Jasa Penulis Artikel

Sebagai penyedia layanan jasa penulis artikel blog, tentu scope pekerjaan kami banyak berkutat dengan keyword atau yang lebih sering disebut sebagai kata kunci. Selama ini, banyak pelanggan yang bertanya, seperti apa kriteria keyword yang bagus untuk artikel SEO dan copywriting?

Nah dalam artikel ini kami akan mengulas mengenai pengertian keyword lengkap dengan kriteria yang harus ada dalam sebuah kata kunci agar memudahkan kita dalam proses research keyword. Yuk ikuti artikel kita kali ini.

Apa itu Keyword?

Keyword adalah sebuah istilah yang digunakan dalam pemasaran digital untuk menujukan sebuah kata (frasa) atau susunan dari beberapa kata yang digunakan oleh pengguna mesin pencari untuk mencari suatu informasi di internet.

Sedangkan wikipedia mendifinisikan kata kunci sebagai sebuah kata atau bahkan konsep yang memiliki keistimewaan yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lainnya.

Dalam optimasi SEO, keyword atau kata kunci merupakan salah satu hal penting yang harus digunakan dalam setiap naskah yang dibuat. Maka dari itu sebelum menulis atau memesan artikel ke jasa penulis artikel blog, kita harus memilih dan mencari keyword dengan cermat, yang biasa kita sebut sebagai riset keyword.

Lalu seperti apa sih contoh keyword atau kata kunci itu sendiri? Misalnya seperti ini, ketika anda mencari informasi mengenai “pengertian keyword” seperti yang anda lakukan saat ini, kata apa yang anda gunakan untuk mencari informasi ini? nah itulah contoh keyword. Jika kurang jelas silahkan simak dibawah ini:

contoh keyword

Kriteria Keyword yang Bagus untuk SEO

Seperti yang sudah kami janjikan, setelah mengetahui pengertian kata kunci, selanjutnya kita akan membahas tentang kriteria idel yang harus ada dalam sebuah keyword. Apa saja kira-kira, yuk simak dibawah ini.

1. Memiliki Volume Pencarian

Kriteria yang pertama adalah volume pencarian atau seberapa banyak orang menggunakan kata kunci itu. Semakin tinggi volumenya, tentu semakin banyak orang yang menggunakan atau mencari kata kunci itu. Dengan asumsi misalkan optimasi SEO kita berjalan dengan lancar, maka akan semakin banyak traffick website yang akan didapat.

Bagaimana kalau keyword tersebut tidak ada yang mencari? Tentu saja ini tidak baik untuk SEO, karena setelah artikel dibuat, kita tidak akan mendapatkan traffic.

2. Sesuai dengan Search Intent

Kedua, kriteria keyword yang bagus adalah keyword yang sesuai dengan search intent atau maksud penelusuran. Maksudnya seperti ini, misalkan anda ingin membahas tentang peralatan yang digunakan untuk membuat chanel podcast, maka keyword harus sesuai dengan pembahasan itu, misalkan peralatan untuk memulai podcast, dan sebagainya.

Jadi sebaiknya dan kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan keyword yang sesuai dengan pembahasan.

3. Tidak Stuffing

Sebelum era SEO Modern seperti sekarang ini, mesin pencari seperti Google bekerja dengan sangat kaku, yakni artikel dengan pengulangan keyword yang banyak akan muncul di hasil teratas. Akhirnya Googke merilis algoritma baru untuk mengatasi ini, dimana stuffing keyword justru akan terindikasi spam.

Jadi aplikasi keyword sebaiknya tidak berlebihan. Idealnya keyword density yang sering digunakan adalah 1-2%, bahkan banyak praktisi SEO yang lebih suka artikel natural.

4. Persaingan Rendah

Kriteria keyword yang selanjutnya adalah tingkat persaingan keyword, yang biasanya berbanding lurus dengan tingkat volume. Semakin tinggi volume pencarian sebuah keyword, biasanya tingkat persaingannya akan semakin berat, karena banyak orang yang juga menginginkan keyword tersebut. Namun dibeberapa kasus ada juga keyword bervolume tinggi namun persaingannya rendah.

Sederhananya tingkat persaingan adalah seberapa banyak orang yang bermain pada keyword itu, dan akan semakin berat jika keyword tersebut juga digunakan oleh website dengan reputasi yang baik. Keyword akan semakin bagus jika memiliki persaingan rendah.

5. Menyertakan Keyword Suggestion

Keyword Suggestion atau saran kata kunci adalah keyword yang relevan dengan keyword yang akan kita optimasi. Pernahkah anda diberikan saran kata kunci oleh google ketika mencari sebuah informasi? Nah itulah yang dinamakan keyword suggestion.

Anda bisa menyertakan keyword-keyword yang disarankan ini jika memang tema artikel yang akan kita bahas sesuai dengan keyword tersebut.

Itulah pembahasan kita mengenai definisi keyword lengkap dengan kriteria keyword yang baik untuk optimasi SEO website anda. Jika anda saat ini membutuhkan artikel, silahkan hubungi jawarakonten, atau anda memiliki pertanyaan terkait materi ini? silahkan tinggalkan di kolom komentar yaaa..

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti pengertian keyword density atau artikel lainnya dikategori Artikel SEO

Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

View Comments

There are currently no comments.
Next Post