Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

5 Manfaat dan Kegunaan Big Data untuk Industri

2 min read

manfaat big data

Sejak tahun 2017, pelaku industri mulai mengenal dan mengetahui manfaat big data untuk menunjang jalannya industri yang bersangkutan. Seiring berjalannya waktu pengguna dari big data itu terus meningkat, dan nyaris semua bidang usaha mempergunakannya. Mulai dari industri kesehatan, telekomunikasi, asuransi, retail, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah kami sampaikan, luasnya penggunaan big data tidak terlepas dari manfaat big data yang sangat kompleks dan menguntungkan perusahaan.

Baca Juga: 7 Podcast Seru yang ada di Sportify

Lantas, apa itu big data dan manfaatnya, dan mengapa perlu mempelajari big data?

Secara umum Big data adalah sekumpulan data dalam jumlah super banyak, dan isinya merupakan data terkait konsumen. Meskipun big data diartikan sebagai kumpulan data tentang konsumen, namun tidak melulu soal kuantitas melainkan kualitas. Praktis pelaku industri semakin mengenal konsumennya yang tentu mempermudah memenuhi kebutuhan konsumen.

Kegunaan & Manfaat Big Data

Ingin tahu saja benefit yang akan didapatkan jika menggunakan teknologi satu ini? Adapun manfaat big data ini sendiri bagi industri yang menggunakannya adalah:

1. Mengenal Konsumen Lebih Baik

Manfaat pertama dari big data dalam industri atau bisnis adalah sebagai sarana untuk mengenal konsumen dengan lebih baik. Kumpulan data ini tidak hanya berisi data konsumen namun juga jadwal ketika online dan lain sebagainya secara spesifik. Sehingga saat memperkenalkan produk bisa tepat waktu dan memasang iklan di tempat-tempat strategis yang sangat mungkin dikunjungi konsumen tersebut.

2. Membangun Strategi Marketing

Big data seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tidak hanya berisi data dalam jumlah besar tentang konsumen, namun informasi penting terkait konsumen juga tersedia disini. Sehingga selain kuantitas yang tinggi, kualitas data pun terjamin dan manfaatnya tidak hanya membantu mengenal konsumen namun membantu menyusun strategi pemasaran.

Ketika konsumen dari pengguna produk perusahaan kebanyakan belanja secara online, maka perusahaan bisa melakukan pemasaran secara digital. Pun sebaliknya, ketika konsumen produk yang dirilis perusahaan ternyata lebih sering belanja secara offline. Diharapkan dengan adanya big data ini maka perusahaan bisa lebih mudah melakukan pemasaran, sehingga lebih efektif sekaligus efisien.

3. Memaksimalkan Media Sosial

Big data juga bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam mengoptimalkan pengelolaan akun media sosial untuk keperluan branding dan lebih dekat dengan konsumen. Sebab big data bisa bersumber dari media sosial untuk mengetahui perilaku konsumen.

Misalnya mencari tahu suatu kata kunci produk, maka perusahaan bisa mengetahui pendapat pribadi dari pelanggan tersebut. Jika ada komplain maka perusahaan bisa menghadirkan produk serupa yang lebih baik untuk menghindari komplain tersebut.

4. Mudah Menarik Perhatian Konsumen

Melalui informasi yang disajikan di dalam big data maka perusahaan bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Yakni seperti menghadirkan solusi untuk mengatasi komplain konsumen dari suatu produk atau menyajikan produk yang solutif terhadap permasalahan konsumen secara umum.

Mengetahui fakta ini maka memudahkan perusahaan menghadirkan produk yang memang sesuai kebutuhan konsumen. Ketika dipasarkan maka akan lebih mudah menarik perhatian konsumen, dan transaksi pemesanan pun akan terjadi dalam waktu dekat.

5. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Big data akan menyajikan informasi detail seperti komplain konsumen, masukan konsumen, hingga pada kebutuhan konsumen itu sendiri. Sehingga perusahaan akan berupaya untuk menjawab semua kebutuhan konsumen tersebut. Tentunya bisa disimpulkan bahwa manfaat big data juga untuk mendorong inovasi. Sehingga perusahaan selalu berupaya mengembangkan produk untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu yang tentu berdampak baik untuk masa depan perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Digital Marketing? Pengertian dan Contoh

Big data memberi berbagai informasi penting kepada industri atau perusahaan untuk mampu menyediakan produk maupun jasa terbaik. Sebab sudah mengetahui kebutuhan dan karakter dari konsumen sejak awal. Melihat besarnya manfaat big data terhadap perusahaan maka tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang mempergunakannya.

[FAQ Kegunaan Big Data]

Apa Sih Big Data itu?

Secara sederhana big data adalah kumpulan informasi tentang sebuah data yang sangat besar yang akan sangat membantu dalam oprasi sebuah organisasi, selengkapnya cek disini jawarakonten/bigdata

Seberapa Besar Manfaat Big Data dalam Bisnis?

Bisa dibilang sangat besar, karena dengan adanya big data, para pemangku kepentingan perusahaan bisa mengambil keputusan dengan berdasarkan data.

Dan Apa saja Manfaatnya?

Dalam artikel kali ini kami menyebutkan lima manfaat, selengkapnya silahkan simak melalui artikel ini.

Jawarakonten Penyedia layanan dan produk terkait digital marketing, utamanya pasa jasa penulisan artikel untuk strategi content marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hak Cipta ©2020 Jawarakonten

Powered by WordPress