7 Manfaat Website Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Alasan dan 7 Manfaat Website untuk Bisnis di Era Digital

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat website untuk bisnis, padahal keberadaan website dalam sebuah bisnis memberikan keuangan yang sangat banyak.

Dunia bisnis sedang mengalami perubahan dahsyat di era digital ini. Banyak cara-cara lama dalam berbisnis yang terpaksa harus ditinggalkan agar setiap pelaku bisnis bisa beradaptasi dengan perubahan yang sedang terjadi.

Tentunya sebagai pebisnis Anda tidak menginginkan adaptasi saja, tetapi juga bertahan dan mendapatkan keuntungan, sesuai dengan tujuanAnda membangun bisnis.

Salah satu ciri bisnis di era digital adalah membuat website (situs web).

Kenapa harus memiliki situs? Apa manfaat website untuk bisnis?

Banyak sekali! Di antaranya Anda tak perlu lagi menjajakan bisnis Anda secara fisik dari pintu ke pintu.

Anda juga tak harus menunggu klien atau customer (pelanggan) di suatu tempat tertentu, dan mereka juga tak perlu bersusah payah mendatangi tempat Anda untuk membeli sesuatu.

Website memungkinkan mereka berinteraksi dan bertransaksi dengan Anda melalui gadget saja, seperti PC (personal computer), laptop dan Hp (handphone).

 

Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Website?

Mungkin terdengar kurang netral jika kami memberikan alasan kenapa bisnis Anda membutuhkan website, karena kami memang Jawarakonten bergerak dalam digital marketing.

Namun memang begitu adanya, sekarang ini sebuah bisnis SANGAT MEMBUTUHKAN WEBSITE.

Probyte dalam sebuah artikel menjelaskan bahwa:

pada tahun 2016, sekitar 40% bisnis kecil tidak memiliki website, namun pada tahun 2017 angka tersebut menurun menjadi 29%” Sumber :[1]

Itu artinya, dalam setahun ada pergerakan angka yang cukup signifikan, lebih dari 11% pemilik bisnis mulai membuatkan website untuk bisnis mereka.

Berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu, sekarang ini penyebaran informasi sangat cepat.

Begitu juga dengan informasi mengenai keberadaan sebuah bisnis. Jika Anda tidak menyesuaikan kecepatan informasi ini, Anda akan kalah dengan kompetitor lain yang menggunakan strategi ini.

Selain itu, jangkauan layanan ketika Anda memanfaatkan website dalam sebuah bisnis akan menjadi lebih luas. Dan sudah menjadi otomatis, tingkat penjualan akan menjadi lebih baik.

Apa hanya sebatas ini?

Tentu saja tidak, biaya untuk promosi akan menjadi lebih rendah karena Anda tidak perlu merekrut banyak orang untuk melakukan promosi.

Ya, Anda tidak membutuhkan banyak sales ketika sudah memiliki website. Cukup dengan copywriting yang powerfull dan sedikit olah SEO atau iklan, website Anda dengan otomatis akan menghadirkan transaksi.

NOTE: Butuh jasa Copywriting? anda bisa menghubungi Jawarakonten.

Memang tidak semua bisnis akan cocok dengan pendekatan marketing melalui website ini, namun hampir semuanya cocok. Bahkan, jika Anda melakukan strategi marketing traditional, adanya website akan membuat bisnis Anda menjadi lebih profesional.

Masihkan Anda ragu mengenai pentingnya keberadaan website untuk menunjang bisnis?

 

7 Manfaat Website Untuk Bisnis Anda

Manfaat memiliki situs untuk bisnis bukan itu saja. Paling tidak ada 7 manfaat website untuk bisnis di era digital yang bisa diketengahkan di sini.

Pertama: website memungkinkan Anda memiliki toko atau gudang online yang luasnya bisa melebihi toko atau gudang fisik sebesar yang Anda bayangkan.

Anda tak perlu repot-repot mengurus perizinan, membeli material, membayar orang untuk mengerjakan dan mengisinya dengan barang yang akan Anda bisniskan.

Kedua: website bisa diisi dengan jenis barang tertentu atau bermacam-macam jenis barang yang berkaitan dengan bisnis Anda tanpa harus menghadirkan barangnya secara fisik.

Cukup hanya dengan memasang foto dan membuat spesifikasi keterangannya.

Ketiga: calon pembeli atau mitra bisnis tak perlu bertemu langsung dengan Anda, karena komunikasi bisa dilakukan dengan telepon, email, WA, facebook, skype dan banyak lagi instrumen telekomunikasi di gadget yang terus berkembang saat ini.

Keempat: cara pembayaran juga tak membuat susah dan menyita waktu Anda dan mitra bisnis, karena banyak sekali cara untuk mengirimkan uang, seperti m-banking, transfer melalui ATM dan sebagainya.

Kelima: memperluas jaringan bisnis dalam waktu singkat. Dengan memiliki website Anda tak perlu lagi melakukan promosi secara fisik dari tempat yang satu ke tempat yang lain, karena bisnis Anda sudah menjangkau itu semua melalui website yang tak memiliki batasan waktu dan wilayah.

Siapa saja bisa mengaksesnya dari dan di manapun selama jaringan internet masih ada.

Keenam: uang, tenaga dan waktu Anda akan dihemat secara efisien dan efektif. Tidak perlu banyak orang, dengan website mamungkinkan Anda untuk menggunakan sedikit tenaga kerja.

Ketujuh: manfaat website untuk bisnis jelas sangat nyata, karena orang bisa mengetahui bisnis Anda dengan detail dan cepat tanpa harus mendengarkan Anda melakukan presentasi lebih dulu.

 

Tips Membangun Website yang Bermanfaat

Memang tidak bisa dipungkiri, pemasaran bisnis melalui Website tak selalu berhasil. Banyak yang mati atau jalan di tempat karena tak diurus dengan benar atau salah urus.

Bagaimana agar website Anda bertahan lama dan selalu bisa menarik minat orang?

Tidak sekedar membangun website, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengelolanya. Berikut beberapa tips untuk mengelola website.

1. Optimasi SEO

Membuatnya selalu berada di tempat teratas di mesin pencarian. Mesin pencarian paling terkenal adalah Google. Website Anda harus bisa menempati tempat teratas di mesin pencarian tersebut. Caranya bisa Anda dapatkan dari jasa kelola website yang kini jumlahnya sangat banyak dan tarifnya juga kompetitif.

Untuk mulai mempelajari ini, anda bisa membaca materi belajar digital marketing kami.

 

2. Konten yang Informatif

Selain berisi informasi barang, website Anda juga harus berisi informasi yang diminati banyak orang atau target pasar Anda, misalnya dengan memuat informasi tentang pertandingan bola, kisah hidup pemain bola ternama, atau olah raga lainnya.

Anda juga bisa memuat cerita tentang seorang artis film atau penyanyi, bahkan kini cerita tentang seorang ulama kharismatik juga bisa membuat website Anda diakses banyak peminat.

Istilah ini lebih dikenal sebagai content marketing, yaitu rencana untuk membuat dan menebar konten dengan tujuan marketing.

Jika anda cukup sulit untuk membuatnya sendiri, lakukan kerjasama dengan vendor atau penyedia jasa. termasuk Jawarakonten.

 

3. Kelola dengan Baik

Jangan pernah mengabaikan website Anda, selalulah update (perbarui) dengan informasi barang terbaru, atau berita-berita unik tentang orang terkenal atau kejadian luar biasa yang sedang berlangsung di mana-mana.

Dengan cara itu Anda akan lebih merasakan manfaat website untuk bisnis Anda.

Jika anda cukup sulit dalam mengelola website, menggunakan jasa kelola website juga bukan suatu kesalahan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa manfaat website untuk bisnis yang mungkin bisa membuka perspeksitf baru Anda dalam berbisnis. Selamat mencoba, semoga kesuksesan segera menjadi hari-hari Anda, saat ini dan di masa yang akan datang.

Yang perlu menjadi perhatian bahwa strategi marketing melalui website bukan sesuatu yang instant, dibutuhkan konsistensi atau usaha untuk merawatnya.

Jawarakonten sebagai vendor atau penyedia jasa content writer memberikan kesempatan untuk melakukan kerjasama dalam hal pembuatan konten atau artikel. Kami akan membantu optimasi SEO website anda melalui konten yang unik dan informatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *