7 Cara Meningkatkan Brand Awareness Dari NOL !!

cara meningkatkan brand awareness

7 Cara Meningkatkan Brand Awareness Dari NOL !!

Sebelum materi terkait brand awareness atau kesadaran merek ini, beberapa waktu lalu kami sudah mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana cara memahami konsumen yang dalam materinya kami beri judul membangun avatar pelanggan.

mengetahui perilaku konsumen

Setelah Anda sudah mengetahui gambaran mengenai konsumen, Anda bisa mempelajari mengenai kesadaran merek mulai dari definisinya, tujuannya, cara mengukur, contoh kasus, sampai dengan cara meningkatkan brand awareness.

Sudahkan Anda tahu mengenai istilah satu ini? apa itu brand awareness? yuk kita cari tahu.

 

Apa itu Brand Awareness?

Wikipedia menjelaskan bahwa brand awareness adalah sejauh mana pelanggan dapat mengingat atau mengenali suatu merek. Beberpa penelitian mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu bagian penting dari proses konsumen dalam pengambilan keputusan terkait akan membeli sebuah produk atau tidak.

Selain itu Instopedia juga menjelaskan definisi brand awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk berdasarkan namanya.

Membangun brand awareness adalah kunci utama dalam mempromosikan produk baru agar bisa bersifat timeless. Secara lebih sederhana ini juga mencakup bagaimana konsumen dapat membedakan kualitas sebuah produk dari pada produk lainnya.

Setelah Anda membaca dua pengertian brand awareness menurut para ahli diatas, tentu kini sudah ada sedikit gambaran kenapa hal ini penting untuk diperhatikan.

Tentu saja hal ini sangat penting untuk kita perhatikan, karena ini adalah salah satu indikasi bahwa campaign yang kita kerjakan berhasil dan diterima oleh konsumen.

 

Tujuan Brand Awareness

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini model pasar sudah mulai bergeser dari yang konvensional menuju digital. Kini semua peluang terbuka lebar, siapapun bisa mencoba masuk dan mengenalkan produk yang mereka miliki.

Disisi lain pasar digital memang memberikan kemudahan bagi semua orang untuk memperkenalkan produk mereka, sejalan dengan hal tersebut persaingan industri menjadi kian ketat dan berjalan sangat dinamis.

Maka dari itu, dibutuhkan usaha lebih agar merek atau brand yang kita bangun bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita impikan.

Sayangnya tidak banyak yang tahu mengenai hal ini, beberapa dari mereka harus menelan pil pahit karena kesalahan dalam membangun brand. Contoh kasus kesalahan dalam memahami brand awareness seperti menyakamakan hal ini dengan iklan.

Padahal hal tersebut tidak benar, membangun sebuah brand bukan berhenti ketika Anda sudah melakukan sebuah campaign. Memang benar, ketika Anda membuat sebuah iklan juga masuk kedalam upaya untuk memperkenalkan produk Anda.

Namun Anda harus ingat bahwa fungsi dari iklan sendiri sebenarnya hanyalah untuk mempertahankan apa yang selama ini sudah dimiliki oleh produk tersebut, bukan untuk membangun.

Lalu apa saja sih tujuan dari brand awareness, yuk kita simak:

  • Sebagai Indikator : Anda bisa menggunakan hal ini sebagai indikator apakah hal yang selama ini Anda upayakan untuk membangun merek dagang Anda sudah berhasil atau belum.
  • Menambah Nilai Produk: ketika Anda membangun kesadaran merek, secara tidak langsung Anda juga sudah memberikan nilai lebih pada produk Anda. ini sangat penting untuk membuat produk Anda lebih dikenal orang dalam jangka waktu yang lama.
  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen: ketika Anda mengupayakan hal ini untuk merek dagang Anda, ini akan membuat produk Anda lebih dikenal, dan sudah otomatis mereka akan menjadi lebih percaya.
  • Meningkatkan Penjualan: masih berkaitan dengan point diatas, ketika produk Anda sudah mendapatkan kepercayaan dimasyarakat, sudah otomatis penjualan juga akan semakin meningkat.
  • Menjaga Loyalitas: memiliki pelanggan yang loyal tentu menjadi keinginan semua pengusaha. Ketika Anda memberikan perhatian yang lebih, ini akan memberikan nilai pragtise pada produk Anda. Meskipun produk Anda mahal, konsumen akan tetep loyal terhadap produk Anda.
  • Kerjasama akan Lebih Mudah: dan ini adalah keuntungan yang sangat penting untuk membuat produk Anda lebih dikenal. Mungkin selama ini Anda hanya mengembangkan produk Anda sendiri, namun tidak menutup kemungkinan pihak lain akan mengandeng Anda untuk sama-sama bergerak maju, misalkan untuk menjadi sponsor dalam sebuah event dan sebagainya.
  • Membuat Ciri Khas Produk: jika Anda sudah berhasil membangun brand awareness yang kuat, sudah otomatis Anda akan memiliki ciri khas yang kuat juga. Jika sudah demikian, masyarakat yang bukan pelanggan Anda pun akan mengetahui produk Anda.

 

Level dan Contoh Kasus Brand Awareness

Ada beberapa lavel atau tingkatan yang sebenarnya juga bisa kita gunakan untuk mengetahui seberapa kuat kesaran merek yang kita bangun. Dari yang kita tahu ada 4 level, keempat level tersebut adalah:

 

1. Top of Mind

Ini adalah tingkatan atau level paling tinggi terhadap sebuah produk dimana responded berhasil mengingat sebuah produk dengan kategori yang yang diberikan.

Contoh kasus brand awareness terkait level top of mind seperti ini, misalkan Anda meminta responded untuk menyebutkan sebuah merek sepatu yang selam ini menjadi favorit anak muda.

Responded menjawabnya dengan “vans”, berarti sepatu vans adalah memiliki kemungkinan besar untuk menjadi top of mind dari sepatu yang paling diminati anak muda.

2. Brand recall

Brand recall adalah tingkatan kedua setelah top of mind, biasanya ini adalah produk yang secara tingaktannya masih kalah dengan top of mind. Brand recall secara sederhana adalah produk atau merek yang disebutkan oleh responded setelah top of mind.

Pada level ini sebenarnya kekuatan kesadaran merek cukup baik, namun masih kalah dengan top of mind karena tidak disebutkan pertama kali.

Contoh kasusnya misalkan dari survey sepatu tadi, setelah responden menyebutkan vans, mereka baru menyebutkan converse, nah sepatu convers inilah yang menepati level brand recall.

 

3. Brand Recognition

Dilevel yang ketiga adalah brand reconition yang definisinya adalah kemampuan pelanggan untuk mengingat sebuah produk dengan bantuan seperti kita memperlihatkan logonya, atau ada orang lain yang menyebut baru ingat.

 

4. Unaware of Brand

Dan yang terakhir adalah unaware of brand dimana responden tidak berhasil mengingat sama sekali terkait brand yang disurvey. Dan ini artinya kekuatan kesadaran merek dari produk tersebut sangat lemah.

 

Cara Mengukur Brand Awareness

Setelah membaca beberapa hal diatas, tentu kita menjadi tahu pentingnya membangun brand awareness untuk kemajuan usaha kita. Salah satu hal yang selama ini menjadi kesulitan mereka adalah tidak tahu beberapa hal terkait indikator brand awareness untuk mengukurnya.

Ingin tahu bagaimana cara mengukur brand awareness untuk dijadikan indikator? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

 

  • Penelitian Panel atau Survey

Anda bisa menggunakan penelitian untuk mengetahui seberapa kuat brand atau merek yang selama ini Anda kembangkan. Penelitian panel adalah salah satu jenis model penelitian jangka panjang yang selama ini digunakan untuk mengetahui perubahan atas sikap, perilaku, atau pendapat kepada sebuah populasi.

Selama ini penelitian panel juga sering disebut dengan panel research. Jika dalam sebuah survey nanti yang menjadi target penelitian mengetahui mengenai produk tersebut berdasarkan kategori produk, maka proses yang Anda lalui untuk mengembangkan brand awareness bisa dikatakan berhasil. Dan hal ini berlaku sebaliknya.

Terkiat dengan survey kesadaran merek, ada dua kategori survey yang biasa digunakan oleh mereka yang ingin melihat kekuatan kesadaran merek. Berikut diantaranya:

a. Unaided Recall Tests

Ini adalah sebuah test yang biasa digunakan untuk mengetahui seberapa kuat ingatan konsumen akan merek yang akan kita lihat. Dalam prakteknya nanti, responden akan diberikan suatu kategori produk dan akan diminta untuk menyebutkan nama produk yang mampu mereka ingat.

b. Aided Recall Tests

Ini adalah jenis survey yang biasa digunakan pemilik usaha untuk mengetahui kekutan masyarakat atas kesadaran nilai yang ada pada sebuah merek produk.

Dalam test ini, responden akan diberikan nama sebuah produk dan mereka akan diminta untuk menjelaskan apa yang mereka ketaui terkait nama produk tersebut.

Apa yang disampaikan responden nanti bisa berupa seperti apa logonya, warna, fungsi produk, atau hal lain yang masih menyangkut tentang nama dari produk tersebut.

 

  • Menggunakan Sosial Media

Dahulu ketika seorang ingin mengetahui seberapa kuat kesadaran merek atas sebuah produk harus melakukan survey dengan menyanyakan langsung kepada masyarakat. Namun ditengah maraknya digitalisasi seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan sosial media untuk hal tersebut.

Anda bisa melihat analitik dari sosial media Anda. Apalagi sekarang ini beberapa sosial media seperti Facebook dan Instagram sudah ada fitur Audience Insights, tentu ini akan sangat membantu.

Beberapa hal lain yang bisa Anda lihat dari sosial media seperti seberapa kuat interaksi para pengikut Anda, seberapa banyak follower, atau dengan memanfaatkan beberapa tool yang sudah tersedia seperti Buffer dan Tailwind yang memang digunakan untuk melihat interaksi pada sebuah akun sosmed.

  • Menggunakan Analytics Website

Selain dua cara diatas, kita juga bisa menggunakan analytics web sebagai indikator brand awareness. Apalagi dalam panduan belajar digital marketing kali ini kita memang menggunakan website sebagai poros dari strategi penjualan, tentu dengan melihat website secara langsung akan jauh lebih efektif.

Silahkan pergi ke Google Analytics, dan lihat beberapa hal penting yang ada disana seperti eksternal link, traffik, koment, share, dan beberahal lainnya. Amati hal ini secara berkala, jika menujukan perkembangan dari waktu ke waktu, berarti upaya untuk membangun brand awareness Anda sudah berhasil.

 

7 Cara Meningkatkan Brand Awareness

Beberapa orang sering menganggap bahwa cara meningkatkan brand awareness sering dipahami dengan suatu strategi yang membutuhkan banyak anggaran.

Biasanya mereka adalah orang yang menganggap bahwa kesadaran merek sama dengan membuat campaign, sehingga sering mencari contoh iklan brand awareness.

Tapi perlu kami tekankan kembali bahwa iklan fungsinya sebagai pengingat, ini tidak dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap sebuah merek, namun lebih kepada mempertahankan saja.

Lalu adalah contoh iklan brand awareness dengan biaya murah? Tentu saja, salah satunya mengunakan sosial media. Selai itu masih ada 6 cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun kesadaran merek. Apa saja itu? yuk kita simak.

 

1. Buat Conten Marketing

Sebelumnya kami ingin bertanya, apakah website Anda sudah ada kategori blognya? Beberapa pemilik website sering mengabaikan hal ini, padahal hal ini sangat penting untuk menimbulkan kepercayaan konsumen terhadap diri Anda.

Melalui blog Anda dapat membuat konten marketing yang nantinya mampu meningkatkan brand awareness produk Anda.

Kok bisa?

Perlu Anda ketahui bahwa conten marketing bukan sekedar konten untuk menawarkan produk, meskipun tujuannya sama, definisi dari conten marketing sangat luas yaitu meliputi merencanakan, membuat, dan mendistribusikan.

Buat konten yang paling relevan dengan usaha Anda, dan yang paling penting tunjukan bahwa Anda adalah seorang yang ahli dalam bidang tersebut.

Content marketing yang baik tidak hanya mampu meningkatkan brand awareness, namun juga bisa meningkatkan SEO. Semakin banyak orang yang betah berlama-lama di website Anda, maka nilai website Anda akan lebih bagus sehingga menduduki peringkat atas.

Artikel atau konten untuk brand awareness yang baik adalah tema yang paling dibutuhkan oleh konsumen Anda. dan itu artinya konten tersebut harus berisi mengenai beberapa hal informatif.

Jika Anda menggunakan jasa konten, pastikan mereka adalah pihak terpercaya. Jangan sembarang memilih hanya karena harganya murah, ingat konten yang ada di website Anda akan mencerminkan produk Anda, jika kontennya biasa saja atau bahkan acak-acakan, tentu ini tidak baik untuk citra brand Anda.

Beberapa tema yang bisa Anda gali untuk membuat konten brand awareness adalah tips and trik, tutorial, Q&A, dan masih banyak lagi lainnya. Content marketing ini nanti juga masuk kedalam strategi jangka panjang untuk memaksimalkan SEO.

 

2. Membuat Kerjasama dengan Influencer

Mungkin cara membangun brand awareness yang kedua ini tidak sehemat membuat conten marketing, namun jika Anda memiliki anggaran yang lebih, ini adalah cara yang harus Anda manfaatkan.

Orang-orang diluar sana sering menyebut hal ini sebagai influencer marketing yaitu salah satu cara untuk meperkenalkan produk kepada calon konsumen melalui mereka yang sudah memiliki nama besar.

Anda bisa menemukannya dengan mudah, apalagi akhir-akhir ini banyak sekali influencer yang muncul dari platform seperti facebook, instagram, youtube, dan lainnya.

Namun Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih influencer yang akan Anda ajak untuk bekerjasama. Pilihlah beberapa influencer yang relevan dengan usaha Anda dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap followernya.

Jumlah pengikut sosial media sebenarnya tidak melulu bisa menjadi patokan, namun yang paling penting adalah seberapa percaya para pengikutnya terhadap influencer tersebut.

Selain itu beberapa hal lain yang penting untuk kita perhatikan juga seperti seperti apa interaksi antara influencer dengan follower, berapa banyak jumlah follower-nya, dan juga aesthetic influencers.

Perlu Anda ketahui bahwa dibandingkan dengan menggunakan iklan, memilih influencer sebagai strategi cara meningkatkan brand awareness memiliki beberapa keunggulan, salah satunya karena rasa percaya orang terhadap mereka jaug lebih tinggi dari pada iklan.

 

3. Aktifkan Kembali Sosial Media Anda

Selanjutnya ada sosial media dimana cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial memiliki peminat cukup banyak dibandingkan dengan strategi lain. Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa sebuah website yang aktif di sosial media juga memiliki pengaruh terhadap SEO.

Ada banyak sekali kelebihan sosial media untuk membangun kesadaran merek dimulai dari kemudahan mengenali pelanggan, bisa mencari pelanggan dengan tertarget, mampu mengenal produk lain dengan mudah, interaksi yang bersifat realtime, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dan masih banyak lagi lainnya.

Apa yang harus kita lakukan? Salah satunya sering update konten yang relevan dengan bisnis Anda. Dalam kondisi seperti ini biasanya audiens Anda ada yang tertarik dan melayangkan pertanyaan.

Beberapa pengelola akun sosial media ada yang mengabaikan hal ini, namun sebenarnya akan jauh lebih baik jika hal tersebut Anda tanggapi. Selain itu Anda juga bisa membagikan conten marketing yang Anda posting di blog. Ini juga menjadi cara mudah untuk mendapatkan traffik menuju website Anda.

 

4. Buat Vidio Marketing

Sekarang ini sudah banyak platform berbagi vidio seperti instagram, youtube, dan masih banyak lagi lainnya. Dan salah satu cara membangun brand yang kuat adalah dengan membuat vidio marketing.

Apalagi jika Anda sudah mulai mengaktifkan kembali sosial media bisnis Anda, vidio marketing ini nantinya juga bisa Anda gunakan untuk konten di sosial media tadi.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara membuat konten vidio yang menarik untuk menguatkan kesadaran merek? Pertanyaan inilah yang akan kami jawab lebih detail.

Salah satu cara membuat vidio yang menarik tentu saja dengan menghadrikan tema yang sesuai dengan konsumen Anda. Jika Anda membaca bab sebelumnya tentu Anda sudah tahu karakteristik konsumen Anda. Jika belum, silahkan baca bab kami sebelumnya.

Dengan mengetahui karakteristik konsumen Anda, kini buatlah vidio dengan tema yang relevan, biasanya hal ini tidak jauh dengan tema content marketing yang akan Anda buat.

Setelah tema sudah Anda ketahui, selanjutnya mengetahui bagaimana cara menyisipkan iklan diantara vidio tersebut. Dalam hal ini dikenal beberapa istilah seperti pree rool yaitu iklan yang muncul sebelum vidio ditonton.

Usahakan untuk membuat vidio yang menarik, fun, dan informatif. Jika Anda menggunakan youtube, Anda juga bisa melakukan riset terkait keyword yang paling banyak dicari.

Hindari vidio dengan pembahasan yang bertele-tele karena biasanya pengunjung akan meninggalkan vidio yang seperti ini. Selain itu durasi iklan juga tidak boleh terlalu lama.

 

5. Membuat Event Marketing

Menjelang bulan Agustus biasanya banyak dealar motor yang mengadakan acara bertema 17 agustus dimulai dari lomba hingga acara pesta yang diperuntukan bagi masyarakat umum.

Tahukah Anda bahwa itu sebenarnya merupakan event marketing yang digunakan oleh dealer tersebut? Itulah faktanya bahwa event marketing terbukti mampu meningkatkan brand awareness.

Mereka sudah tahu bahwa pangsa pasarnya adalah masyarakat umum yang ada dikota tersebut. Dengan menggadakan sebuah event orang-orang dikota tersebut akan berkumpul, dan ini digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan produk mereka.

Kenali segementasi pasar Anda, dan buat acara yang menarik dengan menargetkan mereka sebagai audiens.

6. Memberikan Merchandise

Memberikan mercandise kepada konsumen juga bisa Anda gunakan untuk membangun brand value, sehingga pada kahirnya produk Anda akan lebih disukai.

Gunakan hal ini sebagai tanda terimasih karena mereka sudah mempercayakan hal tersebut kepada produk Anda, dan tentu saja mereka akan dengan senang hati menerimanya.

Terkait merchandise, biasanya mereka bingung masalah barang yang akan digunakan. “enkanya hadiah berupa apa ya??”.

Tidak perlu barang yang mahal, Anda bisa menggunakan barang yang identik dengan usaha Anda dan digunakan setiap hari. Usahakan barang tersebut unik dan mampu memberikan nilai pragtise pada orang yang menggunakan.

Terkait kualitas barang ini penting untuk Anda perhatikan, hindari memiliki barang dengan kualitas rendah karena harganya murah. Selalu ingat, kualitas dari mercandise yang Anda pilih akan mencerminkan brand Anda.

 

7.Menjadi Sponsor

Selama ini mungkin Anda sudah sering diberikan proposal mengenai kerjasama sponsorship. Berapa banyak proposal yang Anda terima? Atau bahkan Anda terima semua?

Jika anggaran yang Anda miliki untuk marketing memang cukup banyak, tentu Anda bisa menyetujui setiap proposal yang datang. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, sebaiknya cari event yang sesuai dengan bisnis Anda.

Menjadi sponsor untuk sebuah event ini penting karena juga akan membuat produk Anda lebih bagus. Yang harus Anda perhatikan adalah acara apa yang hendak Anda sponsori tersebut.

 

Kesimpulan

Meningkatkan brand awareness memang memiliki peranan penting untuk kemajuan bisnis Anda, karena tanpa image brand yang kuat, orang akan mudah berpaling pada produk lainnya.

Jika Anda memiliki anggaran yang berlebih, maksimalkan semua strategi diatas, namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, pilihlah beberapa strategi yang memberikan manfaat untuk website Anda, salah satunya content marketing. Disini Jawarakonten bisa menjadi partner Anda.

Selain itu Anda juga tahu bahwa membangun brand yang kuat tidak bisa dilakukan secara instant, dibutuhkan proses yang panjang sampai produk Anda berhasil diingat atau bahkan menjadi top of mind.

 

belajar strategi sosial media marketing

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


IKUTI SOSIAL MEDIA KAMI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN MENARIK LAINNYA


WhatsApp chat Live Chat untuk Pelanggan