Digital Marketing

7 Ide Konten YouTube Bermanfaat dan Menarik untuk Pemula


Sejak beberapa tahun terakhir popularitas YouTube semakin menanjak. Banyak pengguna yang pada awalnya upload video sebagai hobi, mulai serius mengelola channel YouTube agar menghasilkan rupiah. Di sisi lain, masyarakat awam juga memanfaatkan YouTube untuk mendapatkan berbagai informasi. Mulai dari daily hacks hingga berita terkini yang terjadi di dunia.

Ironisnya, jangkuan luas YouTube justru membuat beberapa konten creator kesulitan menentukan ide video. Apalagi saat ini pengguna YouTube lebih prefer menonton video yang bermanfaat daripada video sederhana yang kurang berbobot.

Kumpulan Ide Konten YouTube yang Bermanfaat dan Menarik

Membuat konten menarik di YouTube bukan hal yang mudah. Beberapa konten creator bahkan lebih memilih hiatus daripada posting video kurang bermanfaat. Kamu yang suka membuat video dan tertarik mengelola channel YouTube, pilih satu dari enam ide menarik berikut.

1. DIY

Membuat ide konten YouTube yang bermanfaat tanpa modal apa bisa? Tentu saja bisa, contohnya video Do It Yourself yang banyak dibuat oleh conten creator YouTube. Alih-alih finansial, syarat utama membuat konten ini adalah kreativitas.

Dengan kreativitas tingkat tinggi, kamu bisa membuat puluhan bahkan ratusan video DIY secara gratis. Bagaimana caranya? Cukup manfaatkan barang-barang bekas yang tersedia di rumah. Contohnya DIY crafts yang semua bahannya bisa ditemukan di rumah. Selain DIY crafts, masih banyak ide Do It Yourself lainnya yang bisa kamu kembangkan dan publish di channel YouTube.

2. Konten Review

Siapa sih yang tidak suka nonton film atau makan? Berbeda dari ide konten YouTube yang menarik sebelumnya, untuk eksekusi konten ini kamu membutuhkan dana yang tidak sedikit.  Entah untuk membeli makanan yang ingin direview atau langganan Netflix.

Meskipun membutuhkan modal dan waktu yang banyak untuk riset. Konten video YouTube kamu akan disukai oleh banyak orang. Kesempatan untuk trending atau populer di YouTube juga terbuka sangat lebar. Menariknya lagi, kamu bisa review film dan makanan tanpa batas. Karena keduanya selalu diperbaharui dari hari ke hari. Intinya, kamu tidak akan kehilangan ide untuk membuat konten review yang baru.

3. Cooking Channel

Belajar masak kini tidak perlu pergi ke chef terkenal atau membaca resep. Dengan pola pikir demikian, buatlah kelas memasak istimewa di YouTube. Target marketing konten video ini sangat luas karena hampir semua kalangan menyukainya, terutama ibu rumah tangga.

Kamu hanya perlu menyiapkan dapur yang bersih dan resep makanan menarik sehingga penonton YouTube tertarik untuk membuka channel-mu. Khusus untuk ide konten ini, kamu wajib menguasai teknik memasak dengan benar. Lebih baik lagi jika menyajikan kelas memasak dengan resepmu sendiri sehingga terkesan lebih ekslusif.

4. Daily Life

Setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Jika kamu merasa aktivitas harianmu cukup menarik untuk divideokan, mengapa tidak mempostingnya di YouTube? Posting daily life yang bermanfaat bagi orang banyak seperti kegiatan memasak, touring dan sebagainya.

Video YouTube daily life umumnya dipopulerkan oleh selebriti. Tapi tidak mustahil untuk digarap jika kamu memiliki banyak hal menarik yang dilakukan setiap hari. Sama seperti DIY, konten YouTube ini tidak membutuhkan dana sama sekali. Kamu cukup menjadi dirimu sendiri  dan bersenang-senang.

5. How To Sketch

Belakangan ini banyak sekali konten sketsa, kaligrafi atau seni gambar lainnya yang trending topic di YouTube. Kamu yang mahir menggambar, belum terlambat menggarap ide konten YouTube yang menarik untuk pemula satu ini.

Buat sketsa atau kaligrafi dengan gambar yang unik sesuai keterampilanmu. Kamu bisa mulai dengan menggambar sketsa selebriti yang kamu sukai atau menggambar benda-benda. Meski terbilang sangat sederhana, nyatanya banyak channel how to sketch yang sukses di YouTube.

Selain menghibur subscriber dengan hasil sketsamu yang unik dan indah. Secara tidak langsung kamu juga membantu mereka belajar menggambar sketsa yang baik dan benar.

6. Video Traveling

Dan ide konten YouTube yang selanjutnya adalah konten traveling. Selain self healing dengan bepergian, kamu juga bisa menghasilkan cuan yang melimpah. Sebagai video permulaan, kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang menarik di kotamu. Selanjutnya eksplorasi tempat wisata lainnya di Indonesia.

Beruntungnya tempat wisata di negara kita sangat banyak. Dijamin kamu tidak akan kehabisan ide konten traveling. Setelah channel YouTube sukses, kamu bisa eksplorasi luar negeri untuk menambah postingan sekaligus berlibur.

Manfaat yang diterima penonton melalui video traveling-mu sangat banyak. Selain memperlihatkan tempat-tempat wisata yang menarik, kamu juga bisa memberikan beberapa tips traveling. Mencoba kuliner yang hits di tiap kota berikut merekomendasikan tempat penginapan yang nyaman.

7. Konten Anak

Jika kamu adalah seorang youtuber pemula dan bingun ingin menggarap konten apa, kenpada tidak mencoba untuk menggarap konten untuk anak-anak? jangan salah, sekarang ini banyak sekali anak-anak yang sudah mulai melihat youtube, dan ini bisa menjadi salah satu cara bagimu untuk belajar membuat video.

Bukannya sulit ya membuat konten yang disukai anak-anak itu? siapa bilang, kamu bisa mengulas atau membahas beberapa anime, lagu, sampai dengan kartun yang disukai oleh anak-anak sekarang. Namun jangan terlalu membahas yang negatif ya, usahakan buat konten yang positif agar anak-anak di Indonesia juga memiliki masa depan yang gemilang.

Membuat konten YouTube bagi beberapa orang merupakan hobi yang menyenangkan. Tapi sebagian besar lainnya mengelola channel YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Jika kamu tertarik menerima cuan dari YouTube buatlah konten yang menarik.

Manfaatkan enam rekomendasi ide konten YouTube yang bermanfaat di atas sebagai bahan pertimbangan.  Selain keenam ide tersebut sebenarnya masih banyak konten YouTube bermanfaat yang bisa kamu eksplorasi seperti dance tutorial atau channel edukasi.  Silahkan pilih konten yang benar-benar kamu sukai dan kuasai. Jika kamu membutuhkan ide lainnya, silahkan lihat ide konten podcast ini yang juga bisa kamu garap untuk youtube.

Digital Marketing
Jenis VPS (Virtual Private Server) di Masa Sekarang dan Fungsi
Digital Marketing
8 Strategi Digital Marketing 2020 [Step by Step]
Digital Marketing
Strategi Digital Marketing untuk UKM Paling Powerfull