teknik copywriting

Cara dan Teknik Menulis Artikel Copywriting Yang Bagus

Dunia menulis terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Berbagai jenis artikel menjadi populer, bahkan berhasil membuka lowongan pekerjaan bagi para penulis. Salah satu jenis artikel yang yang dibutuhkan banyak orang adalah artikel copywriting.

Jenis artikel ini sering digunakan untuk penulisan pesan iklan yang ditujukan untuk promosi produk. Namun tidak hanya penjualan, copywriting lebih kedapa artikel yang bersifat persuasif (mengubah atau mempengaruhi seseorang).

Jadi, jika anda ingin membuat artikel copywriting, terdapat beberapa pemahaman yang harus dimengerti.

Jika anda tidak ingin menggunakan jasa artikel copywriting, dan memilih untuk membuatnya sendiri, silahkan simak uraian kami sebagai jasa penulis artikel website.

 

Pengertian Artikel Copywriting

Copywriting adalah sebuah teknik pengolahan kata yang dilakukan oleh seorang penulis untuk menghasilkan sebuah naskah periklanan, pemasaran, atau hal lain yang sifatnya persuasif.

Beberapa orang juga sering menyebut copywiriting sebagai seni penulisan yang digunakan untuk promosi, pemasaran maupun pengiklanan. Karena selain teknik, copywiriting juga identik dengan seni, dimana tidak semua orang bisa melakukannya.

Selain itu copywriting juga disebut sebagai copy iklan.

Copy = Sebuah naskah yang ada pada media periklanan, promosi, etc.

Fungsinya sebagai media promosi, tulisan harus terlihat lebih menarik, dan salah satu caranya dengan menambah gambar, warna maupun tipografi. Kreativitas ini harus bisa menambah daya tarik tulisan secara visual agar promosi tersebut dapat mencapai tujuannya dan tepat sasaran.

 

Untuk dapat melakukan itu, penulis tidak dapat bekerja sendiri. Ia harus bekerja sama dengan typographer (ahli jenis tulisan) dan visualizer (juru gambar) sebagai upaya utuk membuat artikel copywriting memiliki komposisi yang ideal.

Namun, untuk sebuah kondisi kadang tulisan saja sudah cukup.

Gaya penulisan artikel ini sangat berbeda dari jenis artikel lain seperti cerpen, sajak, laporan, atau buku.

Media dan jenis artikel copywriting membutuhkan gaya penulisan dan perlakukan yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan, meskipun tujuannya sama, yaitu sebagai sarana promosi.

Dan pada akhirnya tercipta sebuah tulisan yang seolah sudah diberikan mantra sehingga mampu menyihir pembacanya.

Diatas sudah kita jelaskan bahwa copywiritng bisa dikatakan sebuah teknik. Dan seperti teknik pada umumnya, copywiriting memiliki unsur paten atau formula untuk mempermudah dalam pembuatan.

Artikel ini memiliki struktur AIDA,

A = Attention (mampu menarik perhatian)

I = Interest (mampu menarik minat)

D = Desire (mampu mempengaruhi)

A = Action (mampu mengajak pembaca untuk melakukan aksi)

Struktur ini akan sangat membantu seorang penulis dalam memberikan naskah pada iklan. Namun formula AIDA ini hanya sebuah formula, akan percuma jika orang yang menggunakannya tidak memiliki keahlian menyihir melalui rangkaian kata.

Untuk anda yang ingin membuat artikel copywiriting sendiri, selain memahami karakteristik diatas, silahkan terapkan lima tips dibawah ini.

 

Cara dan Teknik Menulis Artikel Copywriting

Ingin menulis artikel dengan teknik copywriting? kamu bisa menyimak beberapa hal berikut ini sebagai panduan menciptakan copy iklan yang powerfull.

1. Ketahui Kelebihan Produk

Pertama ketahui dengan detail setiap produk yang akan anda buat naskah iklannya. Ketahui mana kelebihan produk anda dibandingkan dengan produk yang sudah ada.

Jika sudah ditemukan, gunakan itu sebagai kata hipnotis untuk memaksa pengunjung melakukan pembelian.

Hindari membuat kelebihan yang palsu, hal ini akan sangat buruk untuk website anda. Apalagi sekarang ini semua orang bisa mereview dari setiap hal yang mereka lakukan.

Jika kamu menjanjikan apa yang tidak kamu miliki, tentu saja ini seperti halnya bumerang untuk usaha anda. Tinggal tunggu saja, hal itu akan berbalik kearahmu.

 

2. Gunakan Kelebihan Sebagai Jargon

Teknik menulis copywriting yang selanjutnya adalah menemukan jargon yang tepat sesuai dengan kelebihan produk kamu. Ini penting untuk bisnis kamu pada masa yang akan datang, jargon yang spesifik secara tidak langsung akan memperkuat brand awareness produk anda.

3. Pengulangan

Kita harus membuat pembaca merasa familiar  dengan produk atau jasa yang diiklankan.

Caranya bagaimana?

Cukup mudah, jika kamu sudah menemukan jargon yang sesuai dengan produk, arahkan pembaca pada sebuah kata yang familiar dengan melakukan pengulangan atau repetition.

Buat kata penyihirnya, lalu maksimalkan dengan repetition atau pengulangan.

Penerapan pengulangan ini bisa secara berkelanjutan, setiap ada kesempatan untuk menggunakan kata sihir tadi, masukan.

 

4. Jangan Berlebihan

Banyak kata-kata persuasif atau menjual yang bisa kita pilih. Tapi, sebagian besar orang malas jika terlalu berlebihan dalam promosi.

Oleh karena itu, kita bisa memainkan kata agar tidak terlihat mengiklankan.

Kita bisa mengungkapkan informasi secara umum terlebih dahulu. Baru setelah itu, pesan iklan bisa diletakkan pada bagian bawah sehingga orang-orang akan membacanya hingga akhir.

 

5. Pemilihan Kata yang Tepat

Tujuan utama artikel copywriting adalah menjual. Tapi, bagaimana jika pembacanya tidak mengerti maksud dari tulisan kita.

Kita harus bisa menjelaskan produk dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami audiens.

Oleh karenanya, penting untuk memastikan bahwa setiap kata, kalimat dan paragraf yang ditulis mudah dipahami.

Memang menuliskan sesuatu dengan istilah akan terlihat lebih profesional, dalam konten informatif hal ini tidak masalah, namun untuk konten marketing, pelanggan tidak menginginkan informasi yang sulit dipahami yang membuatnya mereka harus mencari-cari lagi.

Kenali audiens kamu, pilih kata-kata sederhana yang sesuai dengan mereka. Jika anda menyimpulkan mereka adalah orang dengan pengetahuan baik, kamu bisa mencantumkan istilah-istilah ilmiah, dan sebaliknya.

Satu lagi, dalam teknik copywriting, Apabila terpaksa harus menuliskan kata asing, ada baiknya menuliskan artinya juga.

 

6.  Padat dan Jelas

Malas rasanya jika kita membaca iklan terlalu panjang. Selalu ingat, iklan bukanlah sebuah tutorial dimana pembaca sangat membutuhkannya, namun disini anda yang membutuhkan pembaca untuk tetap tertarik dengan tulisan Anda.

Pilihlah kata-kata, kalimat dan paragraf yang singkat saja, tapi powerfull.

Semakin banyak kata, justru akan membuat pembaca tidak mendapatkan esensi dari isi artikel; Pastikan jika tulisan Anda informatif dan sudah mencakup segala informasi yang dibutuhkan pembaca.

Setelah mengenal artikel copywriting, kini saatnya Anda mencoba menulis artikel sebagai bahan untuk latihan. Ketrampilan ini nantinya akan bermanfaat karena mulai banyak lowongan kerja bagi para penulis copywriting.

 

7. Gunakan SEO

Jika kamu ingin melakukan pemasaran melalui website, ada baiknya kamu juga memasukan beberapa hal penting terkait optimasi SEO (search enggine optimization) seperti riset keyword, penggunaan keyword, dan hal lainnya.

Ini sangat penting agar ada tambahan trafik yang datang dari mesin pencari.

 

Jasa Copywriting Terbaik Jawarakonten

Sedang membutuhkan jasa artikel copywriting untuk menyihir orang lewat tulisan? Silahkan berkenalan dengan Jawarakonten.

Kami siap membuatkan anda sebuah naskah periklanan powerfull untuk menggiring pengunjung melakukan sebuah aksi tanpa harus memaksa.

Satu lagi artikel copywriting yang kami tawarkan, yaitu sudah dilengkapi dengan optimasi search enggine untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin telusur. Ini akan sangat bermanfaat jika anda beriklan melalui media webiste.

Cek layanan kami : https://jawarakonten.com/seo-copywriting/

Perlu anda ketahui bahwa copywriting bukan hal yang mudah, dan jangan sampai anda salah dalam melakukan kerjasama yang pada akhirnya membuat anda rugi dari segi waktu dan uang.

Percayakan artikel copywriting anda pada Jawarakonten. Your Bussiness Partner !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *