saat ini, Anda harus membuat konten dengan informasi seakurat mungkin. Hal ini juga mampu memprevensi Anda dari jerat UU ITE terkait informasi hoaks dan tidak benar.

5.   Selalu sajikan konten yang original

Ragam jenis konten yang Anda buat harus original atau asli agar bisa dikategorikan sebagai konten yang berkualitas. Pembuatan karya yang autentik juga akan menghindarkan Anda dari tuduhan plagiarisme yang seringkali berakhir di meja hijau.

Itulah beberapa tips membuat konten yang berkualitas. Dengan membuat konten berkualitas premium, maka bisnis Anda akan semakin dikenal dan website akan mengalami kenaikan peringkat di mata mesin pencarian. Ingin memiliki konten yang berkualitas, lihat layanan kami, jasa pembuatan konten

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress